• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS AUDIO-VISUAL DENGAN MEMANFAATKAN WEB STREAMING MENGGUNAKAN PROTOKOL RTMP DAN APLIKASI OPEN SOURCE

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS AUDIO-VISUAL DENGAN MEMANFAATKAN WEB STREAMING MENGGUNAKAN PROTOKOL RTMP DAN APLIKASI OPEN SOURCE"

Copied!
6
0
0

Teks penuh

(1)

24

Vol. 4 No. 1 Juli 2017

PERANCANGAN E-LEARNING BERBASIS AUDIO-VISUAL DENGAN

MEMANFAATKAN WEB STREAMING MENGGUNAKAN PROTOKOL

RTMP DAN APLIKASI OPEN SOURCE

Haddad Sammir

Sistem Informasi, STMIK Jayanusa Padang, Jl. Olo Ladang No. 1 Padang email: h.sammir@gmail.com

ABSTRACT

Audio-visual based e-learning give better result compared with conventional e-learning, therefore this research try to design audio-visual based e-learning by using streaming technologies. We choose web streaming because of it’s availability on almost all computing device.The design of e-learning on this research sucsessfully present audio-visual exprerience to the user.

Keywords: e-learning, web streaming, nginx, rtmp

ABSTRAK

Pendekatan e-learning berbasis audio visual memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pendekatan e-learning konvensional, oleh karena itu penelitian ini berusaha merancang e-learning berbasikan audio-visual dengan memanfaatkan teknologi streaming. Web steaming menjadi pilihan karena ketersediaannya pada banyak perangkat. Perancangan e-learning menggunkan web streaming berhasil menghadirkan pengalaman audio-visual kepada pengguna

Kata Kunci: e-learning, web streaming, nginx, rtmp

PENDAHULUAN

Latar belakang penelitian

E-learning telah menjadi kelengkapan utama bagi institusi pendidikan. Pertumbuhan e-learning juga semakin pesat dan wilayah Asia menduduki peringkat nomor satu dengan tingkat pertumbuhan 17,3% (Naresh & Reddy, 2015). Teknologi e-learning memungkinkan pembelajaran dilakukan dari mana saja dan kapan saja serta mempermudah interaksi antara mahasiswa dengan materi kuliah, dosen

dan dengan mahasiswa lainnya (Ratnasari, 2012).

(2)

25

Vol. 4 No. 1 Juli 2017

belajar mahasiswa teknik jaringan komputer yang diajar menggunakan media audio-visual memiliki skor yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa teknik jaringan komputer yang diajar menggunakan pendekatan konvensional.

Pendekatan audio-visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pemanfaatan web streaming. Web streaming memungkinkan staf pengajar mendistribusikan materi kuliah secara audio visual. Aplikasi web streaming dibuat dengan memadukan teknologi opensource serta dirancang untuk dapat bekerja dengan sumber daya komputer rendah. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan nuansa baru bagi mahasiswa dalam mengakses e-learning sehingga dapat meningkatkan minat belajar serta hasil belajar mahasiswa.

RTMP

Real Time Messaging Protocol (RTMP) pada awalnya merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Macromedia untuk streaming audio/video dan data melalui internet antara flash player dengan server. Macromedia yang kemudian dibeli oleh Adobe meluncurkan versi tidak lengkap dari spesifikasi protokol untuk umum. Motivasi utama RTMP adalah menjadi protokol untuk memutar video Flash.

NGINX

NGINX adalah sebuah web server yang berfokus kepada kemampuan untuk melayani banyak pengguna pada waktu yang bersamaan, berkinerja tinggi dan penggunaan memory yang rendah. NGINX dapat digunakan untuk melayani permintaan web dinamis seperti mengakses skrip PHP menggunakan FastCGI.

NGINX dapat diperluas fungsionalitasnya melalui penambahan modul.

NGINX RTMP Module

NGINX RTMP Module merupakan modul nginx yang menambahkan fungsionalitas streaming video pada NGINX. Modul ini diaktifkan dengan menambahkannya saat melakukan kompilasi NGINX. Penelitian ini secara intensif menggunakan dan mengkonfigurasikan modul ini agar memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

PHP

PHP Hypertext Pre-Processor (PHP) merupakan bahasa scripting yang umum digunakan untuk pemrograman web namun dapat juga digunakan untuk pemrograman umum. Bahasa ini dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. PHP dapat digunakan bersama halaman web atau dapat juga dieksekusi melalui command line.

Open Broadcaster Software

Open Broadcaster Software (OBS) adalah software opensource yang berfungsi untuk merekam dan melakukan live streaming. OBS menyediakan real-time source dan device capture, mengkomposisikan layar, encoding dan broadcasting. Transmisi dilakukan melalui protokol RTMP dan dapat mengirimkan data (video) ke server tujuan yang mendukung RTMP seperti Youtube, Twitch dan DailyMotion.

Web Player

(3)

26

Vol. 4 No. 1 Juli 2017

diakses secara langsung melalui browser. Web player merupakan sebuah software yang umumnya dibangun menggunakan JavaScript.

Streaming Media

Streaming media adalah metoda mendistribusikan content multimedia dengan cara mengantarkannya dan menyajikannya pada waktu yang bersamaan. Metoda ini merupakan alternatif dari download. Multimedia yang didistribusikan, contohnya video dapat langsung dimainkan tanpa perlu terlebih dahulu menerima keseluruhan datanya.

E-Learning

E-Learning merupakan metode pembelajaran menggunakan media audio visual yang didistribusikan melalui teknologi internet. E-Learning mengubah paradigma model proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar tidak lagi bergantung kepada lokasi dan waktu, Kosasi (2015).

Naresh & Reddy (2015) menulis evolusi e-learning sebagai berikut:

1. Multimedia learning.

Pembelajaran yang dikombinasikan dengan dua atau lebih media seperti audio, musik, video dan gambar.

2. Technology Enhanced Learning.

Proses pembelajaran yang dibantu atau disampaikan oleh berbagai bentuk teknologi seperti internet, komputer, konverensi video dan lain-lain.

3. Computer Based Instruction.

Akifitas belajar dan mengajar yang menggunakan komputer.

4. Computer Managed Instruction.

Penggunaan teknologi yang dapat membimbing aktifitas pembelajaran melalui pengujian, analisa dan

penyimpanan hasil seperti contohnya menggunakan komputer untuk melakukan simulasi.

5. Computer Based Training. 6. Computer Assisted Instruction.

Merupakan sebuah bentuk pembelajaran yang terotomatisasi tinggi. Komputer dapat menyesuaikan urutan instruksi sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

7. Web Based Learning.

Proses belajar online berbasis halaman web.

8. Virtual Learning Environment.

Merupakan sebuah web based learning yang memberikan nuansa ruang kelas. E-learning tipe ini memiliki ruang kelas virtual serta ujian virtual.

9. M Learning.

Mobile (M) learning memungkinkan siswa untuk belajar dari mana saja menggunakan perangkat mobile.

10.Massive Open Online Course (MOOCs) Model pembelajaran yang menghubungkan dan mengelaborasikan cara untuk terlibat dalam proses belajar. MOOCs merupakan media pembelajaran online yang dibangun untuk berbagi informasi, memperbincangkan topik dan bekerja sama dalam cara yang terstruktur. 11.Selective Open Online Course (SOOCs)

(4)

27

Vol. 4 No. 1 Juli 2017 METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. Instalasi aplikasi server dan broadcaster. Terdapat dua aplikasi utama pada sisi penyedia yaitu server streaming yang bertugas menyebarluaskan data video dan broadcaster yang merupakan sumber video.

2. Konfigurasi pada server dan broadcaster. 3. Mempersiapkan Web Client.

Web client merupakan web based video player yang diatur agar menampilkan video dari broadcaster.

4. Pengujian

Menguji apakah web streaming dapat mendistribusikan materi perkuliahan secara audio visual.

HASIL application mytv { # enable live streaming live on;

# record first 1K of stream record all;

record_path /home/hsammir/TMP/av;

record_max_size 1K;

# append current timestamp to each flv record_unique on;

# publish only from all ip allow publish all; #deny publish none;

allow play all; }

} }

Konfigurasi Jaris Player

<object

width="640" height="360" >

<param name="allowFullscreen" value="true">

<param name="allowScriptAccess" value="always">

<param name="movie" value="JarisFLVPlayer.swf">

<param name="bgcolor" value="#000000">

(5)

value="source=jaris-28

Vol. 4 No. 1 Juli 2017

c4c&controlcolor=FFFFFF&hovercolor=67A 8C1">

<param name="seamlesstabbing" value="false">

<embed

type="application/x-shockwave-flash"

pluginspage="http://www.adobe.com/shockw ave/download/index.cgi?P1_Prod_Version=S hockwaveFlash"

width="640" height="360" src="JarisFLVPlayer.swf" allowfullscreen="true" allowscriptaccess="always" bgcolor="#000000"

quality="high" scale="noscale" wmode="opaque"

flashvars="source=foo&type=video&streamt ype=rtmp&server=rtmp://192.168.1.12:1935/ mytv/&poster=poster.png&autostart=false&lo go=logo.png&logoposition=top

left&logoalpha=30&logowidth=130&logolin k=http://jaris.sourceforge.net&hardwarescalin g=false&darkcolor=000000&brightcolor=4c4 c4c&controlcolor=FFFFFF&hovercolor=67A 8C1"

seamlesstabbing="false" >

<noembed> </noembed> </embed> </object>

Output

Tampilan Konfigurasi Open Broadcaster Software

Gambar 1. Konfigurasi Software

Tampilan Open Broadcaster Software

Gambar 2. Open Broadcaster Software

Tampilan Web Streaming

(6)

29

Vol. 4 No. 1 Juli 2017 SIMPULAN

Penelitian mengenai perancangan e-learning berbasis audio-visual memberikan hasil sebagai berikut:

1. Web server NGINX dengan dilengkapi modul nginx-rtmp dan dukungan aplikasi opensource lainnya seperti Open Broadcasting Software dan Jaris Player dapat memfasilitasi distibusi video streaming

2. Pemanfaatan screen sharing melalui video streaming bagi dosen dapat menghadirkan suasana belajar yang real time menyerupai pembelajaran di kelas fisik.

3. Suasana belajar interaktif pada e-learning, dapat diakses mahasiswa dari mana saja.

DAFTAR PUSTAKA

Jaris Player Documentation. (2015, November 26). Retrieved May 23, 2016, from Github Jaris Player: https://github.com/jegoyalu/jarisplayer /blob/master/documentation.txt

Adobe. (2012, December 21). Adobe’s Real Time Messaging Protocol. Retrieved May 15, 2016, from

http://wwwimages.adobe.com/content/ dam/Adobe/en/devnet/rtmp/pdf/rtmp_ specification_1.0.pdf

Haryoko, S. (2009, Maret). Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optmalisasi Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1).

Kosasi, S. (2015, September 12). Perancangan E-Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Guru dan Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika.

Naresh, B., & Reddy, B. S. (2015, September). Current Trends is E-Learning and Future Scenario. Mediterranean Journal of Social Science, 6(5).

Gambar

Gambar 3. Tampilan Web Streaming

Referensi

Dokumen terkait

Terjadinya penurunan jumlah tangkapan imago betina PBKo pada hari ke-5 hingga hari ke-7 di setiap waktu pengamatan disebabkan karena jumlah senyawa volatil air hasil

e) Memiliki keterampilan dalam melakukan: diagnosis klinik, laboratorik, patologik, dan epidemiologik penyakit hewan. Keterampilan Umum a) Mampu merancang secara

Berdasarkan uraian di atas, maka dalam penelitian ini akan diuraikan pengertian modalitas dan macam-macamnya dalam roman Le Tour du Monde en Quatre-vingts Jours karya Jules

Ketentuan tersebut terdapat di dalam Pasal 21 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 204 tentang Administrasi Pemerintahan: (a) Pengadilan berwenang menerima, memeriksa, dan

ngan lingkungan. keterampilan sosial bukan sesuatu yang dibawa dari lahir tetapi perilaku yang dipelajari dari kehidupan sehari-hari anak. Pelajaran yang diperoleh baik

Meningkatkan kinerja perusahaan melalui penyediaan informasi tingkat risiko yang dituangkan dalam peta risiko ( risk map ) yang berguna bagi manajemen dalam pengembangan strategi

Eksploitasi adalah rangkaian kegiatan pada suatu wilayah kerja tertentu yang meliputi pengeboran sumur pengembangan dan sumur reinjeksi, pembangunan fasilitas lapangan dan

Pada bab ini penulis pertama-tama akan secara spesifik membahas mengenai asas keseimbangan dalam hukum perjanjian, antara lain hal-hal yang berkaitan dengan pengertian