CHAPTER 7

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Name : Ira Ardella Putri NIM : 2013230880

RESUME FRAUD EXAMINATION AND AUDIT INVESTIGATIV CHAPTER 7

INVESTIGASI PENCURIAN Pendekatan Segitiga Penyelidikan

1. Metode Investigasi pencurian

 Operasi pengawasan tersembunyi  Pengawasan (invigilation)

 Pencarian dan perampasan computer  Fakta-fakta fisik

2. Meotde Investigasi pengubahan  Pencarian arsip public  Sumber online

3. Metode investigasi penyembunyian  Pemeriksaan dokumen  Audit

 Pencarian elektronik  Perhitungan asset fisik 4. Metode investigasi penyelidikan

 Interview dan pemeriksaan  Tes kejujuran

Faktor- factor yang dipertimbangkan saat memutuskan suatu investigasi  Kuat dalam prediksi

 Kuat dalam biaya investigas

(2)

 Memberikan tanda investigasi pasa saat tidak melakukan investigasi kepada organisasi lain

 Resiko atas investigasi atau pada saat tidak melakukan investigasi  Kemungkinan terjadinya kecurangan secara alami

Umumnya setelah melakukan prediksi, kebijaksanaan yang paling baik adalah untuk

menginvestigasi potensi kecurangan dalam menentukan siapa, kenapa, bagaimana dan berapa banyak kecurangan tersebut terjadi. Setelah keputusan dibuat untuk investigasu, tahap

selanjutnya adalah menentukan metode investigasi yang akan digunakan. Metode Investigasi Perbuatan pencurian

Definisi investigasi tindak pencurian adalah aktivitas langsung untuk menyelidiki dan menginvestigasi fraud, sperti pengawasan dan penyamaran. Pada umumnya investigasi penyelidikan tindak pencurian menggunakan teknik yang tidak mengundang kecurigaan dan tidak salah dalam melibatkan orang yang tidak bersalah dalam kasus pencurian. Langkah-langkah investigasi ini dilakukan secara rahasia tanpa sepengetahuan target yang dimintai informasi. Penyelidik atau auditor/fraud examiner seolah-olah melakukan audit seperti biasa. Ada beberapa langkah dalam proses metode investigasi antara lain:

 Memeriksa arsip karyawan secara individu untuk dijadikan fakta

 Menyelenggarakan audit khusus untuk memeriksa trend dan perubahan harga serta pembelian dari berbagi vendir

 Pencarian arsip public dan sumber lainnya dalam mengumpulkan fakta-fakta gaya hidup tersangka

 Menyelenggarakan pengawasan atau operasi tersembunyi lainya

 Mewawancarai vendor yang gagal dalam bekerjasama dan pembeli yang terdahulu

 Mewawancarai pembeli sekarang termasuk manager yang dicurigai hanya jika tidak terdapat kolusi dengan manajemen yang dicurigai

 Melakukan wawancara secara serentak terhadap pembeli dan vendor yang dicurigai Koordinasi Suatu Investigasi

Saat memulai investigasi kecurangan, sering berguna dalam mengembangkan teori tentang tipe kecurangan seperti apa yang akan terjadi, siapa kira-kira pelaku kecurangan yang

(3)

mngkin dijadikan tersangka, motivasi apa yang mendasari pelaku tersebut dan beberapa banyak yang mungkin pelaku tersebut ambil. Salah satu cara untuk memperkuat teori adalah dengan menggunakan grafik kelemahan sebagai alat untuk menangani semua aspek dari kecurangan dan menetapkan teori dari kecurangan. Grafik kelemahan mengkoordinasi berbagai macam elemen yang mungkin terjadi kecurangan:

 Aset yang telah diambil/hlang

 Individu yang mempunyai kesempatan mencuri  Metode investigasi pencurian

 Kemungkinan penyembunyian  Kemungkinan pengubahan  Peninjauan gejala

 Tekanan yang mungkin dialami pelaku  Rasionalisasi dari pelaku

 Kunci terjadinya pengendalian internal yang telah disepakati pencuri tersebut Operasi pengawasan dan tersembunyi

Adalah teknik investigasi pencurian mengandalkan perasaan, terutama pendengaran dan penglihatan. Pengawasan berarti melihat dan merekam fakta fisik, tindakan dan tingkah laku atau gerak gerik. Terdapat 3 tipe pengawasan secara teknis:

 Tidak berubah atau penetapan poin observasi  Bergerak atau tailing observasi

 Pengawasan elektronik terhadap karyawan

Penyamaran investigasi bisa sangat mahal jika menyita waktu yang banyak dan digunakan dengan perlindungan yang sangat tinggi. Penyamaran investigasi bisa digunakan hanya pada saat:

 Kecurangan terjadi dengan skala besar  Metode investigasi kecurangan lainnya gagal  Investigasi dapat diawasi secara dekat

(4)

 Investigasi yang dilakukan bertentangan dengan hokum atau etika organisasi  Investigasi yang dilakukan sangat rahasia

 Pihak berwenang telah dihubungi saat fakta-fakta telah terkumpul Pengawasan (Invigilation)

Adalah investigasi perbuatan mencuri yang mengawasi tersangka secara ketat saat dilakukannya pemeriksaan. Pengawasan (Invigilation) adalah teknik investigasi yang bisa menimbulkan biaya yang sangat mahal. Hal ini hanya bisa dilakukan dengan persetujuan menejemn dan hanya diterapkan sebatas tempat/area bisnis yang menimbulkan resiko tinggi. Fakta-fakta fisik

Fakta-fakta fisik melibatkan analisis objek seperti inventory, aset, dan kunci yang rusak;zat kimia seperti oli dan cairan; jejak seperti cat dan noda; cetakan jejak seperti tanda yangterpotong, jejak ban, dan sidik jari atau pencarian didalam komputer.

Memperoleh akses fisik

Langkah pertama di semua pengumpulan data elektronik adalah akses fisik data. Datamungkin saja tersimpan di dalam database perusahaan, komputer pribadi, atau email server.J i k a d a t a t e r s i m p a n d i d a l a m d a t a b a s e p e r u s a h a a n , a n d a h a n y a m e m e r l u k a n i z i n d a t a b s e administrator untuk mengakses data.Banyak data yang dicari terdapat dalam laptop atau komputer pribadi karyawan. Langkah pertama yang diambil untuk mendapatkan data adalah anda harus memiliki izin secara legal untuk mengambil hardware laptop atau komputer pribadi tersebut.

Langkah pertama dalam emngumpulkan data lewat email adalah mengetahui tipe email yang mereka gunakan. Tipe dari email yang digunakan:

 Ms Outlook atau Outlook express  Eudora, Pegasus Apple Mail  Web mail account seperti Hotmail

(5)

CHAPTER 8

INVESTIGASI PENYEMBUNYIAN

Investigasi penyembunyian sangat berhunungan dengan manipulasi dan pencarian fakta dokumen

Aspek Fakta Dokumen

Dasar dair teknik investigasi penyembunyian berhubungan dengan cara mengumpulkan dokumen yang telah dimanipulasi. Dokumen mengandung informasi berharga dalam melaksanakan pemeriksaan kecurangan. Karena dokumen berisi jumlah yang signifikan dari fakta kebanyakan kasus kecurangan, investigasi harus mengerti aspek legal dan administrative saat penanganan dokumen tersebut secara spesifik inv=nvestigator harus mengerti aspek yang mengikuti fakta-fakta dokumen tersebut.

 Rangkaian mata rantai penjagaan dokumen  Menandai fakta

 Dokumen yang berisi fakta di dalam organisasi

 Peraturan mengenai dokumen asli versus dokumen yang telah difotocopy Memperoleh Fakta-fakta Dokumen

Prosedur dari kebanyakan teknik investigasi penyembunyian berhubungan dengan akses dan mengumpulkan fakta dokumen. Didalam chapter ini, kami mengidentifikasi beberapa cara untuk memperoleh fakta-fakta tersebut. Penguji yang mempunyai latar belakang computer, statistic, atau akuntansi biasanya memiliki keuntungan dalam melakukan investigasi saat mencari fakta-fakta didalam dokumen.

Audit

Auditor memiliki 7 tipe tes, dimana tes tersebut menghasilkan catatan fakta-fakta:  Tes keakuratan mesin

 Tes analitikan  Dokumentasi

(6)

 Konfirmasi  Observasi

 Pemeriksaan fisik  Penyelidikan Sampling Penemuan

Pendekatan yang lebih baik didalam auditing fakta-fakta dokumen di beberapa situasi adalah dengan menggunakan catatan statistic sampling yang disebut sampling penemuan. Penggunaan sampling penemuan (statistic) memberikan auditor untuk mengetahui dan membuat kesimpulan sample dari populasi yang diambil.

Menggunakan Tekhnologi

Alternatif lain untuk menemukan sampling dimana memberikan semua cek untuk diperiksa adalah menggunakan teknlogi. Menggunakan pendekatan ini, auditor memilih kepentinga variable sperti, alamat pembayaran, mengecek kotak pos/surat atau pembayaran yang dibuat untuk dokter khusus dan menjalankan querry dari semua data cek yang telah dikumpulkan. Walaupun penggunaan computer untuk mendapatkan kecurangan bisa sangat kuat teknik ini memerlukan keahlian untuk mengkoneksi database perusahaan memilih data yang tepat dan menganalisa secara efisien.

Sulit UntukMendapatkan Fakta Dokumen

Beberapa fakta Dokument sangat sulit untuk diperoleh, walaupun dokumen tersebut berharga. Hanya ada 3 cara yang diizinkan untuk memperoleh fakta dokumen:

 Dengan cara panggilan tertulis (jalur hokum)  Dengan cara pencarian surat tuntutan

 Dengan cara persetujuan secara sukarela Ahli Dokumen

Kadangkala penting sekali menentukan apakah dokumen tersebut asli. Pertanyaan dokumen bisa saja asli, palsu, curang atau hasil pemalsuan. Formulir khusus yang ada pada investigasi mempergunakan kimia forensic, mikroskop, cahaya dan fotograsi dalam pemeriksaan

(7)

dokumen. Ahli dokume dapat mengetahui dokumen yang diperiksa tersebut ditulis dan ditanda tangani oleh seorang yang benar atau tidak, palsu atau asli dll. Untuk menjadi ahli pemeriksa dari pertanyaan dokumen, salah satunya adalah belajar secara luas dan mengikuti pelatihan khusus.

CHAPTER 9

MODEL INVESTIGASI KONVERSI

Metode ini melibatkan sebagian besar konversi catatan public dan sumber lainnya untuk melacak pembelian asset, pembayaran kewajiban dan perubahan gaya hidup dan kekayaan bersih. Ketika orang masuk ke dalam transaksi keuangan, seperti membeli aset, mereka meninggalkan jejak atau "jejak kaki keuangan."

Conversion Searches

Conversion Searches dilakukan karena dua alasan: (1) untuk menentukan tingkat penggelapan dan (2) untuk mengumpulkan bukti yang dapat digunakan dalam interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Untuk menjadi ahli dalam investigasi konversi, pemeriksa perlu memahami

informasi yang dapat dilihat dari (1) federal, Negara, dan lembaga lokal dan organisasi lain yang memelihara informasi yang dapat diakses dalam proses pencarian, (2) sumber-sumber informasi dari pihak swasta; ( 3) sumber-sumber Informasi online; dan (4) menggunakan metode nilai bersih menganalisis informasi belanja, yang sangat membantu dalam menentukan jumlah kemungkinan menggelapkan dana.

GOVERNMENT SOURCES OF INFORMATION

Banyak dari informasi ini dapat diakses oleh siapa saja yang memintanya, tetapi beberapa dari itu dilindungi di bawah undang-undang privasi yang mencegah pengungkapan kepada publik. Catatan Federal umumnya tidak berguna sebagai catatan negara dan lokal dalam penyelidikan penipuan, tapi mereka sangat membantu dalam situasi tertentu. Karena birokrasi yang terlibat, catatan federal yang mengakses dapat memakan waktu dan mahal.

(8)

Ratusan sumber informasi pribadi yang tersedia untuk mereka yang bersedia mencari mereka. Catatan utilitas (gas, listrik, air, sampah, dan saluran pembuangan), misalnya, memasok nama-nama orang ditagih, menunjukkan apakah seseorang hidup atau memiliki properti dalam jangkauan layanan, dan mengidentifikasi jenis utilitas bisnis menggunakan. Cara lain untuk mendapatkan informasi keuangan adalah melalui kenalan sebelumnya.

DATA BASE ONLINE

Peningkatan jumlah online, database komersial menyediakan informasi bermanfaat. Database mungkin berbasis langganan, memiliki biaya perpenggunaan, atau memungkinkan pencarian internet unlimited. Beberapa database tumpang tindih satu sama lain, tetapi sebagian besar mengandung informasi unik yang mungkin berguna untuk suatu kasus. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah besar konsolidasi antara pemain terbesar telah. Meskipun pemain tunggal mendapatkan informasi lebih lanjut melalui konsolidasi ini, adalah bijaksana untuk mencari berbagai sumber. Informasi tentang satu orang mungkin dalam satu database, sedangkan informasi pada orang lain mungkin dalam database lainnya. Banyak dari database ini berisi informasi tentang kebangkrutan, catatan pengadilan, real estate, lien pajak, dan informasi keuangan lainnya yang penting.

PENCARIAN INTERNET

Internet publik merupakan sumber informasi yang semakin berharga. Sementara mesin pencari seperti Google, AltaVista, dan Yahoo! tidak mencari database internal seperti

AutoTrackXP atau LexisNexis, indeks mereka sejumlah besar Web publik. Hasilnya biasanya akan memuat hit media, situs Web perusahaan, dan situs publik lainnya. Fakta bahwa hasil pencarian publik biasanya mengandung jumlah yang mengejutkan informasi tentang seorang individu ini dibuktikan dengan meningkatnya penggunaan frase.

METODE KEKAYAAN BERSIH

Setelah peneliti mengumpulkan informasi tentang pengeluaran dan gaya hidup dari catatan publik dan sumber lainnya, mereka biasanya ingin menentukan sejauh mana dana yang dicuri. Cara yang paling umum untuk membuat klasifikasi tersebut adalah melalui perhitungan kekayaan bersih. Pada dasarnya, metode nilai bersih menggunakan rumus berikut, yang

(9)

didasarkan pada aset seseorang (hal-hal yang dimiliki), kewajiban (utang), biaya hidup, dan pendapatan.

Perhitungan Kekya Bersih

1. Aktiva - Kewajiban = Kekya Bersih

2. Net Worth - Kekayaan Bersih Tahun sebelumnya = Kenaikan Kekya Bersih 3. Peningkatkan Kekayaan Bersih + Biaya Hidup = Penghasilan

4. Penghasilan - Dana dari Sumber Dana Dikenal = Sumber Tidak Diketahui

Metode ini digunakanuntuk memperkirakan pendapatan tidak dilaporkan dalam kasus penipuan pajak. Karena hanya aset dan pengurangan kewajiban yang dapat ditemukan masuk ke dalam perhitungan, perhitungan kekayaan bersih cenderung memberikan perkiraan konservatif dana dicuri

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :