Ragam Hias

Top PDF Ragam Hias:

Ragam Hias Tradisional

Ragam Hias Tradisional

Ragam hias merupakan pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ragam hias juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya

71 Baca lebih lajut

Pengembangan Pola Ragam Hias Trowuli

Pengembangan Pola Ragam Hias Trowuli

Indonesia yang sangat kaya akan seni dan budayanya memiliki potensi yang besar untuk dilakukannya ekplorasi atas peninggalan-peninggalan budaya masa lampau yang turut membentuk karakter bangsa Indonesia untuk digunakan kembali di masa sekarang. Sangat disayangkan apabila ragam hias yang merupakan bagian dari identitas bangsa dan menjadi aset bangsa tidak termanfaatkan untuk kesejahteraan dan kebesaran sebuah bangsa. Masih banyak potensi seni dan budaya Indonesia yang dapat digali, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk kebutuhan di masa sekarang dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas khususnya para desainer dan arsitek. Ragam Hias Trowuli ini adalah satu dari beberapa upaya masyarakat dalam rangka melestarikan seni dan budaya Indonesia serta memperkuat jatidiri bangsa, memberikan kebanggaan akan kebesaran negara Indonesia bahwa bangsa ini tidak kalah dengan bangsa asing. Ragam hias ini merupakan transformasi dari bentuk tiga dimensi ragam hias yang terdapat pada fragmen-fragmen gerabah Majapahit yang diubah menjadi bentuk dua dimensi. Ragam hias Trowuli yang ditampilkan kemudian dikembangkan lebih lanjut baik melalui penelitian lanjutan maupun aplikasi praktis dengan beragam variabel yang mempengaruhinya sehingga tercipta ragam hias-ragam hias baru.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras

Penerapan Ragam Hias Pada Bahan Keras

Ragam hias atau ornamen untuk hiasan dapat berupa motif tum bu han, hewan, manusia dan geometris yang di- gunakan un tuk memperindah bidang dua dan tiga di mensi. Mo tif ra gam hias dua dimensi dapat diterapkan pada ben da ke- ra jinan anya man, ukiran maupun bagian dari sisi ba ngu nan rumah tradi si o nal. P a d a r a g a m h i a s y a n g b e r s i f a t t i g a di men si dijumpai pada barang-barang rumah tangga dan kerajinan

14 Baca lebih lajut

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Tekstil

Keindahan ragam hias nusantara telah diterapkan pada hampir semua sendi kehidupan manusia. Ragam hias tidak hanya terdapat pada bangunan rumah tinggal, peralatan rumah tangga, senjata tradisional, tetapi juga terdapat pada tekstil. Perkembangan dan pertumbuhan ragam hias pada benda tekstil sangat pesat karena mengikuti mode dan trend yang terjadi. Ragam hias pada tekstil telah diterapkan sejak lama melalui pakaian-pakaian adat yang ada di Indonesia. Perhatikan ragam hias pada tekstil melalui gambar-gambar di bawah ini.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

KREASI RAGAM HIAS UIS BARAT.

KREASI RAGAM HIAS UIS BARAT.

Sesuai dengan rumusan masalah yang dikemukakan di atas maka penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Secara kualitatif akan dipaparkan data tentang aktualitas mengenai estetika atau keindahan ragam hias uis ragi barat, diawali bentuk-bentuk ragam hias desain struktur (structual design), pemilihan material kain, zat pewarna tekstil, hingga proses pembuatan tenunan uis (finishing). Maksud metode kualitatif di sini adalah membuat percobaan desain tekstil khususnya uis ragi barat secara manual sebab ada perbedaan antara desain tekstil uis ragi barat klasik dengan kreasi baru uis ragi barat. Sehingga penelitian ini dapat mengenal secara mendalam mengetahui bentuk ciri khas kain tradisional uis ragi barat batak karo baik itu dari bentuk tekstur, warna, ragam hias, teknik pembuatan, dan pengaplikasian tekstil tradisional uis.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Menerapkan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Karya Widayat adalah contoh pencapaian paripurna corak dekoratif dalam seni rupa modern Indonesia. Ia mengolah kekuatan penataan ragam hias yang sungguh teliti seperti yang terlihat dalam tradisi hiasan batik dan seni ukir tradisional dan memadukannya dengan konsep komposisi dan citarasa warna modern. Karenanya, karya-karyanya pernah dijuluki sebagai lukisan bercorak ”dekoratif- magis”.

11 Baca lebih lajut

KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI.

KAJIAN RAGAM HIAS BATIK LASEM MASA KINI.

b. Jenis Tekstil Tradisional Indonesia……………………………. 2. Batik……………………………………………………………….. a. Pengertian Batik……………………………………………….. b. Kelompok Batik di Indonesia………………………………….. 3. Ragam Hias Batik………………………………………………….. a. Pengertian Ragam Hias ………………………………………... b. Kelompok Ragam Hias Batik………………………………….. c. Struktur Ragam Hias Batik …………………………………….. d. Faktor Pengaruh Ragam Hias Batik …………………………… 4. Penelitian Sebelumnya…………………………………………….. B. Landasan Teori/Kerangka Pikir ……………………………………………
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Silabus Mata Kuliah Ragam Hias Tradisional

Silabus Mata Kuliah Ragam Hias Tradisional

Ragam Hias Tradisional merupakan pembelajaran mengenal, memahami dari karakteristik/ciri bentuk, motif secara visual maupun tekstual, serta penciptaan kembali dengan teknik menggambar yang bervariasi dalam bentuk terapan maupun kreatif dari ragam hias tradisional yang ada di nusantara.

3 Baca lebih lajut

Bab 9 Penerapan Ragam Hias pada Bahan Keras

Bab 9 Penerapan Ragam Hias pada Bahan Keras

Jenis ragam hias setiap daerah berbeda-beda dan me miliki ciri khas dalam pem- buatannya. Ragam hias ini muncul dalam bentuk dasar yang sama seperti bentuk lora, fauna, manusia dan ben tuk geometris. Ben tuk-ben tuk tersebut bia sa - nya me rupakan bentuk stilisasi dari bentuk aslinya. Proses pem buatan ragam hias ini dapat dilakukan dengan cara memahat, menganyam, dan pengecatan. Bahan- bahan yang digunakan dapat berupa kayu, batu, bambu, rotan, mendong atau pandan.

14 Baca lebih lajut

KOMBINASI BENTUK RAGAM HIAS TRADISIONAL KARO DALAM PENCIPTAAN MOTIF DASAR RAGAM HIAS KARO BARU.

KOMBINASI BENTUK RAGAM HIAS TRADISIONAL KARO DALAM PENCIPTAAN MOTIF DASAR RAGAM HIAS KARO BARU.

Masalah yang tampak dewasa ini di kabupaten Karo banyak bangunan- bangunan dihias dengan variasi ragam hias yang kurang serasi dengan karakter ragam hias yang sudah ada. Misalnya di kawasan Tahura (Taman Hutan Raya) di desa Tongkoh Berastagi tampak beberapa bangunan yang masih menggunakan pola Ayo-Ayo yang di serap melalui ciri pola rumah adat Karo, tetapi penampilan ragam hiasnya sudah meninggalkan ciri dan watak ragam hias tradisional Karo pada umumnya dan sudah bercampur baur dengan ragam hias daerah lain misalnya ragam hias batak Toba.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Menggambar Ragam Hias Flora Geometris Figuratif Fauna Prosedur Alat dan Bahan Teknik Pola Susunan Motif

Menggambar Ragam Hias Flora Geometris Figuratif Fauna Prosedur Alat dan Bahan Teknik Pola Susunan Motif

Bentuk ragam hias umumnya memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, pola yang ditampilkan dapat berupa pola ragam hias yang teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan. Pola ragam hias geometris dapat ditandai dari bentuknya seperti persegi empat, zig-zag, garis silang, segitiga, dan lingkaran. Pola bidang tersebut merupakan pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris adalah dengan mengubah susunan pola ragam hias menjadi pola ragam hias tidak beraturan dan tetap memperhatikan segi keindahan.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Bab 2 Menggambar Ragam Hias

Bab 2 Menggambar Ragam Hias

Ragam hias atau ornamen merupakan bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh faktor lingkungan alam, lora dan fauna, serta budaya masing-masing daerah. Keinginan untuk menghias merupakan naluri atau insting manusia. Selain itu, pembuatan ragam hias juga didasarkan atas kebutuhan masyarakat baik yang bersifat praktis maupun yang terkait dengan kepercayaan atau agama. Terdapat ragam hias memiliki makna simbolis karena mengandung nilai-nilai budaya yang terdapat di masyarakat pendukungnya. Menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan stilasi (penggayaan) dengan menyederhanakan bentuk objek yang menjadi sumbernya dengan pertimbangan keindahan. Selain itu, gambar hias juga harus disesuaikan dengan fungsinya.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ragam hias kreasi utuh

ragam hias kreasi utuh

Perombakan tersebut merupakan sebuah sikap penulis terhadap kenyataan di masyarakat, terutama di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi yang sering mengidentikan ragam hias dengan motif-motif klasik beberapa daerah di Indonesia. Pemahaman ini seolah menjadi dokrin yang telah diterima oleh para siswa dan mahasiswa dari gurunya tentang ragam hias. Hal ini dipertegas lagi ketika penulis mencoba memberikan beberapa tugas pada mahasiswa, masih banyak diantara mereka masih membuat motif- motif ukir kayu, logam, keramik atau tekstil yang sudah tidak asing dalam wacana ragam hias klasik Nusantara.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

RAGAM HIAS PARANG GERIGI PADA BATIK BETAWI

RAGAM HIAS PARANG GERIGI PADA BATIK BETAWI

Berkembangnya trend batik di Indonesia membuka banyak peluang bisnis untuk mengembangkan dan memasarkan batik tradisional terutama batik Betawi. Corak ragam batik Betawi yang telah hilang kembali dimasyarakatkan dengan menyediakan ragam hias khusus batik betawi di Jakarta, Bersaing dengan ragam hias batik nusantara lain yang telah tersedia di pasar Jakarta. Ketersediaan jenis batik betawi ini adalah upaya menghidupkan budaya Betawi untuk dapat eksis di Jakarta dan menghidupkan kembali sentra-sentra industri batik Betawi. Adapun analisa pasar dilakukan dengan pendekatan 5 p seperti yang dijelaskan melalui tabel dibawah ini:
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

3.RAGAM HIAS DAN WARNA SEBAGAI SIMBOL moejiono

3.RAGAM HIAS DAN WARNA SEBAGAI SIMBOL moejiono

Arsitektur Cina merupakan Arsitektur Khas Oriental yang berasal dari daratan Cina yang pada dasarnya adalah Arsitektur Tradisional berornamen atau berhias. Hiasan tersebut bisa berada di dinding, pintu dan jendela dan lain-lain yang didasarkan pada mitos dan kepercayaan bangsa Tionghoa, dengan berbagai ragam ornamen mulai dari ragam geometris, motif tanaman, motif hewan bahkan sampai dengan legenda- legenda, dengan warna-warna khas yang tampil.

6 Baca lebih lajut

Silabus Ragam Hias Tekstil

Silabus Ragam Hias Tekstil

Membuat artikel singkat tentang motif hias Indonesia maupun dari negara lain (format popular) selain yang diwajibkan pada tugas mandiri akan diberi skor sebagai tugas tambahan. Tugas ini tidak wajib tetapi mempunyai sumbangan pada perolehan skor total maksimum. Tidak perlu dipresentasikan. Skor tambahan 5 maksimum.

7 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PPL UNY 2016 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN.

LAPORAN INDIVIDU PPL UNY 2016 SMP N 1 PRAMBANAN KLATEN.

Ragam hias biasa disebut juga ornamen. Ornamen berasal dari bahasa Yunani dari kata ornare yang artinya hisan atau perhiasan. Ragam hias berkaitan dengan pola hias dan motif. Pola hias merupakan unsur dasar yang dapat digunakan sebagai pedoman dalam merancang suatu hiasan. Sedangkan, motif hias merupakan pokok pikiran dan bentuk dasar dalam perwujudan ragam hias, meliputi segala bentuk alami ciptaan Tuhan seperti manusia, binatang, tumbuhan, gunung, batuan, air, awan dan lainnya serta hasil kreasi manusia. Ragam hias atau ornamen itu sendiri terdiri dari berbagai jenis motif dan motif-motif itulah yang digunakan sebagai penghias. Oleh karena itu motif adalah dasar untuk menghias suatu ornamen.
Baca lebih lanjut

134 Baca lebih lajut

UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PADA KERAJI

UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PADA KERAJI

motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu- kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias fauna dapat dikombinasikan dengan motif flora dengan bentuk yang digayakan.

8 Baca lebih lajut

TATA RUANG DAN ELEMEN ARSITEKTUR PADA RU (2)

TATA RUANG DAN ELEMEN ARSITEKTUR PADA RU (2)

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan kecenderungan penggunaan elemen, ragam hias, dan ruang. Yang paling sering digunakan adalah ragam hias flora dan alam. Seiring dengan meningkatkan hirarki bangunan, maka akan ditambah dengan fauna, dan selanjutnya agama. Yang paling sering untuk dihias adalah berturut-turut senthong, dalem, pringgitan, dan pendopo Saran bagi Penelitian Lanjut

16 Baca lebih lajut

Show all 4029 documents...