Top PDF Buku Siswa PPKn SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa PPKn SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa PPKn SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Akhirnya, Anda telah sampai pada materi pembelajaran bab terakhir di kelas XII. Tentunya, pengalaman belajar Anda sudah makin lengkap setelah mempelajari tiga bab sebelumnya. Semua itu harus Anda jadikan modal untuk mempelajari materi pembelajaran pada bab terakhir ini. Perlu Anda ingat, bab ini merupakan akhir dari semua rangkaian proses pembelajaran PPKn yang Anda ikuti di jenjang SMA/SMK/MA/MAK. Artinya, tidak ada lagi lanjutannya, karena Anda sebentar lagi akan dinyatakan lulus dari sekolah masing-masing. Supaya Anda mendapat kemudahan dalam memahami materi pembelajaran pada bab ini, alangkah baiknya Anda berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta jangan lupa senantiasa bersyukur atas setiap anugerah yang diterima.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018

Buku ini merupakan panduan minimal bagi guru dalam membelajarkan peserta didik melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Di samping itu disajikan pula implementasi model-model pembelajaran alternatif bagi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga pembelajaran yang disajikan dapat lebih bermakna. Guru dituntut untuk berani mengembangkan pembelajaran melalui kreasi dan inovasi model-model pembelajaran yang ada sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan bersumber pada lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
Baca lebih lanjut

274 Baca lebih lajut

Buku Siswa Matematika Kelas 9 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa Matematika Kelas 9 Edisi Revisi 2018

Pembahasan materi dalam buku ini selalu didahului dengan pengetahuan konkret yang dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan konkret tersebut dipergunakan sebagai jembatan untuk menuju ke dunia matematika abstrak melalui pemanfaatan simbol-simbol matematika yang sesuai melalui permodelan. Sesampainya pada ranah abstrak, metode-metode matematika diperkenalkan untuk menyelesaikan model permasalahan yang diperoleh dan mengembalikan hasilnya pada ranah konkret. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diharuskan untuk mencari dan mengeksplorasi sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan dan media belajar lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Baca lebih lanjut

336 Baca lebih lajut

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 12 Edisi Revisi 2018

- Guru mendorong siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan lagu. Guru bisa memberi contoh hal-hal yang bisa ditanyakan, seperti siapa penciptanya, kapan diciptakan, perasaan apa yang muncul jika mendengarkan lagu tersebut, dan sebagainya. Guru bisa membuat kegiatan ini seperti permainan dengan meminta setiap pasangan/ kelompok siswa menulis sebuah pertanyaan di secarik kertas kecil. Kertas kemudian dilipat sehingga menjadi seperti lotere.

178 Baca lebih lajut

Buku Guru Matematika Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Guru Matematika Kelas 12 Edisi Revisi 2018

> Guru meminta salah satu kelompok/siswa mengomunikasikan hasil kesimpulan dari kegiatan menalar baik melalui kegiatan presentasi kelas, kunjung karya (siswa menuliskan kesimpulannya di kertas plano/kwarto, dipajang, dan meminta semua kelompok atau siswa memberi komentar pada masing-masing karya), atau karya kunjung (siswa menuliskan kesimpulannya di kerta plano/kwarto, mengutus 2 anggota kelompok mempresentasikan pada kelompok yang lain, dan meminta kelompok yang lain tersebut bertanya atau memberi komentar pada karya yang dipresentasikan).

242 Baca lebih lajut

Buku Siswwa PAI Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswwa PAI Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi revisi, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Baca lebih lanjut

314 Baca lebih lajut

Buku Guru Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Guru Sejarah Indonesia SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Dalam pertemuan ini guru dapat mengangkat keteladanan para tokoh yang telah berjuang dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa. Mereka adalah orang-orang yang tak kenal lelah dan rela mengorbankan diri dan materi demi mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Mereka juga memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lainnya untuk mencapai/merebut/mempertahankan/mengisi kemerdekaan. Mereka berasal dari berbagai kalangan, berbagai daerah, dari golongan militer, sipil, bangsawan atau rakyat biasa. Keteladanan semacam inilah yang para siswa harus dapat memaknainya. Siswa juga harus tahu bahwa para pahlawan yang dimaksud bukan saja nama-nama yang selama ini familiar mereka dengar. Karenanya, guru perlu juga mengajak siswa untuk dapat mengetahui siapa saja mereka itu, termasuk para pahlawan yang berasal dari daerah lingkungan sekitar tempat tinggal siswa.
Baca lebih lanjut

258 Baca lebih lajut

BS Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BS Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

Postulat dan teorema yang beliau ungkapkan merupakan landasan teori tentang kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang yang hingga kini masih digunakan dengan hampir tanpa perubahan yang prinsip. Euclid menulis 13 jilid buku tentang geometri. Dalam buku-bukunya ia menyatakan aksioma (pernyataan pernyataan sederhana) dan membangun dalil tentang geometri berdasarkan aksioma-aksioma tersebut. Contoh dari aksioma Euclid adalah, ”Ada satu dan hanya satu garis lurus, di mana garis lurus tersebut melewati dua titik”. Buku-buku karangannya menjadi hasil karya penting dan menjadi acuan dalam pembelajaran Ilmu Geometri. Bagi Euclid, matematika itu penting sebagai bahan studi dan bukan sekedar alat untuk mencari nafkah. Ketika ia memberi kuliah geometri pada seorang raja, Raja tersebut bertanya, ”Tidak adakah cara yang lebih mudah bagi saya untuk mengerti dalam mempelajari geometri?”. Euclid menjawab, ”Bagi Raja tak ada jalan yang mudah untuk mengerti geometri. Setiap orang harus berpikir ke depan tentang dirinya apabila ia sedang belajar”.
Baca lebih lanjut

266 Baca lebih lajut

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018 osz

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018 osz

Buku ini merupakan panduan minimal bagi guru dalam membelajarkan peserta didik melalui pendekatan scientific dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Di samping itu disajikan pula implementasi model-model pembelajaran alternatif bagi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga pembelajaran yang disajikan dapat lebih bermakna. Guru dituntut untuk berani mengembangkan pembelajaran melalui kreasi dan inovasi model-model pembelajaran yang ada sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan bersumber pada lingkungan sosial dan alam sekitarnya. Buku edisi revisi ini merupakan penyempurnaan dari buku sebelumnya sebagai implikasi dari terbitnya kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, meskipun demikian buku ini masih perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu kami mengundang pembaca untuk dapat memberikan masukan, saran, dan perbaikan yang membangun dalam penyempurnaan buku ini dimasa yang akan datang.
Baca lebih lanjut

309 Baca lebih lajut

BG Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BG Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

Bab 8, 9, 10 merupakan teks prosedur. Jika tidak memungkinkan untuk melaksanakan pbm untuk ketiga bab itu di kelas, Guru bisa memilih salah satu atau 2 bab. Bab 8 adalah bab yang paling mudah berkaitan dengan prosedur pembuatan makanan, bab 9 terkait dengan mengolah berbagai bahan bekas untuk menjadi produk-produk yang dapat dimanfaatkan dan kiat-kiat (tips), bab 10 berisi prosedur cara menggunakan teknologi. Jika guru memilih bab 10 untuk kegiatan pembelajaran di kelas, bab 8 dan 9 bisa dikerjakan siswa di rumah.

178 Baca lebih lajut

BS Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BS Bahasa Inggris SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan, bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

186 Baca lebih lajut

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BG PPKn SMP Kelas 9 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

Buku ini merupakan panduan minimal bagi guru dalam membelajarkan peserta didik melalui pendekatan scientiic dengan model pembelajaran Discovery Learning (DL), Problem Based Learning (PBL), dan Project Based Learning (PjBL). Di samping itu disajikan pula implementasi model-model pembelajaran alternatif bagi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sehingga pembelajaran yang disajikan dapat lebih bermakna. Guru dituntut untuk berani mengembangkan pembelajaran melalui kreasi dan inovasi model-model pembelajaran yang ada sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan bersumber pada lingkungan sosial dan alam sekitarnya.
Baca lebih lanjut

274 Baca lebih lajut

BG PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress

BG PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi revisi, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Baca lebih lanjut

314 Baca lebih lajut

BS PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress

BS PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi revisi, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Baca lebih lanjut

314 Baca lebih lajut

BG Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BG Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

> Guru meminta salah satu kelompok/siswa mengomunikasikan hasil kesimpulan dari kegiatan menalar baik melalui kegiatan presentasi kelas, kunjung karya (siswa menuliskan kesimpulannya di kertas plano/kwarto, dipajang, dan meminta semua kelompok atau siswa memberi komentar pada masing-masing karya), atau karya kunjung (siswa menuliskan kesimpulannya di kerta plano/kwarto, mengutus 2 anggota kelompok mempresentasikan pada kelompok yang lain, dan meminta kelompok yang lain tersebut bertanya atau memberi komentar pada karya yang dipresentasikan).

242 Baca lebih lajut

Buku Guru PPKn Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Guru PPKn Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Orang tua juga harus memberikan komentar hasil pekerjaan atau tugas yang dicapai oleh siswa sebagai apresiasi dan komitmen untuk bersama-sama mengantarkan siswa mencapai prestasi yang lebih baik. Bentuk apresiasi orang tua ini akan menambah semangat siswa untuk mempertahankan dan meningkatkan keberhasilannya baik dalam konteks pemahaman dan penguasaan materi pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Hasil penilaian yang telah di paraf atau ditandatangani guru dan orang tua, kemudian disimpan untuk menjadi bagian dari portofolio siswa. Untuk itu, pihak sekolah atau guru harus menyediakan format tugas/pekerjaan siswa. Adapun interaksi antara guru dan orang tua dapat menggunakan format di bawah ini.
Baca lebih lanjut

202 Baca lebih lajut

BS PPKn SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

BS PPKn SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018 www.matematohir.wordpress.com

Untuk mencapai kompetensi seper Ɵ di atas, pembelajaran PPKn dirancang berbasis ak Ɵ vitas. Berbagai ak Ɵ vitas yang dibuat, akan disesuaikan dengan tema kewarganegaraan. Hal itu diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab melalui kepeduliannya terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi bangsa, negara, dan masyarakat sekitar sampai peradaban dunia. Kepedulian tersebut, ditunjukkan dalam bentuk par Ɵ sipasi ak Ɵ f dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya. Kompetensi yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan ataupun keterampilan penyajian dalam bentuk karya tulis akan tetapi, lebih ditekankan kepada keterampilan berbentuk Ɵ ndakan nyata sebagai perwujudan dari sikap peduli, bertanggung jawab, dan cinta tanah air yang telah terasah dalam diri siswa.
Baca lebih lanjut

154 Baca lebih lajut

Buku Siswa Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Setelah mengelompokkan data ke dalam beberapa kelas menjadi distribusi frekuensi, Anda dapat menyajikan data berkelompok tersebut dalam bentuk data kepada pembaca dalam bentuk gambar. Bagi kebanyakan orang, melihat informasi yang disajikan dari gambar lebih mudah daripada melihat dari dari kumpulan bilangan-bilangan pada tabel atau distribusi frekuensi. Hal ini juga berlaku bahkan untuk orang-orang yang tidak punya pengetahuan sebelumnya tentang statistika.

266 Baca lebih lajut

Buku Siswa PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa PAI SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya. Peran guru agama dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam. Sebagai edisi revisi, buku ini sangat terbuka terhadap masukan dan akan terus diperbaiki dan disempurnakan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca untuk memberikan kritik, saran, dan masukan guna perbaikan dan penyempurnaan edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Baca lebih lanjut

314 Baca lebih lajut

Buku Siswa Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Buku Siswa Matematika SMA Kelas 12 Edisi Revisi 2018

Setelah mengelompokkan data ke dalam beberapa kelas menjadi distribusi frekuensi, Anda dapat menyajikan data berkelompok tersebut dalam bentuk data kepada pembaca dalam bentuk gambar. Bagi kebanyakan orang, melihat informasi yang disajikan dari gambar lebih mudah daripada melihat dari dari kumpulan bilangan-bilangan pada tabel atau distribusi frekuensi. Hal ini juga berlaku bahkan untuk orang-orang yang tidak punya pengetahuan sebelumnya tentang statistika.

266 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...