Top PDF Implementasi Metode Dempster-Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web

Implementasi Metode Dempster-Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web

Implementasi Metode Dempster-Shafer Dalam Sistem Pakar Diagnosa Anak Tunagrahita Berbasis Web

teknologi. Seperti pengetahuan seorang pakar yang dapat diterapkan ke sebuah sistem yang disebut sistem pakar. Sistem pakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikirkan oleh pakar. Pakar yang dimaksud disini adalah orang yang mempunyai keahlian khusus yang dapat menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh orang awam. Sebagai contoh, Psikolog adalah seorang ahli dalam bidang psikologis. Bidang psikologis adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Psikolog mampu mendiagnosis proses mental yang diderita oleh seseorang serta dapat
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENUTUP  PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

PENUTUP PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

Berdasarkan analisis, desain, implementasi, pengujian perangkat lunak dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan dari Tugas Akhir ini ,yaitu aplikasi sistem pakar diagnosa gangguan perkembangan pervasif berbasis web berhasil dibangun dengan menggunakan metode Dempster Shafer.

5 Baca lebih lajut

Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Gizi Buruk pada Anak dengan Metode Dempster-Shafer Berbasis Web

Aplikasi Sistem Pakar Mendiagnosa Gizi Buruk pada Anak dengan Metode Dempster-Shafer Berbasis Web

Status gizi dan deteksi gizi buruk pada anak secara dini merupakan hal yang penting dalam proses tumbuh kembang anak. Saat ini aplikasi tunggal teknik kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang terbesar adalah Sistem Pakar (Expert System ). Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh pakar bidang tertentu. Pengetahuan dan pengalaman yang akan direpresentasikan ke sistem pakar memiliki banyak unsur ketidakpastian. Selama ini, untuk mendata gizi buruk pada anak-anak pihak Puskesmas Ome Kota Tidore Kepulauan melakukannya secara manual. Sehingga membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, penulis memanfaatkan metode dempster-shafer dengan pemrograman berbasis Web untuk memudahkan pihak puskesmas dalam melacak kasus gizi buruk pada anak-anak di Puskesmas Ome Kota Tidore Kepulauan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

PENDAHULUAN PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

perlu konsultasi terlebih dahulu dengan seorang psikolog. Selain itu, aplikasi tersebut dapat diakses dimanapun dan kapanpun supaya memperoleh informasi yang cepat dan tepat (Baco et al., 2012). Gangguan perkembangan pervasif dapat dideteksi melalui gejala-gejala yang dialami oleh anak.

8 Baca lebih lajut

Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor

Implementasi Metode Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Pendiagnosa Kerusakan Sepeda Motor

menggunakan metode Dempster Shafer. Sistem pakar ini berbasis desktop. Konsultasi pada sistem pakar ini yaitu dengan memilih gejala yang sudah disediakan oleh sistem. Gejala-gejala yang dipilih sebagai masukan kedalam sistem, kemudian dilakukan perhitungan. Hasil diagnosa kerusakan Sepeda Motor matic injeksi berupa nama kerusakan, nilai keyakinan dan solusi. Terdapat juga beberapa penelitian untuk mendeteksi kerusakan sepeda motor dengan pendekatan sistem pakar berbasis android, diantaranya (Putra, 2015) dan (Destiani & A. Hilmi, 2015). Kedua penelitian tersebut menggunakan metode inferensi forward chaining. Keluaran dari aplikasi tersebut adalah diagnosa kerusakan sepeda motor.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Nila Menggunakan Dempster Shafer Berbasis Web

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Nila Menggunakan Dempster Shafer Berbasis Web

Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Paru Menggunakan Metode Dempster Shafer menurut lutfhi indra, Berdasarkan wawancara dengan pihak dokter di Poli Paru RSUD Ratu Zalecha, penyakit pada paru banyak memiliki gelaja yang hampir sama sehingga diperlukan ketelitian dalam menganalisa bagi seorang dokter untuk mengungkap suatu jenis penyakitnya demi memberikan pengobatan yang tepat kepada pasiennya. Penyakit-penyakit pada paru memiliki perbedaan gelaja-gejala yang sangat tipis ini berpotensi terjadinya kekeliruan dalam proses menetukan jenis penyakit apa yang diderita oleh pasien dan hingga saat ini terdapat rata – rata kurang lebih 25 pasien yang ditangani oleh poli paru setiap harinya. Secara umum setiap orang pasti menginginkan hal yang terbaik untuk dirinya, tidak terkecuali dalam hal kesehatan. Informasi dan pengetahuan tentang penyakit yang terbatas membuat mereka mempercayakan pada dokter ahli. Namun dokter ahli atau pakar tetap memiliki beberapa kelemahan, seperti jam kerja praktek dokter ahli yang terbatas ataupun banyaknya antrian pasien. Permasalahan timbul pada saat seorang pasien ingin memeriksa kesehatannya tetapi dokter ahli sedang tidak berada ditempat. Untuk memaksimalkan kinerja dan meminimalisir waktu maka tugas perawat yang ada ditempat adalah melakukan diagnosa sementara dengan menanyakan langsung pada pasien gejala apa saja yang sedang dialami pasien. Tapi tentu saja kemampuan dan pengetahuan perawat dalam melakukan diagnosa sangat jauh dibandingkan dengan dokter ahli sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan dalam melakukan diagnosa.[4]
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER.

SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN PADI MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER.

Pertanian merupakan sektor penting dalam kehidupan manusia. Salah satu komoditas pertanian adalah tanaman padi, yang menghasilkan beras. Salah satu masalah yang dihadapi adalah menurunnya produktivitas tanaman padi. Penyebabnya antara lain area persawahan yang sudah sangat jarang ditemui, terutama di kota-kota besar. Banyak lahan persawahan yang sudah diubah menjadi gedung-gedung bertingkat, perumahan, dan pabrik-pabrik. Sebagai tanaman, padi juga tidak luput dari serangan hama yang membawa penyakit di antaranya bercak daun cokelat, bercak daun cercospora, blas, busuk batang, hawar pelepah, hawar daun jingga, hawar daun bakteri, dan tungro. Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi digunakan sebagai diagnosis awal dalam mengenali penyakit pada tanaman padi. Diagnosa dimulai dengan melihat gejala pada bagian tanaman tertentu, kemudian memasukkan data yang dilihat tersebut ke dalam sistem. Sistem akan mencari kemungkinan irisan penyakit berdasarkan gejala-gejala yang terlihat. Metode dempster-shafer akan memilih kemungkinan penyakit dengan nilai kepercayaan (belief) terbesar dari hasil perhitungan. Metode dempster-shafer digunakan untuk menangani ketidakpastian gejala-gejala yang terlihat pada tanaman padi. Karena hingga saat ini, proses penelitian terhadap penyakit maupun virus pembawa penyakitnya masih dilakukan sehingga akan ada kemungkinan gejala-gejala tersebut berubah atau bertambah. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil uji laboratorium dengan hasil perhitungan sistem. Dari pengujian ini, didapat nilai akurasi lebih dari 80%. Hal ini menunjukkan bahwa sistem ini telah bekerja sesuai dengan aturan yang ada, sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif dalam upaya mencegah atau meminimalisir kemungkinan serangan penyakit tanaman padi semakin meluas di kemudian hari.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

TINJAUAN PUSTAKA  PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

TINJAUAN PUSTAKA PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

Sistem pakar dapat diterapkan dalam bidang psikologi. Penelitian tugas akhir tentang sistem pakar ramuan obat tradisional telah dibangun dengan platform web menggunakan metode Dempster Shafer. Penelitian ini dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala-gejala yang dimasukkan user. Selain itu, aplikasi ini mampu memberikan acuan resep ramuan obat tradisional berdasarkan nama penyakit yang dimasukkan oleh user serta memberikan informasi ramuan obat tradisional untuk penyakit komplikasi. Aplikasi ini dapat dikembangkan dengan memberikan penambahan data jumlah penyakit serta ramuan obat tradisional dan juga dapat dikembangkan berbasis mobile (Yulyanti, 2012).
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

LANDASAN TEORI  PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

LANDASAN TEORI PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

Jenis gangguan perkembangan pervasif yang lain yaitu gangguan Childhood Disintegrative Disorder (CDD). Anak penderita gangguan disintegratif masa kanak-kanak atau biasanya dikenal juga dengan sindrom Heller biasanya berkembang secara normal ketika mereka mencapai usia 2-4 tahun, tetapi anak akan memperlihatkan hilangnya kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi yang cukup besar secara mendadak. Gangguan ini lebih jarang terjadi daripada gangguan autistik. Gangguan perkembangan pervasif yang terakhir yaitu gangguan pervasif masa kanak-kanak yang tidak terspesifikasi (PDD-NOS). Kualitas dari gangguan tersebut lebih ringan, sehingga terkadang anak-anak ini masih bisa bertatap mata, ekspresi fasial, tidak terlalu datar dan masih bisa diajak bergurau (Nixon & Mariyanti, 2012).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF  PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF PEMBANGUNAN APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB.

Gangguan perkembangan pervasif terdiri dari beberapa jenis, yaitu gangguan autistik, sindrom Asperger, sindrom Rett, gangguan Childhood Disintegrative Disorder (CDD), dan gangguan perkembangan pervasif tidak terspesifikasi. Rasio prevalensi dari seluruh gangguan perkembangan pervasif adalah 58,7 per 10.000 anak-anak di Indonesia. Pembangunan aplikasi sistem pakar diagnosa gangguan perkembangan pervasif bertujuan untuk membantu orang tua mendiagnosa jenis gangguan pervasif pada anak serta memberikan solusi (penanganan) supaya memperoleh hasil dan informasi yang optimal. Sistem ini hanya dapat mendiagnosa dua jenis gangguan pervasif yaitu gangguan autistik dan sindrom Asperger.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Implementasi Pengkombinasian antara Metode Dempster Shafer dan Theorema Bayes Dalam Sistem Pakar

Implementasi Pengkombinasian antara Metode Dempster Shafer dan Theorema Bayes Dalam Sistem Pakar

Manfaat yang didapat dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah sistem pakar berupa perangkat lunak yang berbasis desktop untuk mengetahui diagnosa penyakit akne vulgaris serta dapat memperluas pengetahuan dalam penerapan ilmu komputer dibidang kesehatan.

5 Baca lebih lajut

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BURUNG PARUH BENGKOK MENGGUNKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT BURUNG PARUH BENGKOK MENGGUNKAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB

Skenario uji coba dengan mencocokan contoh kasus yang pernah dialami oleh pakar lalu di bandingkan dengan hasil dari sistem. Terdapat 10 data yang di uji coba, berikut dibawah ini merupakan pengujian yang dilakukan di dalam sistem diagnosa penyakit burung paruh bengkok a) Pengujian Akurasi

5 Baca lebih lajut

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelapa Sawit Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web

Metodologi penelitian dilakukan untuk mencari informasi secara sistematis dengan menggunakan metode ilmiah serta sumber yang jelas. Dalam proses penelitian ini ditunjukan untuk semua pakar, terutama dibidang perkebunan penyakit kelapa sawit untuk memberikan hasil yang berarti, dan data yang didapat oleh pakar, data-data yang didukung oleh buku-buku mengenai penyakit kelapa sawit.

18 Baca lebih lajut

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web

Banyak kasus yang bisa dijadikan penelitian dalam sistem pakar, salah satunya pada penelitian yang dilakukan oleh Dodi Harto dalam penelitiannya yang berjudul Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor, meneliti 2 penyakit pada tanaman semangka yang menyerang buah yaitu Antraknosa (busuk buah) dan Bacterial Fruit Blotch (kudis buah). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil perancangan dan pembuatan program sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit tanaman semangka dengan menggunakan metode CF memiliki persentase tingkat keyakinan 99.66%. Dengan sistem pakar yang dibuat dapat diketahui hasil tingkat kepastian identifikasi penyakit yang pada dasarnya pengguna aplikasi ini tidak mengetahui solusi dan penyakit apa yang sedang menyerang buah pada tanaman semangka [2].
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis WeB

Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Semangka Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis WeB

Banyak kasus yang bisa dijadikan penelitian dalam sistem pakar, salah satunya pada penelitian yang dilakukan oleh Dodi Harto dalam penelitiannya yang berjudul Perancangan Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Penyakit Pada Tanaman Semangka Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor, meneliti 2 penyakit pada tanaman semangka yang menyerang buah yaitu Antraknosa (busuk buah) dan Bacterial Fruit Blotch (kudis buah). Kesimpulan yang diperoleh dari hasil perancangan dan pembuatan program sistem pakar untuk mengidentifikasi penyakit tanaman semangka dengan menggunakan metode CF memiliki persentase tingkat keyakinan 99.66%. Dengan sistem pakar yang dibuat dapat diketahui hasil tingkat kepastian identifikasi penyakit yang pada dasarnya pengguna aplikasi ini tidak mengetahui solusi dan penyakit apa yang sedang menyerang buah pada tanaman semangka [2].
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

USULAN TUGAS AKHIR SISTEM PAKAR DIAGNOSA KELAINAN SISTEM ORTOPEDI PADA MANUSIA DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN DEMPSTER SHAFER

USULAN TUGAS AKHIR SISTEM PAKAR DIAGNOSA KELAINAN SISTEM ORTOPEDI PADA MANUSIA DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN DEMPSTER SHAFER

34 fungsinya atau tidak. Pengujian dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada responden dalam bentuk kuesioner. Responden pada penelitian ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 15 orang mahasiswa, 5 orang tenaga medis dan 10 orang masyarakat umum. Responden Mahasiswa terdiri dari 10 orang Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram (PSTI UNRAM) yang memiliki pemahaman tentang sistem, 5 orang Mahasiswa Fakultas Kedokteran yang memiliki pemahaman tentang penyakit yang terdapat pada sistem dan sebagai pengguna Android biasa. Adapun 5 orang responden tenaga medis merupakan perawat yang menangani pasien di Rumah Sakit, Puskesmas atau Klinik serta sebagai pengguna Android biasa dan 10 orang responden masyarakat umum yang mengalami gejala-gejala yang terdapat pada sistem yang juga merupakan pengguna Android biasa dan menjadi sasaran pengguna akhir dari aplikasi ini. Pengujian MOS pada 10 orang Mahasiswa PSTI dilakukan di Laboratorium Sistem Cerdas PSTI UNRAM serta pengujian MOS pada 5 orang Mahasiswa kedokteran, 5 orang tenaga medis dan 10 orang masyarakat umum dilakukan di lapangan. Kuesioner diisi oleh responden sesuai bobot nilai yang ada pada Tabel 3.2.
Baca lebih lanjut

67 Baca lebih lajut

Implementasi Metode Dempster Shafer pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ayam

Implementasi Metode Dempster Shafer pada Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Ayam

Berdasarkan dari tinjauan pustaka penelitian terdahulu yang telah dilakukan, maka penulis ingin membuat sistem pakar yang dapat mendiagnosis penyakit pada ayam dengan 10 jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus menggunakan metode Dempster Shafer. Sistem pakar ini akan dibangun pada platform Android. Nilai kepercayaan suatu gejala didapatkan dari 3 pakar dokter hewan yaitu drh. Taufik Eko Budianto yaitu dokter hewan pada Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) Aikmel Kabupaten Lombok Timur, drh. Heru Rachmadi kepala bidang kesehatan hewan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lombok Timur, drh. Rodiah M.Si dosen Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Fitur yang diberikan sistem yaitu pengguna atau peternak dapat melakukan proses diagnosis berdasarkan gejala- gejala yang diberikan sehingga mengetahui penyakit yang diderita ayam serta dapat melihat informasi mengenai penyakit dan riwayat penyakit yang diderita ayam dengan pencengahan dan solusi pengobatan dari penyakit tersebut.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Perbandingan Metode Certainty Factor dan Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut

Perbandingan Metode Certainty Factor dan Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi dan Mulut

Abstrak-- Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia disamping pangan, pemukiman dan pendidikan, karena hanya dalam keadaan sehat manusia dapat hidup, tumbuh dan berkarya lebih baik. Certainty factor merupakan suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti. Dempster-Shafer adalah suatu teori matematika untuk pembuktian berdasarkan belief functions and plausible reasoning (fungsi kepercayaan dan pemikiran yang masuk akal), yang digunakan untuk mengkombinasikan potongan informasi yang terpisah (bukti) untuk mengkalkulasi kemungkinan dari suatu peristiwa. Maka muncul permasalahan Bagaimana membuat sistem pakar dengan 2 perbandingan metode certainty factor dan dempster-shafer pada penyakit gigi dan mulut. Tujuan penelitian Dapat memberikan informasi tentang syarat dan ketentuan dalam penyakit gigi dan mulut. Hasil penelitian ini Memberikan sebuah solusi dengan membangun aplikasi yang menentukan penyakit gigi dan mulut dengan cepat dan efisien. Diharapkan aplikasi ini dapat dikembangkan pada kasus lainnya sehingga dapat menambah wawasan pada pemograman java berbasis smartphone.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Menular Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer

Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Menular Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer

Menurut Sulistyohati dan Hidayat (2008:E-2) mengemukakan bahwa “Ada berbagai macam penalaran dengan model yang lengkap dan sangat konsisten, tetapi pada kenyataannya banyak permasalahan yang tidak dapat terselesaikan secara lengkap dan konsisten. Ketidak konsistenan tersebut adalah akibat adanya penambahan fakta baru. Penalaran yang seperti itu disebut dengan penalaran non monotonis. Untuk mengatasi ketidak konsistenan tersebut maka dapat menggunakan penalaran dengan teori Dempster-Shafer. Secara umum teori Dempster-Shafer ditulis dalam suatu interval”.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Implementasi Pengkombinasian antara Metode Dempster Shafer dan Theorema Bayes Dalam Sistem Pakar

Implementasi Pengkombinasian antara Metode Dempster Shafer dan Theorema Bayes Dalam Sistem Pakar

Dim ukuran As Integer = {100, 1000, 100, 100} Dim deskripsi As String = {"kode", "keterangan", "nilai", "rujukan"} Dim nilai = {txtKode, txtGejala, txtNilai, txtRujukan} [r]

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects