Top PDF PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Upaya preventif yang dilakukan Polda DIY dalam menanggulangi tindak pidana aborsi yaitu bekerjasama dan berkoordinasi dengan Ikatan Dokter Indonesia, Kedokteran kepolisian, Laboratorium Forensik Polri, Departemen Kesehatan RI, masyarakat pemerhati perempuan dan beberapa LSM, untuk memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap para remaja yang mengalami kehamilan yang tidak diinginkan agar tidak melakukan aborsi karena tindakan tersebut melanggar hukum dan membahayakan jiwa mereka.

19 Baca lebih lajut

SKRIPSI PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

SKRIPSI PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Dengan ini penulis menyatakan bahwa Skripsi yang berjudul “Penanggulangan tindak pidana narkotika yang dilakukan anak diwilayah hukum POLDA daerah istimewa yogyakarta” ini merupakan hasil karya penulis sendiri sepanjang pengetahuan penulis bukan merupakan duplikasi maupun plagiasi dari karya penulislain. Jika SKRIPSI ini merupakan duplikasi maupun plagiasi dari karya penulis lain, maka penulis bersedia menerima sanksi akademik dan/atau sanksi hukum yang berlaku.

11 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Peneliti melakukan wawancara kepada nara sumber sebagai subyek penelitian. Narasumber adalah seorang yang berkapasitas sebagai ahli, professional atau pejabat yang memberikan jawaban atas pertanyaan peneliti berdasarkan pedoman wawancara yang berupa pendapat hukum yang berkaitan dengan rumusan masalah yang akan diteliti. Adapun narasumber dalam penelitian ini adalah polisi yang bertugas di Kanit A Subdit III Direktorat Reserse dan Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Komisaris Polisi Khatarina Ekorini Indriati, SS

14 Baca lebih lajut

PENUTUP  PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENUTUP PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

c. Kendala selanjutnya adalah Fakta menunjukkan bahwa kasus aborsi yang terjadi ada yang dilaporkan tetapi ada yang tidak dilaporkan karena adanya perasaan takut dan malu si calon ibu maupun anggota keluarganya baik bapak dan ibunya tersangkut sebagai tersangka di samping pihak yang melakukan proses aborsi.

5 Baca lebih lajut

SKRIPSI PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN  PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

SKRIPSI PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA ABORSI YANG DILAKUKAN OLEH POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

This research is entitled Combating abortion a criminal offense committed by the police special region of Yogyakarta . The problem of this research is the efforts made by the Police Special Region of Yogyakarta in tackling the crime of abortion and the constraints faced by the Police of the Special Region of Yogyakarta in making abortion a criminal offense countermeasures against criminal abortion . This research was conducted by the authors with the aim of which is to investigate the implementation of the crime of abortion prevention by the Police of the Special Region of Yogyakarta to criminal abortion and to know the constraints faced by the Police of the Special Region of Yogyakarta in the implementation of the crime of abortion countermeasures against criminal abortion. The conclusion of this study is the crime of abortion cases still occur in the jurisdiction of the Special Region of Yogyakarta Police among others in the region Kulonprogro Police, Police Wonosari, Bantul, Yogyakarta and Police, but not obtained complete data yan how many cases occurred within a few months or last year. Criminal cases abortions that occur in the region of Yogyakarta Special Region Police law is done by traditional means with the help of non-medical personnel seberti shaman, with direct scraping fetus or to provide traditional herbs that are believed to kill the fetus in the womb Promiscuity that led to free sex behavior be the cause of the crime of abortion but it is also caused by unwanted pregnancies due to economic reasons. Police Special Region of Yogyakarta still find ads circulation dark to offering abortion services openly that usually taped-intersection highway intersection but until now the Police Special Region of Yogyakarta is still difficult to prove against the dark ads.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Ini membuktikan bahwa keberadaan barang haram ini memang tidak memilih yang akan menjadi tuan dan tempatnya sehingga diperlukan suatu penanganan dan upaya yang cepat dan tepat untuk menanggulangi ancaman bahaya narkoba ini sebelum semakin parah. Penyalahgunaan narkotika merupakan jenis kejahatan yang mempunyai (potensi) dampak sosial yang sangat luas dan kompleks, lebih-lebih ketika yang melakukan adalah anak- anak. Dampak sosial penyalahgunaan narkotika yang dilakukan anak-anak itu bukan hanya disebabkan oleh karena akibat yang ditimbulkan akan melahirkan penderitaan dan kehancuran baik fisik maupun mental yang teramat panjang, tetapi juga oleh karena kompleksitas di dalam penanggulangannya terutama ketika pilihan jatuh pada penggunaan hukum pidana sebagai sarananya. 14
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENUTUP PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENUTUP PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

1. Faktor penyebab anak anak melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika adalah karena faktor individu anak meliputi kepribadian anak yang lemah dan labil, dorongan kenikmatan dan perasaan ingin tahu atau coba-coba, sedangkan faktor lingkungan adalah faktor kehidupan sosial, tekanan kelompok dan ketidakharmonisan keluarga.

5 Baca lebih lajut

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK DI WILAYAH HUKUM POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Batas usia anak memberikan pengelompokan terhadap seseorang untuk dapat disebut sebagai seorang anak. Batas anak adalah pengelompokan usia maksimum sebagai wujud kemampuan anak dalam status hukum, sehingga anak tersebut beralih status menjadi usia dewasa atau menjadi seorang subjek hukum yang dapat bertanggung jawab secara mandiri terhadap perbuatan-perbuatan dan tindakan hukum yang dilakukan anak itu. 9

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

PENDAHULUAN PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

Banyaknya mahasiswa dan pelajar yang datang ke Yogyakarta tentunya mendorong banyaknya bisnis rumah kos, sementara itu banyak rumah kos tanpa dihuni pemilik kos. Bisnis rumah kos yang dilakukan semata- mata hanya untuk keuntungan ekonomis saja tanpa adanya aturan yang ketat. Hal ini memungkinkan dan memudahkan anak kos untuk leluasa membawa teman lawan jenis masuk kedalam kamarnya dan pada akhirnya semakin mudah terkena pergaulan bebas yang berujung terjadinya pola perilaku seks bebas. Berkembangnya pola kehidupan yang bebas menimbulkan banyaknya kasus seks bebas. Dengan adanya hal tersebut dapat memicu dan menuntut para pelaku seks bebas untuk melakukan tindakan aborsi. Aborsi dianggap suatu keputusan yang terbaik dari masalah kehamilan yang ditimbulkan sebagai akibat perilaku seks bebas.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (TRAFFICKING).

PENDAHULUAN PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (TRAFFICKING).

Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsua, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan ekploitasi atau mengakibatkan orang terekploitasi.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN PERAN FOTOGRAFI DOKUMENTER KEPOLISIAN DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

PENDAHULUAN PERAN FOTOGRAFI DOKUMENTER KEPOLISIAN DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA DI POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Dalam suatu proses penyidikan tindak pidana yang merupakan hal yang sangat penting yang dilakukan Polri dalam mengungkap suatu tindak pidana, tidak jarang Polri memerlukan ilmu bantu bahkan ahli dari ilmu-ilmu lain, atau dalam proses suatu identifikasi baik korban maupun pelaku diperlukan ilmu-ilmu bantu lainnya seperti ilmu tentang sidik jari kriminil, kegiatan sidik jari umum, ilmu tentang peluru, ilmu tentang racun, dan kegiatan fotografi kepolisian serta pencatatan dan penyimpanan data sidik jari. Kegiatan fungsi identifikasi dibagi dalam 4 kegiatan yaitu Kegiatan Sidik Jari Kriminil, Kegiatan Sidik Jari Umum, dan Kegiatan Fotografi Kepolisian serta Kegiatan Pencatatan dan Penyimpanan Data Sidik Jari 4 .
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENUTUP  PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

PENUTUP PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

2. Pihak kepolisian, hendaknya lebih teliti dalam menangani kasus aborsi dan mungkin dapat dilakukan dengan pendekatan terhadap anak remaja dengan melakukan penyuluhan terhadap bahayanya melakukan aborsi, dampak negatif dari pergaulan bebas, serta pihak kepolisian hendaknya dapat bekerja sama dengan para dokter atau bidan yang mengetahui tentang aborsi serta apabila ada remaja yang datang kepada dokter atau bidan untuk melakukan aborsi hendaknya dilaporkan kepada pihak kepolisian.

6 Baca lebih lajut

UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

Apabila hal-hal di atas dihubungkan dengan proses pembangunan sekarang ini, maka pembangunan yang dilakukan tidak akan dapat berjalan dengan lancar. Pemerintah telah berupaya untuk melakukan pembangunan di segala bidang, terutama di bidang ekonomi guna menaikkan taraf hidup dan kemakmuran rakyat Indonesia agar dapat memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

12 Baca lebih lajut

UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

1. Upaya polda Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menanggulangi tindak pidana yang dilakukan oleh geng Motor berupa upaya pencegahan (preventive) dan penanggulangan (represif). Upaya pencegahan (preventive) berupa penyuluhan, patroli dan sweeping. Upaya penanggulangan (represif) terhadap anggota geng motor yang melakukan tindak pidana yaitu ditangkap dan dikenakan Pasal 351 ayat (2) KUHP tentang penganiayaan yang ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun, selain itu anggota geng motor yang tertangkap disuruh untuk mengubah bentuk motornya yang sudah dimodifikasi ke bentuk standard, karena sebagian besar anggota geng motor di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta adalah remaja sehingga Polda Daerah Istimewa Yogyakarta lebih menekankan kepada tindakan berupa pembinaan dan panggilan kepada orang tua.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

PENDAHULUAN UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

Keberadaan dari permainan judi tidak diketahui secara pasti kapan permainan ini mulai dikenal dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia karena permainan itu merupakan suatu kebiasaan yang sering dilakukan. Perjudian bagi masyarakat merupakan suatu bentuk permainan yang sangat digemari karena dianggap mengandung nilai hiburan. Perjudian diatur di dalam buku II KUHP, karena perjudian merupakan suatu kejahatan. Perjudian bagi masyarakat umum dapat menimbulkan problem sosial yang bertentangan dengan norma agama, hukum, kesusilaan dan Pancasila. Perjudian dapat berdampak buruk bagi individu itu sendiri, keluarga maupun masyarakat di sekitarnya.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

PENUTUP  UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

PENUTUP UPAYA KEPOLISIAN DAERAH (POLDA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PERJUDIAN MELALUI INTERNET.

1. Terhadap konstruksi hukum Indonesia yang sekarang masih belum dapat menjangkau para penyedia website perjudian di internet sebaiknya dilakukan amandemen untuk memasukan aturan yang dapat menjerat semua pihak yang terlibat untuk terjadinya tindak pidana perjudian yang dilakukan melalui internet.

4 Baca lebih lajut

PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

PERAN POLDA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY) DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA ABORSI YANG TERJADI PADA KALANGAN REMAJA.

Sekarang ini aborsi banyak dilakukan dengan tidak berdasarkan pada ketentuan tindakan medis sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Banyak tempat promosi untuk pengguguran kandungan yang sudah mulai dipublikasikan di muka umum dan bahkan sudah mulai dipampangkan di tiang-tiang lampu merah (traffic light). Hal tersebut tentunya sudah sangat merusak mental serta moral kaum remaja, karena mereka berpikir bahwa melakukan hubungan seksual diluar nikah sudah sangat umum dan mudah solusinya. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan “mudah” adalah mudah dalam menghilangkan jejak atas kehamilan
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENUTUP  UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

PENUTUP UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

2. Kendala yang dihadapi oleh Polda Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menanggulangi tindak pidana yang dilakukan oleh geng motor adalah kurangnya sarana dan prasarana berupa mobil, yang berjumlah 3 unit, sedangkan yang tersedia hanya 1 (satu) unit serta keterbatasan biaya operasional.

5 Baca lebih lajut

KENDALA POLDA DIY DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MELALUI INTERNET DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

KENDALA POLDA DIY DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENIPUAN MELALUI INTERNET DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA.

Berbicara tentang keterbatasan atau kelemahan hukum pidana yang mengatur tentang cyber crime , maka dibentuklah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, karena KUHP dan KUHAP tidak lagi dapat menjangkau atau mengantisipasi kemungkinan kejahatan yang berkembang dewasa ini. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik mengajukan judul “KENDALA POLDA DIY

17 Baca lebih lajut

        SKRIPSI UPAYA  KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM  UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

SKRIPSI UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM UPAYA KEPOLISIAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR.

Segala Puji Syukur kehadirat Tuhan Yesus, atas terselesaikannya skripsi ini. Atas berkat Tuhan Yesus penulis dapat menyelsaikan skripsi ini yang bertujuan tidak lain untuk memenuhi syarat kelulusan yang dilaksanakan Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta skripsi ini diberi judul:

12 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...