BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Diagram 4.6 Peningkatan Ketuntasan Nilai Siswa

Gambar diagram ketuntasan belajar siswa di atas menunjukkan adanya peningkatan siswa yang memenuhi KKM yaitu siswa yang mendapat nilai di atas 76. Pada kondisi awal, sebanyak 24 atau sekitar 54% siswa yang mencapai ketuntasan nilai rata-rata di atas 76 dan 20 atau sekitar 45% siswa yang tidak mencapai ketuntasan nilai rata-ratadi bawah 76. Pada siklus I, sebanyak 32 atau sekitar 80% siswa yang mencapai ketuntasan nilai rata-rata di atas 76 dan 8 atau sekitar 20% siswa yang tidak mencapai ketuntasan nilai rata-ratadi bawah 76. Pada siklus II, sebanyak 40 atau sekitar 100% siswa yang mencapai ketuntasan nilai rata-rata di atas 76. Maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa telah tercapai.

Untuk mengetahui perbedaan dua rata-rata kita menggunakan uji-t. Uji-t yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata

24 32 40 20 8 0 0 5 10 15 20 25 30 35 40 45 kondisi awal Siklus I Siklus II Tuntas Tidak Tuntas

sebelum menggunakan metode kooperatif tipe STAD dan sesudah menggunakan metode kooperatif tipe STAD. Rumus yang digunakan untuk mengetahui perbedaan dua rata-rata adalah sebagai berikut.

1) Mencari mean

d = =

= 7,2175

2) Mencari varians dan standar deviasi

S2= – Sd = √s2

= – = √173,102

= = 13,15

= 173,10

3) Menentukan Hi dan Ho

Hi = Ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe STAD.

Ho = Tidak ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa setelah menggunakan metode kooperatif tipe STAD.

4) Mencari t hitung t hitung =

=

5) Menentukan t tabel

t tabel = n – 1 = 40 – 1 = 39, maka t tabel = 2,017 6) Membuat kesimpulan

Hasil uji-t Sampel Berpasangan menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel.Artinya, Ho ditolak. Dengan demikian kesipulannya adalah ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa setelah meggunakan metode kooperatif tipe STAD.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata yang semakin meningkat baik, dari sebelum tindakan hingga tindakan I. Walaupun hasil penelian pada siklus I menunjukkan sudah adanya peningkatan, namun peneliti masih melanjutkan untuk mengadakan siklus II. Hasil penelitian siklus II menunjukkan adanya peningkatan pula.Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menunjukkan perbedaan rata-rata siklus I dan siklus II.

1) Mencari mean

d = = = 15,59

2) Mencari varians dan standar deviasi

S2 = – Sd = √s2

= – = √368,1292

= =

= 368,129

3) Menentukan Hi dan Ho

Hi = Ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus I dibandingkan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus II.

Ho = Tidak ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus I dibandingkan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus II.

4) Mencari t hitung t hitung =

= = 3,025

5) Menentukan t tabel

t tabel = n – 1 = 40 – 1 = 39, maka t tabel = 2,017 6) Membuat kesimpulan

Hasil uji-t Sampel Berpasangan menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Artinya, Ho ditolak. Dengan demikian, kesipulannya adalah ada perbedaan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus I dibandingkan nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus II. Nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus II jauh lebih baik dibanding nilai rata-rata menyimak siswa pada siklus I. Artinya nilai rata-rata menyimak siswa mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, dapat diketahui perbedaan rata-rata hitung siklus I dan siklus II. Hasilnya menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan.100% siswa tuntas artinya, nilai mereka di atas standar KKM yang ditetapkan, yaitu 76. Nilai rata-rata siklus I 80,49 meningkat menjadi 93,31 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe STAD sangat efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak berita untuk kelas VIII SMP.

93 BAB V PENUTUP

Pada bab V ini dipaparkan mengenai kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Selain itu, peneliti juga mengemukakan beberapa saran yang ditujukan kepada pihak sekolah, guru, dan peneliti lain.

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan deskripsi hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab IV, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe STAD terbukti mampu meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Kelas VIII C SMP Pagudi Luhur I Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil menyimak siswa yang berupa hasil diskusi kelompok dan kuis. Melalui adanya hasil tes menyimak siswa, maka dapat dikatakan keterampilan menyimak siswa semakin membaik.

Melalui pengamatan dapat diketahui bahwa setelah pembelajaran menyimak menggunakan metode kooperatif tipe STAD, terjadi peningkatan. Berdasarkan analisis data, hasil tes menyimak siswa pada kondisi awal hanya terdapat 56% siswa yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 72% siswa yang tuntas, dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 100% siswa yang mendapatkan nilai nilai tuntas. Hal itu berarti telah membuktikan bahwa indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai. Dengan demikian, penggunaan metode ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak.

Berdasarkan hasil pengamatan, diperoleh data bahwa sebagian besar siswa telah aktif selama proses pembelajaran. Pada siklus I hanya 70% siswa yang terlibat aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan 77,5% siswa terlibat aktif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran menyimak juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

5.2 Saran

Berdasarkan kesimpulan di atas, ada beberapa saran yang peneliti kemukakan, yaitu sebagai berikut.

a. Guru bahasa Indonesia dapat menerapkan metode pembelajaran yang peneliti gunakan dalam penelitian pada pembelajaran menyimak. b. Pihak sekolah sebaiknya dapat menyediakan sarana prasarana

penunjang kegiatan menyimak siswa sehingga proses menyimak berjalan baik.

c. Peneliti lain dapat mengadakan penelitian lain mengenai peningkatan pembelajaran menyimak dengan metode yang berbeda dengan mengaitkan keempat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Hal ini tentunya diharapkan akan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barus, Sedia Willing. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan Dasardan Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Gramedia. Hermawan, Herry. 2012. MenyimakKeterampilanBerkomunikasi yang

Terabaikan. Yogyakarta: GrahaIlmu.

Kurniati, Nia. 2008. Kompetensi Berbahasa Indonesia Untuk Kelas VII Sekolah menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Penerbitan Nasional.

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah PTK Sebagai Pengembangan Profesi Guru.

Jakarta: Rajawali Pers.

Muda, Iskandar Deddy. 2003. Jurnalistik Televisi Menjadi Reporter Profesional.

Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas: Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Malang: Bumi Aksara.

. 2011. Melaksanakan PTK ItuMudah. Jakarta: BumiAksara.

Nurbaya, Sitidan Nurhadi. 2011. Modul Pengembangan Pembelajaran Menyimak.

Yogyakarta: Kementrian Pendidikan Nasional 2011.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE.

. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.

Romli, M, AsepSyamsul. 2009. Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: Rosda.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset, danPraktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

Suhandang, Kustadi. 2004. PengantarJurnalistik. Bandung: Nuansa.

Sumadiria, AS Haris. 2008. Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalistik. Cetakan II. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Taniredja, H. Tukiran. 2011. Model-Model Pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Widharyanto, dkk. 2003. Student Active Learning Sebagai Salah Satu Pendekatan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, PBSID, FKIP,USD.

Wiharyanto, A. Kardiyat. 2005. Teknik Menulis Berita. Yogyakarta: UniversitasSanata Dharma.

Wiriaatmaja, Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

98 SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah : SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VIII (Delapan) / 2 (Dua) Standar Kompetensi : Mendengarkan

9. Memahami isi berita radio/televisi

Kompetensi

Dasar Materi

Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

Teknik Penilaian Bentuk

Instrumen

Contoh Instrumen 9.1 Menemukan

pokok-pokok berita (apa, siapa, mengapa, di mana, kapan, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi Cara menemukan pokok-pokok berita dan implementasi- nya oMendengarkan

rekaman berita dari radio/TV

oMendiskusikan pokok- pokok berita yang didengar dari rekaman

oMenentukan pokok- pokok berita

oMenuliskan pokok- pokok berita dengan ejaan yang benar

1. Mampu menjawab pernyataan-pernyataan berkaitan dengan isi berita.

2. Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang tepat.

Tes tertulis Tes tertulis Uraian Uraian 1. Jawablah pertanyaan apa, mengapa, dimana, bagaimana, dan kapan yang menyangkut berita yang kalian simak! 2. Temukan dan

tuliskan pokok- pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

2 X 40’ TV/Radio/ Rekaman berita

Karakter siswa yang diharapkan :

Dapat dipercaya (Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun (diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Lampiran 2 Siklus 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

Nama Sekolah : SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : VIII/ 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

9. Memahami berita dari radio atau televisi. Kompetensi Dasar : 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa,

siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio atau televisi. Indikator : 1. Siswa mampu menemukan pernyataan-

pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana).

2. Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang tepat.

Alokasi Waktu : 4x 40 menit (2 x pertemuan) A. Tujuan Pembelajaran :

Siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio atau televisi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

B. Materi Pokok : Pengertian berita dan pokok-pokok berita. C. Uraian Materi Pokok :

Berita merupakan cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat (KBBI,2008: 178).Unsur berita ada lima, biasa disebut 5W+1H yaitu: What (apa), Where (dimana), When (kapan), Who (siapa), Why

(mengapa) dan How (bagaimana).

What : Apa yang terjadi

Where : Di mana peristiwa itu terjadi?

When : Kapan peristiwa itu terjadi?

Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu?

Why : Mengapa peristiwa itu terjadi?

D. Langkah-Langkah Pembelajaran :

Pertemuan Pertama

Kegiatan dan Waktu Alokasi waktu Metode Kegiatan Awal

(5 menit) 1.Guru mengucapkan salam

dan mengecek kehadiran siswa.

2.Guru bertanya kepada siswa apakah kemarin atau hari ini, sebelum berangkat sekolah menyempatkan waktu untuk menonton berita di televisi atau

mendengarkan siaran berita dari radio? 3.Guru bertanya kepada

siswa, berita apa yang kalian simak?

Kegiatan Inti

(70 menit) Ceramah

Kooperatif tipe STAD 1. Guru memberikan

pertanyaan untuk menggali pengetahuan siswa berkaitan materi yang akan dipelajarai bersama pada pertemuan kali ini, yaitu berita. Pertanyaan itu antara lain,

apa pengertian berita yang kalian ketahui?

2. Guru menyampaikan kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran pertemuan kali ini.

3. Guru menjelaskan pengertian berita dan pokok-pokok berita (5W+ 1H).

4. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok 4-5 orang. Di dalam kelompok nanti

siswa diharapkan mampu bekerja sama, saling bertukar jawaban dan mengoreksi tiap kesalahan pemahaman anggota kelompoknya apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal latihan. 5. Guru memutarkan video

rekaman berita berjudul

“SPBU Meledak dan

Terbakar, Seorang

Terluka” (durasi 48 detik)

dan “Ledakan Tabung Gas di Warung Soto, Delapan Orang

Mengalami Luka Bakar” (durasi 01:41).

6. Siswa mencatat hal-hal yang penting yang terdapat dalam berita itu. 7. Guru membagikan soal. 8. Siswa mengerjakan soal

secara kelompok 9. Guru dan siswa

mengevaluasi hasil diskusi.

Kegiatan Penutup

(5 menit) 1. Guru dan siswa

menyimpulkan materi yang telah disampaikan. 2. Guru bersama siswa

melakukan refleksi atas pelajaran yang telah dipelajari ini. 3. Guru mengingatkan

kepada siswa bahwa pertemuan selanjutnya adalah kuis untuk menentukan siapa kelompok bintang dalam kelas itu.

Pertemuan Kedua

Kegiatan dan Waktu Alokasi waktu Metode Kegiatan Awal

(5 menit) 1. Guru mengucapkan salam

dan memeriksa kehadiran siswa.

2. Guru bertanya kepada siswa masih ingatkah berita apa yang disimak minggu lalu? Apa saja pokok-pokok berita yang terdiri dari 5W+1H itu?

Kegiatan Inti

(70 menit) 1. Guru menjelaskan bahwa

pertemuan kali ini adalah kuis.

2. Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat tulis dan menyiapkan diri mereka untuk menyimak dengan baik.

3. Guru memutarkan video rekaman berita berjudul

“Peserta Ujian Mencontek, Pengawas Tak Peduli” (durasi 02:37) dan

“Penyemprotan Sebagai

Upaya Atasi Serangan

Tomcat” (durasi 02.01), 4. Siswa mencatat hal-hal

yang penting yang terdapat dalam berita itu (secara individu). 5. Guru membagikan soal

(kuis).

6. Siswa mengerjakan soal (secara individu). 7. Guru dan siswa

mengevaluasi hasil menyimak itu.

Kegiatan Penutup

(5 menit) 1. Guru bersama siswa

menyimpulkan materi yang telah disampaikan. 2. Guru bersama siswa

melakukan refleksi atas pelajaran yang telah dipelajari ini.

E. Media / Sumber Media :

1. Jurnalistik Praktis untuk Pemula 2. Kamus Besar Bahasa Indonesia 3. Siaran Berita dari Liputan6 SCTV dan

Fokus (Indosiar)

F. Penilaian :

 Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran. Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen 1. Mampu menemukan pernyataan- pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok-pokok berita.

Tes tertulis Uraian Soal Berita 1 1. Apa isi berita itu?

2. Kapan peristiwa itu terjadi? 3. Di mana peristiwa itu

terjadi?

4. Mengapa peristiwa itu terjadi?

5. Bagaimana kondisi

karyawan dan pembeli saat peristiwa itu terjadi? 6. Siapa nama korban dari

peristiwa itu?

Soal Berita 2 1. Apa isi berita itu?

2. Kapan peristiwa itu terjadi? 3. Di mana peristiwa itu

terjadi?

4. Mengapa peristiwa itu terjadi?

5. Siapa saja korban dari peristiwa itu?

6. Bagaimana polisi mengusut kasus ini?

2. Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang tepat.

Tes tertulis Uraian

Soal Berita 3

1. Apa isi berita itu?

2. Kapan aksi saling contek itu terjadi?

3. Di mana saja aksi saling contek itu terjadi?

4. Mengapa aksi saling contek itu bisa terjadi saat UNAS? 5. Siapa yang membenarkan

pendapat longgarnya pengawasan UNAS? 6. Bagaimana cara SMP N 5

Tasikmalaya, Jawa Barat mencegah kecurangan terjadi saat UNAS? Soal Berita 4

1. Apa isi berita itu? 2. Di mana peristiwa

penyemprotan itu dilakukan?

3. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk

mengendalikan serangan serangga tomcat?

4. Kapan serangga tomcat umumnya menyerang warga desa Bugis, Buleleng, Bali?

5. Mengapa warga tidak tahu serangga tomcat?

6. Siapa nama korban serangan tomcat dalam berita itu?

Temukan dan tuliskan pokok- pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

 Bentuk tes: tertulis

No Aspek Penilaian Bobot Nilai

1 Menjawab pertanyaan tentang isi berita a. Semua benar (3)

b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian besar salah (1)

5

2 Menemukan pokok-pokok berita a. Tepat (3)

b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1)

5

3 Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang tepat. a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) 5 Keterangan: Skor maksimal = 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir : Skor yang diperoleh

X 100 Skor maksimal

Mengetahui, Guru Mapel Bhs Indonesia.

(__________________________) NIP / NIK : ... Jumat, 4 Mei 2012 Peneliti, (_______________________) NIM : ...

Lampiran 3 Siklus 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )

NamaSekolah : SMP PangudiLuhur 1 Yogyakarta Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : VIII/ 2

Standar Kompetensi : Mendengarkan

9. Memahamiberitadari radio atautelevisi. KompetensiDasar : 9.1 Menemukanpokok-pokokberita (apa,

siapa, di mana, mengapa, danbagaimana) yang didengardanatauditontonmelalui radio atautelevisi.

Indikator : 1. Siswamampumenemukanpernyataan-

pernyataan yang

merupakanjawabandaripertanyaanpokok- pokokberita (apa, siapa, di mana, mengapa, danbagaimana).

2. Siswamampumenuliskanpokok- pokokberitadenganejaan yang tepat. Alokasi Waktu : 4x 40 menit (2 x pertemuan)

A. TujuanPembelajaran :

Siswamampumenemukanpokok-pokokberita (apa, siapa, di mana, mengapa,

danbagaimana) yang di dengardanatauditontonmelalui radio atautelevisidenganmenjawabpertanyaan- pertanyaan. B. MateriPokok : Pokok-pokokberita. C. UraianMateriPokok :

Berita merupakan cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat (KBBI,2008: 178).Unsur berita ada lima, biasa disebut 5W+1H yaitu: What (apa), Who (siapa), Where (dimana), When (kapan), Why

(mengapa) dan How (bagaimana).

What : Apa yang terjadi

Where : Di manaperistiwaituterjadi?

When : Kapanperistiwaituterjadi?

Who : Siapa yang terlibatdalamperistiwaitu?

Why : Mengapaperistiwaituterjadi?

D. Langkah-LangkahPembelajaran : PertemuanPertama KegiatandanWaktu Alokasiwa ktu Metode KegiatanAwal (5 menit) 1. Guru mengucapkansalamdanmengecekkehadiransisw a. 2. Guru bertanyakepadasiswaapakahmasihingatdenganb erita yang disimakbersamaminggulalu? Beritaapaitu? KegiatanInti (70 menit) Ceramah Kooperatiftip e STAD 1. Guru menyampaikankompetensidasar, indikator, dantujuanpembelajaranpertemuan kali ini. 2. Guru mengulaskembalimateripokok- pokokberita. 3. Guru memintasiswauntukmembentukkelompok 4-5 orang.

4. Guru memutarkan video rekamanberitaberjudul

“Tol BSD DitutupAkibatBanjir”(durasi 02:11).

5. Siswamencatathal-hal yang penting yang terdapatdalamberitaitu. 6. Guru membagikansoal. 7. Siswamengerjakansoalsecarakelompokdengand iskusi. 8. Guru dansiswamengevaluasihasildiskusi. KegiatanPenutup (5 menit) 1. Guru dansiswamenyimpulkanmateri yang

telahdisampaikan. 2. Guru

bersamasiswamelakukanrefleksiataspelajaran yang telahdipelajariini.

PertemuanKedua KegiatandanWaktu Alokasi waktu Met ode KegiatanAwal (5 menit) 1. Guru mengucapkansalamdanmemeriksakehadiransiswa.

2. Guru bertanyakepadasiswamasihingatkahberitaapa yang disimakpadapertemuansebelumnya?Apasajapokok-

pokokberita yang terdiridari 5W+1H itu? KegiatanInti

(70 menit) 1. Guru menjelaskanbahwapertemuan kali iniadalahkuis.

2. Guru

memintasiswauntukmenyiapkanalattulisdanmenyiapkandiri merekauntukmenyimakdenganbaik.

3. Guru memutarkan video “IbuTegaSiramkan Air

PanaskeAnaknyaSendiri” (durasi 02:13) dan “Sekolah

Rusak, Siswa Belajar di Bawah Pohon” (durasi 01:54). 4. Siswamencatathal-hal yang penting yang

terdapatdalamberitaitu (secaraindividu). 5. Guru membagikan soal (kuis).

6. Siswa mengerjakan soal (secara individu).

7. Guru dan siswa mengevaluasi hasil menyimakitu.

KegiatanPenutup

(5 menit) 1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah

disampaikan.

2. Guru bersama siswa melakukan refleksi atas pelajaran yang telah dipelajar ini.

E. Media/Sumber Media :

1. Jurnalistik Praktis untuk Pemula 2. Kamus Besar Bahasa Indonesia

3. Siaran Beritadari Liputan6 SCTV dan Fokus (Indosiar)

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen 1. Mampu menemukan pernyataan-pernyataan yang merupakan jawaban dari pertanyaan pokok- pokok berita.

Tes tertulis

Uraian Soal Berita1 1. Apa isi berita

itu?

2. Kapan banjir itu terjadi? 3. Di mana banjir itu terjadi? 4. Mengapa banjir itu terjadi? 5. Bagaimana tindakan pengelola tol untuk menghindari kemacetan yang lebih serius? 6. Siapa yang mengeluhkan adanya banjir di jalur tol itu? Soal Berita 2 1. Apa isi berita

itu?

2. Siapa nama anak itu?

3. Mengapa Ibu itu tega menyiram air panas padaanaknya? 4. Di mana peristiwa itu terjadi? 5. Kapan peristiwa itu terjadi? 6. Bagaimana awal cerita nasib buruk Chintya? Soal Berita 3 1. Apa isi beritaitu? 2. Di mana peristiwa itu

2. Mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang tepat.

Tes tertulis Uraian terjadi? 3. Sejak kapan mereka harus belajar di bawah pohon? 4. Mengapa mereka tidak belajar di ruang kelas? 5. Siapa nama siswa SD N Babakan 04 yang mengeluhkan kondisi sekolahnya yang rusak dalam berita itu? 6. Bagaimana upaya yang dilakukan sekolah terkait beberapa ruang kelas yang rusak agar mendapat tanggapan dan bantuan dari pemerintah? Temukan dan tuliskan pokok- pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

 Bentuk tes: tertulis

No Aspek Penilaian Bobot Nilai

1 Menjawab pertanyaan tentang isi berita a. Semua benar (3)

b. Sebagian besar benar (2) c. Sebagian besar salah (1)

5

2 Menemukan pokok-pokok berita a. Tepat (3)

b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1)

5

yang tepat. a. Tepat (3) b. Kurang tepat (2) c. Tidak tepat (1) Keterangan: Skor maksimal = 3 (3 × 5) = 45

Nilai akhir : Skor yang diperoleh

X 100 Skor maksimal

Mengetahui,

Guru Mapel Bhs Indonesia.

(__________________________) NIP / NIK : ... Jumat, 18 Mei 2012 Peneliti, (_______________________) NIM : ...

Lampiran 4 LEMBAR SOAL SIKLUS I

BERITA 1

“SPBU Meledak dan Terbakar ; Seorang Terluka”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat dalam rekaman video berita yang kalian simak! 1. Apa isi berita itu?

2. Kapan peristiwa itu terjadi? 3. Di mana peristiwa itu terjadi? 4. Mengapa peristiwa itu terjadi?

5. Bagaimana kondisi karyawan dan pembeli saat peristiwa itu terjadi? 6. Siapa nama korban dari peristiwa itu?

7. Temukan dan tuliskan pokok-pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

BERITA 2

“Ledakan Tabung Gas di Warung Soto, Delapan Orang Mengalami Luka Bakar” Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat dalam rekaman video berita yang kalian simak! 1. Apa isi berita itu?

2. Kapan peristiwa itu terjadi? 3. Di mana peristiwa itu terjadi? 4. Mengapa peristiwa itu terjadi? 5. Siapa saja korban dari peristiwa itu? 6. Bagaimana cara polisi mengusut kasus ini?

BERITA 3

“Peserta Ujian Mencontek, Pengawas Tak Perduli”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat dalam rekaman video berita yang kalian simak! 1. Apa isi berita itu?

2. Kapan aksi saling contek itu terjadi? 3. Di mana saja aksi saling contek itu terjadi?

4. Mengapa aksi saling contek itu bisa terjadi saat UNAS?

5. Siapa yang membenarkan pendapat longgarnya pengawasan UNAS? 6. Bagaimana cara SMP N 5 Tasikmalaya, Jawa Barat mencegah kecurangan

terjadi saat UNAS?

7. Temukan dan tuliskan pokok-pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

BERITA 4

“Penyemprotan Sebagai Upaya Atasi Serangan Tomcat”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat dalam rekaman video berita yang kalian simak! 1. Apa isi berita itu?

2. Di mana peristiwa penyemprotan itu dilakukan?

3. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengendalikan serangan serangga tomcat?

4. Kapan serangga tomcat umumnya menyerang warga desa Bugis, Buleleng, Bali?

5. Mengapa warga tidak tahu serangga tomcat?

6. Siapa nama korban serangan tomcat dalam berita itu?

Lampiran 5 LEMBAR SOAL SIKLUS II

BERITA 1

“Tol BSD Ditutup Akibat Banjir”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai dengan informasi yang terdapat dalam rekaman video berita yang kalian simak!

1. Apa isi berita itu? 2. Kapan banjir itu terjadi? 3. Di mana banjir itu terjadi? 4. Mengapa banjir itu terjadi?

5. Bagaimana tindakan pengelola tol untuk menghindari kemacetan yang lebih serius?

6. Siapa yang mengeluhkan adanya banjir di jalur tol itu?

7. Temukan dan tuliskan pokok-pokok berita itu dengan ejaan yang tepat!

BERITA 2

“Ibu Tega Siramkan Air Panas ke Anaknya Sendiri”

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat sesuai

Dalam dokumen Pengembangan instrumen penilaian integratif dalam pembelajaran menulis siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 1 Wates tahun ajaran 2012/2013. (Halaman 111-188)