Pelaksanaan Kegiataan Pelayanan Pos Express Di Kantor Pos Ujung Berung

26  16  Download (0)

Teks penuh

(1)

1 BAB I

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Masalah

Pada prinsipnya setiap perusahaan atau badan usaha baik itu badan usaha milik pemerintah maupun swasta terutama yang bergerak di bidang jasa harus dapat memberikan pelayanan yang sangat baik karena pelayanan sangatlah penting untuk kelangsungan jalannya sebuah perusahaan atau badan usaha agar dapat di senangi dan di percaya oleh konsumen/pelanggan.

Kualitas pelayanan yang baik dari suatu perusahaan atau badan usaha tentunya sangatlah di harapkan oleh konsumen/pelanggan karena dengan pelayanan yang baik tentunya akan membuat konsumen merasa aman,nyaman dan senang hingga tercapainya sebuah cita-cita perusahaan yakni memuaskan konsumen/pelanggan dengan begitu tentunya perusahaan akan memiliki banyak kosumen dan target pendapatanpun akan tercapai.

(2)
(3)

1.2Tujuan Kerja Praktek

Tujuan dari dilaksanakannya kerja praktek ini antara lain :

1. Untuk mengetahui cara kinerja pelayanan pos express di Kantor Pos UjungBerung..

1.3Kegunaan Kerja Praktek

Adapun kegunaan dari pelaksana kerja praktek ini adalah:

1. Bagi Penulis

Menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman terutama dalam cara pelayanan yang baik. Selain itu, memantapkan penulis untuk berdisiplin dan bertanggung jawab dalam melayani konsumen dalam dunia kerja.

2. Bagi Perusahaan

Sebagai sebuah masukan yang dapat dipertimbangkan perusahaan dalam segi pelayanan yang maksimal.

3. Bagi Pihak Lain

(4)

1.4Lokasi dan waktu kerja praktek

(5)

5

BAB II

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Sejarah singkat perusahaan 2.1.1 Sejarah PT.Pos Indonesia

Sejarah PT.Pos Indonesia terbagi kedalam beberapa periode, yaitu :

1. Masa kerajaan Mulawarman, Sriwijaya, Tarumanegara, Mataram, dan Majapahit.

Sejak jaman kerajaan Mulawarmaan, sriwijaya, Tarumanegara, Mataram, dan Majapahit. Telah berkembang komunikasi secara tertulis dalam bantuk surat menyurat walaupun hanya terbatas di lingkungan pendeta dan istana. Pada saat itu surat ditulis diatas daun “tal” atau daun pohon siwalan yang disebut

“rontal” dan kemoudian mengalami metathesis sehingga untuk

selanjutnya lebih dikenal dengan nama “daun rontal”.

(6)

2. Masa kekuasaan Belanda – Jepang

Kedatangan bangsa belanda ke Indonesia merupakan awal timbulnya surat – menyurat antara Indonesia dengan Belanda. Hal ini dtandai dengan kedatangan empat kapal Belanda pada tahun 1596 yang membawa surat untuk Raja – Raja Banten dan Jakarta dibawah pimpinan cornelis de houtman.

Pada tanggal 26 agustus 1746 didirikan kantor pos pertama di Jakarta oleh Gubernur Jendral G.W Van Inhoff. Bersamaan dengan ditemukannya telegrap dan telepon,dibentuklah dinas pos. Telegrap dan telapon yang disingkat PTT.

3. Masa kekuasaan jawatan pos telegrap dan telepon (PTT) dari tentara Jepang sampai sekarang.

(7)

POSTEL. Sebagai kepala jawatan yang pertama diangkatlah Mas Soerharto yang didampingi oleh R Dijar sebagai wakilnya.

Dalam perkembangan selanjutnya, jawatan PTT menjadi perusahaan Negara yanjg bersumber pada IBW (Indisce Bedrijeven Wet) yang dinyatakan telah memenuhi syarat untuk dijadikan perusahaan negara sesuai dengan peraturan pemerintah pengganti Undang – Undang (PERPU) nomor 19 tahun 1960. Oleh karenga itu, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 240 tahun 1961, status jawatan PTT diganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (POSTEL). Mengingat lapangan kerja perusahaan Negara Pos dan Telakomunikasi mengalami perkembangan yang cukup pesat. Maka pada tahun 1965 perusahaan Negara Pos dan Teluekomunikasi dipecah menjadi dua, yaitu :

a) Perusahaan Negara Pos dan Giro (berdasarkan peraturan pemerintah no, 29 tahun 1965).

b) Perusahaan Negara Telekomunikasi (Berdasarkan Peraturan Pemerinah Nomor 30 tahun 1965).

(8)

Dengan adanya peraturan pemerintah Nomor 3 tahun 1983,ditetapkanlah cara pangawasan dan pembinaan perjan, perum dan persero. Untuk menyesuaikan diri dengan ketentuen ini, peraturan pemerintah Nomor 9 tahun 1978 yang mengatur tentang perusahaan pos dan giro telah diganti menjadi peraturan pemerintah Nomor 24 tahun 1984. Berdasarkan peratura pemerintah nomor 5 utahun 1995,perum pos dan giro diganti menjadi PT. Pos Indonesia (Persero).

2.1.2 Sejarah Kantor pos ujungberung

Dalam upaya untuk memperlancar proses pengiriman suratmenyurat, maka didirikanlah kantor pos pembantu salah satunya Kantor Pos Ujungberung yang termasuk kedalam wilayah Bandung timur dimana penulis melaksanakan praktek kerja lapangan.

Pada awalnya Kantor Pos Ujungberung hanya berupa kantor pos pembantu (KPP) yang merupakan perluasan dari Kantor Pos Bandung. Setiap Kanntor dibagi atas kelas – kelas berdasarkan luas kantor dan pendapatannya, dimulai dari kelas I hingga kelas X. Kantor Pos Ujungberung pada saat itu digolongkan sebagai kelas IX.

(9)

bukan lagi bbagian Kantor Pos Bandung, akan tetapi berdiri sendiri sebagai Kantor Pos Pemeriksa.

2.1.3 Visi dan Misi Visi

2009 - 2010

Integrated mail, logistic and financial service infrastructure. 2011 – 2013

Indonesia’s leader in the mail, logistic and financial service.

2014 – 2018

ASEAN champion of postal industries.

Misi

Pos Indoneasia is the business of providing reliable solutions in mails, logistics and financialservice using the widest possible integrated business network with the best available infrastructure and nurturing collaborative relationships.

(10)

2.2 Struktur Organisasi

Struktur organisasi yaitu ketentuan tertulis tentang pembagian tugas, kewajiban dan tanggung jawab serta pengaturan kerjasama dari masing-masing jabatan dalam suatu organisasi dengan maksud untuk melaksanakan tugas pokok.

(11)

Sumber : Buku memori serah terima jabatan kantor pos ujungberung

Gambar 2.1

(12)

2.3 deskripsi Jabatan

Tugas pada setiap bagian atau unit yang ada di PT Pos Indonesia adalah, sebagai berikut :

1. kepala kantor

Bertugas memimpin kantor, akan tetapi juga memperhatikan hal – hal yang lainnya. Yaitu mengawasi kelancaran operasi kantor, mengevaluasi hasil kegiatan program kerja, menagawasi arus kas masuk dan masuk untuk menjaga likuidasi serta melaksanakan pemeriksaan eksploitasi, tugas lainnya adalah melaksanakan penilaian kos kinerja sumber daya manusia (SDM).

2. Supervisor Pelayanan dan Pemasaran

(13)

3. Supervisor Pengolahan

Bertugas mengatur, mengevaluasi pelaksanaan tugas proses pengolahan (processing) dari hasil layanan loket (collecting), pengangkutan (traffic) dan antaran (delivery) serta kesiapan SDM di bagiannya, bertanggung jawab dalamm ketepatan dan kelancaran pengolahan pos pengangkutan dan antaran.

4. Supervisor Keuangan

Bertugas mengurusi keuangan dan manjaga likuiditas keuangan kantor, benda pos dan meterai. Betanggung jawab terhadap likuiditas keuangan kantor serta pelaporannya dan berwenang membuat kebijakan mengenai keuangan kantor.

5. Supervisor SDM

Bertanggung jawab atas kebenaran bagian SDM atau organisasi pegawai, serta membuat konsep, mendistribusikan dan mengawasi penyelesaiannya. Mengatur dinas koordinasidengan bagian lain atau mengkoordiasi atau apel, tugas lainnya adalah menyimpan surat menyurat tahun berjalan.

6. Supervisor Akutansi

(14)

2.4 Aspek Kegiatan Perusahaan

(15)

15

1.1Bidang pelaksanaan kerja praktek.

Dalam pelaksanaannya,di Kantor Pos UjungBerung terdapat beberapa bidang kegiatan dalam bentuk pelayanan diantaranya ; pelayanan di loket paket dan kilat khusus,loket wessel,loket SOPP,loket giro dan loket pos express.

(16)

1.2Teknis pelaksanaan kerja praktek

Dalam kegiatan kerja praktek ini,penulis di tempatkan di bagian Loket pengiriman surat dan barang seperti dokumen penting, surat berharga dan barang berharga. Adapun kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh penulis dalam kerja praktek di perusahaan adalah :

1. Meninjau para petugas loket dalam cara melayani pelanggan dengan baik.

Dalam kegiatan ini penulis hanya meninjau para petugas loket dalam melayani cara penerimaan surat dan barang yang akan di kirim.

2. Penulis juga belajar melayani pelanggan yang datang dengan sikap sopan dan ramah.

Dalam kegiatan ini penulis belajar melayani pelanggan yang datang dengan SOP (standar Operasional prosedur) yang di tetapkan perusahaan.

3. Membantu petugas loket membuat neraca harian loket.

Dalam kegiatan ini penulis belajar membuat neraca dari backsheet perbuatan loket.

(17)

1.3 Hasil Pelaksanaan Kerja Praktek

3.3.1 Cara kinerja pelayanan pos Express di Kantor Pos UjungBerung

Setelah penulis bekerja praktek selama kurang lebih 30 hari,kini penulis dapat mengetahui cara kinerja pelayanan pos express di kantor pos ujungberung.

Dalam pelayanannya,kantor pos ujungberung mempunyai prosedur pelayanan yang mengandung nilai – nilai tatakrama dan etika.Kantor pos ujungberung juga menggunakan prosedur pelayanan yang harus di jalankan oleh para karyawannya yaitu

”Komitmen Pelayanan Prestasi” yang di dalamnya mengandung

unsur pelayanan yang baik dalam melayani pelanggan.Adapun unsur komitmen pelayanan tersebut adalah :

a. Profesional

Melayani pelanggan dengan sungguh-sungguh dan cermat.Memiliki kemampuan dan keahlian dalam melayani pelanggannya.

b. Ramah

(18)

c. Empati

Mampu memberikan pelayanan dengan memahami perasaan pelanggan.merasa diri dalam keadaan,perasaan atau fikiran yang sama dengan pelanggan.

d. Senyum

Memulai pelayanan dengan senyum yang tulus pada setiap pelanggan.Gerak ekspresif tanpa suara dengan mengembangkan bibir sedikit untuk memperlihatkan rasa senang dan gembira kepada pelanggan.

e. Tanggap

Melayani pelanggan secara cepat dan tanggap dalam menjawab/merespon kebutuhan pelanggan.

f. Amanah

Menyadari bahwa tugas pelayanan adalah sebentuk amanah atau kepercayaan yanng wajib dilaksanakan dengan kesadaran sepenuh hati.

g. Semangat

Senantiasa antusias,tidak mudah menyerah,tidak cepat puas,ulet,rajin,dan berdaya juang tinggi dalam melayani pelanggan.

h. Integritas

(19)

19 4.1 Kesimpulan

Setelah penulis bekerja praktek di kantor pos ujungberung,penulis dapat menarik kesimpulan yaitu :

Dalam pelaksanaan kegiatan bentuk pelayanan yang di berikan oleh kantor pos ujungberung,bentuk pelayanan yang diberikan sangat baik karena bentuk pelayanan tersebut mempunyai nilai-nilai tatakrama dan etika sehingga pelayanan yang diberikan dapat memberikan citra positif bagi perusahaan.

4.2 Saran

Saran dari Penulis untuk Kantor Pos UjungBerung.

1. Diharapkan agar pelayanan terhadap konsumen/pelanggan terus di tingkatkan.

2. Jika ada karyawan yang tidak memberikan pelayanan yang kurang baik atau tidak ramah agar diberikan peringatan karena itu dapat merusak citra perusahaan.

(20)

Laporan Kerja Praktek

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat

Dalam menempuh jenjang SI

Program Studi Manajemen

Oleh :

NAMA : YAN YAN WIGANDI

NIM : 21207008

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

BANDUNG

(21)
(22)

Tempat,tanggal lahir : Bandung, 27 Nopember 1987

Alamat : kp.Babakan garut Rt 03 Rw 03 ds.Cipelah Kec.Rancabali Kab.Bandung.

Umur : 23 tahun Agama : islam

Anak : Ke-1 dari 2 bersaudara Ayah : U.Rahman

Ibu : Ani Karliah

Alamat : kp.Babakan garut Rt 03 Rw 03 ds.Cipelah Kec.Rancabali Kab.Bandung.

Pendidikan Pra Institut :

1.Tahun 2001 mendapat ijazah di SDN Cipelah 1 2.Tahun 2004 mendapat ijazah di SMPN I Ciwidey 3. Tahun 2007 mendapat ijazah di SMAN 1 Soreang

Daftar riwayat hidup ini dibuat dengan sebenar – benarnya.

Bandung, Nopember 2010

(23)

ii

Dengan memanjatkan puji syukur dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha kuasa atas rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kerja praktek. Tujuan dari penyusunan laporan kerja praktek ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan-kekurangan baik dari segi pembahasan maupun penyusunannya. Hal ini disebabkan keterbatasan pengetahuan, pengalaman secara kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu, penulis sangat mengharapkan kritik ataupun saran yang bersifat membangun sehingga dapat memberikan manfaat dan dorongan bagi peningkatan kemampuan penulis dimasa yang akan datang.

Begitu banyak bimbingan, bantuan maupun dorongan yang penulis peroleh selama melakukan penelitian ini. Maka dalam kesempatan ini, perkenankanlah penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, selaku Rektor Universitas Komputer Indonesia.

(24)

iii

Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia sekaligus sebagai dosen pembimbing saya.

5. Dra. Rahma Wahdiniwaty, M.Si, selaku Dosen Wali Kelas Manajemen 1 2007, atas bantuan yang telah diberikan selama menjalani masa studi.

6. Seluruh Staf dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.

7. Ibu Eni Kusumawaty, selaku pembimbing saya dalam melaksanakan kerja praktek di Kantor Pos UjungBerung.

8. Seluruh saudara-saudaraku yang telah membantu dalam penulisan ini.

9. Seluruh sahabatku dan terutama Asri Rahayu sebagai penyemangat saya dalam menyelesaikan laporan ini.

(25)

iv

harapkan kiranya tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, kritik dan saran penulis harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan di masa yang akan datang. Atas segala kekurangannya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bandung , November 2010

(26)

Figur

Gambar 2.1

Gambar 2.1

p.11

Referensi

Memperbarui...