• Tidak ada hasil yang ditemukan

ACCOUNTING SOFTWARE ACCURATE

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "ACCOUNTING SOFTWARE ACCURATE"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

COMPUTER AUDITING

ACCOUNTING SOFTWARE ‘ACCURATE’

3N – Kelompok 5

Fauzi Nur Rahman (09)

Firman Anugrah Firdaus (10)

Gagah Rakasiwi Samsudin (11)

Garry Yeremia Silitonga (12)

Monica Vivi Kurniawati (21)

Yonanda Hilda Permata (35)

(2)

Accounting Software ‘Accurate’

General Description

Accurate adalah software akuntansi asli Indonesia yang menyasar usaha kecil maupun menengah. Software ini juga memiliki fitur penting yaitu multi currency, multi sales tax, multi user, multi company, multi level discount, multi unit, dan multi warehouse, bahkan dapat mengonsolidasikan laporan keuangan dari beberapa anak perusahaan. Accurate juga sangat aplikatif untuk penggunanya karena bisa diikuti tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi yang mumpuni. Hal ini juga merupakan nilai plus Accurate jika dibandingkan dengan Zahir.

Jika dilihat dari sisi kesesuaian dengan kondisi bisnis UKM dalam negeri, dimana keduanya sudah dari awal memang dirancang untuk UKM di Indonesia. Dalam hal fitur, akurasi laporan keuangan yang dihasilkan kedua software ini tidak kalah dibanding software-software dari luar. Kemudahan pengaplikasiannya pun menjadi nilai tambah bagi software ini.

Jika dibandingkan dengan software buatan luar negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software asing. Accurate dan Zahir Accounting, misalnya, bisa mencatat pajak penjualan (PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia. Accurate, misalnya. Software yang diproduksi oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPS Soft) ini sudah mengintegrasikan modul-modul penting dalam akuntansi, seperti general ledger (GL), account receivable (AR), account payable (AP) dan inventory.

Untuk kepentingan audit, accurate juga sangat membantu dalam kegiatan pemeriksaan. Accurate memiliki fitur audit trial dimana fitur ini bisa mengakses kembali semua pencatatn transaksi yang diisi, diubah, atau bahkan yang telah dihapus oleh seseorang. Dan Fasilitas ini dapat diaktifkan atau di non-aktifkan melalui menu preferences. Berbeda dengan software lain yang ketika dilakukan penghapusan, datanya tidak lagi bisa diakses kembali. Ketika dilakukan peng-inputan transaksi, data langsung bisa masuk menjadi sebuah laporan. Fitur ini menyajikan bentuk summary transakis yang telah terjadi, melihat transaksi yang telah dihapus berikut dengan alasan dilakukan penghapusan atau pengeditan data. Kemudian kondisi atau keadaan keuangan sementara sewaktu-waktu dapat ditelusuri.

Accurate, dengan kecepatan 32 bit dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows NT, dan Windows 2000. Produk ini dilengkapi dengan tampilan grafis (graphic user interface) yang mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru pertama kali menggunakannya.

(3)

Sejarah Accurate

Accurate diciptakan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft) yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. CPSSoft menciptakan software ini dengan prinsip 3M, yaitu Murah, Massal, dan ber-Manfaat. Accurate Accounting Software adalah software ciptaan pertama perusahaan ini,

Pertama kali di luncurkan untuk kalangan umum pada bulan November 1999, dengan memanfaatkan event pameran komputer terbesar di Indonesia setiap tahun yaitu Indocomtech 1999 yang diselenggarakan JHCC, Jakarta. Versi yang diluncurkan pada waktu itu adalah Versi 1.0, dengan nama Accurate2000 Accounting Software. ACCURATE versi perdana tersebut diluncurkan dengan angka 2000 dibelakang nama ACCURATE karena waktu itu software tersebut dikembangkan sudah Y2K Ready, dan target pasarnya adalah pengusaha kecil-menengah yang terganggu dengan millennium bug tapi belum menemukan solusi yang tepat, karena pada waktu, software yang Y2K Ready harganya cenderung belum terjangkau oleh pengusaha kecil.

Pada waktu pameran tersebut, CPSSoft mendapat banyak sekali masukan yang berharga dari para user ataupun calon usernya. Berkat masukan dari user dan mengikuti perkembangan dunia usaha di Indonesia ACCURATE selalu membenah diri dan menyesuaikan dengan perkembangan tersebut. Hingga sekarang telah release versi 4. Pemunculan versi 4 ini tentunya memberikan beberapa kemudahan baru bagi user dalam menerapkan sistem akuntansinya ke dalam ACCURATE.

Kelebihan Software Accurate

1. Sangat aplikatif

Karena software accurate ditujukan buat sektor UKM maka dalam penggunaan software ini juga sangat mudah diikuti tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi sebelumnya.

2. Dapat menggunakan bahasa indonesia

Karena program ini dibuat oleh PT Cipta Piranti Sejahtera dan terlebih lagi ditujukan oleh UKM yang berada di Indonesia maka software accurate ini dapat dijalankan dengan 2 bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris.

3. Sesuai dengan kondisi keuangan di Indonesia

Jika dibandingkan dengan software buatan luar negeri, ada beberapa keunggulan produk lokal yang tidak dimiliki oleh software asing. Accurate misalnya, bisa mencatat pajak penjualan (PPn) sebagaimana yang diterapkan di Indonesia.

4. Harga yang termasuk murah jika dibandingkan dengan software lainnya Dari data developer mengenai harganya diberikan sebagai berikut:

 ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2 komputer)

 ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2 komputer)

(4)

ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan computer) 5. Memiliki capable atau kapasitas yang besar

Disamping sangat pas buat UKM, accurate juga bisa dikembangkan untuk kapasitas yang lebih besar, yakni dapat mencatat transaksi dalam berbagai mata uang (multi currency), multi sales tax, multi user, multi company, multi level discount, multi unit, dan multi warehouse.

6. Tampilan yang sederhana

Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin sehingga terkesan modern dan juga untuk menghilangkan kejenuhan karena skin dapat diganti-ganti.

7. Client Server Technology

8. Multi User dengan tiga tingkat kewenangan yaitu Create, Edit dan Report 9. Multi Currency dengan menghitung otomatis realize & unrealized gain/loss

 Multi Unit dengan tiga tingkat perhitungan unit setiap barang

 Multi Warehouse (Banyak Gudang)

 Multi Discount (Discount Item, Discount Invoice, dan Discount Payments)

 Project & Department ( versi Deluxe Edition dan Enterprise Edition)

 Real Time Processing dengan Backward & Forward Transaction

 Fungsi pilihan tampilan menu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris

 Perubahan Desain template setiap voucher dan invoice

 Report yang dapat dicustomize (designer) sendiri oleh user jika memahami proses report dengan Fast Report.

 Digit transaksi sampai dengan 15 digit dan dua decimal 920 trilliun (920.000.000.000.000,00).

(5)

 Bisa custom financial statement dengan berbagai macam pengelompokan untuk tipe Balance Sheet dan Income Statement.

 Fasilititas Grouping di dalam item yaitu mengelompokkan beberapa barang dalam satu kelompok barang baru dengan tanpa proses penggabungan.

 Fasilitas Job Costing yaitu mengelompokkan barang dalam satu kelompok barang baru dengan proses penggabungan dan dengan nilai cost yang baru.

 Fitur Extract Import yang memungkinkan Anda mengekstrak transaksi penjualan dari perusahaan cabang untuk dikirimkan ke perusahaan pusat.

Kelemahan Software Accurate

1 Pengguna terbatas

Software ini hanya dapat diakses atau digunakan oleh supervisor perusahaan

2 Hanya dapat dibuka di hard disk local

Pada saat awal menggunakan aplikasi ini kita hanya dapat menyimpan database di hard disk local komputer kita. Tidak bisa di hardisk eksternal. Otomatis dengan keadaan yang seperti ini maka jumlah drive yang penuh akan mempengaruhi kecepatan aplikasi dari software sendiri.

(6)

Tipe CAAT yang Digunakan pada Software Accurate, Kelemahan dan Kelebihannya

1. Embedded Audit Module

Jika dilihat dari sisi penggunaannya, maka tipe CAAT yang mungkin dipake pada software Accurate adalah Embedded Audit Modules. Hal ini lebih disebabkan karena dalam Embedded Audit Modules suatu kode program tertentu dapat melaksanakan fungsi-fungsi audit “dilekatkan” bersama sistem PDE yang bersangkutan seperti “menangkap” semua transaksi pembelian yang melebihi angka tertentu. Selain itu, auditor dapat secara terus menerus melakukan audit terhadap transaksi yang ada secara menyeluruh. Hal ini sama halnya dengan yang terjadi pada Accurate Software. Dimana, software ini mampu mendeteksi dan melakukan audit terhadap transaksi secara menyeluruh pula. Bahkan untuk transaksi yang dilakukan dengan semua mata uang asing. Serta seperti halnya Accurate yang ahnya digunakan oleh supervisor perusahaan, Embedded Audit Modules juga hanya dikembangakna oleh organisasi tertentu saja sebab memerlukan biaya yang besar disamping keahlian teknik yang tinggi.

Kelebihan penggunaan Embedded Audit Module (EAM) antara lain : untuk menyediakan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan yang dilaksanakan oleh aktivitas yang disebut pemrosesan informasi. Mendukung pengambilan keputusan manajemen. Sedangkan kekurangannya adalah : Kurangnya Efisiensi Operasional, karena dari sudut panang pengguna, EAM mengurangi kinerja operasional. Keberadaan modul audit dalam aplikasi host dapat memberikan beban tambahan dalam jumlah signifikan, terutama ketika jumlah pengujian sangat luas. Selain itu diperlukan biaya perancangan dan implementasi modul yang mahal, khususnya jika modul tersebut ditambahkan setelah program aplikasi sudah ada.

2. Integrated Test Facility

Selain itu, tipe CAAT yang dapat digunakan adalah ITF (Integrated Test Facility). Karena prinsip kerja yang melalui suatu pendekatan teknik terotomatisasi yang memungkinkan auditor menguji alur logika dan kendali suatu aplikasi pada saat operasi normal berlangsung. Teknik ini melibatkan pemasukan data terpadu; yaitu transaksi uji dimasukkan ke dalam system pemrosesan computer bersamaan dengan transaksi hidup. Karena data ini diproses dengan program yang sama, maka transaksi uji mengalami langkah pemrosesan yang sama seperti transaksi hidup. Akan tetapi, transaksi uji diidentifikasikan pada program dengan suatu kode, sehingga hasil pemrosesannya disimpan dalam suatu fasilitas pengujian khusus. Fasilitas pengujian yang ditetapkan oleh auditor terdiri dari file-file berskala kecil. Setiap file terdiri-dari record beberapa pelanggan, pemasok, produk atau kesatuan fiktif lain yang terlibat dalam beberapa aplikasi.

Kelebihan menggunakan teknik ini adalah aplikasi dengan ITF dapat menjadikan pengujian lebih ekonomis tanpa memnggangu operasi pengguna dan tanpa campur tangan pegawai servis computer. Jadi ITF meningkatkan efisiensi dari audit dan

(7)

menambah tingkat kepercayaan dari bukti audit yang dikumpulkan. Sedangkan kekurangan dari penggunaan teknik ini adalah adanya kesempatan potensial untuk menghilangkan file data organisasi dengan uji data. Sebuah langkah harus dilakukan untuk memastikan uji transaksi ITF tidak mempengaruhi laporan keuangan dari jumlah transaksi yang tidak sesuai dengan transaksi yang sah. Masalah ini dapat diperbaiki dengan dua cara. Pertama, mengatur catatan yang diproses untuk menghapus pengaruh ITF dari keseimbangan akun jurnal umum. Kedua, file data dapat ditinjau oleh software khusus yang dapat menghapus transaksi ITF.

(8)

Database Component

1. Elemen Data / Field / Atribut

Adalah satuan data terkecil yang tidak dapat dipecah lagi menjadi unit lain yang bermakna. Pada data aset dibawah ini, field / atribut datanya dapat berupa: asset description, asset type, asset account, asset cost, usage date, purchase date, quantity dan estimated life. Istilah lain elemen data adalah medan / field, kolom, item, dan atribut. Istilah yang umum dipakai adalah field, atribut atau kolom.

2. Rekaman / Record / Baris

Adalah gabungan sejumlah elemen data yang saling terkait. Contohnya adalah gabungan dari asset description, asset type, asset account, asset cost, usage date, purchase date, quantity dan estimated life dapat dihimpun dalam sebuah record / baris.

3. Berkas / File / Table

Adalah kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang atribut/ field sama, namun berbeda isi datanya. Dalam basis data relasional, berkas mewakili komponen yang disebut Table atau Relasi. Sedangkan pengertian Data value

(nilai atau isi data) adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada setiap field / atribut

(9)

4. Key Field

Adalah field yang dipilih pada record sehingga record tersebut dapat dengan mudah diperoleh kembali dan diproses. Key field kadang berupa nomor identifikasi, nomor jaminan sosial, nomor induk pegawai, atau semacamnya. dari hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa key field memilik karakteristik unik (tidak ada yang sama satu sama lain). Key field lebih disukai berupa angka. Key field dapat terdiri dari lebih satu key.

Sebagai contoh, pada table Asset di atas yang digunakan sebagai key field adalah field Asset Code, dimana setiap asset memiliki kode yang unik satu sama lain

(10)

Sedangkan pada table biaya di atas, key field yang digunakan adalah No. Biaya.

5. Entity

Entity dalam suatu database adalah sesuatu yang dapat teridentifikasi dari suatu database. Dapat berupa objek, orang, tempat, kejadian, atau konsep yang informasinya akan disimpan di database. Dalam software Accurate ini yang menjadi entity adalah Nama pekerja, Nama Aktiva, dll. Entity sering juga disamakan istilahnya dengan Table. Mengapa demikian? Karena dalam merepresentasikan datanya di atur dalam bentuk baris dan kolom. Dimana baris mewakili 1 record dan kolom mewakili 1 field. Entity disebut juga dengan file dalam sistem database international. Dalam contoh tabel dibawah, entity yang dimaksud ialah keterangan pekerjaan proyek. Mulai dari Kenek, Tukang Gali, dst. Dimana setiap entity ini punya kode sendiri yang tercantum dalam No biaya tersebut.

(11)

6. Relationships Jenis hubungan antar tabel dalam model database relasi didefinisikan menjadi tiga, yaitu

a. Satu ke satu

Setiap baris data pada tabel pertama dihubungkan hanya ke satu baris data pada table ke dua.

Dalam gambar diatas, setiap kode biaya gaji mewakili satu saja keterangan nama pekerjaan proyek. Begitu juga sebaliknya, setiap nama pekerjaan punya

(12)

table kode masing-masing. Jadi satu baris “No Biaya” hanya berhubungan dengan satu baris “Keterangan”.

Contoh lain: Setiap Nama gudang hanya berhubungan dengan satu Penanggung Jawab

b. Satu ke banyak

Setiap baris data dari tabel pertama dapat dihubungkan ke satu baris atau lebih data pada table kedua

Dalam gambar diatas ditunjukkan bahwa Tipe Aktiva “Peralatan Kantor” dapat mempunyai kode dan juga keterangan lebih dari satu. Artinya satu baris Tipe Aktiva bisa berhubungan dengan satu atau lebih baris Kode, Keterangan, dan Akun Aktiva.

c. Banyak ke banyak

Satu baris atau lebih data pada table pertama bisa dihubungkan ke satu atau lebih baris data pada table kedua

(13)

Sekarang kita lihat, Tipe Aktiva “Peralatan Kantor” mempunyai harga yang beragam, begitu juga Biaya Aktiva Rp 6.000.000 adalah biaya untuk beberapa Tipe Aktiva. Disini lah dimana kita bisa lihat bahwa satu atau lebih baris “Tipe Aktiva” dapat berhubungan dengan satu atau lebih baris “Biaya Aktiva” dan “Tgl Pakai”. Berlaku juga kebalikan.

(14)

Source

http://hidayatjundullah.wordpress.com/2010/05/03/perbandingan-software-akuntansi-buat-ukm-di-indonesia/ http://accurate4tutorial.wordpress.com/about/ http://accurate-software.blogspot.com/ http://uziek.blogspot.com/2009/11/myob-accurate-dan-zahir.html) http://accurate4tutorial.wordpress.com/about/ file:///J:/KOMDIT/Kelebihan%20dan%20Kekurangan%20Software-software%20Akuntansi%20%20%20Sistem%20Informasi%20Akuntansi.htm http://freedoms.wordpress.com/2009/01/13/tugas-sia/ http://invratoding.blogspot.com/2010/12/kelebihan-dan-kelemahan-eam-gas-acl.html

Gambar

table  kode  masing-masing.  Jadi  satu  baris  “No  Biaya”  hanya  berhubungan  dengan satu baris “Keterangan”

Referensi

Dokumen terkait

Dan di Bulan Oktober dimana kita menyambut hari Reformasi, maka memulai suatu kegiatan baru yaitu mengajak dan menghimbau seluruh anggota jemaat yang sudah dan belum membaca

Oleh karena itu, besar harapan saya agar saudara dapat mengisi kuesioner ini dengan sungguh-sungguh, sesuai dengan kondisi pribadi saudara, sehingga informasi yang

Persiapan Shoting dan pengambilan View masjid dalam acara Safari Ramadhan di masjid Gedhe Kauman Produser: Dimas Al Kausar Atlantis Kameramen: Arifudin Kameramen insert:

Untuk lebih jelasnya nilai magnetisasi saturasi, medan koersivitas dan magnetisasi remanen dari masing-masing sampel dapat dilihat pada Tabel 4.3. Sehingga partikel

Sedangkan jika diberikan dalam bentuk HLS (diekstrak), tidak ada perbedaan pengaruh terhadap hasil biomassa di antara keempat bahan yang digunakan, meskipun demikian

Guru yang juga merupakan peneliti menjalankan tugas sebagai penilai sementara siswa yang lain diberi kebebasan untuk memberikan apresiasi sastra geguritan dengan memilih salah

Menurut Hellier, et al, (2003) dalam Setyaningsih (2008) niat beli ulang merupakan keputusan konsumen untuk melakukan pembelian kembali suatu produk atau

Adapun judul penelitian yang dilakukan adalah Analisis Kualitas Air Dan Kebutuhan Air Bagi Masyarakat Yang Bermukim Di Sekitar Sungai Way Kandis Kelurahan Rajabasa