• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB PADA ENGGAL SWALAYAN DAN GRAHA MEDIA KERTAS KERJA

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2022

Membagikan "PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB PADA ENGGAL SWALAYAN DAN GRAHA MEDIA KERTAS KERJA"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB PADA

ENGGAL SWALAYAN DAN GRAHA MEDIA

Oleh:

DAVID HALOMOAN NIM : 232010082

KERTAS KERJA

Diajukan kepada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Guna Memenuhi Sebagian dari

Persyaratan-persyaratan untuk Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi

FAKULTAS : EKONOMIKA DAN BISNIS PROGRAM STUDI : AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA 2014

(2)
(3)
(4)

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA Jalan diponegoro 52-60

!:(0298) 321212, 311881 Telex 322364 ukswsa ia Salatiga 50711- Indonesia Fax. (0298) -321433

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS KERTAS KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : David Halomoan N I M : 232010082 Program Studi : Akuntansi

Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kertas kerja,

Judul : Perancangan Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web pada Enggal Swalayan

dan Graha Media

Pembimbing : MI Mitha Dwi Restuti, SE., M.Si., CMA Tanggal diuji : 17 Oktober 2014

adalah benar-benar hasil karya saya.

Di dalam kertas kerja ini tidak terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan atau gagasan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau simbol yang saya aku seolah-olah sebagai tulisan saya sendiri tanpa memberikan pengakuan pada penulis aslinya.

Apabila kemudian terbukti bahwa saya ternyata melakukan tindakan menyalin atau meniru tulisan orang lain seolah-olah hasil pemikiran saya sendiri, saya bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, termasuk pencabutan gelar kesarjanaan yang telah saya peroleh.

Salatiga, 1 Oktober 2014 Yang memberi pernyataan,

David Halomoan

(5)

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB PADA

ENGGAL SWALAYAN DAN GRAHA MEDIA

Oleh:

DAVID HALOMOAN NIM : 232010082

KERTAS KERJA

Diajukan kepada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Guna Memenuhi Sebagian dari

Persyaratan-persyaratan untuk Mencapai Gelar Sarjana Ekonomi

FAKULTAS : EKONOMIKA DAN BISNIS PROGRAM STUDI : AKUNTANSI

Disetujui oleh :

MI Mitha Dwi Restuti, SE., M.Si., CMA Pembimbing

FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA 2014

(6)

Halaman Persembahan

Kupersembahkan penulisan kertas kerja ini kepada : Ayahku tercinta Tumpal Butar-butar Ibuku tercinta Lely Triana Kristiowati

Adikku tersayang Andre Natalius

Seluruh keluarga besarku yang selalu mendukung dan memberi restu Christy Susanti yang selalu menemani dan memberiku semangat Teman-teman yang senantiasa membantu, mendukung, dan mendoakan

(7)

MOTTO

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri

(Amsal 3:5)

Janganlah seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda.

Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu

(1 Timotius 4:12)

2) Hormatilah ayahmu dan ibumu! ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini:

3) supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

(Efesus 6:2-3)

(8)

DESIGN SYSTEM OF CASH INFLOW AND CASH OUTFLOW WEB- BASED ON ENGGAL SWALAYAN AND GRAHA MEDIA

By:

David Halomoan 232010082

Abstract

Cash is the most important asset in a company, because it is the most liquid asset. In managing the business activity and decision making required a reliable information related to cash to maintain the life persistence of the company. Enggal Swalayan and Graha Media are the example of medium sized businesses located on Magetan, East Java. The recording of transactions that still use in a manual manner on Enggal Swalayan and Graha Media cause problems to the unavailability of reliable information cash which become basic of management in decision making. Therefore is required a system of cash that can help in doing recording and yield an integrated and trustworthy of reliable information. In this research will be designed a web based system of inflow and outflow cash, that will assist in the ease of doing recording related to the activity and transactions of both business field. The system will also provide reporting separately or annexation into one report display that will produce information from both business fields related to the selling and cash flow. The system has a user friendly display and has restrictions on the right of access to the user with the purpose to prevent fraud. The system is designed using Microsoft Office Visio to describe data and process modeling, MySQL for database design and Bootstrap CSS Framework to design the display of the system.

Keywords: Cash, System of Cash, Cash Receipts System, Payments System, System Web-Based

(9)

PERANCANGAN SISTEM PENERIMAAN DAN PENGELUARAN KAS BERBASIS WEB PADA ENGGAL SWALAYAN DAN GRAHA MEDIA

Oleh:

David Halomoan 232010082

Saripati

Kas merupakan aset yang terpenting dalam suatu perusahaan, karena merupakan aset yang paling liquid. Dalam mengelola aktivitas bisnis dan pengambilan keputusan diperlukan suatu informasi yang handal terkait kas untuk menjaga keberlangsungan hidup perusahaan. Enggal Swalayan dan Graha Media merupakan contoh dari bidang usaha menengah yang berdiri di Kota Magetan, Jawa Timur. Pencatatan transaksi yang masih menggunakan cara manual pada Enggal Swalayan dan Graha Media mengakibatkan permasalahan tidak tersedianya informasi kas yang handal yang menjadi dasar manajemen dalam pengambilan keputusan. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu sistem kas yang dapat membantu dalam melakukan pencatatan dan menghasilkan informasi yang handal secara terintegrasi dan terpercaya. Dalam penelitian ini akan dirancang suatu sistem penerimaan dan pengeluaran kas berbasis web yang akan membantu dalam kemudahan melakukan pencatatan terkait aktivitas dan transaksi dari kedua bidang usaha tersebut. Sistem juga akan menyediakan pelaporan secara terpisah maupun penggabungan menjadi satu tampilan laporan yang akan menghasilkan informasi dari kedua bidang usaha tersebut berkaitan dengan aktivitas penjualan dan arus kas. Sistem tersebut memiliki tampilan user friendly dan memiliki pembatasan hak akses terhadap pengguna dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kecurangan. Sistem tersebut dirancang dengan menggunakan software Microsoft Office Visio untuk menggambarkan pemodelan data dan proses, software MySQL untuk merancang database dan software Bootstrap CSS Framework untuk merancang tampilan pada sistem tersebut.

Kata Kunci: Kas, Sistem Kas, Sistem Penerimaan Kas, Sistem Pengeluaran Kas, Sistem Berbasis Web

(10)

Kata Pengantar

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik guna memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Strata 1 pada progdi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Kertas Kerja ini berjudul Perancangan Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web pada Enggal Swalayan dan Graha Media

dengan objek penelitiannya adalah toko Enggal Swalayan dan Graha Media. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi pembaca yang tertarik untuk mengadakan penelitian sejenis.

Penulis menyadari bahwa di dalam penelitian ini masih terdapat kekurangan yang mungkin akan ditemukan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan segenap kritikan, masukan, dan saran yang membangun dari pembaca. Penulis merasa perlu untuk berterima kasih kepada segenap pihak yang turut berperan dalam penulisan kertas kerja ini. Semoga kertas kerja ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.

(11)

Ucapan Terima Kasih

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan anugerah dan rahmat-Nya yang sungguh luar biasa kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan kertas kerja ini dengan baik. Penyusunan kertas kerja ini digunakan sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Penulisan kertas kerja ini mungkin tidak akan terselesaikan tanpa bantuan dari pihak-pihak yang telah mengorbankan waktu dan tenaga mereka. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan kertas kerja ini. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :

1. Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat karunia, rahmat, kekuatan, ketenangan yang diberikan sehingga penulis bisa menyelesaikan kertas kerja ini.

2. Bapak Hari Sunarto, SE., MBA., Ph.D selaku dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW yang telah memberikan ilmu dan pengetahuannya kepada penulis selama masa studi di FEB UKSW

3. Usil Sis Sucahyo, SE., MBA.selaku Ketua Program Studi Akuntansi yang telah memberikan dukungan sampai akhir masa studi penulis.

4. MI Mitha Dwi Restuti, SE., M.Si., CMA selaku pembimbing yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberi masukan, bimbingan, saran dan kritik yang bermanfaat bagi penulis.

5. Petrus Widjayanto, SE., selaku wali studi yang membimbing, mendidik dan memberi saran maupun kritik selama menempuh studi.

6. Seluruh dosen dan staff pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW yang telah memberikan ilmu dan pengetahuannya kepada penulis selama masa studi di FEB UKSW.

7. Ayahku Tumpal Butar-butar, Ibuku Lely Triana Kristiowati dan Adikku Andre Natalius yang selalu memberikan segala dukungan untuk dapat berhasil dalam setiap studi yang saya tempuh, karena keberhasilan saya adalah doa kalian.

8. Seluruh keluarga besar dan saudara-saudaraku yang selalu memberikan dukungan doa dan semangat dalam menyelesaikan studi di FEB UKSW.

9. Christy Susanti yang selama ini telah menemani dan memberikan semangat yang luar biasa dalam menyelesaikan studi di FEB UKSW.

10. Radius Tjung yang selalu setia membantu memberikan informasi dan penjelasan dalam perancang sistem yang dibuat.

(12)

11. Keluarga kecil di Dliko Indah 114, Bonny, Gega, Dias, Feri, Ganang, Rio, Timoty, Heskia, Tinus, Dimas Beruk. Terima kasih selama ini sudah berbagi kebahagiaan, kesusahan, canda-tawa, duka-lara dan selalu ada motivasi dibalik itu semua.

12. Teman seperjuangan yang telah membantu dalam menyelesaikan kertas kerja ini, Arinda, Erick, Hana, David Wahyu, Tita, Septi, Galih, Echo, Frendi, Genjik dan Dody.

13. Semua pihak yang telah ikut andil dalam membantu menyelesaikan kertas kerja ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Semoga Tuhan senantiasa selalu melimpahkan berkat serta karunia-Nya kepada semua pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan penulisan kertas kerja ini.

David Halomoan

(13)

Daftar Isi

Halaman Judul... i

Halaman Pernyataan Keaslian Kertas Kerja ... ii

Halaman Persetujuan / Pengesahan... iii

Halaman Persembahan ... iv

Motto ... v

Abstract ... vi

Saripati ... vii

Kata Pengantar ... viii

Ucapan Terima Kasih... ix

Daftar Isi... xi

Daftar Tabel ... xii

Daftar Gambar... xiii

Daftar Lampiran ... xv

Pendahuluan ... 1

Batasan Masalah... 4

Landasan Teori... 4

Metode Penelitian... 16

Analisis dan Pembahasan... 19

Kesimpulan dan Saran... 52

Daftar Pustaka ... 54

(14)

Daftar Tabel

Tabel 1. Analisis Kebutuhan Sistem pada Enggal Swalayan dan Graha Media ...21 Tabel 2. Tabel Relational pada database Enggal Swalayan ...35 Tabel 3. Tabel Relational pada database Graha Media ...36

(15)

Daftar Gambar

Gambar 1. Simbol Data Flow Diagram...12

Gambar 2. Simbol Diagram Alir (Flowchart)...14

Gambar 3. FDD (Functional Decomposition Diagram) pada Enggal Swalayan...22

Gambar 4. DFD (Data Flow Diagram) Level Konteks pada Enggal Swalayan ...23

Gambar 5. DFD (Data Flow Diagram) Level 0 pada Enggal Swalayan ...24

Gambar 6. DFD (Data Flow Diagram) level 1 : 1.0 pada Enggal Swalayan ...25

Gambar 7. DFD (Data Flow Diagram) level 1 : 2.0 pada Enggal Swalayan ...25

Gambar 8. DFD (Data Flow Diagram) level 1 : 3.0 pada Enggal Swalayan ...26

Gambar 9. Flowchart pada Enggal Swalayan ...27

Gambar 10. FDD (Functional Decomposition Diagram) pada Graha Media ...28

Gambar 11. DFD (Data Flow Diagram) Level Konteks pada Graha Media ...29

Gambar 12. DFD (Data Flow Diagram) Level 0 pada Graha Media ...30

Gambar 13. DFD (Data Flow Diagram) Level 1 : 1.0 pada Graha Media ...31

Gambar 14. DFD (Data Flow Diagram) Level 1 : 2.0 pada Graha Media ...31

Gambar 15. DFD (Data Flow Diagram) Level 1 : 3.0 pada Graha Media ...32

Gambar 16. Flowchart pada Graha Media...33

Gambar 17. Database pada Enggal Swalayan ...34

Gambar 18. Database pada Graha Media ...35

Gambar 19. Alur Menu Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web Akses Admin (Pemilik) ...37

Gambar 20. Alur Menu Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web Akses User (Kasir Enggal Swalayan) ...37

Gambar 21. Alur Menu Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web Akses User (Kasir Graha Media)...38

Gambar 22. Alur Menu Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web Akses User (Karyawan Enggal Swalayan dan Karyawan Graha Media) ...38

Gambar 23. Menu Login ...39

Gambar 24. Menu Utama ...39

(16)

Gambar 26. Menu Graha Media...41

Gambar 27. Menu Laporan ...42

Gambar 28. Menu Penjualan pada Enggal Swalayan ...43

Gambar 29. Menu Penjualan pada Graha Media ...43

Gambar 30. Menu Jasa Service dan Shooting pada Graha Media ...44

Gambar 31. Menu Pembelian Barang pada Enggal Swalayan ...45

Gambar 32. Menu Pembelian Barang pada Graha Media ...45

Gambar 33. Menu Pengeluaran Gaji dan Beban pada Enggal Swalayan ...46

Gambar 34. Menu Pengeluaran Gaji dan Beban pada Graha Media ...46

Gambar 35. Menu Penetapan Harga Jual pada Enggal Swalayan ...47

Gambar 36. Menu Penetapan Harga Jual pada Graha Media ...47

Gambar 37. Menu Laporan Kas Enggal Swalayan + Graha Media ...48

Gambar 38. Menu Laporan Kas Enggal Swalayan ...49

Gambar 39. Menu Laporan Kas Graha Media ...49

Gambar 40. Menu Laporan Penjualan Enggal Swalayan + Graha Media ...50

Gambar 41. Menu Laporan Penjualan Enggal Swalayan ...51

Gambar 42. Menu Laporan Penjualan Graha Media ...51

(17)

Daftar Lampiran

Lampiran 1. Nota Penjualan Barang pada Enggal Swalayan Lampiran 2. Nota Penjualan Barang pada Graha Media Lampiran 3. Nota DP Penjualan Jasa pada Graha Media Lampiran 4. Nota Pelunasan pada Graha Media

Lampiran 5. Nota Pembayaran Gaji Karyawan pada Enggal Swalayan Lampiran 6. Nota Pembayaran Gaji Karyawan pada Graha Media Lampiran 7. Foto Enggal Swalayan

Lampiran 8. Foto Graha Media Lampiran 9. Daftar Riwayat Hidup

Gambar

Tabel 1. Analisis Kebutuhan Sistem pada Enggal Swalayan dan Graha Media .............21  Tabel 2

Referensi

Dokumen terkait

Akan lebih mudah dapat kelihatan bahwa jika suatu studi ekonomi mengikutsertakan investasi dalam fasilitas-fasilitas produksi, maka masalah perkiraan kebutuhan untuk

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini guna memenuhi syarat memperoleh

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik untuk memenuhi salah satu syarat mendapatkan

Untuk pengujian hipotesis bahwa rata-rata aktivitas perdagangan sektor industri komunikasi lebih mendominasi dari sector industri lainnya, penelitian ini melakukan regresi

Generator arus bolak balik dapat membangkitkan tegangan yang lebih besar dan dapat dinaikkan lagi dengan menggunakan transformator, maka daerah-daerah yang jauh dan luas dapat

Daftar isi dosir adalah daftar yang memuat kolom dan lajur untuk mencatat setiap dokumen autentik personel perorangan sesuai urutan waktu penerimaanya

Menciptakan dan memelihara susunan kerja yang baik.. Wewenang guru sebagai berikut: Memberi nilai kepada siswa. Menentukan naik tidaknya siswa melalui rapat antar guru. Menentukan

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik untuk memenuhi salah satu syarat mendapatkan