MORAL DAN DOGMA FREEMASONRY dalam

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

MORAL DAN DOGMA FREEMASONRY

Oleh ALBERT PIKE

Diterjemahkan oleh Naldo Helmys Hillel

Judul Asli : Morals and Dogma of the Ancient and Accepted Scottish Rite of Freemasonry

(2)

Sekilas Biografi Albert Pike

Albert Pike, lahir pada 29 Desember, 1809, merupakan yang tertua dari enam bersaudara yang lahir dari pasangan Benjamin dan Sarah Andrews Pike. Pike tumbuh dalam keluarga Kristen yang sering mengikuti acara keuskupan di gereja. Pike melalui ujian masuknya di Perguruan Tinggi Harvard ketika ia berusia 15 tahun, namun tidak berhasil menamatkan pendidikan karena kekurangan biaya. Setelah melakukan perjalanan hingga ke Santa Fe, Pike bermukim di Arkansas, dimana ia bekerja sebagai editor surat kabar sebelum menjadi orang yang diakui dikalangan pengacara. Di arkansas, dia bertemu dengan mary Ann Hamilton, dan menikahinya pada 28 November 1934. Pasangan ini melahirkan 11 orang anak.

Ketika berusia 41 tahun Pike melamar pada Loji Bintang Barat No.2 di Little Rock, Arkansas, ketika itu tahun 1850. Aktif di Loji Agung Arkansas, Pike meraih derajat 10 dari Ritus York dari tahun 1850 hingga 1853. Dia menerima derajat 29 Ritus Skotlandia pada Maret 1853 dari Albert Gallatian Mackey di Charleston, South California. Ritus Skotlandia diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1783. Charleston merupakan lokasi Supreme Council pertama, yang mengatur Ritus Skotlandia di Amerika Serikat, hingga Northern Supreme Council didirikan di New York pada tahun 1813. Batasan antara Yurisdiksi Selatan dan Utara, masih diakui hingga kini, yang didirikan pada 1828. Mackey mengundang Pike untuk bergabung dengan Supreme Council for the Southern Jurisdiction pada tahun 1858 di Charleston, dan menjadi Grand Commander of the Supreme Council tahun berikutnya. Pike memegang jabatan tersebut hingga ia wafat, ketika mendukung dirinya dalam beberapa pekerjaan seperti editor Memphis Daily Appeal dari Februari 1967 hingga September 1868, seperti halnya praktek hukumnya. Pike kemudian membuka kantor hukum di Washington D.C, dan memperdebatkan sejumlah kasus sebelum Pengadilan Tinggi A.S. Namun, Pike dimiskinkan oleh Perang Sipil dan meninggalkan banyak hal dalam hidupnya, sering meminjam uang untuk biaya kebutuhan pokok dari Supreme Council sebelum dewan memutuskan untuk memberikan tunjangan hidup padanya pada tahun 1879 sebesar 1.200 dolar hingga sisa hidupnya. Pike meninggal dunia pada 2 April 1892 di Washington D.C.

(3)

beberapa perubahan, Supreme Council mengesahkan revisi Pike pada tahun 1861. Perubahan kecil dibuat pada dua derajat tahun 1873 setelah Ritus York di Missouri keberatan bahwa derajat 29 dan 30 mengungkapkan rahasia Ritus York.

Pike dikenal karena karya utamanya, Morals and Dogma of the Ancient and Accepted Scottish Rite of Freemasonry, yang terbit pada tahun 1871. Moral dan Dogma bukanlah revisi Pike terhadap ritual Ritus Scotlandia. Keduanya berbeda. Walter Lee Brown menulis bahwa Pike “berniat buku itu (Morals and Dogma) dapat menjadi suplemen atas sistem agung yang terkoneksi antara moral, agama, dan instruksi filsafat yang telah dia kembangkan dalam revisinya atas ritual Skot.”

(4)
(5)

Derajat Satu : Apprentice

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...