Produk Alam Yang Berasal Dari Hewan

24 

Teks penuh

(1)

Produk Alam Hewani

Suhardiman

11334013

(2)

Produk Hewan

Produk hewan adalah segala macan bahan yang didapatkan dari tubuh hewan, seperti daging, lemak, darah,

(3)

Contoh…

1.Madu

(4)

Sumber Madu

Apis adalah bahasa Latin yang berarti tawon atau lebah, sedangkan Mellipera berasal dari dua suku kata latin yang artinya membawa madu.

(5)

Lanjutan…

Lebah madu mengahasilkan madu dengan cara mengubah nektar tumbuhan melalui proses regurgitasi dan penguapan yang ditaruh di sarang lebah sebagai cadangan makanan utama. Rasa manis dari madu berasal dari monosakarida, fruktosa, dan glukosa sehingga rasa manis madu hampir sama dengan gula.

Nektar yang didapatkan oleh pekerja akan mengalami fase regurgitasi sehingga mengubah bentuk gula nektar sakarida menjadi monosakarida dan glukosa melalui proses hidrolisis asam saluran cerna lebah.

(6)

Sifat madu…

cairan kental serupa sirup, bening, warna kuning muda sampai coklat kekuningan, rasa manis khas bau enak khas, jika dipanaskan diatas penangas air bau menjadi lebih kuat, tetapi tidak berubah. Madu memiliki bau khas, rasa manis, dan sedikit getir. Pada waktu masih segar, warna madu bening, tetapi lama-kelamaan menjadi keruh berbutir-butir karena terjadinya kristal dekstrosa.

(7)

Zat Berkhasiat :

(8)

Jenis Madu

Berdasarkan pengolahannya :

1. Madu kristal, merupakan jenis madu yang dikristalkan, sehingga jika ingin mengkonsumsi dapat dilelehkan terlebih dahulu melalui pemanasan

2. Madu pasteurisasi, merupakan madu yang dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 72°C untuk membunuh mikroorganisme pengrusak seperti jamur. Jika proses pemanasan terlalu tinggi dapat mengurangi aktivitas enzim dan membuat warna madu tampak lebih gelap.

3. Madu mentah

4. Madu erhalus adalah madu yang diperoleh tanpa pemerasan tetapi dibiarkan mengalir dari sarang lebah, jika dipusingkan memberika madu yang paling jernih.

(9)

Kegunaan Madu :

(10)

2. Malam Lebah

(11)

a. Cera flava

Malam ini berupa padatan kuning sampai coklat keabuan, berbau enak seperti madu, agak rapuh jika didinginkan dan bila patah membentuk granul, patahan non-hablur akan menjadi lunak atau elastic oleh suhu tangan. Tidak larut dalam air, agak sukar larut dalam etanol (95%) dingin, tetapi larut dalam etanol panas.

Kandungan kimia :

(12)

Cara Isolasi :

(13)

b. Cera Alba

berupa padatan putih kekuningan, sedikit tembus cahaya dalam keadaan lapisan tipis, berbau khas lemah dan bebas bau tengik. Cera alba tidak larut dalam air, agak sukar larut dalam etanol (95%) P dingin, larut dalam kloroform P, dalam eter P hangat, minyak lemak dan minyak atsiri.

Kandungan kimia :

(14)

Cara isolasi

(15)

3. Gelatin

(16)

Sifat Gelatin

(17)

Macam – macam Tipe Gelatin

Gelatin Tipe A

a. Berdasarkan proses perendaman asam

b. Umumnya berasal dari kulit babi yang memiliki titik isoelektrik (titik pengendapan protein) pada PH yang lebih tinggi (7.5 – 9.0)

(18)

Lanjutan…

Gelatin Tipe B

a. Gelatin tipe B biasanya bersumber dari kulit jangat sapi dan tulang sapi.

b. PH isoelektrik gelatin tipe b adalah 4.8 – 5.0

(19)

Pembuatan Gelatin

Proses pembuatan gelatin secara umum dapat digolongkan menjadi 3 tahap utama, yaitu:

Tahap persiapan, yang bertujuan menghilangkan pengotor yang terdapat di bahan baku.

Tahap ekstraksi utama, dilakukan dengan bantuan air panas atau larutan asam yang diencerkan.

(20)

Kandungan Gelatin

Komposisi kimia gelatin yang diambil dari tendon hewan terdiri dari 50,11% karbon, 6,56% hidrogen, 17,81% nitrogen, 25.26% oksigen, dan 0,26% sulfur.

Glutina tersusun atas glikokol, leusin, prolin, asam glutamat, lisin, arginin, alanin, asam asparoginat, fenil-alanin, oksiprolin dan histidin.

(21)

Fungsi – fungsi Gelatin

1. Farmasi, pembungkus kapsul atau tablet obat, sebagai mikroinkapsulai vitamin dan mineral serta premix agar awet. Film membuat film menjadi lebih sensitif, sebagai pembawa dan pelapis zat warna film.

2. Kosmetika, khususnya digunakan untuk menstabilkan emulsi pada produk-produk sampo, penyegar dan pelindung kulit (lotion/emulsi cream), sabun (terutama yang cair), lipstik, cat kuku, busa cukur, krim pelindung sinar matahari dan lain-lain. Kedokteran/kesehatan.

Gelatin sol untuk produk minuman sehat, produk diet, infus, dan lain-lain.

(22)

Kerugian gelatin :

Gelatin yang berasal dari kulit babi memiliki kandungan lemak 0,29 % lebih besar dibandingkan gelatin yang berasal dari tulang hewan non mamalia (ikan) yaitu sebesar 0,21 %.

(23)

Kesimpulan

Madu digunakan sebagai bahan pembantu dalam farmasi karena mempunyai sifat-sifat bahan makanan dan demulsen. Madu juga digunakan sebagai bahan pembawa, sama seperti sirup, meskipun madu mempunyai daya kerja pencahar lebih kuat daripada sirup.

Adeps lanae dalam dunia farmasi digunakan sebagai bahan dasar salep, parta, pil dan serbuk yang diperoleh dari lemak yang dimurnikan dari bulu domba.

(24)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...