seperti yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya mengenai Strategi Raya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB V PENUTUP

A. KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan serta hasil yang diperoleh seperti yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya mengenai Strategi Agen Dalam Memasarkan Produk Asuransi Prudential Syariah di Palangka Raya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

1. Produk yang ada pada asuransi prudential syariah pada dasarnya ada dua macam, yang pertama yaitu: produk investasi murni syariah dan yang kedua produk riders (produk tambahan). Adapun produk murni syariah terdiri dari PRUlink syariah assurance account dan PRUlink syariah investor account, Sedangkan jenis dana-dana PRUlinksyariah tersebut yaitu terdiri dari PRUlink Syariah Rupiah Managed Fund, PRUlink Syariah Rupiah Equity Fund, PRUlink Syariah Rupiah Fixed Income. Adapun produk riders (produk tambahan) terdiri dari: a).PRU crisis cover syariah 34, b). PRU crisis benefit syariah 34, c).PRU personal accident death & disablement syariah, d).PRU med syariah, e). PRU hospital & surgical syariah, f).PRU waiver syariah 33, g). PRU payor syariah 33, h).PRU spouse waiver syariah 33, i).PRU spouse payor syariah 33, j).PRU parent payor syariah 33, dan k).PRUlink term syariah

(2)

2. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh para agen perusahaan jasa Asuransi Prudential di Palangka Raya sejalan dengan strategi promosi yang dikenal dengan sebutan 4P, menunjukan bahwa strategi pemasaran para agen menerapkan macam-macam strategi promosi seperti Periklanan (advertising), Promosi penjualan (salespromotion), Publisitas (publicity) dan Penjualan pribadi (personalselling). Beradasarkan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang dihubungkan ke dalam startegi pemasaran yang ada diasuransi prudential syariah seperti yang digunakan oleh masing-masing agen adalah strategi promosi, karena strategi Promosi adalah suatu komunikasi dari penjual dan pembeli yang berasal dari informasi yang tepat yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli, yang tadinya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.

3. Mengenai peluang para agen sepakat berpendapat bahwa peluang itu akan selalu ada dan tergantung dari agennya sendiri mau atau tidak mengambil peluang tersebut, misalnya dengan selalu menjalin sillaturrahmi dengan baikkepada calon nasabah, selain itu juga selagi calon nasabah mau mendengarkan penjelasan mereka, maka akan ada peluang dalam menarik kepercayaan calon nasabah.

Tantangan yang agen pernah alami dalam memasarkan produk asuransi prudential syariah kepada calon nasabah yaitu antara lain; sulit untuk memberikan prospek secara langsung, dikarenakan kurangnya

(3)

menguasai materi, ada juga dikarenakan kurang percaya diri takut dan malu untuk berhadapan secara langsung, kemudian, dikarenakan rasa malas, kurangnya kepercayaan diri, tidak adanya dukungan dari keluarga dan kurangnya pemahaman mengenai produk yang dijual tersebut.

A. SARAN

Dari hasil analisis yang telah penulis lakukan tentang pandangan dari tempat objek penelitian, yakni Asuransi prudential di Palangka Raya mengenai permasalahan strategi pemasaran atau penyampaiannya, penulis mencoba memberikan saran tanpa maksud menggurui siapa pun, Adapun saran yang diberikan penulis kepada perusahaan Asuransi prudential syariah di Palangka Raya terkait dengan strategi agen dalam memasarkan produk asuransi prudential syariah, yaitu:

1. Dalam penyampaian kepada calon nasabah harus lebih diperhatikan mengenai produk-produknya yang mana adanya produk-produk Asuransi Prudential yang benar-benar murni Syariah, diharapkan sesuai dengan fatwa-fatwa yang dilkeluarkan oleh DSN, agar lebih memperdalam maksud dan tujuan tersebut, karena dengan benar-benar memahami, maka akan semakin syariah lah praktik-praktik ekonomi Islam. Dan tentunya, masyarakat juga akan semakin yakin dengan Asuransi Prudential Syariah, tanpa ada rasa keragu-raguan dan menyamakannya dengan Asuransi Prudential Konvensional, walaupun sebenarnya masih terdapat kesamaan.

(4)

Oleh karena itu diharapkan untuk para agen mempertegas penyampainnya mengenai produk-produk Asuransi tersebut.

2. Untuk memasukkan agen-agen yang baru harus dipilih yang memang benar-benar memiliki kemampuan dan kemauan untuk maju, khususnya kemampuan dibidang marketing, agar agen-agen yang sudah terbentuk lebih luas lagi mengenai penguasaan materi dan pemahan mereka mengenai Asuransi Prudential Syariah. Intinya harus lebih selektif lagi dalam memilih agen-agen yang baru dan jangan semua orang di rekrut untuk menjadi agen tanpa mempertimbangkan dan memperhatikan kemampuan dan pemahaman yang mereka miliki.

3. Diharapkan dalam penelitian ini bisa menjadi bahan rujukan dalam penelitian selanjutnya untuk meneliti mengenai produk dan startegi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing agen yang ada di perusahaan asuransi prudential syariah Palangka Raya.

(5)

DAFTAR PUSTAKA

Buku:

Milles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael.Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1999. Soeratno dan Arsyad, Lincolin Metodologi Penelitian (Untuk Ekonomi dan

Bisnis), Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2003.

Merdalis, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta : Graha Ilmu, 2006.

Umam, Khotibul. Memahami dan Memilih Produk Asuransi, Yogyakarta: Penertbit Pustaka Yustisia, 2011.

Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Jakarta: PT Bumi Aksara, Cet-IV, 2004.

Muhammad Firdaus NH, Muhammad Aziz Hakim, dkk, Dasar dan Strategi Pemasaran Syariah, Cet-1, Jakarta: Penerbit RENAISAN Anggota IKAPI, 2005.

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi Cetakan Keduapuluhtujuh, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, Januari 2010. Nasir, Moh, Metode Penelitian Hukum, Jakarta: PT Rineka Cipta,1999.

Suma, M. Amin. Asuransi Syariah Dan Asuransi Konvensional ; Teori, Sistem, Aplikasi Dan Pemasaran, Cet. 1, Jakarta : Kholam Publishing, 2006. Wahyudi, Agustinus Sri. Manajemen Strategik (Pengantar Proses Berpikir

Strategik), Cetakan pertama, Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.

Steiner, George A. dan Miner, John B. Kebijakan dan Strategimanajemen Edisi Kedua, Jakarta: Erlangga, 1997.

Jusmliani, Mochammad Najid, Diah Setiari Suhodo, dkk, Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Suwiknyo, Dwi. Komplikasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam (Buku Referensi Program Studi Ekonomi Islam), Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2010.

(6)

Kasmir, Manajemen Perbankan, Edisi Revisi 2008, Cetakan-6, Jakarta: Rajawali Pers, 2006.

Kasmir, Manajemen Perbankan, Edisi Revisi 2008, Cetakan-9, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Hurriyati, Ratih, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: IKAPI, 2005.

Wirdayaningsih, Bank dan asuransi Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada media, 2005.

Dewi, Gemila, Aspek-Aspek Hukum Dalam Perbankan dan Peransuransian Syarian di Indonesia,, Jakarta: Kencana, 2006.

Laksana, Fajar, Manajemen Pemasaran (Pendekatan Praktis), Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Hakim, M. Azis, Dasar dan Strategi Pemasaran Syariah, Jakarta: Renaisan, 2002. Ali, AM. Hasan, Asuransi Dalam Perspektif Hukum IslamSuatu Tinjauan Analisis

Historis, Teoritis, dan Praktis Jakarta: Pernada Media, 2004.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Gema Risalah Press, 1992.

Kartajaya, Hermawan. dan Syula, Muhammad Syakir, Syariah Marketing, Bandung: Mizan Pustaka, 2008.

Muhammad Syakir Sula, Asuransi Syariah (Life and General) Konsep dan Sistem Operasional, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah, Jakarta: Penerbit Lantera Hati, 2001. Khairil, H. Anwar, Pedoman Penulisan Skripsi, Palangka Raya: Penerbit STAIN

(7)

Internet:

Database SIAK, Kota Palangka Raya Dalam Angka Tahun 2010, Palangka Raya: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palangka Raya. Dalam http://www.slideshare.net.

Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk

Jasa Asuransi Pada PT Sun L,

http://www.koleksiskripsi.com/2011/02/peranan-strategi-pemasaran-dalam upaya.html

Bauran Pemasaran (Marketing Mix),

http://viempie07.wordpress.com/2012/05/19/marketing-mix/,

Ekaputra, Stephanus. Analisis Strategi Pemasaran Asuransi Jiwa UNIT LINK pada PT. AXA life Indonesia, Jakarta: Unika Atma Jaya, 2006, http://adl.aptik.or.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=86943,

Manajemen-Pemasaran, Universitas Sumatera Utara Fakultas Ekonomi Program Ekstension Medan, Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatakan Penjualan Produk Jasa Asuransi Pada PT. SUN LIFE Financial Indonesia, http://www.pustakaskripsi.com/peranan-strategi- pemasaran-dalam-upaya-meningkatkan-penjualan-produk-jasa-asuransi-1517.html,

Blog, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Jumat, 03 Desember 2010,

http://aansamudra.blogspot.com/2010/12/bauran-pemasaran-marketing-mix.html,

Ali Muhayatsyah, Blog Tentang Bisnis dan Ekonomi Syariah, Manajemen Pemasaran Perbankan Syari’ah, Senin, 02 November 2009, http://alimuhayatsyahbloger.blogspot.com/2009/11/manajemen-pemasaran-perbankan-syariah.html,

Prameswari, Nanda Putri. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Pada Asuransi Prudenstial di Kota Semarang, Skripsi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang, 2011.

Asuransi Syariah, http://blog.uin-malang.ac.id/duniaaiq/2011/06/29/asuransi-syariah/

Smart Saving, Dasar Hukum Asuransi Syariah dalam Al Qur'an dan Hadist, Selasa, 01 Februari 2011,

http://prulinkproteksiku.blogspot.com/2011/02/dasar-hukum-asuransi-syariah-dalam-al.html

(8)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :