BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Download (0)

Full text

(1)

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perusahaan atau organisasi memiliki berbagai cara untuk memasarkan barang atau jasanya kepada konsumen bahkan calon konsumen. Diperlukan sebuah inovasi dan kreatifitas dalam membentuk sebuah promosi penjualan sehingga konsumen atau calon konsumen memiliki daya tarik tersendiri memutuskan untuk membeli sebuah produk perusahaan. Promosi penjualan atau dengan bahasa asing disebut sales promotion merupakan salah satu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan masyarakat untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan keputusan pembelian pada konsumen. Semakin efektif sebuah promosi penjualan maka, akan menjadi salah satu nilai tambah untuk perusahaan membuat sebuah promosi penjualan dimana jika semakin menarik promosinya, konsumen akan semakin melirik produk dari perusahaan. Beragam macam bentuk promosi dibuat oleh perusahaan sehingga masing-masing perusahaan dapat membentuk berbagai macam promosi untuk menarik pelanggan agar memberi produk perusahaan.

Hal ini diperkuat oleh pendapat Belch dan Belch mengapa promosi kuat kaitannya untuk meningkatkan penjualan dan memaksimalkan jumlah penjualan. Jumlah produk yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, sehingga ketika promosi dilaksanakan disesuaikan dengan kebutuhan/keinginan konsumen agar konsumen memutuskan untuk membeli produk perusahaan. Menurut Belch dan Blech :

“Sales Promotion is essentially an acceleration tool, designed to speed up the selling process and maximize sales volume. By providing extra incentive, Sales Promotion techniques can motivate consumers to purchase a larger quantity of a brand or shorten the purchase cycle of the trade or consumers by encouraging them to take more immediate action” Belch and Belch (2009 : 509).

Belch and Belch mengatakan bahwa promosi penjualan adalah “ Promotion and Sales Promotion are two terms that often create confusion in the advertising and marketing fields. As noted, promotions an element of marketing by which firms communicate with their customer”(Belch and Belch, 2009 : 24). Berdasarkan apa yang dikatakan Belch dan Belch diatas terlihat bahwa sales promotion menjadi sebuat alat yang penting untuk mendongkrak penjualan dan memaksimalkan volume penjualan. Juga ditambahkan bahwa promosi adalah elemen dari pemasaran dimana menjadi proses komunikasi perusahaan antara pelanggan.

(2)

Perusahaan memiliki keunikan masing-masing dalam menyajikan bentuk sales promotion nya. Dimulai dari memberikan voucher, potongan harga hingga bonus. PT. Tunas BOLA yang termasuk dalam grup Sports and Health Media – Kompas Gramediayaitu sebuah perusahaan yang bergerak dibidang olahraga memiliki banyak produk yang terkait dengan olahraga. Diferensiasi PT. Tunas BOLA dalam menyajikan berita olah raga ialah, perusahaan ini memiliki kelengkapan produk sesuai dengan frekuensi pemberitaan. Terdapat empat konsep yang PT. Tunas BOLA miliki sesuai frekuensi waktu pemberitaan, yaitu: 1) Timely Product, 2) Daily Product, 3) Weekly Product, 4) Monthly Product.Salah satu produk PT. Tunas BOLA yang terkait dengan olah raga sepak bola ialah, BOLA. Terbitan yang dimiliki BOLA berupa majalah, tabloid dan koran, antara lain adalah : 1) bolanews.com;2) Harian BOLA; 3) Mingguan BOLA; 4) BolaVaganza; 5) FourFourTwo Indonesia: Dengan kategori monthly product, merupakan sebuah majalah yang isi, konten dan informasi di dalamnya sama dengan Majalah FourFourTwo secara kawasan internasional yang berasal dari Inggris. Lebih difokuskan terhadap klub sepak bola Inggris, klub sepak bola Jerman yang mana antara FourFourTwo Internasional yang diedar di luar negeri sama yang di edar di Indonesia hanya pengolahan bahasa yang berbeda.

Tabloid Mingguan BOLA terbit setiap minggu nya di hari Kamis dan menyajikan headline sesuai dengan jadwal klasmen pertandingan sepak bola luar negeri maupun dalam negeri yang dalam waktu dekat akan bertanding. Dan juga dari penyajian cover mengangkat sebuah headline dengan menjabarkan perbandingan atas kinerja dua klub sepak bola yang nantinya akan berlaga sekitar 2-3 hari setelah Tabloid Mingguan terbit. Promosi yang ditawarkan Tabloid Mingguan BOLA ialah edisi khusus yang memiliki hadiah poster, booklet, jadwal pertandingan Liga Inggris, Liga Itali atau Liga Spanyol dan potongan diskon untuk berlangganan dan hadiah menarik bagi para pelanggan untuk menjaga customer relationship. Ditambah dengan adanya momen Piala Dunia 2014 yang akan diselenggrakan di Brasil 12 Juni hingga 13 Juli 2014 nanti, menambah daya tarik tersendiri bagi Tabloid Mingguan BOLA. Dikarenakan Tabloid Mingguan BOLA merupakan produk BOLA yang menghadirkan promosi penjualan yang lebih dominan ketimbang produk BOLA yang lainnya.

Sebagai salah satu produk BOLA, Tabloid Mingguan BOLA memiliki keunikan tersendiri. Dari sisi cover halaman, meskipun tabloid Tabloid Mingguan BOLA menampilkan bentuk cover dan kualitas kertas tidak selayaknya koran biasa, namun dengan tampilan cover yang glossy dan ketebalan kertas yang lebih tebal dari koran biasa nya dan juga mayoritas komposisi warna yang full color menjadikan daya tarik tersendiri

(3)

untuk produk Tabloid Mingguan BOLA. Selain itu, dengan frekuensi penerbitan yang seminggu sekali di middle week yaitu di Hari Kamis, menjadikan frekuensi penerbitan ini target fokus kepada khalayak yang menjadikan informasi olah raga khususnya sepak bola sebagai entertainment, tidak begitu sering namun komposisi pemberitaanya tepat, tidak terlalu lama dan tetap update. Tabloid Mingguan BOLA juga memperhatikan dari sisi konten. Konten yang diberitakan lebih analisis, mendalam dan tingkat akurasi yang tidak diragukan lagi. Jika dibandingkan dengan Tabloid Harian BOLA yang durasi diterbitkan setiap hari, memiliki kecenderungan pembahasan yang tidak begitu dalam namun selalu baru. Tabloid Mingguan BOLA menyajikan pemberitaan yang mendalam dengan kategori pembahasan informasi olah raga preview untuk memberikan informasi sebelum pertandingan dimulai dan review mengenai pembahasan berita yang telah dimulai.

Kelebihan dari Tabloid Mingguan BOLA lainnya ialah, merupakan produk BOLA yang frekuensi dalam pemberian bonus langsung sangatlah rutin. Bonus sisipan langsung bisa berupa poster, booklet, jadwal pertandingan hingga sample product dari kerjasama suatu sposnsor. Menjelang Piala Dunia 2014, menjadi sebuah momentum bagi Tabloid Mingguan BOLA untuk menerapkan pelaksanaan sales promotion dalam menaikkan tingkat keputusan pembelian dan menggaet para pelanggan dengan daya tarik promosi-promosi penjualan yang ditawarkan. Khusus menjelang Piala Dunia 2014 ini, Tabloid Mingguan BOLA secara khusus menyajikan tipe promosi penjualan berupa; poster, booklet, diskon khusus untuk berlangganan dan hadiah untuk berlangganan.

Dari uraian di atas maka akan mengungkapkan pelaksanaan sales promotion Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014 sehingga orang-orang memutuskan untuk membeli produk tersebut, oleh karena itu judul skripsi ini ialah “ANALISIS

PELAKSANAAN SALES PROMOTION TABLOID MINGGUAN BOLA

MENJELANG PIALA DUNIA 2014 UNTUK MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN”

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain:

1. Bagaimana pelaksanaan sales promotion Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014?

2. Bagaimana pelaksanaan sales promotion Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014 untuk meningkatkan keputusan pembelian?

(4)

1.3 Fokus Penelitian

Fokus penelitian yang akan diungkap oleh peneliti ialah:

1. Menganalisa pelaksanaan sales promotion yang diterapkan Tabloid Mingguan BOLA untuk meningkatkan keputusna pembelian.

2. Menganalisa pelaksanaan sales promotion yang diterapkan Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014 untuk meningkatkan keputusan pembelian.

3. Penelitian ini memfokuskan pada divisi promosi di bagian marketing communication dalam upaya melakukan pelaksanaan sales promotion Tabloid Mingguan BOLA.

1.4 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang dipaparkan di atas maka tujuan dari penelitian ini ialah:

1. Untuk mengetahui pelaksanaan sales promotion yang dilakukan Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014.

2. Untuk mengetahui pelaksanaan sales promotion yang dilakukan Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014 untuk meningkatkan keputusan pembelian

1.5. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian ini antara lain: 1. Manfaat Akademis

Manfaat akademis dalam penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan teori-teori komunikasi khususnya bidang sales promotion, dan juga untuk melihat bagaimana pelaksanaan sales promotion yang digunakan sebuah perusahaan untuk meningkatkan keputusan pembelian. Sehingga diharapkan penelitian ini dapat menginspirasi para pembaca dan tentunya memberikan ilmu pengetahuan tambahan untuk bidang pemasaran, promosi penjualan dan keputusan pembelian.

(5)

Penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk perusahaan PT. Tunas BOLA khususnya dalam produk BOLA dalam mengevaluasi kinerja sehingga ke depannya selalu menjadi lebih baik. Dan juga, menjadi sebuah pengukuran jikalau jenis promosi penjualan berlangsung efektif maka akan bermunculan lagi ide-ide inovatif di kemudian hari untuk memajukan kinerja perusahaan.

3. Manfaat Masyarakat

Sebagaimana masyarakat merupakan satu bagian dari peneliti, maka diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk melihat apakah pelaksanaan sales promotion dapat berperan dalam meningkatkan keputusan pembelian.

1.6 Sistematika Penulisan BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini, penelitian membahas mengenai hal-hal apa saja yang melatarbelakangi judul “\Analisis Pelaksanaan Sales Promotion Tabloid Mingguan BOLA Menjelang Piala Dunia 2014 Untuk Meningkatkan Keputusan Pembelian” ini dibuat. Diantaranya mengapa mengangkat produk Tabloid Mingguan BOLA diantara banyaknya produk BOLA lainnya. Didukung oleh paparan rumusan masalah dan fokus penelitian agar penelitian berjalan sesuai pada arah yang telah ditentukan. Ditambah lagi dengan tujuan penelitian untuk menjawab rumusan masalah, serta manfaat penelitian yang diharapkan benar-benar bermanfaat bagi aspek perusahaan, universitas dan masyarakat luas.

BAB 2 KAJIAN PUSTAKA

Berisi mengenai konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini. Dimana terdapat penelitian terdahulu yang dinamakan (State of The Art) antara lain sebuah jurnal nasional maupun internasional dalam mendukung penelitian ini.Teori-teori berupa Teori Komunikasi Pemasaran, IMC Tools – Promotion Mix, Sales Promotion, dan Keputusan Pembelian. Kerangka Pemikiran terdapat di bab ini untuk melihat strukturdari alur judul, teori yang sesuai hingga tujuan penelitian ini.

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN

Dalam metodologi penelitian yang diterapkan ialah metodologi kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi struktur dan observasi. Dengan

(6)

keabsahan data yang dibuktikan dengan adanya informan tepat dari perusahaan ditambah dilakukannya observasi partisipan untuk memperkuat penelitian ini.

BAB 4 HASIL PENELITIAN

Hasil penelitian berisi tentang hasil yang diperoleh selama penelitian ini, yaitu: gambaran objek penelitian berupa profil perusahaan, unit kerja yang diteliti, dan profil narasumber yang menjadi informan dalam wawancara peneliti ini. Selain itu juga berisi tentang hasil analisis yang dijelaskan dalam pembahasan.

BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN

Bab ini memberikan kesimpulan mengenai hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui pelaksanaan sales promotion yang dilakukan Tabloid Mingguan BOLA dan mengetahui pelaksanaan sales promotion yang dilakukan Tabloid Mingguan BOLA menjelang Piala Dunia 2014 untuk meningkatkan keputusan pembelian.Saran yang akan diajukan yaitu secara akademis dan praktis kepada pihak perusahaan sesuai dengan permasalahan yang dibahas dalam penelitian.

Figure

Updating...

References

Related subjects :

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in