Index of /students/paper/skripsi/20403099 Prog BAB V

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Berdasarkan uji coba dan analisa program sistem peringatan dini bahaya kebakaran yang terhubung dengan perangkat keras maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Dalam program sistem peringatan dini bahaya kebakaran memerlukan

modul telepon genggam dan sensor pendeteksi kebakaran yang terhubung dengan komputer server. Dengan menyamakan baudrate, data bit, parity, dan flow kontrol maka komunikasi program dengan modul-modul tersebut dapat berkomunikasi secara serial.

2. Program pada komputer server berfungsi sebagai pengendali dalam komunikasi serial dengan sensor-sensor pendeteksi api yang terhubung melalui mikrokontroller. Dengan menggunakan metode polling, program

pada komputer server akan mengecek ke setiap mikrokontroller yang terhubung dengan komputer apakah mendeteksi tanda-tanda kebakaran,

jika ya maka program akan mengirim pesan SMS kepada nomor telepon genggam yang sesuai dengan mikrokontroller pada database.

5.2 Saran

Dalam perancangan program peringatan dini bahaya kebakaran ini, penulis sadar masih banyak kekurangan maka memerlukan pengembangan yang lebih lanjut sehingga sistem secara keseluruhan mampu berfungsi dalam kondisi yang tidak terduga. Adapun saran untuk pengembangan yang lebih baik dalam sistem peringatan dini ini terutama dalam program pada komputer server yaitu:

(2)

65

1. Secara otomatis mendeteksi koneksi dengan mikrokontroller dan telepon genggam sehingga lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan program tersebut.

2. Program mampu menampilkan seluruh koneksi mikrokontroller sehingga

akan dapat mengetahui lokasi terjadinya kebakaran.

3. Isi pesan SMS dapat menyesuaikan dengan kondisi yang terdeteksi,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :