GEJALA-GEJALA YANG AKAN TERJADI BILA ANDA MEMPERBAIKI POLA MAKAN ANDA DENGAN HERBALIFE

Teks penuh

(1)

GEJALA-GEJALA YANG AKAN TERJADI

BILA ANDA MEMPERBAIKI POLA MAKAN ANDA

DENGAN HERBALIFE

Oleh: Dr. Stanley S. Bass, M.D., Ph.D.

Bila saya ditanya bagian apa dari bidang gizi yang paling banyak menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan, saya akan langsung menjawab … yaitu kegagalan untuk memahami dan menerjemahkan gejal a-gejala dan perubahan-perubahan yang mengikuti permulaan dari suatu program gizi yang baik.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PROGRAM GIZI YANG BAIK?

Adalah pengenalan makanan dengan kualitas lebih tinggi sebagai ganti dari makanan dengan kualitas yang lebih rendah. Sebagai contoh, bila seseorang mengganti makanan berpr otein tinggi seperti daging babi dengan daging sapi, daging sapi dianggap lebih dibanding daging babi karena lebih mudah dicerna, mengandung lebih sedikit lemak jenuh, dan sebagainya. Daging ayam berkualitas lebih tinggi dari daging sapi dan ikan lebih tinggi dari ayam, karena lebih cepat dicerna dan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Kacang buncis, miju-miju atau kacang panjang, yang di makan bersama sayur lain, tinggi kualitasnya dalam semua nutrien yang dibutuhkan untuk

membangun kesehatan. Seraya kita melihat skala kualitas yang lebih tinggi, kita mulai memasukkan makanan kaya protein yang mungkin dimakan dalam keadaan tidak dimasak, seperti keju yang terbuat dari susu mentah dan tidak diasinkan. Kemudian kita meningkat kepada kacang -kacangan dan biji-bijian yang dimakan dalam keadaan mentah (mentah dan tidak diasinkan).

Ringkasnya: semakin dekat makanan tersebut ke dalam bentuk alaminya, atau semakin dekat ke dalam bentuk mentah, tidak dimasak, semakin tinggi kualitasnya. Pada keadaan ini, semua enzim didapatkan dalam bentuk lengkap. Asam amino berada dalam keadaan yang paling sempurna. Mineral, vitamin, trace elements, karbohidrat dan 'daya kehidupan' terdapat dengan lengkap. Daya kehidupan, terus-menerus, mampu menghasilkan jaringan sehat.

Klasifikasi yang sama dari kualitas ini yang kita analisa sehubugan dengan makanan kaya protein, dapat diterapkan juga pada makanan kaya karbohidrat (tepung-tepungan dan makanan kaya gula), makanan tinggi lemak dan makanan tinggi mineral.

Kualitas dari program nutrisi juga dipertinggi dengan menghilangkan zat-zat toksin/racun seperti kopi, teh, coklat, tembakau, garam, merica, dan lain-lain.

(2)

APA HUBUNGAN ANTARA MAKANAN BERKUALITAS DENGAN PENYEMBUHAN PENYAKIT?

Singkatnya: Semakin TINGGI kualitas makanan yang kita makan, semakin CEPAT kita sembuh dari suatu penyakit, bila kita dapat mencerna dan menyerap makanan tersebut dengan baik.

Dalam hal ini harus ditambahkan pengetahuan akan: r kombinasi makanan yang baik.

r susunan makanan yang baik dari beberapa jenis makanan yang berbeda pada saat makan, misalnya makanan yang paling mudah dicerna sebaiknya dimakan lebih dahulu, makanan yang lebih kompleks berikutnya, baru ter akhir makanan yang paling pekat.

r jumlah yang tepat dari setiap jenis makanan yang dimakan, dan waktu yang tepat untuk makan (saat lapar, dan tidak sesuai jam).

SEKARANG APA YANG TERJADI BILA SESEORANG MENGIKUTI ATURAN INI DA N MEMBUAT PERBAIKAN DALAM KUALITAS MAKANAN YANG KONSUMSI?

Hal-hal yang luar biasa terjadi pada tubuh dan pikiran. Kecerdasan yang mengagumkan terjadi di setiap sel-sel tubuh dan keteraturan kegiatan tubuh segera tampak. Aturan mainnya adalah: bila makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah makanan yang berkualitas lebih tinggi dari jaringan yang membangun tubuh, tubuh mulai membuang zat -zat dari jaringan yang lebih rendah kualitasnya untuk memberi tempat bagi zat-zat yang lebih tinggi yang akan digunakan unt uk membuat jaringan yang baru dan lebih sehat.

INI ADALAH RANCANGAN DARI SIFAT DASAR EVOLUSI

Tubuh sangatlah selektif dan SELALU bertujuan untuk mempertinggi kesehatan. Tubuh SELALU berusaha untuk mencapai kesehatan dan SELALU akan, kecuali bila halangann ya terlalu besar. Hanya pada saat itulah kita gagal untuk membaik dan malah memburuk menjadi penyakit. Usaha penyembuhan alamiah oleh tubuh pada beberapa keadaan seperti pilek, demam, luka, bengkak, dan sebagainya, menunjukkan contoh yang tidak habis-habisnya bagaimana tubuh berusaha menuju kesehatan - SELALU - kecuali kita melakukan sesuatu untuk menghentikan proses tersebut.

Apa gejala-gejala dan tanda-tanda yang tampak saat kita pertama mulai menyingkirkan makanan berkualitas rendah dan menggunakan mak anan berkualitas tinggi - yang lebih hidup, lebih alami dari yang biasa kita makan? Bila penggunaan zat-zat stimulan toksin seperti kopi, teh dan coklat tiba-tiba

(3)

dihentikan, biasanya terjadi sakit kepala dan perasaan-perasaan aneh karena kebutuhan akan zat tersebut tidak terpenuhi. Hal ini terjadi karena pembuangan toksin-toksin (racun) oleh tubuh yang disebut kafein dan teobroin yang disingkirkan dari jaringan dan dibawa ke seluruh tubuh dalam aliran darah. Sebelum zat berbahaya ini mencapai tujuan akhir untuk pembuangan, iritan-iritan tersebut dirasakan sebagai nyeri - dengan kata lain, sakit kepala. Perasaan tidak terpenuhinya kebutuhan akan zat toksin tersebut adalah akibat dari kerja jantung yang cepat akibat racun-racun tertentu yang disebut stimulan. Denyut jantung yang lebih cepat (atau nadi) menghasilkan perasaan depresi. Biasanya dalam 3 hari, gejala ini menghilang dan kita merasa lebih kuat karena penyembuhan yang mengikutinya.

Dalam taraf yang lebih kecil proses yang sama terjadi bila kita meni nggalkan makanan-makanan berkualitas rendah dan menggantinya dengan makanan yang lebih baik. Makanan berkualitas rendah telah mengalami pengolahan yang lebih banyak. Bumbu -bumbu, garam dan berbagai ramuan telah ditambahkan, sehingga cenderung lebih merangs ang dan mengundangg selera dibandingkan makanan yang alamiah dan kurang diolah. Makanan hewani seperti daging, unggas, ikan dan lain-lain, lebih menarik dibandingkan keju, kacang-kacangan dan protein nabati. Akibatnya, pengurangan stimulasi yang mengikuti ditinggalkannya makanan hewani, menghasilkan kerja jantung yang lebih lambat - fase istirahat - yang bermanifestasi pada relaksasi pikiran dan penurunan energi. Efek-efek ini berlangsung sekitar 10 hari, atau sedikit lebih lama, dan diikuti dengan peningkatan kekuatan, perasaan berkurangnya stres dan perasaan yang lebih enak. Sekarang marilah kita kembali ke gejala-gejala yang terjadi dalam proses regenerasi. Orang yang memulai diet yang lebih baik, melaksanakannya selama 3 hari sampai satu minggu kemudian menyerah, akan berkata. "Oh, saya merasa lebih baik dengan cara diet yang lama - cara baru ini membuat saya merasa lemah."

Ia gagal karena ia tidak memberi kesempatan pada tubuhnya untuk menyesuaikan dan melengkapi fase kerja pertamanya - penyembuhan. Bila ia menunggu sebentar lagi, ia akan mulai merasa lebih baik daripada sebelum ia mengubah dietnya.

FASE AWAL/INISIAL INI (berlangsung sekitar 10 hari rata-rata sampai beberapa minggu), energi vital yang biasanya berada di bagian tubuh perifer atau luar seperti otot dan kulit, mulai berpindah ke dalam organ-organ dalam yang penting dan memulai rekonstruksi. Pengaliran banyak energi ke bagian tubuh ini mengakibatkan perasaan kurang tenaga pada otot -otot, dan dikatakan sebagai rasa lemah. Sebenarnya tenaga itu meningkat, tetapi sebagian besar dipakai untuk membangun organ-organ yang paling penting sehingga tinggal sedikit yang tersisa untuk kerja otot. Kelemahan yang dirasakan di sini adalah bukan kelemahan yang sebenarnya, tetapi

(4)

serta menunggu sesaat, dan setelah beberapa waktu ia akan merasakan peningkatan kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan sebelum ia mengikuti program ini. Keberhasilan dalam perbaikan atau peningkatan kesehatan tergantung dari pemahaman yang benar pada titik ini - MENYADARI bahwa tubuh sedang menggunakan energi utamanya untuk pekerjaan luar yang penting dan TIDAK membuangnya untuk pekerjaan luar yang menyangkut gerakan otot. Bijaksanalah - tenang dan santailah. Teruskan pekerjaan dan hubungan sosial Anda seperti biasa sampai Anda menyelesaikan fase ini.

Ketika seseorang melanjutkan perbaikan diet ini dan secara bertahap meningkatkan kualitas makanan, gejala-gejala yang menarik mulai tampak. Tubuh memulai suatu proses yang disebut “menggarisi kembali”. Kecerdasan seluler berpikir seperti ini, "Oh, lihat semuat zat -zat baik yang masuk itu. Sungguh menyenangkan - sekarang kita dapat menyingkirkan sampah-sampah tua ini dan membangun rumah yang indah. Mari kita segera mulai. Mari kita buang empedu yang berlebih ini dari hati dan kandung empedu dan kirim ke usus untuk dibuang. Ayo buang kotoran-kotoran ini dari arteri, vena dan kapiler-kapiler. Sampah berbau dan membius otak ini sudah terlalu lama di sini - keluarkan mereka. Deposit penyebab encok di sendi -sendi ini harus dibersihkan. Mari kita singkirkan bahan pengawet makanan, aspirin, obat tidur dan obat -obatan ini bersama gumpalan lemak yang telah membebani hidup kita selama ini. Mari terus bersihkan dan bersihkan sampai selesai - sampai kita memiliki rumah yang indah dan selanjutnya kita pelihara agar tetap indah, sebuah rumah teladan."

SELAMA FASE PERTAMA (disebut katabolisme), bertitik berat pada eliminasi/pembersihan, atau penghancuran jaringan. Tubuh mulai membersihkan rumah - singkatnya, menyingkirkan sampai dari semua jaring - di mana saja. Selama periode ini, tubuh menyingkirkan abu dari tungku persiapan untuk mendapatkan api yang lebih baik. Di sini titik beratnya adalah penyingkiran kotoran dan sumbatan-sumbatan dalam tubuh. Pembuangan sampah terjadi lebih cepat dari pembuatan jaringan baru dari bahan makanan yang baru. Hal ini tampak dari adanya penurunan berat badan, yang terjadi selama beberapa waktu dan kemudian diikuti dengan tahap stabilisasi kedua.

DI SINI BERAT BADAN MENJADI KURANG LEBIH STABIL

Selama fase ini, jumlah sampah yang dibuang setiap hari seimbang dengan jumlah jaringan yang dibentuk dan diganti dengan makanan yang lebih baik. Ini terjadi setelah zat-zat berlebih dalam jaringan dibuang. Tahap ini berlangsung selama beberapa saat dan kemudian diikuti oleh fase ketiga - periode pembangunan (disebut anaboli sme), di mana berat badan mulai naik, walaupun

(5)

sampah yang mengganggu sudah tersingkir - jaringan yang sudah dibentuk sejak diet diperbaiki lebih kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, jaringan -jaringan baru sekarang lebih cepat dibangun. Hal ini dipengaruhi oleh perbaikan pencernaan dengan dikuranginya kombinasi makanan yang salah. Kebutuhan tubuh akan jumlah makanan berkurang dari biasanya, dan kita dapat mempertahankan berat badan kita dan meningkatkan energi dengan jumlah makanan yang lebih sedikit. Banyak orang yang dapat bekerja secara efisien hanya dengan makan dua kali sehari dan bahkan kadang-kadang satu kali sehari. Sebagaimana tubuh meningkatkan efisiensi dan menurunkan pengrusakan jaringan akibat kerja, secara bertahap kebutuhan kita akan makanan untuk memelihara kehidupan semakin sedikit. Semakin tinggi proporsi makanan mentah yang dikonsumsi seseorang, semain lambat kecepatan penghancuran jaringan tubuh. Tubuh yang sakit membutuhkan dimulainya tahap ini secara bertahap dan dilaksanakan dengan hati -hati, di mana seseorang mampu untuk hidup dengan 100% diet bahan mentah.

KEMBALI KE GEJALA-GEJALA YANG TERJADI PADA PROGRAM NUTRISI SUPERIOR

Orang yang mempunyai kecenderungan mengalami ruam-ruam atau erupsi kulit akan sering cenderung untuk mengeluarkan racun dan obat -obatan berbahaya melalui kulit dengan ruam dan erupsi. Bila mereka pergi ke dokter yang tidak memahami program diet ini, ia akan mendiagnosis sebagai alergi. Mereka akan bertanya, "Mengapa saya makan lebih baik dari sebelumnya tetapi malah menjadi parah?" Mereka tidak mengerti bahwa tubuh sedang "menggarisi kembali". Kulit menjadi lebih hidup dan aktif. Ia mengeluarkan banyak racun dan lebih cepat sekarang karena tubuh sedang membangun tenaga dengan dihentikannya konsumsi makanan yang sukar dicerna. “Racun-racun yang dibuang ini menyelamatkan Anda dari penyakit yang lebih berat akibat deposit racun tersebut yang terlalu lama dalam tubuh - seperti hepatitis, gangguan ginjal, penyakit darah, penyakit jantung, radang sendi, degenerasi saraf atau bahkan kanker - tergantung dari kelemahan herediter (keturunan) dan struktural Anda. Berbahagialah Anda membayar tagihan Anda dengan rencana pembayaran yang mudah. ”

PADA BEBERAPA KASUS, demam yang sudah lama tidak pernah dialami mungkin terjadi. INI ADALAH HAL YANG ALAMI DARI PEMBERSIHAN RUMAH. Pahamilah bahwa hal -hal ini adalah konstruktif, walaupun tidak mengenakkan sesaat. JANGAN - tapi JANGAN mencoba menghentikan gejala ini dengan menggunakan obat-obatan tertentu, atau bahkan vitamin-vitamin dosis tinggi yang akan beraksi sebagai obat pada konsentrasi tinggi.

Gejala-gejala ini adalah bagian dari proses penyembuhan, dan jangan mencoba menyembuhkan penyembuhan. Ini BUKANLAH keadaan defisiensi atau manisfestasi alergi - BUKAN bila Anda makan dengan tepat dalam kualitas, kuantitas, kombinasi dan jadwal.

(6)

GAMBARAN PLATO (DATAR) DARI PENURUNAN BERAT BADAN ADALAH TANDA YANG BAIK Minggu pertama dari diet/pola makan penurunan berat badan dengan pengaturan kalori adalah mudah. Minggu kedua dan ketiga umumnya tidak terlalu sulit juga … TETAPI, sekitar minggu keempat atau kelima, tampaknya timbangan tidak juga berubah bagi beberapa orang!!!

ANDA TELAH MENCAPAI KESTABILAN (PLATO) PENURUNAN BERAT BADAN ANDA YANG PERTAMA!

Plato (saat berat badan Anda menetap) adalah normal . Tentu saja, Plato ini sangat mengesalkan - sampai-sampai banyak orang meninggalkan usaha pe nurunan berat badan mereka. Tetapi ternyata, plato adalah tanda yang positif. Itu adalah tanda dari tubuh Anda bahwa Anda telah menghilangkan lemak tubuh, tetapi bukan berat badan.

Pernyataan terakhir itu mungkin terdengar bertentangan. Bagaimana seseorang kehilangan lemak tubuh tetapi kehilangan berat badan? Sebenarnya, jawabannya adalah bahwa di tempat Anda kehilangan lemak. Tubuh Anda sekarang menahan air (walaupun sebelumnya Anda juga kehilangan sejumlah air). Sampai air yang ditahan itu hilang, timbang an tidak akan mencapai tujuan akhir Anda.

Timbangan tidak dapat membedakan antara berat lemak dan berat air. Sulitnya, Anda tidak dapat melihat keadaan dalam tubuh Anda, tetapi Anda dapat mempelajari apa yang sedang terjadi dan mengapa.

Tubuh manusia, seperti makanan yang kita makan terdiri dari nutrien: protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Bila berat badan Anda 67,5 kg, tubuh Anda terdiri dari 40,5 kg air, 13,5 kg lemak dan 13,5 kg nutrien lain. Seperti yang Anda lihat, Anda (dan setiap orang lain) adalah sebagian besar "BASAH". Air tidak hanya dalam darah, banyak dari cairan tubuh adalah bagian dari konfigurasi kimia dari sel, jaringan dan organ. Otot misalnya, mengandung banyak air dalam strukturnya. Umumnya, 1 pon dari jaringan otot mengandung 4 pon air. Bahkan jaringan lemak terdiri dari 15% air, jadi 7 pon lemak tubuh mengandung kira-kira 1 pon air.

Bila Anda makan kalori lebih sedikit dari pembakaran, tubuh Anda harus mendapatkan energi dari sumber lain, dan sumber lain itu adalah Anda. Saat Anda kehilangan berat badan, sebenarnya Anda mengkonsumsi lemak dan protein Anda sendiri untuk mendapatkan energi (kalori) yang Anda butuhkan. Sebagai akibatnya, Anda "menemukan diri Anda sendiri".

Selama minggu-minggu pertama program penurunan berat badan, tubuh Anda cenderung untuk menggunakan banyak protein dari otot dan jaringan organ daripada selama minggu selanjutnya dari program diet. Selama waktu berjalan, tubuh Anda menjadi lebih selektif dan hanya menggantungkan diri terutama dari gudang lemak untuk energi dan LEBIH SEDIKIT dari protein untuk fungsi tubuh.

(7)

Saat jaringan protein dan lemak tubuh digunakan untuk energi, air dalam jaringan -jaringan tersebut umumnya menetap selama beberapa saat. Dengan kata lain, Anda menjadi "gudang air". INILAH YANG MENYEBABKAN PERIODE PLATO. Tubuh seperti beristirahat sebelum turun lagi ke berat badan yang lebih rendah.

Untuk melihat timbangan menurun Anda mungkin ingin membantu tubuh Anda menghilangkan berat air. Anda dapat melakukannya dengan mengurangi asupan garam. Berusahalah untuk mengurangi jumlah garam dalam masakan dan jangan menaruh garam meja di meja maka. Kurangi bumbubumbuan seperti asinan, selai, kecap dan kecap asin. Sebagai ganti bumbu -bumbu bergaram, cobalah saus apel, persik dan buah lain untuk mempersedap daging. Gunakan lemon, rempah-rempah untuk menambah rasa, tetapi hindari monosodium glutamat (penyedap rasa MSG). Hindari makanan kaleng bergaram.

Bila fluktuasi penurunan berat badan mengesalkan, itu hanyalah sementara. Uji keberhasi lan yang sebenarnya dari diet adalah uji cubit bukan angka timbangan. Yaitu seberapa banyak lemak sebenarnya yang hilang, bukan berapa banyak protein dan air yang Anda hilangkan, yang membuat Anda lebih sehat!!!

(8)

BAGAIMANA 8 GELAS AIR

MENJAUHKAN LEMAK

Oleh Donald Robertson M.D., M.Sc.

MENEKAN SELERA MAKAN

Air menekan selera makan secara alami dan membantu tubuh dalam metabolisme lemak. Penelitian-penelitian menunjukkan bahwa penurunan air akan menyebabkan peningkatan deposit lemak. Sedangkan peningkatan asupan air akan menurunkan deposit lemak.

Mengapa: Ginjal tidak dapat berfungsi sempurna tanpa air cukup. Bila mereka tidak bekerja sesuai kapasitas, sebagian dari beban mereka disalurkan ke hati. Salah satu fungsi utama hati adalah untuk metabolisme cadangan lemak untuk energi tubuh. Tetapi bila hati harus mengerjakan sebagian beban ginjal, ia tidak dapat bekerja maksimal. Sebagai akibatnya , ia memetabolisir lebih sedikit lemak, sehingga lebih banyak lemak yang disimpan tubuh dan penurunan berat badan tertentu.

RETENSI AIR

Minum banyak air adalah penanggulangan yang terbaik bagi retensi air. Bila tubuh kekurangan air, ia menganggap terjadi ancaman terhadap kehidupannya dan mulai untuk mempertahankan setiap tetes air. Air ditahan di ruang ekstrasel. Hal

ini tampak sebagai pembengkakan kaki, tungkai dan tangan. Pemberian diuretik adalah penanggulangan sementara yang terbaik. Diuretik merangsang pengeluaran air yang bertahan bersama dengan beberapa nutrien penting. Sekali lagi tubuh mendapatkan ancaman dan akan segera mengganti air yang hilang. Sehingga keadaan

terulang kembali. Cara terbaik untuk mengatasi retensi air adalah dengan memberikan tubuh Anda apa yang dibutuhkan banyak air. Setelah itulah retensi air akan dibebaskan. Bila Anda mempunyai masalah retensi air berulang, mungkin akibat kelebihan garam. Tubuh Anda akan mentoleransi garam hanya pada konsentrasi tertentu. Semakin banyak masukan garam, semakin banyak air yang diperlukan untuk melarutkannya. Tetapi menyingirkan garam yang berlebih adalah mudah, hanya dengan minum air lebih banyak. Saat air melewati ginjal, ia akan membawa serta kelebihan garam. Orang dengan berat badan lebih membutuhkan lebih banyak air daripada orang kurus. Orang yang lebih besar memiliki beban metabolik yang lebih tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa air adalah kunci dari metabolisme lemak, maka orang dengan berat badan lebih membutuhkan lebih banyak air.

(9)

MEMELIHARA TONUS OTOT

Air membantu memelihara tonus otot yang baik dengan memberikan otot kemampuan alami mereka untuk kontraksi dan mencegah dehidrasi. Air juga membantu mencegah penuaan kulit yang biasanya mengikuti penurunan berat badan. Sel yang mengkerut terapung dalam air yang membuat kulit sintal, jernih, sehat dan kenyal. Air membantu membuang sampah -sampah. Selama penurunan berat badan, tubuh mempunyai sampah yang lebih banyak untuk dibuang, semua lemak yang sudah dimetabolisir harus dibuang. Lagi -lagi air yang cukup membantu mengguyur keluar sampah tersebut.

MENGHILANGKAN KONSTIPASI

Air dapat membantu mengihi langkan konstipasi. Bila tubuh hanya mendapatkan sedikit air, tubuh akan menyerap yang dibutuhkannya dari sumber dalam tubuh. Kolon adalahs atu sumber utama. Akibatnya? Konstipasi. Tetapi bila seseorang banyak minum air, fungsi usus yang normal akan kembali.

Sejauh ini kita sudah menemukan beberapa kenyataan yang mengagumkan tentang air dan penurunan berat badan:

- Tubuh tidak akan berfungsi baik tanpa air cukup dan tidak dapat melakukan metabolisme cadangan lemak dengan efisien.

- Retensi air mengakibatkan berat badan lebih.

- Untuk menyingkirkan retensi air Anda harus minum air lebih banyak. - Minum air adalah penting dalam penurunan berat badan.

SEBERAPA BANYAKKAH AIR YANG CUKUP ITU?

Rata-rata kita harus minum air 8 gelas setiap hari. Itulah adalah sekitar 2 qu arts (2,28 liter), orang dengan berat badan lebih membutuhkan satu gelas tambahan untuk setiap 25 pon (11 kg) kelebihan berat. Jumlah yang Anda minum harus ditingkatkan bila Anda olahraga, atau cuacanya panas dan kering. Air yang dingin lebih baik, karena diabsopsi lebih cepat dalam sistem dibandingkan air hangat dan beberapa buku menunjukkan bahwa air dingin dapat membantu membakar kalori.

Untuk menggunakan air seefisien mungkin dalam penurunan berat badan, diikuti jadwal ini: Pagi 1 quart (1,14 liter) dikonsumsi dalam periode 30 menit

Siang 1 quart (1,14 liter) dikonsumsi dalam periode 30 menit Malam 1 quart (1,14 liter) dikonsumsi antara jam 5 dan jam 6.

(10)

APA ARTI DARI SEMUA INI?

• Fungsi kelenjar endokrin lebih baik.

• Lebih banyak lemak digunakan karena hati bebas melaksanakan metabolisme cadangan lemak.

• Kehausan diatasi.

• Retensi cairan dikurangi.

• Tidak terjadi kelaparan sepanjang malam.

Bila Anda berhenti minum air yang cukup, cairan tubuh Anda tidak seimbang dan terjadi retensi cairan, kenaikan berat badan dan hilangnya rasa haus. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus kembali dan mengusahakan penerobosan lain dan.

(11)

APAKAH ANDA MENGALAMI PERUBAHAN

DALAM POLA MAKAN?

Gejala yang mungkin timbul:

1.

Sembelit/susah buang air b esar

2.

Diare

3.

Mual

4.

Nafas Bau

5.

Masuk Angin

6.

Perubahan Kulit (Gatal dll)

7.

Pusing/Sakit Kepala

8.

Muntah-muntah

9.

Perubahan Suasana Hati (Mood)

10.Lapar

11.Sering ke toilet

12.Penurunan Berat Badan yang Lambat

Artikel yang perlu Anda baca:

1.

Nutrisi Seluler

2.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan

Anda Dengan Herbalife

(12)

SEMBELIT

(SUSAH BUANG AIR BESAR)

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Tidak cukup mengkonsumsi air

putih

Tidak cukup mengkonsumsi

makanan berserat

Susu Sapi Segar

Berhenti mengkonsumsi

teh/kopi?

Minum Air putih minimal 8 gelas

per hari (2 liter). Jika berolah

raga, minum lebih banyak untuk

mengganti cairan yang hilang.

Tambah makanan yang berserat,

dari:

o

Apel dan Jeruk setiap hari

o

Pepaya dan Pisang

Tambah penggunaan jumlah

Fiber & Herbs Tablet dan Lipo

Bond Tablet

Stop mengkonsumsi Susu

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

DIARE

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Terlalu banyak serat?

Detoksifikasi (pertanda baik) –

lanjutkan membaca artikel:

Gejala-gejala ...

Susu Sapi Segar

Merubah pola makan secara

drastis

Mengkonsumsi makanan yang

terlalu pedas, manis dan asin

(mengandung keju, coklat dan

susu)

Sangat penting minum Air putih

minimal 8 gelas per hari (2 liter).

Stop mengkonsumsi Susu

Teruskan mengkonsumsi Fiber

dan Lipo Bond – tubuh Anda

sedang dalam proses adaptasi

Detoksifikasi – minum lebih

banyak air untuk mengurasi

efeknya (2-3 hari).

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

(13)

MUAL

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Susu Sapi Segar

Kemungkinan Flu/Sakit. Anda

kenal orang yang sakit

(ketularan)?

Merubah pola makan secara

drastis – mengkonsumsi

makanan yang secara normal

tidak pernah dimakan.

Mengkonsumsi tablet dalam

kondisi perut kosong

Stop mengkonsumsi Susu

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Minum tabletnya bersamaan

dengan mengkonsumsi Shake

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

NAFAS BAU

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (Pengeluaran racun

dari dalam tubuh)

Minum lebih banyak air putih

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

(14)

MASUK ANGIN

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (Pengeluaran racun

dari dalam tubuh)

Kemungkinan Flu/Sakit. Anda

kenal orang yang sakit

(ketularan)?

Tidak cukup mengkonsumsi Air

Putih

Merubah pola makan seca ra

drastis – mengkonsumsi

makanan yang secara normal

tidak pernah dimakan.

Mengkonsumsi makanan yang

terlalu pedas, manis dan asin

(mengandung keju, coklat dan

susu)

Susu

Minum lebih banyak air putih

Stop mengkonsumsi Susu

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Jangan mengkonsumsi makanan

yang terlalu pedas, manis dan

asin (mengandung keju, coklat

dan susu)

Stop minum susu

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

PERUBAHAN KULIT

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (Pengeluaran racun

dari dalam tubuh)

Merubah pola makan secara

drastis – mengkonsumsi

makanan yang secara normal

tidak pernah dimakan (kepiting,

udang dll)

SUSU

Tidak cukup air putih

Minum lebih banyak air putih (

minimal 2 liter per hari)

Stop Susu

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

(15)

PUSING / SAKIT KEPALA

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (Pengeluaran racun

dari dalam tubuh)

Merubah pola makan secara

drastis – mengkonsumsi

makanan yang secara normal

tidak pernah dimakan

Berhenti mengkonsumsi

minuman yang mengandung

kafein (kopi, teh, coklat)

SUSU

Tidak cukup air putih

Berada dalam ruangan yang

penuh asap (polusi)

Minum lebih banyak air putih (

minimal 2 liter per hari)

Stop Susu

Perlahan-lahan kurangi

mengkonsumsi kafein, jangan

langsung berhenti

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

MUNTAH - MUNTAH

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Keracunan makanan dari

makanan lain.

Sensifitas/alergi terhadap

beberapa komponen dari

makanan lain.

SUSU

Tidak cukup air putih

Kemungkinan sakit

Minum lebih banyak air putih (

minimal 2 liter per hari)

Stop Susu

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

(16)

PERUBAHAN SUASANA HATI

MOOD

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (Pengeluaran racun

dari dalam tubuh) dan tidak

cukup mengkonsumsi air putih,

sehingga racun tidak dapat

keluar dengan efektif

Merubah pola makan secara

drastis

Tekanan Darah Rendah

Menstruasi / Perubahan

Hormonal

Minum lebih banyak air putih (

minimal 2 liter per hari)

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Minum shake dengan aturan

berikut: 2x shake (pagi dan

malam) dan 2x shake (jam 10

dan 4 sore)

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

LAPAR

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Tekanan Darah Rendah

Terlalu banyak ”keasaman” yang

Anda campurkan ke dalam shake

Tidak makan normal sama sekali

Merubah pola makan secara

drastis

Tidak cukup air putih – 8 gelas

per hari

Minum shake dengan aturan

berikut: 2x shake (pagi dan

malam) dan 2x shake (jam 10

dan 4 sore)

Minum lebih banyak air putih (

minimal 2 liter per hari)

Tambah konsumsi Tablet /

diselingi dengan buah -buahan

Kurangi porsi makan Anda,

jangan tidak makan sama sekali

Cobalah untuk menggunakan

skim milik / low fat milk (dan

bukan jus)

Makan buah untuk snack – tapi

jangan berlebihan

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

(17)

SERING KE TOILET

Kemungkinan Penyebab

Solusi

Detoksifikasi (tanda baik)

Terlalu banyak mengkonsumsi air

putih

Tetap mengkonsumsi air putih

seperti dianjurkan. Tubuh akan

beradaptasi secara normal pada

saat kebutuhan cairan telah

terpenuhi.

Hal ini adalah suatu pertanda

baik dari detoksifikasi, karena

racun akan terbuang.

Sering ke toilet lebih dari 3 kali

adalah normal dan ini

menandakan fungsi kandung

kemih normal.

Referensi Artikel

1.

Gejala-Gejala Yang Akan Terjadi Bila Anda Memperbaiki Pola Makan Anda

Dengan Herbalife

2.

Bagaimana 8 Gelas Air Menjauhkan Lemak

PENURUNAN BERAT BADAN

YANG LAMBAT

Kemungkinan Penyebab

Solusi

• Tidak cukup air putih

• Mengkonsumsi terlalu banyak snack yang tidak bisa dihitung (tanpa sadar)

• Makan malam berlebihan

• Mengkonsumsi terlalu banyak kalori

• Mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung santan dan lemak

• Menstruasi/perubahan hormonal

• Sembelit

• Mengkonsumsi softdrink yang

mengandung sodium, sehingga tubuh menahan air

• Tidak be rolah raga – atau tidak cukup beraktifitas untuk membakar kalori

• Tidak mengkonsumsi program seperti

• Minum lebih banyak air putih ( minimal 2 liter per hari)

• Konsumsi makanan dengan menyesuaikan kalori.

• Teruskan! Anda mungkin dalam tahap plato (baca artikelnya)

• Hentikan snack

• Cobalah berolah raga

• Buatlah catatan ”apapun” yang Anda makan setiap hari

• Baca mengenai sembelit.

• Hentikan softdrink dan apapun yang mengandung garam.

• Gunakan programnya dengan benar

(18)

NUTRISI SELULER

Oleh: David B. Katzin, M.D., Ph.D.

Dr. Katzin, M.D., Ph.D. dengan spesialisasi dalam Fisilogi Kardiovaskuler, adalah seorang ahli nutrisi dan hubungan antara nutrisi, kesehatan dan penyakit, membawakan konsep terbaru dalam penemuan tentang nutrisi.

Seiring dengan makin banyaknya orang mendengar mengenai Nutrisi Seluler, saya menemukan bahwa mereka mempertanyakan hal-hal tertentu “Apakah Nutrisi Seluler itu?” dan “Apa gunanya bagi kesehatan saya dan keluarga saya?" Untuk memahami Nutrisi Seluler pertama -tama marilah kita melihat peranan nutrisi dalam kesehatan moderen. Dewasa ini jutaan orang menyadari bahwa nutrisi/ gizi memainkan peranan penting, tidak hanya dalam hal pencegahan penyakit kronis yang akan mengakibatkan masalah besar dalam kesehatan tetapi mempunyai peranan vital dalam membentuk keadaan fisik kita sehari-hari yang baik, selalu siaga, energik, dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit.

Bila kita memikirkan nasehat -nasehat mengenai gizi, kita cenderung untuk membayangkan petunjuk-petunjuk umum yang dikeluarkan oleh badan-badan kesehatan yang berwenang untuk mengindari kelebihan-kelebihan dalam pola makan yang dapat mengakibatkan berat badan lebih dan mempertinggi resiko serangan jantung dan stroke. Biasanya nasehat-nasehat ini berbentuk "jangan", misalnya: Jangan makan terlalu banyak daging merah. Jangan makan banyak lemak, terut ama lemak jenuh. Jangan makan terlalu banyak gula, garam, dan sebagainya. Walaupun nasehat-nasehat tersebut baik (meskipun sering sulit dilakukan), banyak orang yang sadar gizi menanyakan hal-hal sehubungan dengan apa yang seharusnya mereka makan dan bagai mana mereka dapat yakin bahwa mereka memenuhi kebutuhan semua zat gizi esensial dan zat gizi mikro, seperti protein, vitamin, mineral, dan trace elements (zat gizi yang dibutuhkan sangat sedikit).

Salah satu dari penemuan yang menyebabkan kekhawatiran ada lah bahwa kebiasaan makan yang mengakibatkan kelebihan lemak dan kolesterol, juga mengakibatkan defisiensi/kekurangan mikronutrien (zat gizi mikro) yang dibutuhkan sel setiap harinya untuk mempertahankan kesehatan dan vitalitas, untuk pertumbuhan dan perbaikan sel, dan untuk mempertahankan fungsi sel dan organ yang optimal. Kenyataan yang menyedihkan adalah bahwa bagi sebagian besar orang, diet yang biasa mereka makan membawa efek buruk ganda. Diet tersebut mengandung zat makanan berlebihan yang dapat meng akibatkan penyakit, selain itu juga kurang akan vitamin-vitamin yang penting, mineral dan mikronutrien lain yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan dan vitalitas yang optimal. Dengan banyaknya informasi tentang kesehatan dan gizi di majalah-majalah dan televisi, banyak orang mulai mencari program -program yang dapat meyakinkan mereka akan kecukupan pemenuhan gizi sehingga tercapai kesehatan yang lebih baik. Selain itu mereka juga mencari program yang praktis, mudah dilaksanakan dan yang langsung dapat dirasakan bedanya dalam sehari-hari. Pada pokoknya, salah satu hal paling penting yang dicari dalam program kesehatan adalah perbedaan yang dirasakan setelah melaksanakannya.

Banyak individu yang berpengetahuan gizi baik sudah mencoba berbagai program dan kecewa dengan hasilnya, baik dalam hal apa yang mereka rasakan, maupun dalam pengaruhnya terhadap berat badan mereka (bila mereka mencari program pengaturan berat badan). Mereka menuntut bukti/hasilnya. Untuk orang-orang yang aktif, mencari dan tertarik i nilah Herbalife mengembangkan Program Nutrisi Selulernya.

Nutrisi Seluler adalah suatu program gizi yang dirancang agar sel-sel tubuh kita - unit terkecil yang hidup- mendapatkan nutrisi secukup mungkin. Hal ini membantu sel untuk tumbuh dan memperbaiki diri, dan untuk melaksanakan fungsinya dengan seefisien mungkin. Hasilnya adalah kita akan merasa dan tampak lebih baik, lebih dapat mencegah dan mempertahankan penyakit dan mengatur berat badan bila perlu. Dengan melaksanakan Nutrisi Seluler yang benar dianggap lebih dari sekedar menghindari beberapa kelebihan dalam diet Barat, bahkan lebih dari sekedar penambahan beberapa vitamin, makanan sehat, jus, dan lain-lain.

(19)

Nutrisi Seluler dimulai dengan melaksanakan suatu program gizi lengkap termasuk semua mikronutrien esensial, makan diet seimbang dan menghindari kelebihan -kelebihan yang berpengaruh buruk. Pada saat yang sama berarti mengambil keuntungan dari kekayaan informai yang diambil dari dunia botani dengan menggunakan rempah-rempah bergizi dan baik bagi kesehatan. Salah satu perbedaan utama dari Nutrisi Seluler adalah prinsip bahwa suatu program gizi yang sempurna ialah suatu permulaan yang baik, tetapi itu hanyalah permulaan. Hanya dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik tidak akan menghasilkan perbedaan bila tubuh kita dapat mencerna dengan sempurna dan lebih penting lagi, menyerap semua nutrisi yang dikonsumsi.

Sebagian besar zat gizi yang kita makan diserap tubuh melalui vili (jonjot) usus halus. Vili adalah tonjolan kecil seperti jari yang berguna dalam penyerapan zat gizi. Kita selalu menganggap bahwa tubuh kita menyerap semua nutrisi dari makanan yang kita makan dengan lengkap dan efisien. Padahal pada sebagian besar dari kita, penyerapan nutrisi tersebut dapat berkurang sebagai akibat dari kebiasaan makan yang buruk, berlebihan, dan faktor-faktor lain yang mungkin dipengaruhi oleh stres berat yang sering menghantui kehidupan moderen.

Ini berarti bahwa kita makan dengan baik tetapi tidak mendapatkan keuntungan penuh dari seluruh nutrisi yang kita makan. Satu dari aspek yang sangat penting dari program Nutrisi Seluler adalah untuk memastikan tubuh kita menyerap semaksimal mungkin nutrisi yang kita konsumsi. Dengan cara ini, kita dapat mencegah beberapa pengaruh buruk dari kebiasaan makan yang tidak baik, gaya hidup stres, atau bahkan beberapa penyakit, dan memulai proses regenerasi dan revitalisasi sel-sel tubuh kita dengan nutrisi yang baik.

Nutrisi Seluler bahkan selangkah lebih maju lagi. Satu bagian penting dari program ini adalah suatu kelompok mikronutrien dan rempah-rempah yang membantu memperkuat sel tubuh sehingga dapat berfungsi lebih efisien dan menggunakan nutrisi untuk selanjutnya memperbaiki kesehatan dan vitalitas. Proses dari "Aktivasi Sel" ini adalah hasil dari formula mikronutrien seimbang dan eksklusif yang termasuk di dalam program Nutrisi Seluler Herbalife. Hasil akhirnya adalah kita merasakan bedanya!

Program Nutrisi Seluler Herbalife adalah program baru, karena lebih dari rekomendasi dasar gizi tentang makanan apa yang harus dihindari, dan menyediakan rempah-rempah dan mikronutrien terbaik dalam bentuk yang mudah dan enak digunakan. Selain itu dirancang agar tubuh kita dapat menyerap nutrisi esensial, dan sel dapat mengenyangkan nutrisi dengan efektif dan selengkap mungkin. Sehingga akhirnya sel-sel tubuh kita mendapatkan gizi yang lebih baik. Bagaimana kita merasakannya? Kita merasakannya sebagai peningkatan perasaan fit, energik, penuh vitalitas dan kesiagaan. Pada saat yang sama, kita yakin bahwa tubuh kita menerima nutrisi untuk membantu mencegah dan melawan penyakit seoptimal mungkin.

Bagi sebagian besar dari kita yang biasanya mengkonsumi diet Barat biasa, hasilnya sungguh dramatik ketika kita melaksanakan Nutrisi Seluler. Kita akan benar -benar merasakan dan melihat perbedaannya. Kita mendapatkan kesehatan kita meningkat lebih baik. Kita merasa lebih baik dan lebih hidup. Hasil-hasil ini membuat kita lebih termotivasi dan lebih mudah untuk melaksanakan program pengurangan kalori untuk mengatur berat badan kita.

(20)

KOMBINASI PRODUK UNTUK MENGATASI

MASALAH KESEHATAN *)

Dibawah ini adalah beberapa saran dalam pemakaian produk untuk mengatasi

masalah kesehatan. Kombinasi berikut adalah hasil dari pemakaian produk oleh

pelanggan dan Konsultan Herbalife, dan

TIDAK BOLEH DIPUBLIKASIK AN KEPADA

MASYARAKAT UNTUK PENYEMBUHAN DAN PENGOBATAN SUATU PENYAKIT.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Konsultan Herbalife Anda.

Diabetes (Quick Start + Herbal Aloe)

Quick Start Program dan Herbal Aloe. Buat shake 1/2 porsi tiap kali konsum si

dengan interval/jarak 1/2 kali makan biasa. NPDM akan memperbaiki fungsi

-2 tubuh yang rusak sedangkan Herbal Aloe akan membantu proses

pembuangan racun yang menumpuk dalam sel tubuh.

Penurunan Kolesterol (Quick Start + Thermojetics Tea + Lipo Bond

+ Cell U Loss)

Quick Start Program, Thermojetics Tea dan Cell U Loss membakar lemak di

pembuluh darah dan mempercepat proses aliran darah. Lipo Bond

menangkap lemak jenuh yang dimakan. Olah raga mempercepat penurunan

kolesterol, namun apabila tidak mempunyai banyak waktu untuk berolah

raga, konsumsi Thermojetics Tea berfungsi seperti olah raga. Dengan

tambahan Thermo + Lipo Bond + Olah Raga, penurunan cepat sekali.

Stroke (Quick Start + Thermojetics Tea + NRG + Herbal Aloe)

Quick Start Program. Thermojetics Tea dikonsumsi sedikit demi sedikit

(seujung kecil sendok teh tiap kali minum). NRG membuka saluran -2 di otak

agar fungsinya cepat pulih. Herbal Aloe akan membantu proses

pembuangan racun yang menumpuk dalam sel tubuh.

Masalah ginjal

(Quick Start)

Gunakan program Quick Start. Kalau konsumsi air hanya diperkenankan

sedikit sekali, buat shake dengan sedikit saja air. Atau makan NPDM dengan

cara ngemil langsung.

Masalah pencernaan (Quick Start + Lipo Bond + Herbal Aloe)

Quick Start Program, Lipo Bond dan Konsumsi banyak Herbal Aloe.

Kulit dan jerawat

Quick Start Program. Konsumsi banyak Herbal Aloe. Kurangi makanan

berlemak dan goreng -gorengan.

(21)

Asam Urat (Uric Acid problem)

Quick Start Program. Minum banyak air. Minimal 2 liter sehari. Makin banyak

minum air, makin baik.

Asma dan masalah -masalah yang berhubungan dengan pernafasan

(Quick Start + NRG Tea + Herbal Aloe)

Quick Start Program, NRG Tea dan Herbal Aloe.

*) NB:

Harap diperhatikan sekali lagi bahwa Produk Herbalife hanya makanan murni dan bukanlah suatu obat yang dapat menyembuhkan penyakit. Gejala-gejala penyakit yang timbul, 70% disebabkan karena pola makan yang tidak baik – dan seringkali karena kekurangan nutrisi dalam tubuh (STATISTIK W.H.O)

Herbalife memberikan nutrisi yang tepat dalam sel tubuh Anda sehingga sel tubuh Anda mempunyai kesempatan untuk menyembuhkan sendiri (self healing).

Untuk hasil terbaik dan tidak perlu susah memilah -milah produk, gunakan Ultimate

Program karena beberapa produk bersinergi satu sama lain. Namun jika masalah keuangan tidak memungkinkan, panduan di atas dapat dimanfaatkan. Panduan ini adalah pengalaman para Konsultan, termasuk dokter yang menjadi Konsultan Herbalife,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :