S JKR 1101910 Chapter5

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

54

Asep Agus Yusup, 2016

PENERAPAN MODIFIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN BERMAIN DAN PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA

Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu BAB V

SIMPULAN, IMPILKASI DAN REKOMENDASI

A. Simpulan

Setelah dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklus terdapat 2 tindakan, di dapatkan hasil bahwa dari tindakan satu sampai tindakan terakhir ada peningkatan hasil bermain permainan bola voli dan kognitif siswa dalam permainan bola voli di SMPN 1 Subang. Hal ini terlihat dari hasil data penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dari mulai observasi awal sampai dengan tindakan terakhir. Hasil dari observasi menunjukan tingkat keterampilan sebesar 25.03%. Setelah mendapatkan perlakuan dalam 2 siklus dengan modifikasi permainan bola voli, peneliti menemukan peningkatan yang signifikan dari keterampilan bermain dasar dan pengetahuan siswa tersebut. Pada siklus 1 tindakan 1 adalah 30.17%, siklus 1 tindakan 2 adalah 46.17%, siklus 2 tindakan 1 adalah 61.37%, dan siklus 2 tindakan 2 adalah 77.03%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran permainan bola voli pada siswa kelas VII-A SMPN 1 Subang telah meningkat dari 25.03% menjadi 77.03%. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran yang dimodifikasi dapat mengembangkan peningkatan bermain dan kognitif permainan bola voli di SMPN 1 Subang.

B. Implikasi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis mengemukakan implikasi sebagai berikut:

1. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh setelah menggunakan penerapan modifikasi dalam pembelajaran aktivitas permainan bola voli guna meningkatkan bermain dan kognitif siswa.

(2)

55

55

Asep Agus Yusup, 2016

PENERAPAN MODIFIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI TERHADAP PENINGKATAN BERMAIN DAN PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA

Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu

pembelajaran. Bagi mahasiswa yang akan mengadakan penelitian lebih lanjut diharapkan melakukan kajian yang lebih kompleks.

C. Rekomendasi

Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis kemukakan, ada beberapa hal yang dapat disampaikan sebagai saran atau masukan yaitu, sebagai berikut: 1. Guru pendidikan jasmani, dapat mengembangkan pembelajaran aktivitas

permainan bola voli dan inovasi-inovasi baru dalam pendidikan jasmani melalui berbagai pendidikan maupun non pendidikan.

2. Bagi siswa, diharapkan dapat memberikan berbagai dukungan terhadap proses belajar mengajar dapat terlakasana dengan baik. Karena untuk dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...