• Tidak ada hasil yang ditemukan

POLA PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI FUTSAL PADA SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN 2013.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "POLA PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI FUTSAL PADA SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN 2013."

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

POLA PEMBINAAN OLAHRAGA PRESTASI FUTSAL PADA SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN 2013

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Syarat-Sayarat Memperoleh Gelar

Sarjana Pendidikan

OLEH

ILWAN HODMATUA SIREGAR 0812 6621 0033

FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

(2)
(3)
(4)

ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat-Nya kepada penulis, sehingga Skripsi ini dapat diselesaikan oleh penulis tepat pada waktunya dengan judul “Pola Pembinaan Olahraga Prestasi Futsal Pada SMA Negeri 6 Medan Tahun 2013”. Skripsi ini diajukan untuk memenuhi sebagian syarat untuk memperoleh geral Sarjana Pendidikan Olahraga di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan.

Penulis menyadari bahwa Skripsi ini masih kurang sempurna. Oleh karena itu, penulis sangat mengharapkan dan menghargai saran maupun kritikan dari pembaca dan semua pihak yang mengarah kepada perbaikan penyusunan laporan ini. pada kesempatan ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Prof. DR. Ibnu Hajar Damanik, M. Si, selaku Rektor Universitas Negeri Medan .

2. Bapak Drs. Basyaruddin Daulay, M. Kes, selaku Dekan FIK UNIMED yang telah memberi izin dan kemudahan kepada penulis selama mengikuti perkuliahan.

3. Bapak Drs. Zulfan Heri, M. Pd, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

4. Bapak Drs. Nono Hardinoto, M. Pd, selaku sekretaris jurusan PKO.

5. Bapak Drs. H. Syahbuddin Syah B, M. Kes, selaku pembimbing skripsi dan pembimbing akademik yang telah memberikan arahan dan bimbingan dalam pembuatan skripsi, sehingga penulis dapat menulis dan menyelesaikan skripsi dengan baik.

6. Staf pengajar dan staf pegawai FIK UNIMED yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan kemudahan administrasi kepada penulis dari awal perkuliahan. 7. Staf pengurus dan staf pengajar yang telah memberikan izin dan kemudahan dalam

pelaksanaan penelitian saya.

(5)

ii

9. Cici Mutia, selaku orang terdekat saya selain keluarga yang selalu setia menemani saya dan telah memberikan semangat serta masukan-masukan yang positif kepada saya.

10.Teman-teman satu perjuangan di kelas PKO Regular – A yang telah banyak membantu saya dan memberi masukan kepada saya dalam menyelesaikan skripsi ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga penyusunan Skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekaligus gambaran untuk kemajuan Skripsi lainnya. Dan jika ada kritik atau saran yang akan membuat penulis lebih baik lagi, penulis akan menerima dengan senang hati.

Medan, Maret 2013 Penulis,

(6)

i

ABSTRAK

ILWAN HODMATUA SIREGAR, Pola Pembinaan Olahraga Prestasi Futsal Pada SMA Negeri 6 Medan Tahun 2013

Dosen Pembimbing : DRS. H. SYAHBUDDIN SYAH B, M. KES Skripsi : Fakultas Ilmu Keolahragaan UNIMED 2013

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Pembinaan Olahraga Prestasi Futsal Pada SMA Negeri 6 Medan Tahun 2013. Penelitian ini disebabkan minimnya prestasi olahraga futsal di SMA Negeri 6 Medan.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan tekhnik wawancar, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada 05 Februari 2013 sampai 23 Februari 2013 bertempat di SMA Negeri 6 Medan. Subjek penelitian berjumlah 15 orang sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 orang Pembina, 1 orang pelatih dan 1 orang atlet.

Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Perencanaan Pola Pembinaan Futsal di SMA Negeri 6 Medan terfokus pada program latihan tekhnik yaitu melalui bermain game tanpa memperhatikan kondisi fisik atlet, untuk masuk ke tim futsal SMA Negeri 6 Medan pun harus memberikan permainan yaitu melalui pertandingan antar kelas yang dilaksanakan setiap akhir semester. (2) Pengorganisasian dalam pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan berupa struktur organisasi dan milik sekolah tanpa bekerja sama dengan pihak lain. (3) Pengarahan pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan meliputi komunikasi dan motivasi. (4) Pengkordinasian pada pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan meliputi aturan dan prosedur. (5) Pengontrolan pada pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan meliputi standarisasi dan koreksi.

(7)

iv A. Latar Belakang Masalah ...1

B. Identifikasi Masalah ...3

1. Hakikat Pola Pembinaan Olahraga Prestasi ...6

2. Hakikat Olahraga Futsal ...20

B. Kerangka Berfikir ...23

BAB III. METODOLOGI PENELITIAN A. Tempat dan Waktu Penelitian ...25

B. Subjek Penelitian ...25

C. Metode Penelitian ...26

D. Tekhnik Pengumpulan Data ...27

BAB IV. DESKRIPSI DATA DAN TEMUAN PENELITI A. Deskripsi Latar Penelitian ...30

1. Lokasi ...30

(8)

v

3. Keadaan Personalia ...32

B. Deskripsi Data ...32

1. Planning ...33

1.1.Target Pola Pembinaan Olahraga Futsal ...33

1.2.Program Latihan ...34

1.3.Perekrutan Atlet ...35

1.4.Sarana dan Prasarana SMA Negeri 6 Medan ...36

2. Organizing ...37

2.1.Struktur Organisasi SMA Negeri 6 Medan ...38

(9)

vi

5. Controlling ...54 5.1.Standarisasi ...54 5.2.Koreksi ...55

BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan ...56 B. Saran ...59

(10)

viii

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Kisi-kisi Pedoman Wawancara untuk Pembina ………...………….………28

Tabel 2. Kisi-kisi Pedoman Wawancara Pelatih ……….………29

Tabel 3. Kisi-kisi Pedoman Wawancara untuk Atlet ……….…….………30

Tabel 4. Kegiatan Latihan ……….………..…32

(11)

vii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Denah Lokasi SMA Negeri 6 Medan ………...……..30

(12)

ix

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Pedoman Wawancara untuk Pembina ………..…….62

Lampiran 2. Pedoman Wawancara untuk Pelatih ……….……64

Lampiran 3. Pedoman Wawancara untuk Atlet ………...……..67

Lampiran 4. Observasi 1 ………...…69

Lampiran 5. Observasi 2 ………..…….71

Lampiran 6. Observasi 3 ………..……….74

Lampiran 7. Wawacara Pembina ……….………..76

Lampiran 8. Wawancara Pelatih ………...…………80

Lampiran 9. Wawancara Atlet ………..………….85

Lampiran 10. Prestasi Olahraga SMA Negeri 6 Medan………...………..88

Lampiran 11. Profil SMA Negeri 6 Medan …………..………...………..90

Lampiran 12. Jadwal Kegiatan Penelitian ………...………..91

(13)

56 BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil temuan yang ada pada BAB IV, maka kesimpulan dari peneliti ini adalah sebagai berikut :

a. Planning

Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa perencanaan di pembinaan futsal SMA Negeri 6 Medan meliputi target, program latihan, perekrutan atlet, serta sarana dan prasarana.

Semua personalia di pembinaan futsal ini memiliki target yang sama yaitu membawa SMA Negeri 6 Medan menjadi juara, baik juara futsal di Medan maupun juara ditingkat nasional. Tetapi target tersebut belum tercapai, padahal tim futsal SMA Negeri 6 Medan sudah sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan futsal antar SMA di kota Medan.

Pelatih yang melatih tim futsal SMA Negeri 6 Medan bukanlah dari pelatih yang memiliki latar belakang pelatih olahraga futsal. Akan tetapi , pelatih memiliki latar belakang dari guru Matematika. Pelatih futsal SMA Negeri 6 Medan juga tidak memakai seragam olahraga saat melatih para atlet, tetapi pelatih memakai baju dinas Pegawai Negeri Sipil.

(14)

57

Di pembinaan ini pelatih lebih menekankan pada latihan tekhnik ataupun pelatih lebih menekankan bermain (game) tanpa ,memiliki latihan fisik.

Untuk menjadi atlet tim futsal SMA Negeri 6 Medan haruslah memiliki tekhnik bermain futsal yang baik. Karena bentuk seleksi untuk menjadi atlet futsal di SMA Negeri 6 Medan harus bisa meyakinkan pelatih melihat calon atlet dari pertandingan antar kelas yang diadakan setiap akhir semester ataupun setelah melakukan ujian semester. Namun dari semua atlet futsal SMA Negeri 6 Medan tidak ada yang memiliki kepercayaan diri. Hal itu terlihat saat atlet diminta untuk mengikuti wawancara dengan peneliti.

Sarana dan prasarana di SMA Negeri 6 Medan sangatlah minim. Dilihat dari lapangan yang kecil dan di kramik. Sehingga para atlet kurang nyaman dan kurang leluasa untuk melakukan latihan. Tetapi masalah ini bisa ditangani pihak sekolah yaitu dengan latihan diluar sekolah. Tim ini sering latihan di lapangan futsal GALAXY yang berada di jalan air bersih ujung.

b. Organizing

Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian pembinaan futsal SMA Negeri 6 Medan mencakup struktur organisasi, dana, dan kerjasama dengan sponsor.

(15)

58

Sumber dana pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan berasal dari uang komite sekolah. Dana tersebut akan dialokasikan seperti uang transport atlet, administrasi-administrasi, biaya latihan di luar sekolah, dan biaya-biaya yang lain. Akan tetapi biaya yang keluar harus bisa dipertanggung jawabkan pihak Pembina komite saat rapat komite sekolah.

Pembina futsal di SMA Negeri 6 Medan tidak memiliki kerja sama dengan sponsor. Tetapi dari wawancara dengan Pembina, pihak sekolah berharap dan menerima apabila ada sponsor yang mau bekerjasama dengan mereka.

c. Directing

Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa pengarahan dalam pembinaan futsal SMA Negeri 6 Medan ini meliputi komunikasi dan motivasi.

Komunikasi di pembinaan futsal SMA Negeri 6 Medan sangatlah baik. Baik antara Pembina dan pelatih maupun pelatih dengan atlet. Komunikasi tersebut berbentuk diskusi maupun melalui handphone.

Pembinaan futsal SMA Negeri 6 Medan memiliki motivasi yang baik da bersifat positif. Tentunya Pembina dan pelatih berharap atlet lebih giat berlatih dan tidak gampang bosan dan menyerah.

d. Coordinating

(16)

59

Pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan memiliki aturan dan prosedur. Aturan dan prosedur tersebut tidak tertulis. Walaupun aturan prosedur tersebut tidak tertulis, bagi atlet yang melanggar peraturan tersebut mendapat sanksi dari pelatih. Sanksi hanyalah berupa teguran, nasehat, dan arahan.

e. Controlling

Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dapat disimpulkan bahwa pengontrolan meliputi standarisasi dan kondisi.

Pembinaan futsal di SMA Negeri 6 Medan belum mencapai standarisasi prestasi. Hal ini dapat dilihat dari minimnya prestasi yang diraih tim tersebut. Pembina dan pelatih tidak terlalu menekankan standarisasi tersebut. Karena tugas utama siswa di sekolah adalah belajar.

Pembina dan pelatih selalu memberikan koreksi, baik setelah pertandingan maupun latihan. Pembina dan pelatih mengoreksi kesalahan-kesalahan tersebut menjadi lebih baik dan berharap kesalahan-kesalahan tersebut tidak terulang kembali.

B. Saran

Dari kesimpulan yang telah diuraikan maka dapat dikemukakan beberapa saran sebagai berikut :

1. Bagi Pembina agar lebih menempatkan pelatih yang benar-benar tahu tentang olahraga futsal ataupun pelatih spesialisasi olahraga futsal.

(17)

60

3. Tim futsal SMA Negeri 6 Medan seharusnya memiliki sponsor. 4. Pelatih seharusnya memakai seragam olahraga saat melatih.

5. Pelatih lebih memperhatikan fisik para atlet ataupun membuat program latihan tekhnik dan program latihan fisik yang jelas.

6. Pelatih lebih menanamkan rasa percaya diri kepada atlet. 7. Aturan harus tertulis.

(18)

61

DAFTAR PUSTAKA

Handoko, T. Hani. (2003). Manajemen. Yogyakarta : Yogyakarta BPFE.

Harsono. (1998). Coaching and Aspek-aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta : CV. Tambak Kesuma.

Harsuki. (2012). Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Here, D. (1982). (kutipan Wassudarman, 2009) Trainingglehre (Priciple Of Sport Training : Introduction to the Theory and of Training). Berlin : Sport Verlag.

Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga. http://elerning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_bisnis/Bab_2.pdf

http://id.wikipedia.org/wiki/futsal

KONI Pusat. (1999). Sistem Monitoring Evaluasi dan Pelaporan (SMEP). Jakarta

Lutan, Rusli. (2000). Manajemen Penjaskes. Depdiknas.

Sajoto, Mochammad. (1988). Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Houston.

Sinulingga, Albadi. (2004). Olahraga Usia Dini. FIK Unimed

Sugianto. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Gambar

Tabel 1. Kisi-kisi Pedoman Wawancara untuk Pembina ………………...………….………28
Gambar 1. Denah Lokasi SMA Negeri 6 Medan …………………………………......……..30

Referensi

Dokumen terkait

Ada sebagian ulama memberikan pemaknaan tentang jual beli (bisnis), diantaranya; ulamak Hanafiyah “ Jual beli adalah pertukaran harta dengan harta (benda) berdasarkan

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang berfokus pada norma hukum positif tentang status keperdataan kaum transgender

Mantera dan Upacara Ritual Masyarakat Melayu Pesisir Timur di Sumatera Utara: Kajian Tentang Fungsi dan Nilai-nilai Budaya (Disertasi).. Pulau Pinang: Universiti

(upaya sintesis antara pola pemikiran tradisionalisme dan moder- nisme.) Selanjutnya Fazlurrahman juga menyebutkan bahwa pada substansinya pendidikan Islam itu bertujuan

Menurut Suherman (2011: 52), tugas konselor tidak dibatasi sebagai penasihat dan pencari solusi tentang permasalahan yang dihadapi para siswa tetapi melalui pelaksanaan

Tujuan dari landasan konseptual perencanaan dan perancangan Rumah Singgah Anak Jalanan dengan pendekatan Bioklimatik di Daerah Yogyakarta tercantum dalam rumusan

peserta didik sesuai dengan yang diharapkan oleh guru. Teknik-teknik yang dapat diterapkan

Persyaratan peserta sebagaimana tercantum dalam dokumen kualifikasi yang dapat diperoleh dengan mengakses aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) pada