Latihan Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6

1567  Download (46)

Teks penuh

(1)

LATIHAN SOAL MANDIRI

ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Alamat : Bukupaket.com

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Nama :

Kelas : VI (Enam) Skor/Nilai Paraf

Hari/Tanggal : - Guru Orang Tua

Waktu : -

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d pada jawaban yang benar!

Bacalah teks bacaan dibawah ini!

33 Sekolah Dasar di Gunung Kidul Ditutup

Pada tahun 2001 hingga sekarang, 33 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena jumlah siswanya semakin berkurang. Sekolah Dasar yang ditutup itu, kemudian digabung dengan SD yang berdekatan. Sekolah Dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002.

Penutupan Sekolah Dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak tidak terurus. Sejumlah gedung sekolah yang masih layak digunakan telah diminta oleh pemerintah desa setempat untuk kegiatan masyarakat.

Dinas Pendidikan Gunung Kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat desa, meskipun secara administrasi masih milik pemerintah kabupaten sehingga apabila pemerintah desa akan menggunakan gedung tersebut harus melalui proses perijinan. Adapun pemanfaatan gedung-gedung bekas Sekolah Dasar tersebut, belum diputuskan oleh pemerintah daerah setempat.

1. Sekolah dasar di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta, ditutup karena …. A. jumlah siswanya semakin berkurang C. akan digunakan oleh masyarakat desa B. sebagian besar gedung sekolah rusak D. gedung sekolah tersebut tidak terurus

2. Sekolah Dasar Gunung Kidul secara administrasi milik ….

A. Masyarakat Desa C. Pemerintah Kabupaten

B. Pemerintah Desa D. RT / RW setempat

3. Pokok pikiran dalam wacana tersebut adalah ….

A. Dinas Pendidikan Gunung kidul tidak berkeberatan jika gedung sekolah itu digunakan untuk kegiatan masyarkat

B. Di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta banyak Sekolah Dasar yang ditutup.

C. Penutupan Sekolah Dasar yang ada di daerah ini menyebabkan sebagian besar gedung sekolah itu rusak D. Sekolah Dasar yang ditutup pada tahun 2001 ada 12 sekolah, kemudian menyusul 20 SD pada tahun 2002 4. "Oh, Kutilang, lama sekali aku merindukan suaramu …,” bisik Putri Intan. Bambam sangat gembira. Ia

mendekati Putri Intan sambil mengibas-ngibaskan ekornya. Tokoh dari kutipan Cerita di atas adalah ….

A. Kutilang C. Putri Intan

B. Putri Malu D. Merpati

5. Riska tidak pernah berbicara kasar terhadap siapa pun. Jika bertemu guru ia selalu memberi salam. Riska selalu menolong teman-temannya.

Sifat Riska dalam cerita tersebut adalah ....

A. Riska anak yang manja C. Riska suka mencari muka

B. Riska anak yang baik dan ramah D. Riska anak yang ramah

6. Semut merah itu berusaha naik ke atas daun melawan gelombang yang besar. Berkat ketabahannya, ia dapat mencapai permukaan daun itu dan berpegangan kuat-kuat di sana.

Cerita di atas mengungkapkan pesan ….

(2)

C. Ikhlas dan tabah adalah salah satu jalan menuju kesuksesan D. Dengan usaha sungguh-sungguh, keberhasilan dapat dicapai

7. Banjir kembali melanda Jakarta. Seminggu yang lalu hujan baru saja turun. Akan tetapi, sudah menenggelamkan Kota Jakarta. Peristiwa yang sudah pernah terjadi, tidak dijadikan pelajaran baik bagi warga maupun pemerintah. Setiap tahun mereka harus mengungsi.

Isi informasi kutipan bacaan tersebut adalah ….

A. Penduduk Jakarta mengungsi lagi C. Hujan deras selama seminggu B. Pemerintah tidak bisa menangani banjir D. Banjir melanda Jakarta lagi

8. Perilaku boros dalam mengkonsumsi listrik harus diakhiri agar laju konsumsi listrik dapat diredam. Sebab, melonjaknya harga energi di pasar global telah membengkakkan subsidi listrik yang harus disediakan negara. Pemborosan listrik termasuk perilaku tidak terpuji.

Informasi penting dari paragraf tersebut adalah ….

A. subsidi listrik yang harus disediakan negara membengkak B. perilaku boros dalam mengonsumsi listrik harus diakhiri C. pemborosan termasuk perilaku tidak terpuji

D. harga energi dipasar global melonjak

9. Sebelum menanggapi isi berita / informasi, kita harus dapat ….

A. mencatat pokok-pokok informasi C. melewatkan pokok informasi B. mengabaikan pesan informasi D. merubah pokok-pokok informasi 10.Kritikan yang baik terdapat dalam kalimat ….

A. Menurut saya, hasil kerjamu ini sudah lumayan bagus ! Akan tetapi, akan lebih baik jika kamu mau mengulangnya lagi.

B. Ah, lukisanmu ini belum pantas diikutkan lomba berskala nasional! Sebaiknya, kamu ikut tahun depan aja

C. Ya, untuk kali ini saya menilai pekerjaanmu cukup, tetapi kamu harus ingat pekerjaan seperti ini belum layak

D. Sepertinya kamu masih banyak kekurangan jika dilihat dari hasil kerjamu yang seperti ini, masih jauh dari harapan.

11.Kalimat kritikan berikut yang tepat adalah ….

A. Kiki, sejak kapan kukumu tidak dipotong? Panjang dan kotor sekali kuku-kukumu itu.

B. Kiki, panjang dan kotor sekali kukumu! Kalau tidak segera dipotong akan menjadi sarang penyakit. C. Kiki, Bagus sekali kukumu itu! Panjang dan sangatlah terawat dengan baik.

D. Kiki, kapan kamu akan potong kuku? Kalau kamu potong kuku aku juga akan potong kuku. 12.Felicia seringkali kesulitan menuliskan ide-ide yang ada dalam pikirannya ke dalam bentuk karangan.

Saran yang tepat untuk permasalahan tersebut adalah ….

A. Sebaiknya Felicia meminta orang lain untuk menuliskan karangannya B. Sebaiknya Felicia tidak usah menulis karangan tersebut

C. Sebaiknya Felicia ke toko untuk membeli buku pelajaran

D. Sebaiknya Felicia lebih rajin belajar menulis dan minta bimbingan guru

13.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat laporan hasil pengamatan yaitu …. A. Waktu, hasil, pelapor, tempat, objek, nilai

B. Judul, tempat, objek, waktu, hasil, pelapor C. Tempat, waktu, hasil, objek, judul, wawancara D. Objek, waktu, hasil, pelapor, tanda tangan orangtua 14.Hasil pengamatan :

1. Seluruh kelas atau semua siswa mengikuti upacara

2. Siswa yang terlambat tidak diperbolehkan masuk kedalam barisan 3. Ada lima anak laki-laki yang berbaris terpisah karena datang terlambat

4. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap

Laporan pengamatan di atas berisi tentang ….

A. Kedisiplinan siswa dalam mengikuti upacara B. Kedisiplinan siswa saat akan memasuki kelas C. Saat berbaris, ada lima anak berbaris terpisah D. Seluruh siswa mengenakan seragam lengkap

15.Memberikan saran terhadap laporan hasil pengamatan harus disertai ….

A. tanda tangan C. alasan yang tepat

(3)

Rubrik untuk menjawab soal no 16 dan 17.

Kampung yang Go Green

Warga Adat Dukuh terkenal sangat menghormati aturan adat. Aturan adat mengharuskan mereka hidup sederhana dan dengan cara tradisional. Mereka percaya bahwa aturan itu dibuat demi kebaikan mereka. Mereka juga menghormati ketua adat.

16.Pokok pikiran yang tertera pada teks tersebut adalah ….

A. Warga Adat Dukuh terkenal sangat menghormati aturan adat B. Mereka percaya aturan itu dibuat demi kebaikan mereka C. Mereka juga sangat menghormati ketua adat Dukuh D. Mereka hidup sederhana dan dengan cara tradisional 17.Tanggapan yang tepat terhadap rubrik di atas adalah ….

A. Kehidupan warga Adat Dukuh sudah ketinggalan zaman dan terlalu kuno B. Kehidupan warga Adat Dukuh tergantung kepada ketua adat dan lingkungan C. Kehidupan warganya masih sangat memprihatinkan karena belum ada teknologi D. Kehidupan warganya patut kita tiru, meskipun hidup sederhana tetap menjaga aturan

18.Siswa kelas VI sangat senang jika dalam pembelajaran IPA selalu menggunakan alat peraga sebagai contoh nyata. Seperti, materi tentang Perubahan wujud benda, sebagian siswa ada yang membawa benda yang terbuat dari logam, kayu, bahkan ada yang membawa makanan untuk dijadikan bahan praktik.

Tanggapan siswa yang tepat pada teks bacaan di atas adalah ….

A. Siswa sangat senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga B. Siswa biasa-biasa saja jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga C. Siswa kurang senang jika dalam pembelajaran IPA menggunakan alat peraga D. Siswa sangat senang jika dalam pembelajaran IPA tidak memakai alat peraga

19.Mengirim uang selain melalui bank, dapat melalui ....

A. daftar riwayat hidup C. kartu tabungan

B. wesel pos D. kartu pos

20.Formulir yang berisi tentang data diri seseorang secara lengkap disebut .... A. daftar riwayat hidup C. kartu pos

B. wesel pos D. kartu undangan

21.1. Nama : ………...

2. Tempat / Tanggal Lahir : ………..

3. Alamat : ………..

4. Nama Orang tua : ………..

5. Pendidikan : ………..

Data yang sesuai untuk mengisi nomor 3 adalah ….

A. Jakarta, 26 Oktober 2000 C. Sekolah Dasar

B. Kiki Oktavia D. Jl. Medan Raya No.12

22. Mama menepuk dahinya. “Ah, iya! Besok pertemuan orang tua murid di sekolahmu. Bagaimana, nih?”, “Tenang!” ujar Tante Joya geli. ”ini kesempatan jadi orang tua murid paling populer di sekolah!”

Sampai malam Mama masih kebingungan. “Aduh, mama sok tahu, sih! Tadi mama ditanya, ingin menjepit bulu mata sendiri atau dijepitkan. Mama menjepit sendiri. Jadi, kacau begini, deh!”

Baru sekali ini mama mengeriting bulu mata, tapi malah sok tahu begitu. Lisda memandang mama yang masih kebingungan. “Yaaah, ... ngaak apa-apa sekali-kali tampil beda. Siapa tahu bisa jadi model, keriting abad ini,” ledek Lisda sambil tertawa, lalu pergi.

Tokoh dalam penggalan cerita diatas adalah ….

A. Mama, Ayah dan Lisda C. Mama, Tante Joya dan Lisda

B. Mama, Ayah dan Joya D. Ayah, Tante Joya dan Lisda

23.Sumber api berasal dari kompor yang meledak. Api tersebut membakar seisi da pur, kemudian merambat keatap rumah. Karena angin bertiup kencang, api menjalar kerumah tetangga. Penduduk panik memadamkan api. Setelah dua jam kebakaran, api dapat dikuasai. Lima rumah habis dilalap si jago merah. Kalimat ringkasan yang tepat dari paragraf di atas adalah ….

A. Api tersebut membakar seisi dapur C. Karena angin bertiup kencang B. Lima rumah korban kebakaran D. Api menjalar kerumah tetangga

(4)

Ringkasan isi paragraf di atas adalah ….

A. Komputer dapat digunakan untuk bermain game B. Komputer sangat bermanfaat bagi manusia C. Komputer membantu manusia untuk mengetik D. Semua pekerjaan dapat berjalan cepat

25.Silvia : ”Fhar, kamu sudah mengerjakan tugas Matematika?”

Fhara : “Sudah, kalau kamu?”

Silvia : “Ada beberapa nomor yang aku masih belum mengerti!” Fhara : “Aku bantu ya!”

Berdasarkan teks, topik percakapan tersebut tentang ….

A. Tugas dari sekolah C. Saling mencontek

B. Kerja kelompok D. Tugas dari rumah

26.Vicka : "Hai, Nov! Sedang apa?"

Nova : "Aku sedang membaca buku Dongeng si Kancil ."

Vicka : "Aku juga pernah membacanya, menurutmu bagus tidak bukunya?"

Nova : "Bagus. Kisah si Kancil yang cerdik sangat lucu. Jadi, kita terhibur ketika membacanya. Menurutmu?"

Vicka : " Ya, aku juga suka. Walaupun demikian, aku tidak suka pada bagian cerita si Kancil mengejek buaya."

Nova : "Kenapa?"

Vicka : "Soalnya walaupun buaya jahat, si Kancil tidak seharusnya mengejek ketika buaya mendapat musibah."

Nova : "Ya kamu benar. Sikap si Kancil tersebut tidak baik."

Topik percakapan diatas adalah ….

A. kerja kelompok C. mendongeng

B. membaca majalah D. membaca buku cerita

27. (1) Maya : "Kau memang pantas jadi juara". (2) Riska : "Ini berkat doa kalian".

(3) Maya : "Selamat ya, Ris!" (4) Riska : "Terima kasih, Maya".

Susunan yang baik untuk percakapan tersebut adalah .... A. (1)-(2)-(3)-(4) C. (3)-(4)-(1)-(2) B. (2)-(3)-(1)-(4) D. (4)-(3)-(2)-(1) 28. Bacalah puisi berikut!

Ibu Amanat yang terkandung dalam puisi di samping

adalah ….

Engkau adalah wanita mulia A. Ibu adalah wanita yang hebat

Kasih sayangmu tak terkira B. Ibu adalah wanita yang rajin

Bagai surya menyinari dunia C. Ibu adalah wanita yang soleh

Takkan kulupa sepanjang masa D. Kasih ibu tetap melekat dihati anak

29. Parafrase puisi di samping yang tepat adalah ….

A. Desa pada malam hari suasananya gelap gulita, tetapi terasa tenteram

B. Di desa hanya ada penerangan lampu minyak pada malam hari C. Aku merasa betapa tenteramnya hidup di desa pada kesunyian

malam

D. Aku merasa takut hidup di desa ketika malam hari tiba karena semua gelap

30.Makna kata Kelam pada puisi di atas adalah ….

A. terang C. bersinar

B. gelap D. Cerah

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal no 31 dan 32!

Malam semakin kelam

Cahaya lampu minyak berkedap-kedip

Tak ada suara sedikit pun, senyap Aku merasa ada sesuatu yang

baru

(5)

Berita dari Orang

Tadi pagi Rudi memberi berita bahwa Senin kemarin, tanggal 25 Oktober 2007, pukul 4 sore, telah terjadi kebakaran di kampungnya. Penyebab kebakaran, yaitu hubungan arus pendek. Mula -mula kebakaran itu hanya terjadi di satu rumah. Ternyata angin bertiup kencang maka api pun menjalar ke rumah warga yang lain.

Rudi juga mengatakan bahwa semua warga panik dan memanggil 5 mobil kebakaran. Untung saja rumah Rudi tidak ikut terbakar karena rumah Rudi jauh. Kerugian yang dialami mencapai 500 juta. Rudi ber cerita sambil menangis.

31. Orang yang menyampaikan informasi kebakaran dalam teks tersebut adalah .... 32. Penyebab terjadinya kebakaran dalam teks tersebut adalah ....

Bacalah penggalan cerita dibawah ini untuk menjawab soal nomor 33 dan 34!

... Sore itu, saat anak-anak pulang sekolah, lapangan semakin ramai. Kabarnya, ada anak bernama Lutfi dari desa tetangga yang menantang Taufik adu layang-layang. Lutfi datang bersama beberapa temannya. Ia segera menghampiri Taufik yang sudah lama menunggu. ”Sudah siap belum?” tanya Taufik. ”Aku ingin sekali tahu, sesakti apa sih, layang-layangmu,” kata Lutfi sombong. ”Kalau begitu, ayo kita bertanding. Kufikir kau tidak jadi datang karena takut,” ejekanTaufik. ……...

33. Anak yang menantang Taufik untuk beradu layang-layang bernama …. 34. Latar waktu pada Cerita diatas adalah ….

35. Pesepakbola Lionel Messi telah mencetak 268 gol di semua ajang perta ndingan sepakbola. Di tambah 31 gol untuk timnas Argentina. Total gol pemain dari club Barcelona ini adalah 299 gol sepanjang karirnya.

Informasi di atas memberitakan tentang ….

36. Dalam menyampaikan informasi kepada teman, harus menggunakan bahasa yang …. 37. Dalam memberikan saran, sebaiknya menggunakan bahasa yang ….

38. Dalam membuat laporan pengamatan, bahasa yang digunakan harus ….

39. Sampah yang menyumbat saluran air harus dibersihkan supaya tidak menyebabkan banjir.

Judul yang tepat untuk laporan pengamatan tersebut adalah ….

40. Untuk menjajal kekuatan nyali ini. Para pengunjung hanya dikenakan tariff Rp. 20.000,-/ orang, termasuk sewa ban bekas. Cukup terjangkau bukan? Tempat wisata ini menjadi pilihan favorit warga untuk mengisi liburan.

Hal-hal pokok pada teks bacaan di atas adalah …. 41. Fungsi wesel pos adalah ....

42. Daftar riwayat hidup digunakan untuk …. 43. (1) Widya : "Bertualang? Aku tidak mengerti."

(2) Ainun : "Ya, kamu benar. Setelah nonton si Bolang, aku semakin cinta Indonesia. Alamnya indah." (3) Widya : "Wah, aku jadi penasaran."

(4) Ainun : "Apakah kamu pernah menonton siaran si Bolang di televisi?" (5) Salwa : "Benar Wid, kamu harus menontonnya."

(6) Salwa : "Ya, aku sangat suka. Ceritanya menarik. Menonton siaran itu rasanya seperti bertua lang." (7) Salwa : "Dalam siaran si Bolang, kita selalu diajak mengenal teman-teman kita dari seluruh nusantara

dan permainan-permainan di daerah mereka."

Urutan peristiwa yang benar adalah ….

44. Camelia : "Tahukah kamu minggu kemarin diadakan lomba balap karung?" Renny : "oh ya, dalam rangka apa?"

Camelia : "Lomba tersebut diadakan dalam rangka peringatan HUT ke-62 RI." Renny : "Siapa yang menjadi juara?"

Camelia : "Teman kita, Dimas." Renny : "Bagaimana suasananya?"

Camelia : "Suasananya sangat ramai. Banyak orang yang menonton." Berdasarkan gambar dan teks, topik percakapan tersebut tentang ….

(6)

Apakah Tuhan marah ….

Marilah kita benahi diri Menjaga segala yang di bumi

Agar Tuhan tak marah lagi dan mengampuni dosa kita selama ini

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan singkat dan jelas!

46. Buatlah kalimat kritikan berdasarkan pernyataan-pernyataan berikut ini !

a. Rivaldo mengambil uang tanpa sepengetahuan ibunya. Uang itu digunakan untuk bermain di game station.

b. Haerul membolos pada saat jam pelajaran

c. Fajar mencuri buah rambutan yang ada di sekolahnya

47. Buatlah daftar riwayat hidup yang sesuai dengan pernyataan berikut ini !

Namaku Dendi Permana. Aku lahir di Kota Padang pada tanggal 21 Januari 1995. Aku bersekolah di SD Merah Putih, Kelas VI. Ayahku bernama Saleh Wahab, ibuku bernama Teti Ratna Sekarningsih. Ayahku bekerja menjadi dosen Sejarah di Universitas Hasanudin. Ibuku bekerja sebagai guru TK Ceria. Aku tinggal di Jalan Pluto No. 31 Makassar. Sebelumnya, kami sekeluarga tinggal di Kota Padang, tepatnya di Jalan K.H. Agus Salim No. 45. Kami sekeluarga pindah ke Kota Makassar pada tahun 2000. Hobiku menggambar dan bermain catur. Aku pernah mengikuti lomba catur anak-anak tingkat nasional tahun 2007 dan meraih Juara II. Aku pun mengikuti les bahasa Inggris di Lembaga Pendidikan Children. Selain itu, aku aktif di Sanggar Seni Hasanudin. Di sana, aku belajar tari-tarian nusantara dan belajar teater anak. Pada tahun 2006, teater kami pernah pentas di Gedung Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Waktu itu, kami mementaskan sebuah naskah drama karya Jose Rizal Manua. Aku memiliki seorang kakak bernama Dea Novita Ananda. Kakakku sekolah di SMP Tanjung, Kelas I. Sewaktu masih sekolah di TK Pertiwi, aku pernah mengikuti lomba menggambar dalam rangka Hari Bumi 2001. Aku menjadi Juara Pertama. Pada saat itu, aku merasa sangat senang.

A. Data Pribadi

1. Nama : ... 2. Tempat/tanggal lahir : ...

3. Umur : ... 4. Alamat : ... 5. Hobi : ... B. Pendidikan

1. ... 2. ... C. Keluarga

1. Nama ayah : ...

2. Pekerjaan : ... 3. Nama ibu : ... 4. Pekerjaan : ... 5. Jumlah saudara : ... D. Prestasi

1. ... 2. ...

48. Dahulu kala, di Jepang, hidup sepasang suami istri yang mempunyai sifat sangat berbeda. Oda, si suami, adalah pedagang yang baik hati, jujur, dan penyabar. Shino, istrinya, mempunyai sifat yang buruk. Shino suka menghina orang. Meski bertabiat buruk, Oda selalu sabar dan menyayangi istrinya.

Tuliskan tokoh dan watak tokoh pada kutipan cerpen tersebut!

49. Buatlah teks percakapan secara berpasang berdasarkan ilustrasi gambar di samping !

(7)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...