Soal latihan uas ganjil bahasa Indonesia smp kelas 8

141 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Soal latihan uas ganjil bahasa Indonesia smp kelas 8

Sumber : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk smp/mts kelas 8 | sawali dan ch. Susanto | BSE | th. 2010 Page

1

A. Pilihan Ganda

Pilihlah jawaban yang benar! Kerjakan di buku tugasmu!

1. Didirikan pada medio abad ke-7, kompleks tempat Perignon tinggal itu sudah mengalami tujuh kali penghancuran. Seperti umumnya biara di negeri Eropa, kompleks milik para padre Benedictine ini pun pernah menjadi salah satu simbol dekadensi abad pertengahan. Terjadi pertautan kental antara gereja dan tuan-tuan tanah yang hidup mewah dari keringat para petani penggarap dan pungutan pajak. Tak jarang, mereka mengatasnamakan Tuhan. Kutipan laporan perjalanan tersebut dikembangkan dengan menggunakan pola urutan . . . .

a. ruang b. waktu c. tempat d. topic

2. Setelah sekitar dua jam berputar-putar, akhirnya kami sampai ke Sowjetisches Ehremal, sebuah patung besar. Kami mengamatinya dari jauh, sambil beristirahat di pinggir Tiergarten, taman yang sejuk dan luas. Nicole seenaknya saja menjelaskan sejarah patung itu. ”Lihat, lelaki lucu yang berdiri terus-menerus siang malam itu adalah tentara Uni Soviet,” ujarnya. Dibuat pada tahun 1945. Monumen itu untuk mengenangribuan anggota Tentara Merah yang gugur di Berlin selama Perang Dunia II. Pokok laporan perjalanan tersebut, yaitu . . . .

a. sekitar dua jam berputar-putar

b. tiba di Sowjetisches Ehremal

c. lelaki lucu yang berdiri terus-menerus

d. mengenang ribuan Tentara Merah

3. Seorang pewawancara ingin mendapatkan informasi tentang jumlah penduduk di suatu wilayah kecamatan. Pertanyaan berikut yang tepat diajukan kepada narasumber sesuai dengan ilustrasi tersebut, yaitu . . .

a. Mengapa jumlah penduduk di kecamatan ini berwawancara sesuai dengan kesantunan berbahasa, yaitu . . .

a. Dapatkah Bapak menjelaskan kondisi tanah di

daerah ini?

b. Jelaskan tentang kondisi tanah di sini!

c. Cepat, berikan informasi tentang keadaan tanah

di sini!

d. Bagaimana kondisi tanah di daerah ini? Jelaskan!

5. Kata sandang (artikel) di bawah ini yang digunakan untuk menyebut seorang laki-laki yang dihormati, yaitu . . . . dengan pada kalimat di atas menyatakan keterangan . . . . Hadi bergiliran memindahkan anak caturnya. Ketika Anas sedang berpikir, Hadi membentak.

Hadi : Hai, mengantuk kau! Sekarang giliranmu! Hasan: Memang si Anas suka mengantuk.

Anas : (Membuka kacamatanya dan menggosok- gosok gelasnya dengan sapu tangan)

Hadi : Ayo, giliranmu main!

Anas : (Dengan tenang memindahkan anak caturnya) Skak!

Hadi : (Terkejut) Skak? Benar skak? Anas : Ya, skak.

Hasan : (Menoleh kepada kedua anak tersebut) Kau kalah, Hadi? (Berjalan mendekat Hadi) Sebetulnya bukan karena kau kalah pandai, Hadi, tetapi kau kurang waspada.

Hadi : (Diam acuh tak acuh) Amanat yang terkandung dalam penggalan naskah drama tersebut, yaitu . . . .

a. melakukan suatu pekerjaan harus teliti dan

waspada

b. bermain catur jangan selalu mengantuk

c. melakukan suatu pekerjaan jangan ceroboh dan

tidur

d. bermain olahraga tidak boleh bersenda gurau

8. Latar tempat yang terdapat dalam kutipan drama pada soal nomor 7, yaitu . . . .

(4) Perjuangan seorang pemuda untuk merebut hati gadis idamannya.

10. Pernyataan berikut yang tepat dijadikan sebagai judul naskah drama, yaitu . . . .

a. Musik Jazz di Indonesia, dari Masa ke Masa

b. Chelsea vs MU, Pertemuan Dua Raksasa

c. Mewaspadai Aneka Penyakit di Musim Hujan

d. Bila si Pungguk Merindukan Rembulan

(2)

Sumber : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk smp/mts kelas 8 | sawali dan ch. Susanto | BSE | th. 2010 Page

2

11. Saya sering menonton pementasan drama yang

mengangkat naskah ini. Namun, baru kali ini saya

benar-benar terkesan. Pementasan ini telah berhasil

menafsirkan naskah secara cerdas sehingga menjadi pementasan drama yang bermakna, mendidik, tetapi tetap menonjolkan segi hiburannya. Pernyataan tersebut mengungkapkan . . . terhadap sebuah pementasan

c. Sri Baginda menitahkan agar pengkhianat itu

segara dihukum mati.

d. Para prajurit sedang bersiap menuju ke medan

laga.

13. Jay : Ngapain lo marah ama gua. Kalo nggak suka, ya udah. Gua nggak mau maksa lo. Mending gua pulang aja . . . .

Ganis : Aduh, Jay, sabar dong. Gua bukan nggak suka sama lo. Gua hanya nggak suka cara lo nolong gua . . . . Blocking yang tepat dilakukan oleh pemeran tokoh Ganis dalam kutipan drama tersebut, yaitu . . .

a. Menggerutu sambil meninggalkan

panggung/tempat pementasan.

b. Berteriak sambil mengacungkan tinju kepada

pemeran tokoh Jay.

c. Berbisik sambil berjalan mengelilingi pemeran

tokoh Jay.

d. Berkata pelan sambil memegang bahu pemeran

tokoh Jay.

14. Kalian betul-betul tak tahu diuntung. Makan, minum di sini sekenyangnya. Mobil tersedia . . . . Mengapa melakukan pekerjaan sepele saja tidak becus? Gesture yang tepat ketika mengucapkan dialog di atas, yaitu . . . .

a. duduk santai sambil tersenyum

b. berdiri berkacak pinggang dengan muka tegang

c. berjalan mondar-mandir sambil menunduk

d. berdiri dengan tenang sambil tertawa

15. Dialog pada soal nomor 14 sebaiknya diucapkan

a. Kamu sekalian harus datang dalam acara itu.

b. Mereka datang tepat waktu.

c. Daku berharap kamu menepati janji.

d. Hampir setiap hari kami bertemu.

17. (1) Catatlah pokok-pokok isi informasi yang diperlukan!

Urutan cara menemukan informasi dalam buku

ensiklopedi, yaitu . . . .

d. nama pelanggan, pekerjaan, dan tempat tinggal

19. Kegiatan pengumpulan data untuk keperluan penulisan laporan yang dilakukan dengan mengamati objek disebut . . . .

a. studi pustaka

b. wawancara

c. observasi

d. penelitian

20. Penafsiran karakter tokoh meliputi tiga dimensi berikut, kecuali . . .

a. fisiologis

b. psikologis

c. individualis

d. sosiologis

21. Selain keindahan danau dan nikmatnya hidangan yang disajikan berbagai penginapan dan hotel, para pelancong dapat menikmati pemandangan dan keelokan tanah Toba dengan mengendarai sepeda gunung atau sepeda motor. Sepeda dan sepeda motor itu disewakan pengelola penginapan dengan harga sewa Rp35.000 per hari untuk sepeda dan Rp50.000 per hari untuk sepeda motor berikut bahan bakar. Pertanyaan logis yang dapat diajukan untuk menanggapi kutipan laporan perjalanan tersebut, yaitu . . .

a. Adakah syarat-syarat yang harus dipenuhi jika

ingin menyewa sepeda motor?

b. Mengapa kita harus menyewa sepeda motor

kepada pemilik penginapan?

c. Bagaimana cara mengendarai sepeda motor yang

benar?

d. Di mana para pemilik penginapan itu membeli

sepeda motor yang disewakan?

22. Kalimat berikut ini yang menggunakan kata khusus dari kata penginapan, yaitu . . .

a. Menara Petronas di Kota Kuala Lumpur ini adalah

bangunan tertinggi di dunia.

b. Menurut sejarah, puri itu dibangun pada masa

pemerintahan Raja Louis IV.

c. Para pengusaha membeli tanah di sekitar objek

wisata untuk dibangun motel.

d. Sungguh ironis, di belakang gedunggedung tinggi

(3)

Sumber : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk smp/mts kelas 8 | sawali dan ch. Susanto | BSE | th. 2010 Page

3

23. Perhatikan pokok-pokok laporan berikut ini!

(1) Bentuk rumah gadang menjadi symbol status sosial.

(2) Rumah gadang menjadi tempat berkumpul seluruh kerabat.

(3) Saat ini sudah jarang ditemukan rumah gadang asli.

Pokok-pokok laporan tersebut dikembangkan dengan pola . . . .

a. urutan waktu

b. urutan ruang

c. urutan tempat

d. urutan topic

24. (1) Kami menyewa perahu, mengarungi sungai melawan arus ke arah Solok Selatan. (2) Dua jam perjalanan, yang terlihat hanya kehancuran hutan di tepi sungai.

(3) Balok-balok kayu siap dihanyutkan menuju penggergajian.

(4) Ke arah hulu, para penambang emas berkapal motor mesin, biasa disebut donfeng, mengacu pada merek mesin buatan Cina yang dipakai penambang, menggerus tebing.

Kalimat yang mengandung kata serapan ditandai dengan nomor . . . .

a. (1)

b. (3)

c. (2)

d. (4)

25. Deretan kata berikut ini yang merupakan kata-kata baku, yaitu . . . .

a. agresif, efektif, ijasah, jadwal, kreatifitas,

suvenir, tim

b. agresif, efektif, ijazah, jadwal, kreativitas,

souvenir, tim

c. agresif, efektif, ijazah, jadwal, kreativitas,

suvenir, tim

d. agresif, efektif, ijasah, jadual, kreatifitas,

souvenir, tim

26. Semua orang sudah pulang. Ujang tinggal sendiri di pusara ibunya. Ia duduk berjongkok sambil memegang onggokan tanah merah di depannya. Langkah-langkah orang yang mengantar jenasah ibunya tadi sudah menghilang di belakangnya. Sekarang Ujang merasa benar-benar sendiri di dunia ini. Bapaknya sudah lama meninggal, waktu ia masih bayi. Sekarang ibunya sudah meninggalkannya

pula. Sanak saudara ia tak punya. Sekarang ia sebatang kara di dunia ini.

(Dikutip dari Lembah Hijau,

karya Nursjamsu)

Ringkasan yang tepat berdasarkan isi paragraf tersebut, yaitu . . .

a. Semua orang sudah pulang.

b. Ujang duduk berjongkok di depan pusara.

c. Ujang adalah anak sebatang kara.

d. Bapak Ujang sudah lama meninggal.

27. Marco : Paul, maukah kamu menolong aku? Paul : Ada apa, Mas?

Marco : Aku mau titip sesuatu. Ini benda berharga. Berikan kepada orang yang sedang berdiri di halte itu. Itu

dia, orang yang berjaket kulit dan berkaca mata hitam. Tapi awas, jangan sampai kelihatan orang lain. Katakan saja ini dari Bang Marco. Nanti orang itu juga akan memberimu amplop seperti ini. Terima saja, terus serahkan kepadaku. Oke?

Paul : (. . . .) Tidak, Mas. Saya tidak berani. Saya tahu benda apa itu. Saya tidak mau melanggar hukum lagi. Petunjuk pengarang yang tepat digunakan untuk mengisi bagian yang rumpang dalam kutipan teks drama tersebut, yaitu . . . .

a. menggelengkan kepala

b. melongokkan kepala untuk meneliti benda itu

c. menganggukkan kepala

d. memalingkan muka

28. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi kutipan teks drama pada soal nomor 27, yaitu

. . .

a. Paul mau menolong Marco.

b. Paul seorang pengecut.

c. Marco mau meminta tolong kepada Paul.

d. Paul akan mengantarkan benda berharga kepada

orang berjaket kulit dan berkaca mata hitam.

29. Dalam pementasan drama, karakter tokoh dapat

diwujudkan dengan hal-hal berikut ini, kecuali . . . .

a. ekspresi wajah

b. tingkah laku dan kebiasaan

c. isi pikiran yang tidak ditunjukkan

d. cara berbicara

30. Sebenarnya permainan Saudara sangat bagus. Anda dapat menghayati karakter tokoh yang Anda perankan. Sayang sekali, Anda mempunyai hambatan dalam mengucapkan bunyi-bunyi tertentu. Misalnya, fonem /r/, tidak dapat Anda ucapkan secara sempurna. Aspek yang dikritik terhadap unsur pemeran dalam pementasan drama tersebut, yaitu . . . .

a. vokal

b. intonasi

c. artikulasi

(4)

Sumber : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk smp/mts kelas 8 | sawali dan ch. Susanto | BSE | th. 2010 Page

4

B. Uraian

II. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!

1. Tentukan pokok-pokok isi kutipan laporan perjalanan berikut ini!

Mekar Sakura di Kaki Fuji

Jalan yang mengular di ketinggian 700 meter dari permukaan laut itu mengingatkan saya pada jalur menuju Puncak, Bogor. Penataannya saja yang jauh lebih rancak. Rumah-rumah di sepanjang jalan ke arah Taman Nasional Hakone, Kanagawa, berbaris rapi. Begitu pula pepohonan yang berdiri di kanan dan kiri jalan. Sore pada awal bulan April lalu itu, cuaca cerah dan suhu amat nyaman, sekitar 10 derajat Celsius. Panasnya matahari teredam oleh angin sejuk musim semi. Di sebelah jalur yang dilalui bus yang saya tumpangi, terdapat jalan yang sedikit lebih lebar dari jalan setapak. Dari brosur yang saya baca, jalan ini ternyata menyimpan jejak sejarah bangsa Jepang. Jalan berbatu itu dibuat semasa pemerintahan Shogun (pemimpin militer) Tokugawa pada tahun 1619. Peninggalan ini masih utuh dan terpelihara baik. ”Kita telah sampai,” kata Akiko Sasaki, si pemandu wisata, membuyarkan konsentrasi saya membaca. Tidak terasa, setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari Stasiun Kereta Api Yumoto- Hakone, saya dan rombongan wartawan yang diundang Toyota Motor Corporation sampai di kawasan Taman Nasional Hakone. di sebuah distrik kecil Hakone, sekitar 90 kilometer di barat Tokyo, Taman Hakone termasuk dalam wilayah Kanagawa. Tempat ini merupakan tujuan utama pariwisata di Jepang. Setiap tahun, lebih dari 2 juta turis asing dan domestik mengunjungi kawasan yang menjadi bagian dari Taman Nasional

Fuji-Hakone-Izu ini. Hakone adalah sister city (kota kembar) dari Kota Jasper di Kanada dan Taupo di Selandia Baru.

(Dikutip dari Tempo, No. 12/XXXIV/16–22 Mei 2005, dengan pengubahan)

2. Analisislah pola urutan waktu dan ruang dalam kutipan laporan perjalanan pada soal nomor 1!

3. Buatlah contoh kalimat menggunakan kata sapaan!

4. Bacalah teks drama berikut ini, kemudian tentukan tema dan penokohannya! Kebo Ijo dan beberapa orang prajurit

sedang giliran menjaga.

Prajurit I : Kerismu baru, Kebo Ijo.

Kebo Ijo : Betul, bagaimana pendapatmu?

Prajurit I : Bagus sekali. Saya belum pernah melihat keris seindah itu.

Kebo Ijo : Betul? (Senang)

Prajurit I : Dari minggu yang lalu saya mengamatinya. Prajurit II : Dapat saya melihatnya?

Kebo Ijo : Silakan. (Melepas keris dan membiarkannya dilihat oleh kedua prajurit)

Prajurit I : Berapa kau bayar untuk keris ini? Kebo Ijo : Ini hadiah.

Prajurit II : Hadiah?

Kebo Ijo : Ya. Hadiah karena kebaikan hatiku, katanya. Padahal saya tidak merasa baik hati kepadanya. Saya hanya

melaksanakan darma ksatria belaka. (Tersenyum)

Prajurit I : Kau beruntung.

Kebo Ijo : Saya sedang mujur. Bintang saya sedang terang.

(Dikutip dari Ken Arok, karya Saini K.M)

5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kata baku dan kata tidak baku! Berikan contohnya!

6. Buatlah ringkasan kutipan novel berikut ini!

”Belakangan ini cuaca tak jelas, Bang.” Anson menyiapkan perahu. ”Harusnya musim barat belum datang. Tapi,

kadang ada topan.” Saman menatap langit. Segumpal awan hitam. Masih jauh. ”Kau pikir cukup aman pergi

sekarang?” ”Kita cobalah, Bang.” ”Kau lebih tahu.” ”Tapi barangkali tak baik kembali terlalu sore.” ”Kita lihat saja nanti.” Pong-pong itu biasa dipakai untuk mengangkut ikan dan penumpang ke Kijang, Kota Bintan yang lain dekat dengan Mapur. Mesinnya satu, Yamaha 120 PK. Tak ada yang menarik perhatian. Memang tak ada yang istimewa dari perahu itu. Kecuali bahwa tekong Anson tidak menerima penumpang kali ini. ”Kami tak ke Kijang,” ia meminta maaf pada orang-orang yang berdiri di dermaga. Dinyalakannya motor yang segera menjauhkan pong-pong dari pulau; mesin solar yang membikin jejak hitam yang larut pada laut, serta warna minyak. Sekitar pukul sepuluh pagi. Saman harus menjumpai orang itu, Larung, di pelataran pelabuhan Pelni pada waktu makan siang. Mereka akan bersantap di salah satu kedai di sana. Tempat itu kecil. Mestinya tak sulit bagi keduanya untuk saling menemukan. Perjalanan perahu akan membutuhkan sekitar dua jam. Jika semua lancar, ia bisa membawa anak-anak itu ke Mapur hari ini juga. Jika pertemuan makan waktu lama, barangkali ia harus menginap di Kijang. Saman sedia untuk dua kemungkinan.

Pongpong menembus sinar matahari yang ada dan hilang oleh awan-awan yang berarak dalam gerimnol. Ia berharap

tak ada badai hari-hari ini.

(5)

Sumber : Bahasa dan Sastra Indonesia untuk smp/mts kelas 8 | sawali dan ch. Susanto | BSE | th. 2010 Page

5

7. Dalam bahasa Indonesia ada tiga kelompok artikel. Sebutkan dan jelaskan!

8. Perhatikan dengan saksama denah berikut ini! Berdasarkan denah tersebut, apabila kamu berada di kampus FISIP

Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, buatlah penjelasan yang tepat menuju ke lokasi Point of Service(POS)

Addie Journalis Database!

9. Susunlah petunjuk cara mencari arti kata dalam kamus!

10. Buatlah masing-masing sebuah kalimat menggunakan imbuhan ke-an yangmenyatakan makna di . . . dan dapat di .

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...