Cara cara membuat kertas Kerja (1)

Teks penuh

(1)

Cara Kerja

Pemberian Cairan peroral

Pemberiaan obat atau cairan secara oral pada mencit diawali dengan menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu.. Mencit dihandilng menggunakan satu tangan yaitu jari-jari tangan. Setelah dihandling dengan baik, ukur kedalaman saluran cerna dari mulut hingga lambung menggunakan sonde yang akan digunakan. Jika sudah terukur dengan baik, sonde dimasukan kedalam mulut mencit sedalam pengukuran awal pada sonde, sonde dikatan tepat pada faring jika hewan tidak membiru keadaan tubuhnya. Setlah itu obat atau cairan dimasukan kedalam lambung.

Pada tikus, tikus dihanding dengan menggunakan satu tangan. Ukur kedalaman sonde yang akan dimasukan peroral kepada tikus. Jika sudah diukur, masukan sonde sedalam hasil pengukuran yang dilakukan sebelumnnya, sonde dikatan tepat pada faring jika hewan tidak membiru keadaan tubuhnya. Setelah sonde masuk kedalam faring, cairan atau obat dimasukan kedalam lambung dengan spoit.

(2)

Pengambilan Darah A. Mencit

Pengambilan darah pada mencit dilakukan dengan cara retroorbitalis ( pada mata). Alat dan bahan disiapkan terlebih dahulu Mencit dihandilng dengan baik, dengan memegang bagian tengkuk mencit. Setelah itu mikrohematikrit digoroskan sebanyak 5 kali pada bagian medial canthus mata dibawah bola mata kearah foramen opticus. Setalah itu darah ditampung didalam tabung EDTA agar tidak membeku.

B. Tikus

Alat dan bahan disiapkan terlebih dahulu. Tikus ditimbang untuk mengitung dosis obat bius yang akan digunakan. Setelah itu, tikus dihandling menggunakan dua tangan. Operator lain menyuntikan obat anastesi Xylazine Ketamine melalui IP. Selanjutnya ditunggu hingga tikus terbius. Jika sudah terbius, pengambilan darah dapat dilakukan

b.1 Lateral Ekor

Bagian lateral ekor didesinfektan menggunakan allkohol. Jika sudah didesinfektan, darah bisa diambil menggunakan spoit dengan ukuran jarum 22G-24G, darah yang sudah diambil dimasukan kedalam tabung EDTA.

b.2 Vena Sephalica

Tikus dibendung pada daerah vena yang akan diambil darahnya. Kulit daerah pengambilan darah di desinfektan menggunakan alcohol. Setelah itu darah diambil dengan cara dimasukan kedalam vena. Jarum yang digunakan ukuran 22G-24G. Jika darah sudah diambil menggunakan spoit dan jarum, darah dimasukan kedalam tabung EDTA agar tidak membeku.

b.3 Vena Jugularis

Daerah bagian leher di desinfektan dan difiksir rambutnya agar tidak menghalangi dalam pengambilan darah. Vena dirasakan menggunakan jari, jika sudah terasa masukan spou berjarum lalu aspirasi atau ambil darah tikus tersebut melalui vena jugularis. Darah yang sudah terambil dimasukan kedalam tabung EDTA

C. Kelinci

(3)
(4)

Hasil Keterangan

Obat Anastesi Xylazine

Obat Anastesi Ketamine

Neraca

Nasogastric tube

Nasogastric tube

Pengukuran kedalaman faring

(5)

Pengukuran berat badan mencit

Pengukuran suhu mencit

termometer

Alat : Gunting, Spoit, sonde, kassa, penggarus, sonde karet

Pemberian cairan peroral dengan metode cekok

Pemberian anastesi melalui IP

(6)

Pemberian alcohol pada daera lateral

ekor untuk

pengambilan dara lateral ekor

Pengambilang darah

melalu vena

sephalica

Pengambilan darah

melalui vena

jugularis

Pengambilan darah pada kelinci melalui Vena auricularis lateral

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...