PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA, DAN KALIMAT PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA, DAN KALIMAT PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN (DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN).

Teks penuh

(1)

PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA, DAN KALIMAT PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN

MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN (DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN)

SKRIPSI

Untuk memenuhi sebagian persyaratan Guna mencapai derajat

Sarjana S-I

Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah

SURYANTO A 310070220

(2)

HALAMAN PERSETUJUAN

PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA DAN KALIMAT

PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN

MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN

(DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN)

Oleh

SURYANTO

A 310 070 220

Telah disetujui oleh:

Pembimbing I,

Prof. Dr. Abdul Ngalim, M. Hum Tanggal: 17 Juni 2011

Pembimbing II,

Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum.

(3)

HALAMAN PENGESAHAN

PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA DAN KALIMAT

PADA ANAK USIA 8-10 TAHUN

MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN

(DI SD N I JAPANAN, CAWAS, KLATEN)

Yang dipersiapkan dan disusun oleh:

SURYANTO

A 310 070 220

Telah Dipertahankan di depan Dewan Peguji Pada tanggal: 07 Juli 2011

dan dinyatakan telah memenuhi syarat

Susunan Dewan Penguji: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dekan,

Drs. Sofyan Anif, M. Si

(4)

PERNYATAAN

Saya menyatakan bahwa skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila ternyata kelak terbukti ada ketidakbenaran di dalam pernyataan saya di atas, maka saya akan bertanggung jawab sepenuhnya.

Surakarta, 07 Juli 2011

SURYANTO

(5)

MOTTO

Pepatah jawa “ Nandur Becik Ngunduhe Becik, Nandur Ala Ngunduhe Ala” (menanam kebaikan akan medapatkan kebaikan, menanam keburukan akan mendapatkan keburukan). Setiap tindakan akan memperoleh balasannya

sendiri-sendiri. Orang yang melakukan tindakan kebaikan akan menuai kebaikan pula sedangkan orang yang berbuat keburukan/tidak baik akan memperoleh keberukan

(6)

PERSEMBAHAN

Seiring dengan sembah sujud syukur pada-Nya karya sederhana ini penulis persembahkan kepada orang yang berjasa pada penelitian ini.

1. Orang tua saya Bapak (Alm) Hadi karjono dan Ibu Tuginem, serta nenek Atmo supar tercinta. Terima kasih telah memberikan kasih sayang, doa dan restu untuk menggapai cita-citaku.

2. Mas Pardiyo-Mbak Ning, Mas Suyitno, ST-Mbak Mira, dan Mas Sarjito, S.Pt-Mbak Dewi, S.Pt. Terima kasih telah memberikan prasarana, perhatian, kasih sayang, dana, tenaga, dan doa kepadaku.

3. Bapak ibu dosen PBSID yang telah membimbing saya, terima kasih sebesar-besarrnya.

4. Teman-teman seperjuanganku dan sahabat baikku keluarga besar kelas D angkatan 2007.

(7)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya, shalawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga penyusunan skripsi yang berjudul “Pemerolehan Kata, Klausa, dan Kalimat Anak Usia 8-10 Tahun” dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.

Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi sebagian persyaratan mendapatkan gelar sarjana S1 Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Penulis menyadari tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak, tidak akan mampu melaksanakan tugas ini. Oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenankanlah penulis mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga.

1. Drs. H. Sofyan Anif, M.Si., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan dukungan. 2. Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum., Ketua Jurusan Pendidikan PBSID FKIP

Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah meluangkan waktu untuk mengurusi segala kepentingan skripsi, sehingga penelitian ini lancar.

(8)

4. Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M. Hum., Pembimbing I yang dengan penuh kebijaksanaan, kesabaran, dan keiklasan senantiasa meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan kepada saya, di tengah kesibukan beliau.

5. Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum., Pembimbing II yang telah sabar memberikan bimbingan, nasehat, arahan, dorongan dan semangat yang terus menerus dalam penyusunan skripsi dari awal hingga akhir.

6. Drs. H. Yakub Nasucha, M.Hum., Penguji III yang telah menguji dengan baik.

7. Sahabat-sahabat terbaik sekaligus teman seperjuangan saya; Wawan, Ramlan, Istofa, Bayu Gilar, Ivan, Ari, Pujianto, Sugeng, yang memberikan rasa kebersamaan dan semangat dalam suka maupun duka.

Semoga amal baik yang telah mereka berikan senantiasa mendapat ridho dari Allah SWT.

Akhirnya, disadari bahwa skripsi ini belum sepenuhnya sempurna. Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Bilahifisabililhaq fastabiqul khairat Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Surakarta, 07 Juli 2011

SURYANTO

(9)

DAFTAR ISI

(10)

G. Teknik Analisis Data ... 26

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN ... 27

A. Hasil Penelitian ... 27

B. Pembahasan ... 135

BAB V SIMPULAN DAN SARAN ... 138

A. Simpulan ... 138

B. Saran ... 138 DAFTAR PUSTAKA

(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman

(12)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran

1. Foto Halaman SD Negeri I Japanan dan Foto Siswa 2. Daftar Nama Siswa

3. Hasil Karangan

4. Surat Keterangan Ijin Riset

(13)

ABSTRAK

PEMEROLEHAN KATA, KLAUSA DAN KALIMAT ANAK USIA 8-10 TAHUN

MELALUI PENULISAN CERITA YANG DIFILMKAN

Suryanto, A 310 070 220, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah

Surakarta, 2011. 138 halaman

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan secara objektif tentang pemerolehan kata, klausa, dan kalimat pada anak usia 8-10 tahun di SD Negeri I Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan teknik simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu data yang diperoleh selanjutnya dikelompokkan ke dalam kategori yang telah ditentukan. Setelah data terkumpul, lalu dianalisis dengan metode agih dengan teknik lanjutan menggunakan yeknik lesap dan teknik ganti.

Hasil penilitian pemerolehan kata dapat disimpulkan bahwa anak-anak usia sekolah dasar kelas IV dalam penulisan cerita yang difilmkan lebih banyak memunculkan kata nomina, urutan selanjutnya kata verba, kata tugas, kata adverbia, kata pronomina, kata adjektiva, dan paling sedikit kemunculannya adalah kata numeralia. Pemerolehan kata yang paling banyak dihasilkan oleh Ayuk Novita Yanti dengan pemerolehan 132 kata.

Hasil penilitian pemerolehan klausa dan kalimat dapat disimpulkan bahwa anak-anak usia sekolah dasar kelas IV dalam penulisan cerita yang difilmkan lebih banyak memunculkan kalimat tunggal, urutan berikutnya adalah kalimat majemuk, klauasa verba, klausa adjektiva, klausa preposisi, dan urutan paling sedikit kemunculannya adalah klausa nomina, klausa numeralia, serta pronomina. Pemerolehan klausa terbanyak yaitu Alfia Nisa Widhiyastuti dengan memperoleh 10 klausa. Pemerolehan kalimat terbanyak yaitu Hilda Suryani dengan memperoleh 15 kalimat.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...