PENGARUH SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN Pengaruh Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Perilaku Oportunistik Penyusun Anggaran (Studi Kasu

Teks penuh

(1)

i

PENGARUH SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN,

PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN

DANA ALOKASI KHUSUS TERHADAP PERILAKU

OPORTUNISTIK PENYUSUN ANGGARAN

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh :

FITRIA SEPTIANI

B 200 120 275

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

PENGESAHAN

Yang bertanda tangan dibawah ini telah membaca skripsi dengan judul:

PENGARUH SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM DAN DANA ALOKASI KHUSUS

TERHADAP PERILAKU OPORTUNISTIK PENYUSUN ANGGARAN

SE-KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE

2012-2013”

Yang ditulis oleh :

NAMA : FITRIA SEPTIANI

NIM : B 200 120 275

Penandatangan berpendapat bahwa skripsi tersebut telah memenuhi syarat untuk diterima.

Mengetahui,

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Surakarta

(Dr. Triyono, SE, M.Si)

Surakarta, Februari 2016 Pembimbing,

(3)

iii

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartosuro, Surakarta, Telp. (0271) 717417 - 57102

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : FITRIA SEPTIANI NIRM : 06.6.106.02030.50275 Jurusan : AKUNTANSI

Judul Skripsi : PENGARUH SISA LEBIH PEBIAYAAN ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI

UMUM, DAN DANA ALOKASI KHUSUS

TERHADAP PERILAKU OPORTUNISTIK

PENYUSUNAN ANGGARARAN

SE-KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI JAWA TENGAH

PERIODE 2012-2013

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya buat dan serahkan ini merupakan hasil karya saya sendiri, kecuali kutipan-kutipan dan ringkasan-ringkasan yang semuanya telah saya jelaskan sumbernya. Apabila kemudian hari terbukti bahwa skripsi ini hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi apapun dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan atau gelar dan ijazah yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta batal saya terima.

Surakarta, Februari 2016 Yang Membuat Pernyataan,

(4)

MOTTO

Jika seseorang berpergian dengan tujuan untuk mencari ilmu, maka

Allah SWT akan menjadikan perjalanannya bagaikan perjalanan

menuju surga

(Nabi Muhammad SAW)

"Mereka berkata bahwa setiap orang membutuhkan tiga hal yang

akan membuat bahagia didunia ini, yaitu: seseorang untuk dicintai,

sesuatu untuk dilakukan dan sesuatu untuk diharapkan

(Tom Bodett)

Always be yourself no matter what they say and never be anyone

else even if they look better than you

(Fitria Septiani)

to get a success, your courage must be greater than your fear

(5)

v

PERSEMBAHAN

Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-NYA hingga terselesaikan skripsi ini, kupersembahkan untuk:

Allah SWT yang telah memberikan anugerah sepanjang hidupku dan senantiasa mencurahkan nikmat serta hidayah-Nya

Rosululloh SAW semoga shalawat dan salam selalu tercurah kepada Beliau Nabi Muhammad SAW, keluarga serta sahabat.

 Mamah Sri Suwarni dan Abah Muhammad Awud Sungkar tercinta, terimakasih atas lantunan doa yang tidak pernah terputus, kasih sayang dan cinta yang abadi, pengorbanan serta perjuangan yang tidak mungkin dapat Fitria balas dengan apapun didunia ini, butiran-butiran keringat yang menjadikanku tumbuh yang Insya Allah selalu Istiqomah menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi wanita yang Sholehah seperti kedambaan Mamah dan Abah, kekuatan serta nasehat yang membuat Fitria mengerti bahwa hidup ini tidak seindah yang dibayangkan.

Semoga Allah memanjangkan umur Mamah dan Abah sehingga kami sekeluarga selalu bersama dalam kebahagiaan, kasih sayang, canda, dan tawa. Mohon maaf apabila Fitria belum sempurna menjadi apa yang beliau inginkan. Semoga Allah mengumpulkan kita sekeluarga di Syurga Amin Ya Robalalamin.

(6)

 Adekku yang cantik Fathiyah terimakasih atas kasih sayangnya, perhatianmu yang sekedarnya dan tingkahmu yang konyol selalu memberi tempat tersendiri dihati kakak. Pesan dari kakak, kamu harus lebih pinter dan lebih membanggakan dari pada kakak agar Mamah Abah bangga bahwa kita bukan hanya pinter dandan tapi pinter cari uang hahaha . Follow your heart dek!!!

 Keluarga besarku bin Sungkar terimakasih atas dukungan, kasih sayang, nasihat yang tiada henti dan canda tawa setiap waktu. Semoga kita semakin solid. Untuk Alma Kakek, Alm Nenek, Alma Umik, Alm Enjit semoga Fitria dapat membanggakan beliau .

 Kakak-kakak tercinta Kak Muna, Kak Erna, Kak Novel, Kak Susan, Kak Nanda, Kak Jihan, Kak Sonia, Kak Farid, Sasi, bela, jihan, Ameh-ameh tersayang, Bunda Neneng, Alm Papa Har tercinta dan ponakan-ponakan yang gemesin terimakasih sudah memberikan sudah memberikan warna-warni kehidupan yang indah dan yang belum ku sebut, kalian tetap dalam jiwa. Aku bersyukur memiliki kalian.

 Sahabatku yang super Vita Wijayanti (Emod Suremod/anake pak kumis) dan Fisa Aprilia Muhayanah tidak mampu bibir ini untuk berkata lebih banyak melainkan hati yang selalu mendoakan agar kalian selalu dibimbing oleh Allah ke jalan yang benar untuk meraih kesuksesan dan semoga kita selalu solid dalam kebersamaan.

 Sahabatku lain yang tidak kalah super Ipeh (Dyah Hanivah), Cempluk (Lilis), Cantika (Agustian), Gambreng (Fradilla), Mbogde (Yuliana si koki handal), Prastika, Sem (Rifai), Rengga, Mas Toyo, Dini Inka Safitri (malaikat penolong), Ismoyo (sesama JONES), Cak Lontong (Riky), Firdaus, Arif Budi, Alif, Bagus, Adi Nugroho, Aqsho, Tantri, Muftafida, Norma Anisa, Nurul, Rendy (biang Jarkom), Pak Rochim, Reuty, Febri, Rica, Wibi, Adel dan sahabat rumah entah cew/cow di Semanggi maupun Soba.

(7)

vii

atas canda, tawa dan haru yang sudah menyelimuti kebersamaan kita, aku sayang kalian dan gak mungkin bisa nglupain kalian!! Sukses buat kalian!!  Sahabatku semasa SMA Surya Dewi (uhtiyun), Cik Imah, Ira, Siti, Himawan, Stiandi, Nanang dan yang lainnya semoga sukses kuliahnya cepat wisuda dan bagi yang sudah lulus supaya cepat di beri pekerjaan yang mapan. Miss you semoga kita selalu diberikan waktu untuk meetup

.

 Mbak Mita (Ny. Pramita Cakrawala) terimakasih banyak atas nasehatmu yang begitu sempurna sehingga membuatku mengerti arti hidup, membuatku bangkit dari keterpurukan, menasihati tentang jodoh yang dikirimkan Allah untuk orang yg baik dan rasa bersyukur yang tiada henti. Walaupun kita belum sempat untuk bertemu namun keakraban kita melebihi kakak adik sekandung. Semoga Allah membalas kebaikan mbak selama ini dan jangan pernah berhenti menasihatiku mbak.

(8)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat hidayah-Nya serta memberikan kekuatan, ketabahan, kemudahan dan kedamaian berfikir dalam menyelesaikan penyusunan skripsi yang berjudul “PENGARUH SISA LEBIH PEMBIAYAAN ANGGARAN, PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DAN DANA

ALOKASI KHUSUS TERHADAP PERILAKU OPORTUNISTIK

PENYUSUNAN ANGGARAN SE-KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI

JAWA TENGAN PERIODE 2012-2013” dengan lancar.

Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk melengkapi dan memnuhi syarat guna mencapai gelar Sarjana Ekonomi Progran Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penulis Menyadari sepenuhnya tanpa adanya bimbingan. Dorongan, dan dorongan dari berbagai pihak, penulis tidak akan mampu melaksanakan skripsi ini dengan baik. Maka dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan terimakasih kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Bambang Setiaji selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta

2. Bapak Dr. Triyono, SE, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

3. Bapak Dr. Zulfikar, SE, M.Si selaku Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

4. Bapak Dr. Zulfikar, SE, M.Si selaku Pembimbing Utama yang dengan sabar, dan perhatian telah memberikan pengarahan, bimbingan dan dorongan selama proses penyusunan skripsi

(9)

ix

6. Seluruh Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi penulis.

7. Seluruh Staf dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

8. Mamah dan Abah yang telah banyak memberikan bantuan baik materiil dan moril sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dan studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

9. Sahabat-sahabatku yang selalu ada untuk memberikan semangat dan dukungan.

10. Teman-temanku seperjuangan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis kelas G angkatan 2012 yang setia menemani dan memberikan dukungan yang tiada henti.

11. Semua pihak yang telah membantu dan yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu

Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu kritik dan saran pembaca yang bersifat membangun sangat penulis apresiasi. Semoga skripsi ini dapat diterima dan bermanfaat bagi peneliti sendiri, pembaca, dan pihak-pihak yang membutuhkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, Januari 2016 Penulis

(10)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... iii

HALAMAN MOTTO ... iv

2. Aspek Keperilakuan dalam Penganggaran ... 19

3. Perilaku Oportunistik pada Penyusun Anggaran ... 20

(11)

xi

5. Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA)... 23

6. Pendapatan Asli Daerah (PAD) ... 24

7. Dana Alokasi Umum (DAU) ... 25

8. Dana Alokasi Khusus (DAK) ... 25

B.Penelitian Terdahulu ... 26

C.Kerangka Pemikiran... 30

D.Pengembangan Hipotesis ... 32

BAB III. METODE PENELITIAN ... 36

A.Desain Penelitian ... 36

B.Populasi dan Sampel Penelitian ... 36

C.Jenis dan Sumber Data ... 37

D.Variabel Penelitian dan Pengukurannya ... 37

E.Metode Analisis Data ... 41

1. Analisis Statistik Deskriptif ... 41

2. Uji Asumsi Klasik ... 42

a. Uji Normalitas ... 42

b. Uji Multikolinieritas ... 43

c. Uji Heteroskedastisitas ... 44

d. Uji Autokorelasi ... 44

3. Metode Regresi Linier Berganda ... 46

4. Uji Ketetapan Model ... 46

a. Uji Silmultan (Uji F) ... 46

b. Uji Koefisien Determinasi (Uji R2) ... 47

5. Pengujian Hipotesis ... 47

a. Uji Signifikansi Parsial (Uji T) ... 47

BAB IV. ANALISIS DATA DAN PEMBAHASAN ... 49

A.Deskripsi Data Penelitian ... 49

B.Hasil Analisis Statistik Deskriptif ... 50

(12)

D.Hasil Pengujian Asumsi ... 53

1. Uji Normalitas ... 53

2. Uji Multikolinieritas ... 54

3. Uji Heteroskedastisitas ... 55

4. Uji Autokorelasi ... 56

E.Uji Ketetapan Model ... 57

1. Uji Silmultan (Uji F) ... 57

2. Uji Koefisien Determinasi (R2) ... 58

F.Pengujian Hipotesis ... 59

G.Pembahasan Hasil Penelitian ... 60

BAB V. PENUTUP ... 71

A.Kesimpulan ... 71

B.Keterbatasan Penelitian ... 72

C.Saran ... 73 DAFTAR PUSTAKA

(13)

xiii

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Ringasan Penelitian Terdahulu ... 28

Tabel 4.1. Sampel Penelitian ... 50

Tabel 4.2. Statistik Deskriptif ... 51

Tabel 4.3. Hasil Uji Regresi ... 52

Tabel 4.4. Hasil Uji Normalitas Data ... 54

Tabel 4.5. Hasil Uji Multokolinieritas ... 55

Tabel 4.6. Hasil Uji Heteroskedastisitas ... 56

(14)

DAFTAR GAMBAR

(15)

xv

DAFTAR LAMPIRAN

(16)

ABSTRACT

Opportunistic behavior is behavior that is trying to achieve they wish by all means in a way that is illegal. Even though, can lead to principal-agent relationships that occur within a contract eventually lead to the occurrence of adverse selection (hiding information) and moral hazard (abuse of authority). Thus this study aims to examine whether there are opportunistic behavior in budgeting SiLPA, PAD, DAU and DAK.

The population used in this study are all APBD Kab / Kota in Central Java province consists of 29 districts and 6 cities. The research sample was determined by purposive sampling method. The samples used were 48 for 2 years so that each of the existing 24 districts / cities, with details of 42 counties and six cities. The hypothesis test uses multiple linear regression analysis.

The model results of this study indicate that (1) SiLPA no effect on opportunistic behavior in budgeting at the district / city in Central Java province; (2) PAD opportunistic behavior has no effect on the budget in the District / City in the province of Central Java; (3) DAU significant effect on opportunistic behavior in budgeting at the district / city in Central Java province; (4) DAK significant effect on opportunistic behavior in budgeting at the district / city in Central Java province.

(17)

xvii ABSTRAK

Perilaku Oportunistik yaitu perilaku yang berusaha mencapai keinginannya dengan segala cara bahkan dengan cara yang illegal sekalipun, dapat menyebabkan hubungan prinsipal-agen yang terjadi dalam suatu kontrak akhirnya mengarah pada terjadinya adverse selection (menyembunyikan informasi) dan

moral hazard (penyalahgunaan wewenang). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakan terdapat perilaku oportunistik dalam penyusunan anggaran SiLPA, PAD, DAU dan DAK.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh APBD Kab/Kota di Provinsi Jawa Tengah yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 48 selama 2 tahun sehingga masing-masing ada 24 kab/kota, dengan rincian 42 kabupaten dan 6 kota. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil model penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SiLPA tidak berpengaruh terhadap perilaku oportunistik penyusunan anggaran di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah; (2) PAD tidak berpengaruh terhadap perilaku oportunistik penyusunan anggaran di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah; (3) DAU berpengaruh signifikan terhadap perilaku oportunistik penyusunan anggaran di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah; (4) DAK berpengaruh signifikan terhadap perilaku oportunistik penyusunan anggaran di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...