• Tidak ada hasil yang ditemukan

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA PERIODE 2012

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA PERIODE 2012"

Copied!
22
0
0

Teks penuh

(1)

NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM

DALAM UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

PERIODE 2012

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)

Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Oleh M. ZAENUDIN

G 000 090 189

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2013

(2)
(3)
(4)
(5)

v MOTTO





































































































“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar” (QS. Al-Baqarah: 255).















































































“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi dan dari kuda-kuda yang ditambat untuk berperang (yang dengan persiapan itu) kamu menggentarkan musuh Allah dan musuhmu dan orang orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; sedang Allah mengetahuinya. apa saja yang kamu nafkahkan pada jalan Allah niscaya akan dibalasi dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dianiaya (dirugikan)” (QS. Al-Anfaal: 60).

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Teriring do’a di setiap langkah penulis, dan dengan ridla Allah SWT serta dengan kerendahan hati, karya sederhana ini penulis persembahkan untuk:

Ayahanda Amin (Alm), Ibunda Yatmi tercinta yang telah mendidik, merawatku

serta tak pernah letih memanjatkan do’a untuk anak-anak-Nya

Kakak ku Mas Syafi’i yang tak pernah lelah memberi motivasi.

Teman-teman di Panti Asuhan Islamic Centre yang selalu memberi keceriaan

dalam hidup ini

Almamaterku Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran, serta

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, tempat di mana penulis menimbah ilmu.

Teman-teman Azzavitium yang sejatinya menjadi saudara sepenanggungan

menjalani hidup mencari jati diri, mengajarkan keceriaan sepanjang waktu, serta tegar dan ikhlas dalam menjalani hidup ini

Mas Edi, Mas Hailan, Mas Latief, Mas Hoer, Mas Nasrullah, Mas Arief, Zahid, Haiqal, Toha, Rois, Asnawi, Rahmad, Solichin, Tahlil, Khoirin, Sutiman, Agusnin, Huda yang telah memberikan inspirasi dalam penulisan skripsi ini.

Teman-teman seperjuangan Almamater FAI UMS angkatan 2009

(7)

vii

TRANSLITERASI

1. Konsonan

Huruf

Arab Nama Huruf Latin Nama

ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م َ ن Alif ba’ ta’ śaʼ jim ha’ kha dal dż ra’ zai sin syin shad dhad tha zha ‘ain ghain fa qaf kaf lam mim nun - b t ś j h kh d dż r z s sy sh dh th zh ‘ gh f q k l m n - be te

es (dengan titik di atas) je

ha (dengan garis di bawah) ka dan ha

de

de dan zet (dengan titik di atas) er zet es es dan ye es dan ha de dan ha te dan ha zet dan ha

koma terbalik (depan huruf a,i,u) ge dan ha ef qi ka ‘el em ‘en

(8)

viii و ه ء ي wau ha’ hamzah ya w h

ˈ

y w ha

apostrof (setelah huruf a,i,u) ye

2. Vokal

a. Tanda Tunggal Tanda

Vokal Nama Huruf Latin Nama

Fathah a A

Kasrah i I

Dammah u U

b. Vokal Rangkap

Tanda Nama Huruf Latin Nama

َ ي Fathah dan Ya Ai a-i

َ و Fathah dan Wau Au a-u

c. Vokal Panjang (Maddah)

Tanda Nama Huruf Latin Nama

َ ا Fathah dan Alif - a dengan garis di atas

ي Kasrah dan Ya - i dengan garis di atas

(9)

ix

ABSTRAK

Islam merupakan agama yang diridhoi oleh Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari segala sesuatunya diatur dalam Islam. Untuk bisa menjalankan segala sesuatu maka dengan cara Islam, dalam hal ini dapat diambil nilai-nilai pendidikan Islam yang menjadi dasar berperilaku umat Islam. Banyak cara yang bisa digunakan pada zaman sekarang sebagai cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam seperti diskusi, seminar, dan organisasi.

Singkatnya, apa yang selalu mereka kerjakan dan mereka sukai, disanalah seseorang bisa menjadikannya media untuk menyampaikan pendidikan Islam. Hal semacam ini bisa dilakukan di antaranya melalui organisasi. Salah satunya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci mudah diterima anggota Tapak Suci karena para anggota Tapak Suci suka dan tidak merasa beban dalam mengikuti kegiatan Tapak Suci.

Rumusan masalah dalam penelitian ini, apa pendapat anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta pada periode 2012 terhadap nilai–nilai pendidikan Islam serta apa pendapat anggota terhadap cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tapak Suci. Tujuan dari penelitian ini adalah Ingin mengetahui pendapat anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta pada periode 2012 terhadap nilai–nilai pendidikan Islam serta cara menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Tapak Suci. Adapun penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai khazanah keilmuan terutama dalam bidang ilmu pendidikan Islam tentang metode penanaman nilai-nilai Islam dalam pendidikan non-formal Tapak Suci. Serta bagi masyarakat dan khususnya pecinta Pencak Silat, berupa nilai-nilai pendidikan Islam yang dapat diperoleh melalui pendidikan non-formal Tapak Suci.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bertempat di UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sumber data yang digunakan berupa wawancara, dokumen serta buku-buku tentang pendidikan Islam. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan menggunakan metode anlisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini ditemukan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai berikut: pertama, nilai pendidikan keimanan yaitu: nilai tauhîd dan nilai pengawasan, kedua, nilai pendidikan akhlak yaitu: nilai siap siaga, nilai membela keadilan dan kebenaran, nilai mencari perdamaian dan kasih sayang dan nilai taat pada pimpinan adapun yang ketiga, nilai pendidikan ibadah yaitu: nilai kepatuhan dan nilai keterpautan hati dengan Allah. Adapun cara menanamkan nilai-nilai pendidikan islam yaitu melalui beberapa metode: metode hiwār (percakapan), metode qishshah (cerita), metode amtśāl (perumpamaan), metode uswah (keteladanan), metode pembiasaan, metode ‘ibrah dan mau’izah, metode jidāl (perdebatan dengan cara yang baik) serta metode targhīb dan tarhīb (janji dan ancaman).

(10)

x

KATA PENGANTAR

ا

ِف َرْش َا َىلَع ُم َلاَّسل ا َو ُة َلاَّصلا َو َنْيِمَل اَعْل ا ِّب َر ِللهِ ُدْمَحل

ُدْعَب اَّمَا َنْيِعَمْجَا ِهِبْحَص َو ِهِلَا َىلَع َو َنْيِلَس ْرُملْا َو ِءاَيِبْن َلاْ ا

Segala puji syukur “Alhamdulillahirobbil-alamin” disampaikan ke hadirat Allah, Tuhan semesta alam, Sang pemberi petunjuk, Sang pemberi pertolongan dan Sang maha segalanya yang telah memberikan kemudahan bagi penulis untuk menyelesaikan skripsi ini. Shalawat serta salam tetap penulis curahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan orang-orang yang selalu berjuang di jalan Allah SWT. Karena jasa beliau yang telah memberikan contoh suri tauladan yang baik sehingga secara tidak langsung penulis termotivasi menyelesaikan skripsi ini sebagai bagian dari menuntut ilmu.

Selama pembuatan skripsi ini, tidak sedikit kesulitan dan hambatan yang dialami oleh penulis, baik yang menyangkut pengaturan waktu, pengumpulan data maupun pembiayaan dan sebagainya. Namun, dengan hidayah dan inayah Allah SWT dan berkat kerja penulis disertai dorongan dan bantuan dari berbagai pihak, maka segala kesulitan dan hambatan itu dapat diatasi dengan sebaik-baiknya sehingga skripsi ini dapat diselesaikan pada waktunya. Keberhasilan penulisan skripsi ini tidak terlepas dari motivasi, dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, khususnya kepada:

(11)

xi

1. Dr. M. A. Fattah Santoso, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Drs. Zaenal Abidin, M.Pd., selaku Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag., selaku pembimbing I yang dengan sabar dan tekun menyisihkan waktu dari kesibukan untuk membimbing, mengarahkan dan memberi petunjuk serta saran kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

4. Drs. Muhammad Yusron, M.Ag., selaku pembimbing II, yang telah membimbing dan mengarahkan penulis selama proses penyusunan skripsi sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.

5. Segenap dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta atas ilmu, bimbingan, arahan, kritik, saran, motivasi dan nasehat-nasehatnya.

6. Drs. Imron Rosyadi, M.Ag. selaku direktur Pondok Muhammadiyah Hajjah Nuriyah Shabran, beserta segenap dosen, serta bapak Mutohharun Jinan, S.Ag. M.Ag., Mas Furqon Mawardi, S.Pd.I., yang telah memberi masukan dan motivasi yang sangat bermanfaat bagi penulis dalam menempuh studi dan menyelesaikan skripsi ini.

7. Kepada seluruh pihak UKM Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta yang membantu proses penelitian dan penyusunan skripsi ini.

(12)

xii

8. Semua pihak yang tak bisa disebutkan satu-persatu, terima kasih atas segala bantuan dan dukungannya.

Semoga amal kebaikan kalian semua bernilai ibadah dan diganjar berlipat-lipat pahala dan kebaikan oleh Allah SWT. Tanpa jasa dan dukungan dari kalian mungkin takkan bisa penulis menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Selanjutnya, bak kata pepatah “tak ada gading yang tak retak”, ketiada sempurnaan tulisan ini penulis berharap semoga bermanfaat bagi semua pihak dan terutama bagi mereka yang tamak akan ilmu pengetahuan.

Surakarta, 05 Februari 2013 Penulis

(13)

xiii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

NOTA DINAS PEMBIMBING ... ii

PENGESAHAN ... iii

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... iv

HALAMAN MOTTO ... v

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vi

PEDOMAN TRANSLITERASI ... vii

ABSTRAK ... ix

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xiii

DAFTAR TABEL ... xviii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Penegasan Istilah ... 6

C. Rumusan Masalah ... 7

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 8

E. Kajian Pustaka ... 9

F. Metode Penelitian ... 10

(14)

xiv

BAB II NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DAN UKM TAPAK

SUCI ... 15

A. Nilai-nilai Pendidikan Islam ... 15

1. Pengertian Nilai ... 15

2. Pengertian Pendidikan Islam ... 15

3. Landasan dan Tujuan Pendidikan Islam ... 17

4. Macam-macam nilai Pendidikan Islam ... 23

a. Nilai Pendidikan Keimanan ... 24

1) Nilai Tauhîd ... 24

2) Nilai Pengawasan ... 25

b. Nilai Pendidikan Akhlak ... 26

1) Nilai Siap Siaga ... 26

2) Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran ... 27

3) Nilai Mencari Penrdamaian dan Kasih Sayang 28

4) Nilai Taat pada Peraturan ... 38

c. Nilai Pendidikan Ibadah ... 39

1) Nilai Kepatuhan ... 40

2) Nilai Keterpautan Hati dengan Allah ... 41

5. Metode Pendidikan Islam ... 44

a. Metode Hiwār atau Percakapan ... 45

b. Metode Qishshah atau Cerita ... 46

c. Metode Amtśāl atau Perumpamaan ... 48

(15)

xv

e. Metode Pembiasaan ... 51

f. Metode ‘Ibrah dan Mau’izah ... 52

g. Metode Jidāl (perdebatan dengan cara yang baik) ... 54

h. Metode Targhīb dan Tarhīb (Janji dan Ancaman) ... 55

B. UKM Tapak Suci ... 57

1. Pengertian Unit Kegiatan Mahasiswa ... 57

2. Dasar Unit Kegiatan Mahasiswa ... 57

3. Tujuan Unit Kegiatan Mahasiswa ... 57

4. Sejarah Tapak Suci ... 58

5. Maksud dan Tujuan ... 60

6. Sifat dan Kepribadian Tapak Suci ... 61

7. Do’a Pembuka Tapak Suci ... 61

8. Do’a Penutup Tapak Suci ... 62

9. Motto Tapak Suci ... 62

10.Ikrar Tapak Suci ... 62

11.Makna Lambang Perguruan Tapak Suci ... 63

12.Jenjang Pendidikan atau Tingkatan Tapak Suci ... 63

BAB III POFIL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM UKM TAPAK SUCI UMS ... 65

A. Gambaran Umum UKM Tapak Suci UMS ... 65

1. Sejarah Berdiri ... 65

2. Latar Geografis ... 65

(16)

xvi

4. Personalia Pimpinan Anggota dan Program kerja ... 67

5. Sarana-prasarana dan Program Kerja ... 74

B.Pendapat tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tapak Suci ... 79

C.Pendapat tentang Cara Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tapak Suci ... 88

BAB IV ANALISIS DATA ... 95

A.Analisis Pendapat Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012 tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Tapak Suci ... 96

1. Nilai Pendidikan Iman ... 96

a. Nilai Tauhîd ... 97

b. Nilai Pengawasan ... 98

2. Nilai Pendidikan Akhlak ... 99

a. Nilai Siap Siaga ... 99

b. Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran ... 101

c. Nilai Mencari Perdamaian dan Kasih Sayang ... 102

d. Nilai Taat pada Pimpinan ... 104

3. Nilai Pendidikan Ibadah ... 106

a. Nilai Kepatuhan ... 106

(17)

xvii

B.Analisis Pendapat Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2012 terhadap Cara Menanamkan Nilai-nilai

Pendidikan Islam dalam Tapak Suci ... 111

1. Metode Hiwār atau percakapan ... 111

2. Metode Qishshah atau cerita ... 112

3. Metode Amtśāl atau perumpamaan ... 114

4. Metode Uswah atau keteladanan ... 116

5. Metode Pembiasaan ... 117

6. Metode ‘Ibrah dan Mau’izah ... 119

7. Metode Jidāl (perdebatan dengan cara yang baik) ... 121

8. Metode Targhīb dan Tarhīb (Janji dan Ancaman) ... 122

BAB V PENUTUP ... 125 A. Kesimpulan ... 125 B. Saran ... 126 C. Kata Penutup ... 127 DAFTAR PUSTAKA ………... 129 LAMPIRAN

(18)

xviii

DAFTAR TABEL

KETERANGAN HALAMAN

Tabel 1. Respon Pelatih terhadap Nilai Tauhid dalam Tapak Suci

80

Tabel 2. Respon Pelatih terhadap Nilai Pengawasan dalam Tapak Suci

80

Tabel 3. Respon Pelatih terhadap Nilai Siap Siaga dalam Tapak Suci

81

Tabel 4. Respon Pelatih terhadap Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran dalam Tapak Suci

81

Tabel 5. Respon Pelatih terhadap Nilai Mencari Perdamaian dan Kasih Sayang dalam Tapak Suci

82

Tabel 6. Respon Pelatih terhadap Nilai Taat pada Pimpinan dalamTapak Suci

82

Tabel 7. Respon Pelatih terhadap Nilai Kepatuhan dari Ibadah dalam Tapak Suci

83

Tabel 8. Respon Pelatih terhadap Nilai Keterpautan Hati Kepada Allah dalam Tapak Suci

83

Tabel 9. Respon Siswa terhadap Nilai Tauhid dalam Tapak Suci

84

Tabel 10. Respon Siswa terhadap Nilai Pengawasan dalam Tapak Suci

(19)

xix

Tabel 11. Respon Siswa terhadap Nilai Siap Siaga dalam Tapak Suci

85

Tabel 12. Respon Siswa terhadap Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran dalam Tapak Suci

85

Tabel 13. Respon Siswa terhadap Nilai Mencari Perdamaian dan Kasih Sayang dalam Tapak Suci

86

Tabel 14. Respon Siswa terhadap Nilai Taat pada Pimpinan dalam Tapak Suci

86

Tabel 15. Respon Siswa terhadap Nilai Patuh Ibadah dalam Tapak Suci

87

Tabel 16. Respon Siswa terhadap Nilai Keterpautan Hati Kepada Allah dalam Tapak Suci

87

Tabel 17. Respon Pelatih terhadap Metode Penanaman Nilai Pendidikan Islam dalam Tapak Suci

89

Tabel 18. Respon atau tanggapan Siswa Terhadap Metode Penanaman Nilai Pendidikan Islam dalam Tapak Suci

92

Tabel 19. Data Persentase pendapat Nilai Tauhîd pada Pelatih 97

Tabel 20. Data Persentase pendapat Nilai Tauhîd pada siswa 97

Tabel 21. Data Persentase pendapat Nilai Pengawasan pada Pelatih

98

Tabel 22. Data Persentase pendapat Nilai Pengawasan pada Siswa

98

(20)

xx Pelatih

Tabel 24. Data Persentase pendapat Nilai Siap Siaga pada Siswa 100

Tabel 25. Data Persentase pendapat Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran pada Pelatih

101

Tabel 26. Data Persentase pendapat Nilai Membela Keadilan dan Kebenaran pada Siswa

101

Tabel 27. Data Persentase pendapat Nilai Mencari Perdamaian dan Kasih Sayang pada Pelatih

103

Tabel 28. Data Persentase pendapat Nilai Mencari Perdamaian dan Kasih Sayang pada Siswa

103

Tabel 29. Data Persentase pendapat Nilai Taat pada Pimpinan pada Pelatih

104

Tabel 30. Data Persentase pendapat Nilai Taat pada Pimpinan pada Siswa

105

Tabel 31. Data Persentase pendapat Nilai Kepatuhan dengan Allah pada Pelatih

107

Tabel 32. Data Persentase pendapat Nilai Kepatuhan dengan Allah pada Siswa

107

Tabel 33. Data Persentase pendapat Nilai Keterpautan Hati dengan Allah pada Pelatih

109

Tabel 34. Data Persentase pendapat Nilai Keterpautan Hati dengan Allah pada Siswa

109

(21)

xxi pada Pelatih

Tabel 36. Data Persentase Pendapat tetang Metode Percakapan pada Siswa

112

Tabel 37. Data Persentase Pendapat tetang Metode Cerita pada Pelatih

113

Tabel 38. Data Persentase Pendapat tetang Metode Cerita pada Siswa

113

Tabel 39. Data Persentase Pendapat tetang Metode Perumpamaan pada Pelatih

114

Tabel 40. Data Persentase Pendapat tetang Metode Perumpamaan pada Siswa

115

Tabel 41. Data Persentase Pendapat tetang Metode Keteladanan pada Pelatih

116

Tabel 42. Data Persentase Pendapat tetang Metode Keteladanan pada Siswa

117

Tabel 43. Data Persentase Pendapat tetang Metode Pembiasaan pada Pelatih

118

Tabel 44. Data Persentase Pendapat tetang Metode Pembiasaan pada Siswa

118

Tabel 45. Data Persentase Pendapat tetang Metode Nasihat pada Pelatih

120

Tabel 46. Data Persentase Pendapat tetang Metode Nasihat pada Siswa

(22)

xxii

Tabel 47. Data Persentase Pendapat tetang Metode Debat pada Pelatih

121

Tabel 48. Data Persentase Pendapat tetang Metode Debat pada Siswa

122

Tabel 49. Data Persentase Pendapat tetang Metode Janji dan Ancaman pada Pelatih

123

Tabel 50. Data Persentase Pendapat tetang Metode Janji dan Ancaman pada Siswa

Gambar

Tabel  47.  Data  Persentase  Pendapat  tetang  Metode  Debat  pada

Referensi

Dokumen terkait

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian ekstrak etanol bit merah dapat memberi efek proteksi terhadap kerusakan histologis sel hepar

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bahan antibakteri dari cac- ing tanah Al/olobophora rosea dan antibakteri yang dihasilkan oleh rnikroba dalam tubuh cacing tersebut

Think Pair Share dalam pembelajaran tematik terintegrasi pada tema benda-benda di lingkungan sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Poncomulyo (2)

What are the characteristics of the school financial management for students of poor families at SD Negeri Batursari 6 Mranggen Demak.. What is the accountability of

menekan biaya produksi sebesar 25,64 persen dari susu Sari biji nangka dapat digunakan sebagai alternatif. pengganti susu sapi dan

aksentuasi pada gerakan Cianjur Agamis yang terimplementasikan dalam aktiftas perdagangan yaitu direalisasikan pendirian pasar tradisional syariah di Kecamatan Campaka

Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B,C,D, dan E).. Takabonerate berada

Seiring dengan kebijakan itu, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan-kebijakan,seperti: BLSM, Raskin, Beasiswa dan Bantuan transportasi.. Kebijakan tsb tidak lepas