TUGAS NEW DIGITAL ECONOMY ANALISIS MACAM

Teks penuh

(1)

TUGAS NEW DIGITAL ECONOMY

ANALISIS MACAM – MACAM JARINGAN BISNIS DAN

KONSUMEN

Oleh:

Rani Putri Yasmin

(1401154452)

MB-38-08

(2)

New Digital Economy

1 .

Customer To Business (C2B) => Olx.Com

eProduct &

eService Pada Olx.Com yang di sajikan kepada konsumen untuk konsumenlainnya, biasanya dalam bentuk barang, karena Olx.Com ini berorientasi pada penjualan secara online dalam bentuk barang, khususnya dalam bentuk barang bekas.

eProcurement Olx.Com tentunya harus menyediakan barang terlebih bagi orang yang memposting menegenai suatu barang. Olehkarena nya barang tersebut harus ada, dan jika sudah terjual maka harus di beri semacam tanda agar konsumen dapat mengetahui bahwa prodak tersebut sudah terjual atau masih ada.

eMarketing Untuk informasi adanya Olx.Com di siarkan pada Televisi maupun iklan – iklan pada smartphone, sehingga membuat konsumen menjadi tahu mengenai Olx.Com itu sendiri. Sedangkan segmen pasar dari Olx.Com hampir untuk semua usia, mengingat mudahnya akses Olx.Com dan juga bisnis tersebut di peruntukkan untuk konsumen dan dari konsumen.

eContracting

eDistribution Pendistribusian barang di lakukan dengan jasa pengiriman barang ataupun bertemu secara tatap muka antara penjual dengan konsumen, dengan dibuat kesepakatan terlebih dahulu antara keduanya.

ePayment Pembayaran di lakukan dengan metode transfer apabila konsumen dengan penjual tidak bertemu, bisa juga dengan bayar secara tunai apabila penjual dan pembeli melakukan kesepakatan untuk bertemu eCustomer

Relationship Management

Tingkat kepuasan konsumen mengenai pembelian yang di lakukan di Olx.Com membuat konsumen menjadi loyal, karenaa barang yang di jual berkualitas dan terjamin dari segala sisinya.

2 .

Customer To Customer (C2C) => Online Shop (Instagram,Facebook,Dll)

eProduct &

eService Yang di sajikan atau di jual pada Online Shop yang ada diInstagram, Facebook dan lain – lain, bisa berupa barang ataupun jasa. Namun biasanya yang di jajakan pada Online Shop tersebut berupa barang.

eProcurement Persediaan barang bisa berupa stok ataupun PO sehingga barang akan di buat jika ada pesanan dari konsumen.

eMarketing Pemasaran prodak ataupun jasanya bisa di pasarkan melalui akun sosial media ataupun yang sedang menjadi trend di kalangan Online Shop untuk memasarkan prodaknya yaitu dengan cara men-Endorse kalangan artis atau tokoh publik lainnya yang memiliki pengikut pada akun sosial media yang banyak.

(3)

eDistribution Pendistribusian barang di lakukan dengan jasa pengiriman barang ataupun bertemu secara tatap muka antara penjual dengan konsumen, dengan dibuat kesepakatan terlebih dahulu antara keduanya.

ePayment Pembayaran di lakukan dengan metode transfer apabila konsumen dengan penjual tidak bertemu, bisa juga dengan bayar secara tunai apabila penjual dan pembeli melakukan kesepakatan untuk bertemu eCustomer

Relationship Management

Customer relationship management yang di handalkan pada bisnis Online Shop pada social media ini karena pada dasarnya berbasis kepercayaan antara konsumen dengan penjual, sehingga untuk membuat konsumen menjadi Loyal kepada penjual yaitu dengan menjaminkan kepercayaan dengan memuaskan ekspektasi pelanggan dengan hasil yang di berikan oleh penjual (tidak mengecewakan).

3 .

Customer To Administrator (C2A) => KPK.go.id

eProduct & eService

Program yang di sajikan pada KPK.go.id yaitu mengenai pengaduan dari masyarakat kepada pemerintah jika ada tindakan korupsi. Jadi berupa servive yang di sajikan oleh KPK.go.id

eProcurement Persediaan berupa costomer service yang selalu siap sedia menangani keluhan ataupun aduan dari masyarakat.

eMarketing Pemasaran jasa KPK.go.id ini biasanya ada pada iklan smartphone ataupu iklan pada Televisi.

eContracting Ketentuan yang ada pada KPK.go.id yaitu jaminan keamanan identitas dari saksi(pelapor)

eDistribution

-ePayment KPK.go.id ini basisnya gratis karena hanya berupa pengaduan saja, bukan untuk kegiatan komersil.

eCustomer Relationship Management

Pelayanan yang ramah membuat masyarakat menjadi lebih loyal dan tidak apatis mengenai kondisi lingkungan sekitar apabila terjadi tindakan korupsi.

4

. Business To Customer (B2C) => Lazada eProduct &

eService Pada Lazada yang di sajikan kepada konsumen untuk konsumenlainnya, biasanya dalam bentuk barang, karena Lazada ini berorientasi pada penjualan secara online dalam bentuk barang, perkakas rumahtangga, kebutuhan sekolah dan lain – lain.

eProcurement Lazada pastinya memiliki persediaan barang yang di sajikan dalam web ataupun aplikasi Lazada, jika barang tersebut sudah laku di beli atau sudah habis stoknya Lazada akan memberikan notifikasi mengenai hal itu, sehingga konsumen tidak ambigu dalam memilih barang yang akan di beli.

(4)

akses Lazada dan juga bisnis tersebut di peruntukkan untuk konsumen dan dari konsumen.

eContracting

eDistribution Pendistribusian di lakukan dengan cara pengiriman berupa melalui kurur jasa pengiriman barang ataupun di antarkan secara langsung. ePayment Pembayaran di lakukan ketika barang sampai, sehingga

menggunakan metode bayar tunai. eCustomer

Relationship Management

Tingkat kepuasan konsumen mengenai pembelian yang di lakukan di Lazada membuat konsumen menjadi loyal, karenaa barang yang di jual berkualitas dan terjamin dari segala sisinya

5 .

Business To Business (B2B) => Pegipegi.com

eProduct & eService

Pada Pegipegi.com yang di sajikan biasanya dalam bentuk jasa, seperti jasa booking hotel, tiket pesawat, tiket kereta dan lain lain. eProcurement Persediaan berupa kerja sama dengan pihak bisnis lainnya (hotel,

maskapai, PT.KAI) sehingga persediaan terdapat berupa informasi ada adanya kamar ataupun tiket keberangkatan yang tersedia. eMarketing Untuk informasi adanya Pegipegi.com di siarkan pada Televisi

maupun iklan – iklan pada smartphone, sehingga membuat konsumen menjadi tahu mengenai Pegipegi.com itu sendiri. Sedangkan segmen pasar dari Pegipegi.com hampir untuk beberapa kalangan saja, bukan di peruntukkan untuk bayi dan balita dalam mengaksesnya.

eContractig

eDistribution Jika konsumen sudah menentukan mengenai apa yang akan di pesan, maka setelah konsumen melakukan pembayaran pada nomor rekenin yang tertera, otomatis sudah mendapatkan layanan yang di inginkan.

ePayment Pembayaran melalui metode transfer. eCustomer

Relationship Management

Biasanya setelah melakukan pemesanan, konsumen di minta untuk mengisi kuisioner ataupun memberikan komentar mengenai apa yang sudah di jalankan dalam menggunakan Pegipegi.com sehingga konsumen lain dapat mengetahui mengenai pelayanan Pegipegi.com itu ataupun mitra (hotel, maskapai, PT.KAI).

6 .

Business To Administration (B2A) => BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

eProduct & eService

Berisikan service atau jasa yang di berikan pemerintah, jaminan sosial seperti jaminan kesehatan dan lain sebagainya.

eProcurement Pengadaan dalam BPJS berupa Health Facilities Information System (H.F.I.S), dan FASKES ( fasilitas kesehatan) untuk memudahkan customer melalui jaringan elektronik atau pun dapat mengakses ke situs bpjs-kesehatan.go.id

(5)

eContractig Adanya iuran bagi penerima BPJS

eDistribution Pendistribusian jasa BPJS di lakukan apabila penguna layanan mengalami sakit atau hendak berobat pada dokter yang melayani pengguna BPJS.

Adanya customer service dalam layanan BPJS, sehingga keluhan yang ada di masyarakat dapat di tampung, dan kegiatan ataupun keadaan yang di kritik oleh pengguna BPJS dengan melalui customer service dapat segera di perbaiki.

7 .

Administration To Customer/ Citizen (A2C) => E- Tilang

eProduct & eService

Pada E-Tilang ini berupa pengadaan jasa, yang dahulu proses tilang lebih rumit, sekarang menjadi lebih mudah dan transparan. Sehingga di upayakan untuk dapat membersihkan citra yang sudah lalu mengenai penilangan yang di lakukan oleh polisi.

eProcurement Pengadaan berupa aplikasi yang di pegang oleh pihak kepolisian yang bertugas saat tilang tersebut di lakukan.

eMarketing Untuk informasi adanya E- Tilang di siarkan pada Televisi maupun iklan – iklan pada smartphone, sehingga membuat konsumen menjadi tahu mengenai E-Tilang itu sendiri.

eContractig

eDistribution Di distribusikan oleh pihak polisi yang bertugas saat itu.

ePayment Pembayaran bisa di lakukan melalui metoda transfer atau membayar langsung kepada teller, lalu surat pembayaran di berikan kepada polisi yang bersangkutan.

eCustomer Relationship Management

Adanya customer service dalam layanan E-Tilang, sehingga keluhan yang ada di masyarakat dapat di tampung, dan kegiatan ataupun keadaan yang di kritik oleh pengguna E-Tilang dengan melalui customer service dapat segera di perbaiki.

8

. Administration To Business (A2B) => BPOM (Badan Pengawasan Obat danMakanan)

eProduct &

eService Penadaan jasa yang bernaung di bawah pemerintah ini untukmengawasi peredaran obat dan makanan agar terseleksi dan aman untuk di konsumsi.

eProcurement Pengadaan berupa penyediaan jasa yang di tujukkan untuk produsen makanan dan obat.

eMarketing Informasi adanya BPOM di ketahui oleh produsen saat jauh sebelum melakukan produksi, agar mengetahui apa saja bahan yang aman di konsumsi untuk masyarakat.

eContractig eDistribution ePayment eCustomer Relationship

(6)

Management keadaan yang di kritik oleh pengguna BPOM dengan melalui customer service dapat segera di perbaiki.

9 .

Administration To Administration (A2A) => Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

eProduct & eService

Berupa pengadaan jasa seperti pengadaan birokrasi hukum dan adanya putusan – putusan yang di lajukan oleh anggota PBB yang terlibat.

eProcurement Pengadaan berupa suatu perkebangan yang positif bagi anggota – anggota PBB dan untuk mengatasi masalah yang ada di anggota yang masuk kedalam PBB tersebut.

eMarketing

eContractig Adanya sumbangsih keaktifan dan kebersamaan untuk menyelenggarakan setiap putusan yang ada.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di