Analisis Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Jaya Beton Indonesia

Teks penuh

(1)

ANALISIS PENGARUH SISTEM MANAJEMEN MUTU

ISO 9001: 2008 TERHADAP KINERJA KARYAWAN

DI PT. JAYA BETON INDONESIA

TUGAS SARJANA

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari

Syarat-syarat Memperoleh Gelar Sarjana Teknik

Oleh:

DEBBIE TIUR J. PURBA

080403094

D E P A R T E M E N T E K N I K I N D U S T R I

F A K U L T A S T E K N I K

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

M E D A N

(2)
(3)
(4)
(5)
(6)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang senantiasa memberikan kasih karunia-Nya kepada saya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas sarjana yang berjudul “Analisis Pengaruh Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Jaya Beton Indonesia.” Tugas sarjana ini merupakan salah satu syarat bagi saya untuk menyelesaikan pendidikan program sarjana di Departemen Teknik Industri USU. Ini merupakan langkah awal bagi saya untuk mengenal lingkungan kerja serta menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan di lingkungan kerja.

Saya menyadari bahwa tugas sarjana ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan saya sebagai masukan yang berarti. Semoga tugas sarjana ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak.

Medan, Oktober 2013

(7)

UCAPAN TERIMAKASIH

Yang pertama dan terutama puji syukur dan terimakasih saya ucapkan yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah memberikan anugerah kepada saya untuk dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Departemen Teknik Industri USU serta telah membimbing saya selama masa kuliah dan penulisan tugas sarjana ini.

Dalam penulisan tugas sarjana ini saya telah mendapatkan bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, baik berupa materil, spiritual, maupun informasi. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Ibu Ir. Khawarita Siregar, MT. selaku Ketua Departemen Teknik Industri Universitas Sumatera Utara sekaligus sebagai Dosen Pembimbing I, yang telah memberi izin pelaksanaan tugas sarjana ini dan telah menyediakan waktu untuk membimbing saya dalam penulisan tugas sarjana ini.

2. Bapak Ir. Ukurta Tarigan, MT selaku Dosen Pembimbing II yang juga telah menyediakan waktu untuk memberikan arahan dan bimbingan dalam penyelesaian tugas sarjana ini.

3. Bapak Ir. Mangara Tambunan, M.Sc selaku Koordinator Tugas Akhir yang telah membantu saya dalam proses penyelesaian tugas sarjana ini.

(8)

5. Bapak/Ibu Dosen Pembanding yang telah memberikan masukan dan saran untuk menyempurnakan tugas sarjana ini.

6. Bapak Wahyudi, Bang Rio, dan Kak Maria yang telah bersedia menjadi pembimbing saya selama proses penelitian di PT. Jaya Beton Indonesia dan para karyawan yang telah bersedia meluangkan waktu untuk mengisi kuisioner penelitian.

7. Bagian Administrasi Departemen Teknik Industri USU, Kak Dina, Kak Ani, Bang Mijo, Bang Rido, dan Bang Nurmansyah dan juga Kak Dina dan Kak Mia yang turut membantu saya dalam proses penyelesaian tugas sarjana ini. 8. Kedua orang tua saya yang senantiasa memberikan dukungan doa, semangat,

materiil, dan kasih sayang yang telah diberikan kepada saya selama ini sera saudara-saudara saya, Bang Octo, Bang Pirhot, Indah, dan Rachel, yang memberikan doa dan semangat kepada saya.

9. Satahi Naibaho, yang selalu memberikan doa dan semangat dan selalu bersedia membantu saya dalam penyelesaian tugas akhir ini.

10.Kawan-kawan stambuk 2008 yang sama-sama berjuang menyelesaikan tugas sarjana terkhusus Dewi Sari Kencana dan Grace Aloina atas kebersamaannya selama masa-masa sulit, dan juga Rachel Julia, Marta Sirait, Dewi Resna, Deasy Pardede, Ruth Dalimunthe, Fitri Siahaan, Katarina, Melanie, Efraim Ginting, Nova Nainggolan, Nova Tambunan, Lisa, Malahayati dan teman-teman stambuk 2008 lainnya.

(9)

DAFTAR ISI

BAB HALAMAN

LEMBAR JUDUL ... i

LEMBAR PENGESAHAN ... ii

SERTIFIKAT EVALUASI TUGAS SARJANA... iii

KEPUTUSAN SIDANG KOLOKIUM ... iv

KATA PENGANTAR ... v

UCAPAN TERIMA KASIH ... vi

DAFTAR ISI ... viii

DAFTAR TABEL ... xiii

DAFTAR GAMBAR ... xv

DAFTAR LAMPIRAN ... xvi

ABSTRAK ... xvii

I PENDAHULUAN ... I-1

1.1. Latar belakang ... I-1 1.2. Perumusan Permasalahan ... I-5 1.3. Tujuan Penelitian ... I-5 1.4. Manfaat Penelitian ... I-6 1.5. Batasan Masalah dan Asumsi ... I-6 1.6. Sistematika Penulisan Laporan ... I-7

(10)

DAFTAR ISI (Lanjutan)

(11)

DAFTAR ISI (Lanjutan)

BAB HALAMAN

(12)
(13)

DAFTAR ISI (Lanjutan)

BAB HALAMAN

5.2.4.3. Uji Parsial ... V-30 VI ANALISIS PEMECAHAN MASALAH ... VI-1

6.1. Analisis Hasil Pengujian Hipotesis ... VI-1 6.2.1. Analisis Koefisien Determinasi ... VI-1 6.2.2. Analisis Hasil Uji Signifikansi Simultan ... VI-2 6.2.3. Analisis Hasil Uji Parsial ... VI-2

VII KESIMPULAN DAN SARAN ... VII-1

7.1. Kesimpulan ... VII-1 7.2. Saran ... VII-1

DAFTAR PUSTAKA

(14)
(15)

DAFTAR TABEL (Lanjutan)

TABEL HALAMAN

(16)

DAFTAR GAMBAR

GAMBAR HALAMAN

(17)

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN HALAMAN

(18)

ABSTRAK

Perdagangan bebas menuntut kemampuan perusahaan lokal dalam berkompetisi dengan perusahaan asing. PT. Jaya Beton Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan daya saing. Penerapan ISO 9001: 2008 di perusahaan diharapkan dapat memberi dampak positif bagi perusahaan termasuk dalam peningkatan kinerja karyawan. Namun selama penerapannya, kinerja karyawan masih belum seperti yang diharapkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008 khusus klausul 6 (kompetensi, pelatihan, kepedulian, prasarana, dan lingkungan kerja) terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun secara parsial.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan daftar pertanyaan (kuesioner). Metode penarikan sampel yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling, dengan ukuran sampel sebanyak 94 orang yang meliputi karyawan tetap dan tenaga outsourcing. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan model yang digunakan regresi linear berganda dengan perangkat lunak SPSS versi 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 berpengaruh terhadap kinerja karyawan, dimana kemampuan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 menjelaskan variabel kinerja adalah sebesar 31,2%. Secara parsial, diketahui bahwa hanya variabel kepedulian dan lingkungan kerja yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan, sedangkan variabel kompetensi, pelatihan, dan prasarana tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan harus mengevaluasi dan membenahi sistem manajamen mutu ISO 9001: 2008 khususnya dalam hal kepedulian dan lingkungan kerja.

Figur

TABEL
TABEL p.14
Tabel rkritis Pearson Product Moment  ......................................

Tabel rkritis

Pearson Product Moment ...................................... p.17

Referensi

Memperbarui...