• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERAN ELITE LOKAL DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas) Disusun Oleh:

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PERAN ELITE LOKAL DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas) Disusun Oleh:"

Copied!
10
0
0

Teks penuh

(1)

LEGISLATIF TAHUN 2014

(Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten

Padang Lawas)

Disusun Oleh:

Syarif Hidayatulah

100906008

Dosen Pembimbing: Dra. T. Irmayani, M. Si

DEPARTEMEN ILMU POLITIK

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

2015

(2)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK DEPARTEMEN ILMU POLITIK

SYARIF HIDAYATULAH (1009060080)

PERAN ELITE LOKAL DALAMA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas)

Rincian Skripsi: 93 Halaman, 5 Tabel, 16 Buku, 1 Internet. (Kisaran Buku dari Tahun: 1982-2013)

Kata Kunci : Elite, Partai Golkar, Padang Lawas

ABSTRAK

Penelitian ini menjelaskan bagaimana peran elite golkar dalam pemilu yang dilaksanakan 9 April 2014 di Kabupaten Padang Lawas, serta apa yang menjadi suksesnya partai golkar dalam pemilu, dengan kekuatan dalam partai sehinggah memberikan pengaruh besar kepada masyarakat dan memperoleh suara yang maksimal dalam pemilu.

Teori yang digunakan dalam menjelaskan penelitian ini adalah: pertama, Teori Elit seperti yang ungkapkan oleh Vilfredo Pareto dalam hal ini melihat Elit Golkar adalah sekelompok kecil orang berkualitas yang mampu menduduki jabatan tinggi dalam lapisan masyarakat khususnya di Kabupaten Padang Lawas. kedua, Teori kekuasaan seperti yang di ungkapkan Max Weber elit Golkar dapat mempengaruhi dan menguasai masyarakat padang lawas dalam Pemerintahan. Dan terakhir teori strategi menurut Arnold Steinberg adalah menjelaskan bagaimana Strategi dan rencana Elit Golkar dalam mempengaruhi suksesnya menduduki kursi pemerintahan di Kabupaten Padang Lawas. Dengan menggunakan studi deskriptif dan wawancara sebagai teknik utama dalam pengumpulan data. Penelitian ini mengandalkan analisis dari data wawancara yang diperoleh dan relefansinya dengan teori yang digunakan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peran elite golkar sangat penting terutama sosok figur Bupati Padang Lawas yang notabene adalah ketua partai golkar serta dukungan kader-kader partai. Partai golkar mendapatkan dukungan dari sayap partai, Soksi (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia), dan beberapa Ormas yaitu: IPK dan LMP. Beberapa dukungan penuh dengan kemenangan partai golkar yang turun langsung ke masyarakat dan melakukan sosialisasi serta menerima aspirasi masyarakat. Selain itu menawarkan program yang membangun mulai dari pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi, budaya, dan sosial politik yang menjadi tujuan

(3)

FACULTY OF SOCIAL AND POLITICAL SCIENCE DEPARTEMENT OF POLITICAL SCIENCE

SYARIF HIDAYATULLAH (100906008)

THE ROLE OF LOCAL ELITE IN LEGISLATIVE ELECTIONS 2014 (Descriptive Study : Elite Golkar in Padang Lawas)

Details of Thesis Thesis : 93 pages, 5 tables, 16 Books, 1 Internet. (Book Of The Year Range : 1982 to 2013)

Keywords : Elite, Golkar, Padang Lawas

ABSTRACT

This study describes how the role of the elite Golkar in the elections held 9 April 2014 in Padang Lawas , and what the success of the Golkar party in the elections, with the party's strength in making a major impact to the community and to obtain maximum sound in elections.

The theory is used to explain this study are: The first, elite theory as expressed by Vilfredo Pareto in this view Golkar Elite is a small group of qualified people who are able to occupy high positions in society, especially in Padang Lawas. second, theory of power as dictated Max Weber Golkar elite can influence and control of the old desert community in the Government. And lastly by Arnold Steinberg strategy theory is to explain how the strategy and plan of Golkar elite in influencing the success of the seat of government in Padang Lawas. By using descriptive studies and interviews as the primary data gathering techniques . This study relied on the analysis of the information obtained and relefansinya interview with the theory used.

Based on the research conducted, it can be concluded the role of the elite is especially important Golkar Regent Padang Lawas a figure which incidentally is the chairman of Golkar party and support the party cadres. Golkar Party received support from the wing of the party, Soksi (Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia) and several community organizations, namely: IPK and LMP. Some full support to win Golkar party to go straight to the community and to disseminate and receive public aspirations. In addition it offers a program that builds ranging from education, health, infrastructure, economic, cultural, social and political are the main objectives to gain legitimacy from the people and make the party very influential in improving human resources .

(4)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

Halaman Persetujuan

Skripsi ini disetujui untuk dipertahankan dan diperbanyak oleh

Nama : Syarif Hidayatullah Hasibuan Nim : 100906008

Judul :PERAN ELITE LOKAL DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas)

Menyetujui:

Ketua Departemen Ilmu Politik Dosen Pembimbing

Dra. T. Irmayani, M.Si Dra. T. Irmayani, M.Si (NIP. 19680630199403200) (NIP. 19680630199403200)

Mengetahui, Dekan FISIP USU

(5)

Skripsi ini telah dipertahankan di hadapan panitia penguji skripsi Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, oleh:

Nama : Syarif Hidayatullah Hasibuan Nim : 100906008

Judul :PERAN ELITE LOKAL DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas) Dilaksanakan pada: Hari : Tanggal : Pukul : Tempat : Tim Penguji: Ketua : NIP. ( ) Penguji Utama : NIP. ( ) Penguji Tamu : NIP. ( )

(6)

Karya ini dipersembahkan untuk

(7)

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat, taufik dan hidayah-Nya, penyusunan skripsi yang berjudul PERAN ELITE LOKAL DALAM PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi Deskriptif: Elite Partai Golkar di Kabupaten Padang Lawas) dapat diselesaikan dengan baik. Skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik dari Departemen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Selesainya skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu, dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan terimakasih yang tulus kepada, Ibu Dra. T. Irmayani, M.Si selaku Ketua Departemen Ilmu Politik sekaligus sebagai dosen pembimbing penulis yang selama ini telah meluangkan waktu memberikan bimbingan, masukan dan kritik yang membangun kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini. Tak lupa juga penulis ucapkan terimakasih kepada Bapak Drs. P. Anthonius Sitepu, M.Si selaku Sekretaris Departemen Ilmu Poitik.

Ucapan terimakasih juga penulis sampaikan kepada Bapak Dekan Prof. Dr. Badaruddin, M.Si serta seluruh dosen dan staf pengajar Departemen Ilmu Politik yang telah meluangkan waktu untuk mendidik penulis selama menjalani masa perkuliahan. Terimakasih juga penulis ucapkan kepada Kak Ema, Pak Burhan dan Kak Siti yang membantu penulis dalam urusan administratif kampus.

Kepada seluaruh keluarga tercinta, ibunda dan ayahanda dan seluaruh saudara- saudara beserta kerabat yang anyak membantu dan memberikan perhatian besar kepada penulis. Kepada seluruh teman-teman seperjuangan Ilmu Politik angkatan 2010 yang tidak dapat disebutkan satu persatu penulis banyak memperoleh pengalaman kehidupan perkuliahan yang diartikan sebagai persahabatan

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih memiliki kekurangan dan kelemahan. Akhir kata penulis mengucapkan terimakasih atas semua bantuan dari semua pihak dalam penyelesaian skripsi ini dan berharap skripsi ini memberikan manfaat bagi kita.

Medan, Maret 2015

Syarif Hidayatullah 100906004

(8)

DAFTAR ISI

Halaman Judul ... I

Abstrak ... i

Abstrack ... ii

Halaman Pengesahan ... iii

Lembar Persembahan ... v

Kata Pengantar ... vi

DAFTAR ISI ... vii

BAB I : PENDAHULUAN ... 1 A.Latar Belakang ... 1 B.Perumusan Masalah ... 6 C.Batasan Masalah ... 7 D.Tujuan Penelitian ... 7 E.Manfaat Penelitian ... 8 FKerangka Teori ... 9 F.1 Teori Elit ... 9 F.2 Teori Kekuasaan ... 16

F.3 Teori Strategi Politik ... 22

G.Metodologi Penelitian ... 26

G.1 Jenis Penelitian ... 26

G.2 Lokasi Penelitian ... 27

G.3 Teknik Pengumpulan Data ... 27

(9)

2.1 Profil Kabupaten Padang Lawas ... 31

2.1.1 Sejarah Kabupaten Padang Lawas ... 31

2.1.2 Letak Wilayah ... 36

2.1.3 Penduduk ... 37

2.2 Partai Golkar ... 40

2.2.1 Sejarah Berdirinya Partai Golkar ... 40

2.2.2 Hegemoni Golkar dan Kebijakan Kristalisasi Partai Politik ... 43

2.2.3 Platform Partai Golkar ... 47

2.2.4 Visi dan Misi Partai Golkar ... 49

2.2.5 Perkembangan Partai Golkar di Padang Lawas ... 50

2.2.4 Struktur Pengurus DPD Partai Golkar ... 53

2.2.3Profil Elit Politik dan Non politik ... 55

BAB III PEMBAHASAN ... 65

3.1 Aktivitas Elite Lokal dalam Pemilu Legislatif ... 65

3.2 Pandangan Masyarakat Terhadap Paratai Golkar dalam Pemilu Legislatif 2014 di Kab. Padang Lawas ... 74

3.3 Kemenagan Partai Golkar dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Padang Lawas ... 81

BAB IV PENUTUP ... 89

4.1 Kesimpulan ... 89

4.2 Saran ... 91

(10)

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Bupati Padang lawas periode ... 34 Tabel 2. Kecamatan dan Luas wilayah di Kabupaten padang Lawas ... 35 Tabel 3. Jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin ... 39 Tabel 4. komposisi dan personalia dewan pinpinan daearah partai golkar di

Kabupaten Tapanuli Selatan dan Padang Lawas ... 53 Tabel 5. Perolehan Suara Partai Golkar tahun 2009 dan 2014 ... 86 Peta Kabupaten Padang Lawas ... 37

Referensi

Dokumen terkait

Peran auditor internal sangatlah penting dalam menentukan apakah sistem informasi akuntansi yang dijalankan perusahaan sudah cukup baik atau tidak, karena apabila perusahaan

Ada beberapa pendapat tentang fungsi media pembelajaran. Peranan media dalam kegiatan pembelajaran merupakan bagian yang sangat menen- tukan efetivitas dan efisiensi

[r]

Layaknya dalam sebuah pentas drama, dalam kehidupannya juga ada persiapan terlebih dahulu bagaimana grup k-pop cross cover dance pada grup EX(SHIT) ini melalukan

Media propagasi yang digunakan pada sistem FSOC bukan merupakan media yang ideal karena sangat dipengaruhi beberapa hal yang akan menyebabkan terjadinya noise

Dalam fi sika, usaha didefi nisikan sebagai perkalian antara besar gaya yang bekerja pada benda dengan perpindahan yang terjadi akibat gaya tersebut.. Usaha = Gaya

TataKelola, Keuangan, Sistem Informasi, dan Kerja sama: Tatakelola yang berkeadilan, transparan, partisipatif, akuntabel, dan terintegrasi antar bidang untuk menunjang efektivitas

yang tersampaikan oleh sejarah nasional 41 ' .. I Menelisik Sejatah NssionaJ Indonesia... Purwsnlsl disebati tampak dua alur konstruk pemikiran yang meJingkupi para penyusun