Struktur organisasi perangkat daerah (11)

Teks penuh

(1)

TUGAS

Manajemen SDM

Angkutan Umum

(Struktur Organisasi

PerumPPD)

MOHAMAD FAESOL

15.02.113

2.4 LLAJ / 2F

Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Sekolah Tinggi Transportasi Darat

(2)
(3)

Dewan Pengawas

Ketua Dewan Pengawas

DR Ir Djoko Sasono, Msc

Menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas sejak 18 Maret 2015, Djoko mengawali kariernya sebagai wakil Deputi Bidang Perencanaan dan Pemrograman pada tahun 2005, dan pada tahun 2012 menjabat sebagai Direktur Bina Sarana Transportasi Perkotaan hingga tahun 2015.

Pak Djoko yang lahir di Kediri pada 25 September 1963 ini memperoleh Gelar Doktor dari The University of Tokyo. Djoko Sasono pernah juga menjabat sebagai Direktorat Jenderal

Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Dewan Direksi

Direksi Utama

Pande Putu Yasa

(4)

Dewan Direksi

Direksi Perusahaan

Tatan Rustandi, Dip.TTP, Msc

Sebelum dilantik menjadi Direktur di Perum PPD, pria asli Garut, 23 Maret 1966 ini menjabat sebagai Atase Perhubungan, Kedutaan besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Belanda pada tahun 2011-2014

Bergelar Master of Science (MSc) in Transportation Planning And policy, University Of Newcastle, United Kingdom. Tatan Rustandi mengawali kariernya di Direktorat Bina Sistem Transportasi Perkotaan Kementerian Perhubungan dan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan hingga dilantik menjadi Direktur Perum PPD pada 6 Mei 2015.

Tugas Direktur Utama Perusahaan adalah sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor dalam menjalankan dan memimpin perusahaan Perseroan Terbatas (PT).

1.DIREKTUR UTAMA

Tugas dan Wewenang Direktur Utama

1. Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan-kegiatan dibidang administrasi keuangan, kepegawaian dan kesekretariatan.

2.Mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan pengadaan dan peralatan perlengkapan. 3.Merencanakan dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan serta pembelanjaan dan kekayaan perusahaan.

4.Mengendalikan uang pendapatan, hasil penagihan rekening penggunaan air dari langganan. 5.Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan Direktur Utama.

6.Dalam melaksanakan tugas-tugas Direktur Umum bertanggung jawab kepada Direktur Utama. 7.Memimpin seluruh dewan atau komite eksekutif

8.Menawarkan visi dan imajinasi di tingkat tertinggi (biasanya bekerjasama dengan MD atau CEO) 9.Memimpin rapat umum, dalam hal: untuk memastikan pelaksanaan tata-tertib; keadilan dan kesempatan bagi semua untuk berkontribusi secara tepat; menyesuaikan alokasi waktu per item masalah; menentukan urutan agenda; mengarahkan diskusi ke arah konsensus; menjelaskan dan menyimpulkan tindakan dan kebijakan

10. Bertindak sebagai perwakilan organisasi dalam hubungannya dengan dunia luar

(5)

12.Mengambil keputusan sebagaimana didelegasikan oleh BOD atau pada situasi tertentu yang dianggap perlu, yang diputuskan, dalam meeting-meeting BOD.

13.Menjalankan tanggung jawab dari direktur perusahaan sesuai dengan standar etika dan hukum, sebagai referensi dalam … (apapun standar dokumen kebijakan direktur yang mungkin Anda gunakan).

Tanggung Jawab Direktur Utama terlihat berat, karena mengatur perusahaan secara keseluruhan untuk kelangsungan kehidupan perusahaan agar dapat terus maju dan berkembang. Tugas dan Tanggung Jawab Direktur Utama tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, yaitu

1.Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan perusahaan 2.Memilih, menentukan, mengawasi pekerjaan karyawan

3.Menyetujui anggaran tahunan perusahaan dan melaporkan laporan pada pemegang saham

2.Direktur

Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Direktur Perusahaan - Secara singkat, Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Direktur Perusahaan adalah sebagai berikut :

a. Menentukan kebijakan tertinggi perusahaan.

b. Bertanggung jawab terhadap keuntungan dan kerugian perusahaan. c. Mengangkat dan memberhentikan karyawan perusahaan.

d. Memelihara dan mengawasi kekayaan peseroaan terbatas.

e. Bertanggung jawab dalam memimpin dan membina perusahaan secara efektif dan efesien. f. Mewakili perusahaan, mengadakan perjanjian-perjanjian, merencanakan dan mengawasi pelaksanaan tugas personalia yang bekerja pada perusahaan.

g. Menyusun dan melaksanakan kebijakan umum pabrik sesuai dengan kebijakan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

h. Menetapkan besarnya deviden perusahaan

3. Bagian Pusat Perencanaan dan Pengembangan (Pusrenbang), tugas dan wewenangnya :

a. Perencanaan program penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan. b. Perencanaan dan pembangunan kurikulum serta pembinan instruktur.

4.Satuan Pengawas Intern (SPI) SPI berfungsi sebagai berikut :

• Membantu Direktur Utama dalam menyelenggarakan penilaian atas sistem pengendalian, pengelolaan serta memberi saran perbaikan.

• Sebagai Mitra strategic Unit Kerja dalam mencapai sasaran usaha.

• Sebagai konsultan bagi peningkatan pengelolaan risiko, pengendalian dan penerapan prinsip-prinsip GCG.

• Sebagai Mitra Kerja dari Komite Audit dan Auditor Eksternal.

Tugas dan Tanggung-jawab Divisi Satuan Pengawasan Intern :

1. Menyusun dan melaksanakan rencana audit internal tahunan.

2. Memastikan atau mengevaluasi pelaksanaan pengendalian intern dan sistem manajemen risiko pada unit terkait sesuai dengan kebijakan perusahaan.

(6)

4. Melakukan penilaian dan pemantauan mengenai sistem pengendalian informasi dan komunikasi.

5. Melaksanakan tugas khusus dalam lingkup pengendalian intern (termasuk

pendamping/counterpart auditor eksternal, konsultan) yang ditugaskan oleh Direktur Utama.

Wewenang Divisi Satuan Pengawasan Intern

1.Menyusun, mengubah dan melaksanakan Piagam Audit Internal termasuk menentukan prosedur dan lingkup pelaksanaan pekerjaan audit.

2.Mendapatkan akses terhadap semua dokumen, data, pencatatan, personal dan fisik, informasi atas objek audit yang dilaksanakan berkaitan dengan pelaksanaan tugas.

3.Melakukan verifikasi dan uji kehandalan terhadap informasi yang diperoleh, dalam kaitan dengan penilaian efektivitas sistem audit.

4.Menilai dan menganalisa aktivitas Perusahaan, namun tidak mempunyai kewenangan dalam pelaksanaan dan tanggung jawab atas aktivitas yang direview/diaudit.

5.Mengalokasikan sumber daya auditor internal, menentukan fokus, ruang lingkup dan menyusun program audit, penerapan teknik yang dipandang perlu untuk mencapai tujuan audit, mengklarifikasi dan membicarakan hasil audit, meminta tanggapan lisan/tertulis pada auditee, memberikan saran dan rekomendasi.

6.Mendapatkan saran dari nara sumber yang profesional dalam kegiatan auditing.

7.Menyampaikan laporan dan melakukan konsultasi dengan Direktur Utama, berkoordinasi dengan pimpinan lainnya dan jika diminta oleh pimpinan dapat memberikan peringatan/warning atau teguran bila terjadi penyimpangan.

8.Mengusulkan staf Divisi Satuan Pengawasan Intern untuk promosi, rotasi, mengikuti pendidikan, pelatihan, seminar dan kursus yang berkaitan dengan kelancaran tugas-tugas audit atau untuk memenuhi kompetensi staf/ auditor sesuai tuntutan dan jenjang karier yang telah ditetapkan oleh Perusahaan

5.DIR OPERASIONAL

Direktur operasional adalah merupakan suatu fungsi kerja di sebuah perusahaan atau instansi yang bertanggung jawab pada semua aktivitas operasional perusahaan yang di bawahinya, mulai dari perencanaan proses hingga bertanggung jawab pada hasil akhir proses

Deskripsi tugas direktur operasional perusahaan, berikut ini tugas dan tanggung jawab direktur operasional :

1.Merencanakan, melaksanakan dan mengawasi seluruh pelaksanaan operasional perusahaan 2..Membuat standar perusahaan mengenai semua proses operasional, produksi, proyek dan kualitas hasil produksi

3.Membuat stategi dalam pemenuhan target perusahaan dan cara mencapai target tersebut 4.Membantu tugas-tugas direktur utama

5.Mengecek, mengawasi dan menentukan semua kebutuhan dalam proses operasional perusahaan 6.Merencanakan, menentukan, mengawasi, mengambil keputusan dan mengkoordinasi dalam hal keuangan untuk kebutuhan operasional perusahaan

7.Mengawasi seluruh karyawan apakah tugas yang dilakukan sesuai dengan standar operasional perusahaan

8.Bertanggung jawab pada pengembangan kualitas produk ataupun karyawan 9.Membuat laporan kegiatan untuk diberikan kepada direktur utama

(7)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...