• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DISEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2014/2015) SKRIPSI

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DISEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2014/2015) SKRIPSI"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DISEKOLAH

(Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun ajaran 2014/2015)

SKRIPSI

Diajukan untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Oleh: DWI HARTIKA

A220110090

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

ii

HALAMAN PERSETUJUAN

PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DI SEKOLAH

(Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar)

Yang dipersiapkan dan disusun Oleh: DWI HARTIKA

A. 220 110 090

Telah disetujui oleh pembimbing untuk dipertahankan di hadapan Dewan Penguji Skripsi S-1 Falkultas Keguruan dan IlmuPendidikan

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pembimbing

Danang Tunjung Laksono, S.Pd, M.Pd NIK. A2209892

(3)

iii

PENGESAHAN

PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DISEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten

Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015)

Yang dipertahankan dan disusun oleh: DWI HARTIKA

A 22 011 0090

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Pada tanggal: 08 Maret 2016

Susunan Dewan Penguji:

1. Danang Tunjung Laksono, S.Pd, M.Pd. (...) 2. Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si. (...) 3. Drs. Achmad Muthali’in, M.Si. (...)

Surakarta, 8 Maret 2016

Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dekan

Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum NIP. 1965042819930300

(4)

iv

PERNYATAAN

Saya yang bertandatangan di bawah ini, Nama : Dwi Hartika NIM : A220110090

Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Judul Skripsi Proposal : Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Di Sekolah (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015)

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa skripsi yang saya serahkan ini benar-benar hasil karya sendiri dan bebas plagiat karya orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu/dikutip dalam naskah dan disebutkan pada daftar pustaka. Apabila dikemudian hari terbukti skripsi ini hasil plagiat, saya bertanggung jawab sepenuhnya dan bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Surakarta, 05 Januari 2016 Yang membuat pernyataan,

Dwi Hartika A 220110090

(5)

v MOTTO

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalatmu Sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta

Orang-orang yang sabar (Al-Baqarah: 153)

Siapapun yang menempuh suatu jalan untuk mendapatkan ilmu, Maka Allah akan memberikan kemudahan Jalannya

menuju surga ( H.R Muslim)

Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah (Lessing)

Yang kalah adalah wujud hukuman atas kegagalan, Pemenang adalah penghargaan atas kesuksesan

(Gilbert)

Marilah kita membaikkan diri, Sebelum menyesal pun tidak ada gunanya

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan segala do’a dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, karya penulis persembahan teruntuk:

1. Kedua orang tua, Bapak Jaikun dan Ibu Suyatun tercinta yang memberikan kasih sayang, cinta, pengorbanan, dukungan, semangat, untaian doa, dan kesabaran yang tiada henti sehingga penulis dapat menyelesaikan karya kecil ini.

2. Kakak tercinta. Terima kasih untuk semangat, do’a, dukungan dan motivasi yang terus kalian berikan.

3. Sahabatku annisa, yayan, retno, irfan, dito, nasucha, irvan, dyta Terimakasih untuk keceriaan di setiap hari, selalu memberikan semangat dan kasih sayang selama ini

4. Seluruh teman-teman PPKn kelas C angkatan 2011 yang tidak bisa disebutkan satu persatu, terima kasih telah memberikan semangat dan bantuannya sehingga karya kecil ini dapat terselesaikan.

(7)

vii

PENANAMAN NILAI CINTA TANAH AIR DI SEKOLAH (Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu

Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015) Oleh:

Dwi Hartika ABSTRAK

Rendahnya nilai-nilai cinta tanah air yang dimiliki oleh peserta didik hendaknya segera mendapatkan penanganan dari pihak sekolah terutama guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai cinta tanah air pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2014/2015 dan mendeskripsikan bentuk-bentuk penanaman nilai cinta tanah air pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2014/2015.

Tempat penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015, adapun objek dalam penelitian ini adalah penanaman nilai cinta tanah air pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai cinta tanah air pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu dilakukan melalui konsep internalisasi nilai-nilai cinta tanah air pada pelajaran, yaitu: 1) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dilakukan melalui penyampaian Materi Pelajaran dengan Menggunakan Bahasa Indonesia dan hiasan dinding yang mengajarkan untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar; 2) Menyukai budaya nasional, dilakukan melalui peringatan Upacara HUT RI, Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan Ekstrakurikulier OSIS serta Kegiatan Ekstrakurikluer Tari Tradisonal; 3) Menyukai buatan Indonesia, dilakukan dengan kegiatan Gotong Royong Jum’at Bersih dan menggunakan baju batik sebagai pakaian tradisional Indonesia. Kendala dalam Penanaman Nilai Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah dalam perencanaan masih terbatasnya pengetahuan guru-guru tentang penanaman nilai rasa cinta tanah air, terutama dalam penyusunan perangkat pembelajaran; terjadi karena perbedaan lingkungan antara lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga juga menjadi sebuah kendala tersendiri serta tidak adanya konsep yang jelas dalam evaluasi terkait penanaman nilai-nilai rasa cinta tanah air membuat guru-guru di SMP Negeri 2 Colomadu bingung.

(8)

viii

INVESTMENT VALUE OF LOVE OF HOMELAND IN SCHOOL (Case Study Grade VII SMPN 2 ColomaduKaranganyar

Academic Year 2014/2015) By:

Dwi Hartika ABSTRACT

The low values of patriotism which is owned by learners should immediately get treatment from the school, especially the teachers. This study aimed to describe the planting of value patriotism in the seventh grade students in Junior High School 2 Colomadu the school year 2014/2015 and describe forms of cultivation value of patriotism in the seventh grade students in Junior High School 2 Colomadu the school year 2014/2015.

This is where the research SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar the school year 2014/2015. This research is a qualitative descriptive study using a case study approach. Subjects in this study were principals, teachers, and students of class VII SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar academic year 2014/2015, while the object of this research is an investment value of patriotism in the seventh grade students of SMP Negeri 2 Colomadu Karanganyar Academic Year 2014/2015.

The results showed that planting of value patriotism in Class VII in SMP Negeri 2 Colomadu done through the concept of internalizing the values of patriotism in the subject, namely: 1) Using the Indonesian language is good and true, carried out through the delivery of Lessons by Using Indonesian and wall hangings are taught to use the Indonesian well and correctly; 2) Love the national culture, carried through the memorial ceremony HUT RI, Extracurricular Activities Scouts. OSIS Ekstrakurikulier activities as well as activities Ekstrakurikluer Traditional Dance; 3) Liking made in Indonesia, conducted by Mutual Cooperation Friday activities Net and use batik as an Indonesian traditional clothing. Constraints in Love Homeland Investment Value in Class VII in SMP Negeri 2 Colomadu 2014/2015 academic year is in the planning is still limited knowledge of teachers about planting the value of patriotism, especially in the preparation of learning tools; occurs due to environmental differences between the school environment and the family environment is also becoming an obstacle as well as the absence of a clear concept in the evaluation related to the planting of values patriotism make teachers in SMPN 2 Colomadu confused.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Assalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Puji syukur penulis panjatkan kehadiran Allah SWT atas nikmat, rahmat serta hidayahnya. Shalawat serta salam senantiasa kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW. Penulis sangat bersyukur karena telah menyelesaikan skripsi dengan judul: "Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Di Sekolah".

Penulisan skripsi ini akhirnya dapat terselesaikan guna memenuhi persyaratan untuk mendapatkan gelar sarjana pendidikan. Banyak hambatan yang menimbulkan kesulitan dalam penulisan skripsi ini, namun atas bantuan berbagai pihak hambatan tersebut dapat teratasi. Pada kesempatan kali ini penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada:

1. Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan izin dalam penelitian ini.

2. Dr. Ahmad Muhibbin, M.Si., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Drs. Achmad Muthali’in, M.Si., selaku seketaris Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sekaligus yang memberikan rekomendasi persetujuan judul dan memberi arahan serta nasehat dalam penyusunan skripsi ini dengan penuh kesabaran.

4. Danang Tunjung Laksono, S.Pd,M.Pd., selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan serta nasehat dalam penyusunan skripsi ini dengan penuh kesabaran.

5. Bapak/Ibu Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan ilmu yang bermanfaat, sehingga penulis dapat mencapai gelar sarjana S-1.

(10)

x

6. Bapak Sulakir, S.Pd,M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar yang telah memberikan izin kepada peneliti untuk melakukan penelitian di Sekolahan tersebut.

7. Bapak/Ibu Guru SMP Negeri 2 Colomadu Kabupaten Karanganyar yang telah membantu dalam penyusuna skripsi ini. Bapak/Ibu dosen program studi PPKn FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah rela dan ikhlas memberikan ilmu yang bermanfaat, sehingga penulis dapat mencapai gelar sarjana S-1.

8. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang membantu dan memberikan semangat selama proses penyusunan skripsi ini.

9. Bapak dan Ibu tercinta yang telah memberikan semangat, doa, dukungan moril maupun materiil yang sangat berharga.

Penulis dalam penyusunan skripsi ini, telah berusaha semaksimal mungkin, namun sebagai manusia pasti banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun demi kesempurnaan skripsi ini. Akhir kata, penulis mengucapkan Alhamdulillah.

Wassalamu'alaikum warahmatullahhi wabarakatuh.

Surakarta, 05 Januari 2016 Penulis

Dwi Hartika A220110090

(11)

xi DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

PERNYATAAN ... iv MOTTO ... v PERSEMBAHAN ... vi ABSTRAK ... vii KATA PENGANTAR ... ix DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xiv

DAFTAR GAMBAR ... xv

DAFTAR LAMPIRAN ... xvii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Penelitian ... 1

B. Perumusan Masalah... 4

C. Tujuan Penelitian... 4

D. Manfaat Penelitian... 4

BAB II LANDASAN TEORI ... 6

A. Kajian Teori ... 6

1. Kajian mengenai penanaman nilai ... 6

a. Pengertian penanaman ... 6

b. Pengertian nilai... 6

c. Hakikat dan makna nilai... 7

d. Ciri-ciri nilai ... 8

e. Macam-macam nilai ... 8

2. Kajian mengenai Cinta Tanah Air... 9

a. Pengertian cinta tanah air ... 9

(12)

xii

c. Cara-cara meningkatkan cinta tanah air ... 10

d. Indikator-indikator cinta tanah air ... 11

3. Kajian mengenai Penanaman Nilai Cinta Tanah Air Di Sekolah ... 11

a. Pengertian sekolah ... 11

b. Tujuan dan fungsi sekolah ... 12

c. Penanaman nilai cinta tanah air di sekolah ... 13

B. Kajian Penelitian yang Relevan ... 14

C. Kerangka Pemikiran ... 16

BAB III METODE PENELITIAN ... 18

A. Jenis dan desain penelitian ... 18

1. Jenis Penelitian ... 18

2. Desain Penelitian ... 19

B. Tempat dan Waktu Penelitian ... 23

C. Data, Sumber Data dan Narasumber ... 24

1. Data ... 24

2. Sumber Data ... 24

a. informan ... 25

b. tempat atau lokasi penelitian ... 25

c. peristiwa atau aktifitas ... 25

d. dokumentasi atau arsip ... 25

D. Kehadiran Penelitian ... 26

E. Teknik Pengumpulan Data ... 27

1. observasi ... 27

2. wawancara ... 27

F. Teknik Analisis Data ... 28

G. Keabsahan Data ... 31

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 35

A. Deskripsi Lokasi Penelitian... 35

1. Tempat penelitian ... 35

(13)

xiii

3. Visi, misi dan tujuan SMP Negeri 2 Colomadu ... 35

4. Sruktur organisasi SMP Negeri 2 Colomadu ... 38

B. Deskripsi Hasil Penelitian ... 40

1. Bentuk-bentuk penanaman nilai cinta tanah air pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Colomadu ... 40

2. Kendala dalam penanaman nilai cinta tanah air pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Colomadu tahun pelajaran 2014/2015... 61

C. Pembahasan ... 67

D. Keterbatasan Penelitian ... 69

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN ... 70

A. Simpulan ... 70

B. Implikasi ... 72

C. Saran ... 72

(14)

xiv

DAFTAR TABEL

Halaman Tabel 1. Perincian Kegiatan Penelitian ... 23 Tabel 2. Ringkasan temuan penelitian ... 65

(15)

xv

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 1. Kerangka Pemikiran ... 16 Gambar 2. Analisis Data Kaitannya dengan Penelitian yang dilakukan ... 22 Gambar 3. Komponen-komponen Analisis Data Model Interaktif ... 29 Gambar 4. Analisis Data Kaitannya dengan Penelitian yang dilakukan ... 30 Gambar 5. Triangulasi dengan Tiga Sumber Data ... 32 Gambar 6. Triagulasi dengan Teknik Pengumpulan Data ... 32 Gambar 7. Triangulasi dengan Tiga Teknik Waktu Pengumpulan Data ... 32 Gambar 8. Triangulasi Sumber Data ... 33 Gambar 9. Triangulasi Teknik Pengumpulan Data ... 33 Gambar 10. Penyampaian Materi Pelajaran dengan Menggunakan Bahasa

Indonesia sebagai Bentuk Implementasi Penggunaan Bahasa

Indonesia dengan Baik dan Benar ... 44 Gambar 11. Majalah Dinding yang Mengajarkan untuk Menggunakan

Bahasa Indonesia dengan Baik dan Benar ... 45 Gambar 12. Peringatan Upacara HUT RI sebagai Implementasi Kecintaan

Budaya Nusantara ... 46 Gambar 13. Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka sebagai Bentuk

Kecintaan pada Budaya Nusantara ... 47 Gambar 14. Kegiatan Serah Terima Jabatan OSIS sebagai Implementasi

dari Kecintaan pada Budaya Nusantara ... 51 Gambar 15. Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional sebagai

Implementasi dari Kecintaan pada Budaya Nusantara ... 52 Gambar 16. Kegiatan Gotong Royong Jum’at Bersih dan Menggunakan

Batik sebagai Implementasi dari Kecintaan pada Buatan

Indonesia ... 56 Gambar 17. Kegiatan Piket Kelas sebagai Implementrasi dari Persatuan

(16)

xvi

Gambar 18. Festival Budaya Daerah sebagai Implementrasi dari Persatuan

(17)

xvii

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman

Lampiran 1. Tabel Daftar Narasumber ... 77

Lampiran 2. Pedoman Wawancara ... 78

Lampiran 3. Dokumentasi Aktivitas di SMP Negeri 2 Colomadu... 80

Lampiran 4. Surat ijin riset... 84

Lampiran 5. Surat telah melakukan riset... 85

Referensi

Dokumen terkait

Berdasarkan hasil penelitian diketahui tidak ada pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dan punishment terhadap prestasi belajar Al-qur’an Hadits siswa kelas VIII

Pendidikan Matematika dan Sains Tantangan dan Harapan.. Yogyakarta:

2',4'-dihydroxy-3,4-dimethoxychalcone was prepared by Claisen-Schmidt condensation of 2,4-dihydroxyacetophenones with 3,4-dimethoxybenzaldehydes in the presence of aqueous solution

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi penerjemahan yang diterapkan penerjemah dalam menerjemahkan teks Piagam Madinah dan (2) mendekripsikan

Penulisan penelitian ini rencananya akan disampaikan hingga V bab diantaranya: Bab I Pendahuluan, bagian ini peneliti akan menguraikan masalah yang akan dibahas

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja nonkeuangan dan kinerja keuangan UPT Rumah Sakit Paru Jember sebelum dan sesudah Badan Layanan

“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak pula bagi perempuan yang mukminah apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan suatu ketetapan akan ada bagi mereka pilihan

Kitinase dapat dihasilkan oleh bakteri dan jamur yang diperoleh dari berbagai sumber seperti tanah atau perairan dengan cara menumbuhkan pada media yang mengandung