BAB I PENDAHULUAN. perkembangannya semakin hari semakin meningkat. Kemajuan teknologi

Teks penuh

(1)

1 A. Latar Belakang

Pada masa sekarang ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, perkembangannya semakin hari semakin meningkat. Kemajuan teknologi pastinya juga bersentuhan dengan komputer. Komputer merupakan sarana komunikasi yang sangat dibutuhkan bagi setiap manusia di muka bumi ini. Komputer juga dapat memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Komputer juga dapat mengurangi potensi terjadinya kesalahan pengolahan data dibanding pengolahan data secara manual, tapi tentunya semua ini tergantung dari kualitas sumber daya manusia yang mengoperasikan komputer. Hanya saja penggunaan komputer ini dalam beberapa bidang, pengolahan datanya terkadang masih menggunakan aplikasi yang sederhana dan kurang kompleks sehingga dapat menyebabkan data yang dihasilkan kurang akurat dan efisien.

Begitu pula dengan Teknologi Internet telah membuat hidup manusia didunia semakin mudah karena sejak internet diciptakan hubungan manusia dengan sesama menjadi semakin tidak terbatas dan tanpa hambatan baik hambatan ruang maupun waktu.

Polres Tanjungpinang dalam hal ini berupaya memaksimalkan pelayananan kepada masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan dan kemampuan komputerisasi.

(2)

Dari hal tersebut diatas, penulis tertarik melakukan penelitian Tugas Akhir dengan judul “Aplikasi Penerimaan Laporan Kriminalitas Online Polres Tanjungpinang”.

B. Identifikasi Masalah

Adapun identifikasi masalah dari judul tersebut diatas, antara lain :

1. Proses penerimaan laporan kriminalitas pada Polres Tanjungpinang saat ini masih manual sehingga penerimaan laporan kriminalitas dirasakan kurang akurat dan efektif.

2. Belum terdatanya data/file laporan kriminalitas dengan baik.

3. Belum adanya sinkronisasi penomoran laporan kriminalitas baik ditingkat polres maupun ditingkat polsek.

4. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mencari data/file laporan kriminalitas yang diperlukan.

C. Batasan Masalah

1. Aplikasi ini hanya dapat dipergunakan oleh User yang telah diberi hak akses oleh Administrator.

2. Aplikasi ini untuk pembuatan, pendataan, penomoran laporan kriminalitas serta melakukan pencarian data yang diperlukan baik ditingkat polres maupun ditingkat polsek.

3. Pencarian data hanya berdasarkan nama pelapor dan apa yang terjadi. 4. File laporan tidak dapat di download, hanya dapat di cetak dan di lihat.

(3)

D. Perumusan Masalah

Aplikasi apakah yang dapat membuat sinkronisasi penomoran laporan kriminalitas baik ditingkat polres maupun ditingkat polsek, melakukan pendataan laporan kriminiltas dengan baik dan melakukan pencarian data yang diperlukan dengan cepat?

E. Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut :

1. Sebagai sarana untuk mengimplementasikan bahasa pemrograman PHP yang di pelajari di kampus.

2. Sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar sarjana.

3. Menciptakan aplikasi yang dapat dipergunakan oleh internal kepolisian pada umumnya dan polres tanjungpinang, khususnya.

F. Waktu dan Tempat

1. Waktu : Bulan September s/d November 2011

2. Tempat : Polres Tanjungpinang Jl. A. Yani Tanjungpinang

G. Metodelogi Penelitian

Metodelogi penelitian adalah suatu teknik atau cara untuk mencari, memperoleh, mengumpulkan, atau mencatat data baik berupa data primer maupun data sekunder yang dapat digunakan untuk keperluan menyusun karya ilmiah/penelitian dan kemudian menganalisa factor-faktor yang berhubungan

(4)

dengan pokok permasalahan sehingga akan didapat suatu kebenaran atas data yang diperoleh.

1. Teknik Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data-data bagi penelitian dalam tugas akhir ini digunakan teknik-teknik sebagai berikut :

a. Teknik Observasi

Dengan melakukan Obeservasi atau pengamatan langsung kepada system yang lama untuk dapat lebih mengenal lingkungan fisik seperti tata letak ruangan serta peralatan dan formulir yang digunakan, serta untuk melihat proses beserta kendalanya. Pada metode ini mengadakan pengamatan serta pencatatan objek yang diteliti mengenai penerimaan laporan kriminalitas.

b. Teknik Wawancara

Dengan dilaksanakannya wawancara pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2011 dengan Bripka. Eko Rasdiono, anggota Sentra Pelayanan Kepolisian Regu III Polres Tanjungpinang dan Bripda. Moe Bone Simatupang, anggota Sentra Peayanan Kepolisian Regu A Polsek Bukit Bestari.

(5)

2. Metode pengembangan sistem

Segala sesuatu yang akan kita kembangkan seharusnya memiliki kerangka kerja, demikian pula dengan langkah pengembangan sistem/perangkat lunak. Pada kesempatan kali ini penulis menggunakan metodelogi waterfall.

Gambar.1.1. Metodelogi Waterfall (Adi Nugroho, 2005).

a. Tahap Perencanaan

Perencanaan adalah penjelasan mengenai studi kebutuhan pengguna, studi kelayakan baik secara teknis maupun secara teknologi serta penjadwalan pengembangan suatu proyek sistem informasi atau perangkat lunak dengan cara sebagai berikut :

1. Mengumpulkan data-data dari penerimaan laporan kriminalitas yang lama. 2. Mencari referensi mengenai aplikasi yang akan dibuat.

Perencanaan Analisis Perancangan Implementasi Pengujian Pemeliharaan

(6)

b. Tahap Analisis

Analisis adalah tahap dimana mengenali segenap permasalahan yang muncul serta mengenali komponen-komponen sistem, obyek-obyek dan hubungan antar obyek dengan cara sebagai berikut :

1. Melakukan analisis laporan kriminalitas yang lama 2. Melakukan analisis kebutuhan aplikasi yang baru.

c. Tahap Perancangan

Tahap perancangan adalah tahap dimana mencari solusi permasalahan yang didapat dari tahap analisis dan terbagi dalam 2 tahap yaitu tahap dimana perancangan yang lebih menekankan pada hasil tahap analisis diimplementasikan dan tahap dimana melakukan penghalusan kelas-kelas yang didapat pada tahap analisis serta menambahkan dan memodifikasi kelas-kelas yang akan lebih mengefisienkan serta mengefektifkan sistem/perangkat lunak yang akan dikembangkan dengan cara sebagai berikut :

1. Membuat Flow Map, Diagram Konteks, ERD serta DFD yang diusulkan 2. Membuat perancangan antar muka aplikasi baru.

d. Tahap Implementasi

Tahap dimana mengimplementasikan perancangan sistem dengan pemilihan perangkat keras, penyusunan perangkat lunak aplikasi (pengkodean/coding) dengan cara melakukan penyesuaian perancangan aplikasi yang dibuat dengan perancangan antar muka yang telah dibuat sebelumnya.

(7)

e. Tahap Pengujian

Tahap dimana dilakukan pengujian aplikasi penerimaan laporan kriminalitas online polres tanjungpinang sudah sesuai dengan kebutuhan dengan cara melakukan pengujian black box.

f. Tahap Pemeliharaan

Tahap dimana dilakukan pengoperasian sistem dan melakukan perbaikan-perbaikan kecil jika ditemukan kesalahan dengan cara melakukan pemeliharaan serta pengecekan jalannya aplikasi secara rutin dan berkala.

H. Manfaat

1. Bagi Mahasiswa

Sebagai implementasi pembelajaran bahasa pemrograman PHP yang telah di pelajari di STT Indonesia Tanjungpinang.

2. Bagi Instansi

Manfaat tugas akhir ini bagi instansi adalah sebagai berikut :

1. Mempermudah Polres Tanjungpinang dalam hal penerimaan laporan kriminalitas.

2. Mempermudah Polres Tanjungpinang dalam hal melakukan pendataan laporan kriminalitas dan melakukan pencarian data.

3. Membantu polres tanjungpinang dalam hal penghematan biaya dengan penggunaan aplikasi dengan intranet.

(8)

4. Mempermudah polres tanjungpinang dalam hal peregisteran nomor laporan baik ditingkat polres mapun ditingkat polsek

3. Bagi Kampus

Manfaat tugas akhir ini bagi kampus adalah sebagai berikut :

1. Sebagai tambahan referensi penyusunan tugas akhir di perpustakaan kampus.

2. Sebagai contoh penerapan materi pemrograman PHP yang dipelajari dikampus.

I. Penjadwalan

Tabel 1.1 Penjadwalan Penelitian Tugas Akhir

No Kegiatan

September Oktober November

Ket 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1. Pengajuan Judul 2. Konsultasi dengan pembimbing 3. Analisis Permasalahan 4. Pengumpulan Data 5. Perancangan Interface 6. Perancangan Alur

(9)

Aplikasi 7. Pembuatan Design Data Base 8. Pembuatan Aplikasi 9. Pengujian 10. Pembukuan Buku Tugas Akhir 11. Persentasi Aplikasi a. Sistematika Penulisan.

Gambaran secara garis besar mengenai hal-hal yang akan dibahas dalam laporan tugas akhir ini terdiri dari lima bab yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis menguraikan mengenai latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, metodologi penelitian, tujuan, Penjadwalan dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Dalam bab ini menjelaskan tentang landasan teori yang digunakan, seperti penjelasan mengenai : Polres Tanjungpinang, Pengertian Laporan, Pengertian Kriminalitas, Aplikasi web, PHP dan

(10)

JavaScript, Database dan MySQL, Pengertian Online, DFD serta ERD.

BAB III ANALISIS APLIKASI

Dalam bab ini berisi mengenai analisa sistem yang sekarang berjalan. Dari hasil analisa tersebut dapat diketahui lebih jelas mengenai masalah yang dihadapi pada sistem yang sekarang berjalan dan analisis kebutuhan aplikasi baru.

BAB IV PERANCANGAN APLIKASI

Dalam bab ini berisikan perancangan proses, perancangan basis data dan perancangan antar muka dari aplikasi.

BAB V IMPLEMENTASI APLIKASI

Dalam bab ini berisikan pengujian, rencana pengujian, kasus dan hasil pengujian, kesimpulan hasil pengujian dan implementasi dari aplikasi.

BAB VI PENUTUP

Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran-saran.

DAFTAR PUSTAKA

Figur

Tabel 1.1 Penjadwalan Penelitian Tugas Akhir

Tabel 1.1

Penjadwalan Penelitian Tugas Akhir p.8

Referensi

Memperbarui...