Kota Bandung adalah kota yang paling bes

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Saksi Bisu Sejarah Kota Bandung

Kota Bandung adalah kota yang paling besar di Provinsi Jawa Barat, sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Didiami oleh sebagian besar suku Sunda yang menetap disana. Kota Bandung merupakan sebuah tempat yang mengukir berbagai sejarah penting, oleh karena itu banyak bangunan peninggalan sejarah yang ada di kota Bandung. Tempat wisata di Bandung yang memiliki nilai sejarah atau historical antara lain adalah:

1. Jalan Asia Afrika, merupakan jalan tertua di Bansudung, menjadi saksi bisu perkembangan kota Bandung sejak dulu hingga sekarang, dan menyaksikan pergolakan yang terjadi di Bandung. Di jalan Asia Afrika memiliki sederetan bangunan bersejarah di dalamnya seperti Gedung merdeka, masjid Raya, Alun-Alun, dan Hotel Savoyy Homan dan banyak lagi bangunan yang kuno di tempat ini yang menjadikan jalanan ini merupakan salah satu tempat wisata Bandung.

2. Alun – Alun Kota Bandung, berada di kawasan Jalan Asia Afrika. Alun- alun Kota Bandung dikelilingi berbagai pusat perbelanjaan yang sekaligus memberikan kita hiburan dan wisata di Kota Bandung sekaligus wisata belanja.

3. Masjid Agung Kota Bandung, terdapat di sebelah alun – alun kota Bandung. Masjid ini memiliki ciri khas menaranya yang menjulang.

4. Gedung Pakuan atau disebut juga dengan nama Gubernuran,merupakan gedung yang menjadi kediaman dari Residen Priangan. Saat ini gedung ini difungsikan untuk rumah dinas bag gubernur Jawa Barat.

5. Stasiun Pusat Kereta Api Bandung. Stasiun kuno yang memiliki jalur kereta api ke Batavia. Berada di pusat kota Bandung.

6. Villa Isola, letaknya di dalam area Universitas Pendidikan Indonesia,

dirancang bangun oleh C.P Wolff Schoemaker. Bangunan ini tampak sangat indah dan asri.

7. Jalan Braga, di sepanjang jalan terdapat banyak bangunan kuno. Sampai saat ini menjadi tempat berwisata dan berbelanja karena terdapat banyak Factory Outlet. Jalan ini pernah mendapat gelar “The Most Fashionable Street in The East Indies”. Saat ini menjadi tujuan tempat wisata Bandung bagi para wisatawan.

(2)

Melepas penat dengan hangatnya Kawah Putih

Kota Bandung yang juga dikenal sebagai kota Kembang merupakan kota yang cantik karena lingkungannya yang asri dan penataan kota yang indah pada zaman dulu , sehingga menjadi kota yang diminati wisatawan dengan banyaknya wisata alam Bandung. Namun, sampai saat ini kota Bandung juga menjadi tujuan wisata para wisatawan karena masih menyimpan pesona alam yang indah.

Saat ini, di kota wisata di kota Bandung ada banyak dan beraneka ragam, baik tempat wisata alami seperti curug, bukit, tebing dan hutan alami dan juga tempat wisata modern seperti taman – taman kota, taman bermain wisata, tempat wisata belanja dan lain – lain.

Saat ini tempat wisata alam Bandung banyak diminati oleh para wisatawan, karena memang dinilai sangat indah dan menjadi sarana untuk melepas lelah dan

penatnya suasana bising perkotaan.

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata alam Bandung berada di kawasan pegunungan, yang tinggi daerahnya lebih dari 2.400 meter diatas permukaan laut. Suhu udara di kawasan Kawah Putih sangat dingin dan menyejukkan antara 8 derajat hhingga 22 derajat celcius. Oleh karena itu wisatawan yang berkunjung ke area Kawah Putih Ciwidey ini dianjurkan menggunakan jaket atau memakai pakaian yang tebal.

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satunya dari wisata di Kota Bandung. Terletak di daerah Ciwidey yaitu sekitar 50km jauhnya dari Bandung, di sebelah selatan Kota bandung. Kawah Putih merupakan salah satu tempat wisata alam Bandung yang popular di kalangan pencinta alam. Kawah putih sesuai dengan namanya merupakan kawasan kawah vulkanis dari gunung berapi Patuha yang ada di abad 10 silam. dengan tanah sekitar yang berwarna putih karena kandungan belerang dari tanahnya.

(3)

Indoor Theme Park terbesar di dunia, kawasan Trans Studio Bandung sayang untuk dilewatkan wisatawan

Trans Studio Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung. Trans StudioBandung merupakan tempat wisata terpadu yang dibuat secara modern menggabungkan antara wisata themepark atau taman bermain dan wisata berbelanja di Trans Studio Mall yang berlokasi di area yang sama.

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata di Bandung yang merupakan kawasan hiburan yang terluas dan terlengkap di Kota Bandung. Dibuka pada tanggal 18 Juni 2011, Trans Studio Bandung memiliki luas daerah 4,2 hektar, di dalamnya terdapat 20 jenis wahana permainan dan bamyak macam hiburan yang tersedia.

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata di Bandung yang dinilai cocok untuk segala usia, jadi dari mulai anak anak hingga orang dewasa bisa berwisata kesini, sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga. Dan letaknya yang indoor, tidak perlu merasa panas dan terkena hujan, walaupun di dalamnya juga terdapat beberapa jenis permainan yang mengakibatkan kebasahan pada tubuh anda. 20 jenis wahana permainan yang ada di Trans Studio Bandung yang dinilai sangat menyenangkan dibagi dalam tiga kawasan yang mempunyai tiga tema yang berbeda pula. Yang pertama ada Studio Central dengan suasana Broadway, The Lost City dengan tema alam dan Maginc Corner dengan nuansa magic yang

misterius. Karena Trans Studio merupakan entitas dari Trans Media yang merupakan induk dari perusahaan televise swasta, semua wahana permainan di dalam Trans Studio Bandung dinamakan sesuai program – program dan acara di Trans Media, baik itu Trans TV maupun Trans 7. Beberapa diantaranya adalah Dunia Lain, salah satu sekuel horror yaitu wahana rumah hantu yang mistis dan horror, lalu Si Bolang Adventure yang mengajak pengunjung bermain bersama tokoh si Bolang petualang cilik.

(4)

Indahnya sunrise dibalik bukit kawasan tebing keraton

Sejuknya udara kota Bandung, tentunya sayang untuk terlewatkan begitu saja, kita harus memaksimalkan hirupan udara segar di Kota Bandung ketika melakukan liburan kesana. Kegiatan berwisata di Bandung kurang lengkap bila kita tidak mengunjungi wisata alam Bandung, karena letaknya di dataran tinggi di Bandung banyak memiliki panorama wisata alam Bandung yang indah dan merelaksasi diri dari bisingnya keadaan kota. Salah satu wisata alam Bandung adalah tebing keratin. Tebing keratin adalah awasan tebing yang berada di dalam Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda, tepatnya di daerah Kampung Ciharegem Puncak. Dari atas tebing ini, pemandangan wisata alam Bandung yang dapat kita lihat adalah hamparan hijaunya Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang terbentang seluas 180 derajat. Letaknya yang tinggi membuat udara di sekitar tebing keratin ini sangat sejuk sehingag cocok untuk dijadikan destinasi wisata karena hawanya yang dingin dan menyegarkan.

Saat ini, tebing keraton merupakan destinasi wisata alam Bandung yang cukup popular dan terkenal karena banyak anak muda pergi dan mengabadikan suasana indah disana yang menarik perhatian lebih banyak orang lagi. Selain itu

pemandangan sunrise atau matahari terbit disini sangatlah indah, dengan kabut tebal dan udara dingin, anda dapat pula menyaksikan indahnya matahari terbit dari balik bukit di sebelah timur tebing keraton ini.

Suhu udara disana cukup dingin, sehingga anda seharusnya memakai pakaian yang cukup hangat dan jaket tebal. Tekstur tanah yang berpasir di sekitar tebing

keratonjuga cukup rawan membuat anda terpeleset, sehingga anda dianjurkan menggunakan sepatu jika pergi kesana agar menghindari terpeleset.

(5)

anda, karena turunan ketika kembali dari tebing keraton dinilai cukup curam dan berbahaya.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...