PENGARUH METODE PENYULUHAN OBAT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PEREMPUAN DALAM MELAKSANAKAN PENGOBATAN SENDIRI DI KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES SKRIPSI

Teks penuh

(1)

i

PENGARUH METODE PENYULUHAN OBAT TERHADAP

TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP PEREMPUAN

DALAM MELAKSANAKAN PENGOBATAN SENDIRI DI

KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES

SKRIPSI

Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Program Studi Farmasi

IING ARIFFAENI 0908010002

FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

PURWOKERTO

(2)
(3)

iii

HALAMAN PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya : Nama : IingAriffaeni

NIM : 0908010002

Program studi : Farmasi

Fakultas /Universitas : Farmasi / Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa skripsi ini adalah hasil dari proses penelitian saya yang telah dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian yang benar dengan arahan dari dosen pembimbing dan bukan hasil penjiplakan dari hasil karya orang lain atau terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan penulis juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Demikian pernyataan ini, dan apabila kelak dikemudian hari terbukti ada unsur penjiplakan, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Purwokerto, Juli 2013 Yang Menyatakan,

(4)

ABSTRAK

Iing Ariffaeni. Pengaruh Metode Penyuluhan Obat Terhadap Tingkat

Pengetahuan dan Sikap Perempuan dalam Melaksanakan Pengobatan Sendiri di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Dibawah bimbingan Dr. Sabikis, Apt dan Anjar Mahardian K, M.Sc, Apt Latar Belakang: Pengobatan sendiri merupakan pilihan pertama sebagian besar masyarakat saat menderita sakit. Keinginan untuk dapat segera sembuh tanpa disertai pengetahuan yang benar mengenai penggunaan obat akan membahayakan masyarakat, karena itu perlu diadakan sosialisasi keamanan dalam mengkonsumsi obat pada masyarakat.

Tujuan Penelitian: Dilakuan untuk menganalisis pengaruh metode penyuluhan obat terhadap tingkat pengetahuan dan sikap Perempuan dalam melaksanakan pengobatan sendiri di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.

Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan rancangan pretest and posttest control group pada tiga kelompok perlakuan yaitu kelompok ceramah, kombinasi diskusi kelompok-ceramah dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok dengan jumlah sampel 81 perempuan > 30 tahun untuk setiap kelompoknya. Pengaruh metode penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap pengobatan sendiri dianalisis menggunakan uji Mann whitney dengan α =0,05.

Hasil: Penyuluhan metode ceramah menyebabkan peningkatan pengetahuan dan sikap sebesar 3,11 dan 4,69, kombinasi diskusi kelompok-ceramah sebesar 4,51 dan 8,70, dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok sebesar 4,52 dan 7,94. Metode ceramah dan kombinasi diskusi kelompok-ceramah serta ceramah dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok memiliki keefektifan yang berbeda dengan taraf signifikan 0,000 untuk variabel pengetahuan dan 0,000 untuk variabel sikap, sedang metode kombinasi diskusi kelompok-ceramah dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok memiliki keefektifan yang sama dengan taraf signifikan 0,868 untuk variabel pengetahuan dan 0,056 untuk variabel sikap.

Kesimpulan: Penyuluhan metode kombinasi diskusi kelompok-ceramah dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang pengobatan sendiri dibandingkan metode ceramah.

(5)

v

ABSTRACT

Background: Self-medication is the first choice of most people when sick. The desire to be able to immediately recover without the right knowledge about the use of drugs will danger to society, because it is necessary to socialize safety in consuming drugs on society.

Objective: To analyze the effect of Drug Counseling Methods on the level of knowledge and attitudes of communities to implement their own Self-Medication treatment in Salem, Brebes Regency.

Methods: Type of study is true experiment with pretest and posttest control group in the three treatment groups, lecture, combination of group discussion -lecture and combination of -lecture-group discussion with a sample 81 women > 30 years for each group. Effect of counseling methods for self-medication knowledge and attitudes were analyzed using the Mann Whitney test with α = 0.05.

Result: Lecture methods lead to increased knowledge and attitude at 3.11 and 4,69, 4.51 and 8,70 for combination of group discussion-lecture, and 4.52 and 7,94 for combination of lecture-group discussion . Methods of lectures and combination of group discussion -lecture as well as lectures and a combination of lecture-group discussion has different effectiveness with a significant level of 0.000, while the method of the combination of group discussion-lecture and combination of lecture-group discussion has the same effectiveness with a significant level of 0.868 for knowledge and 0,056 for attitide

Conclusion: combination of group discussion-lecture method and combination lecture-group discussion more effective in improving knowledge and attitudes about their own self-Medication treatment than the lecture method.

(6)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Yang Utama Dari Segalanya

Ucapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan berjuta kasih sayang dan rahmat-Nya kepada semua umat manusia. Yang telah memberikan kekuatan,

kemampuan, dan kemudahan dalam menyelesaikan skripsi yang sederhana ini.

Kupersembahkan karya sederhana ini kepada orang yang sangat kukasihi dan kusayangi.

Ibunda dan Ayahanda Tercinta

(Cicih Setiasih dan Tarko)

Terima kasih atas doa dan dukungan dan kasih saying yang senantiasa selalu dipanjatkan demi keberhasilan dan kesuksesanku, tanpa itu semua tidak mungkin

skripsi ini dapat selesai tepat pada waktunya. Terimakasih ibu, terimakasih bapa

Suamiku Tercinta

(Irwan Maulana)

Terima kasih atas doa ,kasih sayang, dukungan dan kesabaran yang senantiasa diberikan kepadaku selama penyusunan skripsi ini. Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada keluarga kecil kita, amiin….

My little baby

(Belum kepikiran namanya)

Terima kasih sudah menjadi jagoan yang sehat dan kuat di perut bunda, semoga kelak nanti menjadi jagoan bunda dan ayah yang soleh, berguna bagi keluarga,

agama dan bangsa. Amiin..

Adikku Tercinta serta semua keluarga besarku

(7)

vii

Pak Sabikis dan Pak Anjar

Selaku pembimbingku selama proses skripsi ini. Berkat bimbingan beliau aku bisa menyelesaikan sekripsi ini.Sekali lagi aku ucapkan terima kasih buat

pembimbingku yang best of the best

My Best friend’s

Teman seperjuanganku “Dian, Ajeng, denoy, piki, yulia “ yang selalu senantiasa mendengarkan keluh kesahku, dan selalu kurepotkan terima kasih atas bantuan, doa, nasehat, hiburan, dan semangat yang kalianberikan selama penyusunan skripsi

dan kuliah.

Teman-teman angkatan 2009:

Teman-teman angkatan 2009 khususnya kelas B yang turut membantu selama ini, terima kasih atas bantuan kalian, semoga silaturahmi diantara kita selalu terjaga.

Serta semua pihak yg sudah membantu selama penyelesaian Tugas Akhir ini...

Tiada kata terucap selain terima kasih yang sebesar-besarnya karena tanpa dukungan dan bantuannya, penyusun tidak dapat menyelesaikan skripsi ini dengan

(8)

MOTTO

Letakkan cinta pada setiap hal yang kamu lakukan, maka kamu akan menemukan cinta dimanapun kamu berada

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, yang telah memberikan kekuatan dan kemudahan sehingga penyusunan Skripsi yang berjudul ” Pengaruh Motode Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Perempuan dalam melaksanakan Pengobatan Sendiri di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes ” dapat berjalan dengan lancar dan selesai tepat pada waktunya.

Penyusunan Skripsi ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Program Studi Farmasi. Dalam penyusunan Skripsi ini penulis telah mendapatkan bantuan, bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada yang terhormat

1. Bapak Dr. Syamsuhadi Irsyad, S.H.,M.H. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

2. Ibu Drs. Nunuk Aries N., M.Si.,Apt selaku Dekan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

3. Bapak Dr. Sabikis, Apt selaku pembimbing I atas semua bimbingan dan arahan

4. Bapak Anjar Mahardian K, M.Sc, Apt. selaku pembimbing II atas semua bimbingan dan arahan

5. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Farmasi yang telah memberikan ilmu kepada penulis selama menuntut ilmu di Universitas Muhammadiyah.

6. Semua pihak yang telah membantu selama penulis melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi ini hingga selesai yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

(10)

rangka meningkatkan pengetahuan dan sikap perempuan di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes dalam melaksanakan pengobatan sendiri.

Purwokerto, Juli 2013

(11)

xi

RIWAYAT HIDUP

Nama : Iing Ariffaeni Tempat/Tanggal lahir : Brebes, 27 Juli 1991

Alamat : Jalan Raya Indrajaya Rt/Rw 01/01 Salem, Brebes. Riwayat Pendidikan : - SD Negeri 4 Indrajaya selesai tahun 2003

- MTSs Husnul Khotimah selesai tahun 2006 - SMA Negeri 5 Purwokerto selesai tahun 2009 - Universitas Muhammadiyah Purwokerto

(12)

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR……….. ... …...xvii

BAB I PENDAHULUAN……… 1

A. Latar Belakang……… 1

B. Perumusan Masalah……… 3

C. Tujuan Penelitian……… 3

D. Manfaat Penelitian……….. 3

BAB II TINJAUAN PUSTAKA……….. 4

A. Tinjauan Pustaka………. 4

1. Pengobatan Sendiri……… 4

2. Penggolongan Obat……… 4

3. Penyuluhan……… 6

4. Sikap……….. 8

B. Hipotesis………. 9

BAB III METODE PENELITIAN………. 10

A. Jenis dan Rancangan Penelitian……… 10

B. Variabel Penelitian………. 11

C. Devinisi Variabel Operasional……… 11

(13)

xiii

4. Metode Kombinasi Diskusi kelompok-Ceramah……….. 12

5. Metode kombinasi Ceramah-Diskusi Kelompok……….. 12

6. Pengobatan Sendiri……….. 12

7. Pengetahuan………. 12

8. Sikap………. 13

9. Responden……… 13

10. Pengkategorian Pengetahuan dan sikap……….. 13

D. Bahan dan Alat……….. 13

1. Bahan………... 13

a. Bahan Penelitian……… 13

b. Populasi dan Sampel………. 19

2. Alat………... 22

a. Kuisioner Pengetahuan……….. 22

b. Kuisioner Sikap………. 23

E. Cara Penelitian……….. 23

1. Tahap Persiapan……….. 23

2. Tahap Pelaksanaan………. 24

F. Analisis Hasil………. 24

1. Uji Validitas dan Reliabilitas………. 24

2. Analisis Data……….. 26

G. Jadwal Penelitian………. 27

H. Kerangka Konsep……… 28

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN………... 29

A. Hasil Penelitian……… 29

1.Lembar Kuisioner……… 29

2.Surat Ijin Penelitian……….. 32

3.Data Induk Uji Validitas dan Reliabilitas……… 49

4.Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas………. 51

5.Data Identitas Responden……… … 54

6.Daftar Hadir Responden………. 61

(14)

B. Pembahasan………. 106

1. Validitas dan Reliabilitas Kuisioner………. 106

2. Karakteristik Responden……….. 108

3. Prosentase Responden Berdasarkan Pengetahuan dan Sikap tentang Pengobatan Sendiri Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Obat di Kecamatan salem Kabupaten Brebes tahun 2013……… 110

4. Rerata Peningkatan Skor Pengetahuan dan Sikap Responden Setelah diberikan Penyuluhan di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Tahun 2013……….. 113

5. Perbandingan Keefektifan Metode Ceramah, Diskusi Kelompok dan Kombinasi Ceramah-Diskusi kelompok Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pengobatan Sendiri di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Tahun 2013……….. 115

(15)

xv

DAFTAR TABEL

Tabel 1.Kelompok Eksperimen A………. 21

Tabel 2. Kelompok Eksperimen B……… 21

Tabel 3. Kelompok Eksperimen C……… 22

Tabel 4.Kuisioner Pengetahuan………. 22

Tabel 5.Kuisioner Sikap………. 23

Tabel 6.Kuisioner Pengetahuan………. 30

Tabel 7.Kuisioner Sikap………. 31

Tabel 8. Data Induk Uji Validitas dan Reliabilitas Pengetahuan………. 49

Tabel 9. Data Induk Uji Validitas dan Reliabilitas Sikap ……… 50

Tabel 10 Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Pengetahuan……….…….. 51

Tabel 11. Hasil Uji Validitas Sikap……… 52

Tabel 12 Hasil Uji Reliabilitas Sikap………. 53

Tabel 13 Hasil Uji Reliabilitas Sikap………. 53

Tabel 14. Data Identitas Responden……….…… 54

Tabel 15 Data Induk Pretest Pengetahuan……… 80

Tabel 16 Data Induk Pretest Sikap……… 86

Tabel 17 Data Induk Postest Pengetahuan……… 93

Tabel 18 Data Induk Postest Sikap……… 99

Tabel 19 Nilai Validitas Kuisioner Pengetahuan……….. 106

(16)

Tabel 21. Analisis kesetaraan variabel antara kelompok ceramah, kombinasi diskusi kelompok-ceramah dan kombinasi ceramah-diskusi kelompok di kecamatan Salem

Kabupaten Brebes Tahun 2013………. .108 Tabel 22. Prosentase Responden Berdasarkan Pengetahuan tentang

Pengobatan Sendiri Sebelum dan Setelah Penyuluhan Obat

di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes………. 110 Tabel 23. Prosentase Sikap Responden terhadap pengobatan Sendiri

Sebelum dan Setelah Penyuluhan Obat di Kecamatan salem

Kabupaten Brebes………... 112

Tabel 24. Rerata Peningkatan Skor Pengetahuan dan Sikap

Responden Setelah diberikan Penyuluhan di Kecamatan

Salem Kabupaten Brebes Tahun 2013……….. 113 Tabel 25. Perbandingan Keefektifan Metode Ceramah,

Kombinasi Diskusi Kelompok-Ceramah dan Kombinasi

Ceramah-Diskusi kelompok Terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Pengobatan Sendiri di Kecamatan Salem

Kabupaten Brebes Tahun 2013………. 115 Tabel 26. Prosentase Responden Berdasarkan Kategori Pengetahuan

terhadap Pengobatan Sendiri setelah diberikan penyuluhan

di Kecamatan Salem Kabupaten Brebes tahun 2013……… 119 Tabel 27. Prosentase Responden Berdasarkan Kategori Sikap

terhadap Pengobatan Sendiri setelah diberikan penyuluhan

(17)

xvii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Power Point File Pengobatan sendiri………. 13

Gambar 2 Power Point File Pengertian pengobatan sendiri………… 14

Gambar 3 Power Point File Contoh penyakit yang dapat diobati dengan pengobatan sendiri……… 14

Gambar 4 Power Point File Penggolongan Obat, pengertian obat bebas………. 14

Gambar 5 Power Point File Contoh obat bebas……… 15

Gambar 6 Power Point File Contoh tanda golongan obat Bebas……….... 15

Gambar 7 Power Point File Pengertian obat bebas terbatas………..… 15

Gambar 8 Power Point File Contoh peringatan pada obat bebas terbatas………..… 16

Gambar 9 Power Point File Pengertian obat keras………..……… 16

Gambar 10 Power Point File Contoh obat keras………..… 16

Gambar 11 Power Point File Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengobatan sendiri……….… 17

Gambar 12 Power Point File Tepat obat……….... 17

Gambar 13 Power Point File Tepat indikasi/ kegunaan……….… 17

Gambar 14 Power Point File Tepat dosis dan waktu pemberian……….…... 18

Gambar 15 Power Point File Waspada efek samping……….…… 18

Gambar 16 Power Point File Waktu pemberian obat……….…… 18

Gambar 17 Surat izin penelitian dan validasi dari fakultas ... 32

(18)

Gambar 19. Surat izin penelitian dan validasi dari BAPPEDA

Kab Brebes……… 34

Gambar 20 Surat izin penelitian dari camat Salem Kab Brebes………. 35

Gambar 21 Surat keterangan uji validasi dari desa Legok Kec. Bantarkawung Kab. Brebes………..… 36

Gambar 22 Surat keterangan penelitian dari desa Pabuaran…………. 37

Gambar 23 Surat keterangan penelitian dari desa Pasirpanjang ………..…… 38

Gambar 24 Surat keterangan penelitian dari desa Ciputih…... 39

Gambar 25 Surat keterangan penelitian dari desa Gandoang... 40

Gambar 26 Surat keterangan penelitian dari desa Bentar…... 41

Gambar 27 Surat keterangan penelitian dari desa Indrajaya……….. 42

Gambar 28 Surat keterangan penelitian dari desa Gunungjaya…….. 43

Gambar 29 Surat keterangan penelitian dari desa Windusakti………. 44

Gambar 30 Surat keterangan penelitian dari desa Capar………. 45

Gambar 31 Surat keterangan penelitian dari desa Gunungtajem ……….……... 46

Gambar 32 Surat keterangan penelitian dari desa Gununglarang ……….… 47

Gambar 33 Surat keterangan penelitian dari desa Gunungsugih ……….. 48

Gambar 34 Daftar hadir responden desa Pabuaran………..… 61

Gambar 35 Daftar hadir responden desa Pasirpanjang………. 64

Gambar 36 Daftar hadir responden desa Ciputih……….. 65

(19)

xix

Gambar 39 Daftar hadir responden desa Indrajaya……… 70

Gambar 40 Daftar hadir responden desa Gunungjaya……….….. 73

Gambar 41 Daftar hadir responden desa Windusakti………... 74

Gambar 42 Daftar hadir responden desa Capar………. 75

Gambar 43 Daftar hadir responden desa Gunungtajem………. 76

Gambar 44 Daftar hadir responden desa Gununglarang……… 77

Figur

Tabel 22. Prosentase Responden Berdasarkan Pengetahuan tentang

Tabel 22.

Prosentase Responden Berdasarkan Pengetahuan tentang p.16
Gambar 39 Daftar hadir responden desa Indrajaya……………………

Gambar 39

Daftar hadir responden desa Indrajaya…………………… p.19

Referensi

Memperbarui...