Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Pencarian Rute Terpendek Menuju Pelabuhan Belawan Berbasis Sistem Informasi Geografis

Teks penuh

(1)

IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENCARIAN

RUTE TERPENDEK MENUJU PELABUHAN BELAWAN

BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

SKRIPSI

DEFI RAKHMAWATI

091421023

PROGRAM STUDI EKSTENSI S1 ILMU KOMPUTER

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)

PERSETUJUAN

Judul : IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA

UNTUK PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENUJU PELABUHAN BELAWAN BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Kategori : SKRIPSI

Nama : DEFI RAKHMAWATI

Nomor Induk Mahasiswa : 091421023

Program Studi : EKSTENSI S1 ILMU KOMPUTER

Departemen : ILMU KOMPUTER

Fakultas : ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI

INFORMASI Drs. Marihat Situmorang, M. Kom Drs. Agus Salim Harahap, M.Si NIP.

(3)

PERNYATAAN

IMPLEMENTASI ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK PENCARIAN

RUTE TERPENDEK MENUJU PELABUHAN BELAWAN

BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

SKRIPSI

Saya mengakui bahwa skripsi ini adalah hasil karya saya sendiri, kecuali beberapa kutipan dan ringkasan yang masing – masing disebutkan sumbernya.

Medan, 2014

(4)

PENGHARGAAN

Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan ridho-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini, sebagai syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Komputer, Program Studi Ekstensi S1 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara. Shalawat dan Salam saya hadiahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada Bapak Drs. Agus Salim Harahap, M.Si sebagai Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Marihat Situmorang, M. Kom sebagai Dosen Pembimbing II atas bimbingan, saran dan masukkan kepada penulis untuk menyelesaikan dan menyempurnakan skripsi ini. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada Ketua dan Sekretaris Program Studi Ekstensi S1 Ilmu Komputer, Bapak Drs. Poltak Sihombing, M. Kom dan Ibu Maya Silvi Lydia, B.Sc, M.Sc. Dekan dan Pembantu Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara, semua dosen, pegawai/staf Program Studi Ekstensi S1 Ilmu Komputer USU.

Terimakasih yang sebesarnya kepada kedua Orang Tua dan keluarga saya atas dukungannya baik materil maupun spiritual. Terimakasih juga kepada rekan – rekan kerja di PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) serta seluruh teman – teman yang tidak dapat saya sebutkan semuanya.

(5)

ABSTRAK

Pelabuhan Belawan terletak di kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Saat ini Pelabuhan Belawan merupakan Pelabuhan tersibuk di Sumatera. Lalu lintas transportasi, logistik maupun aktivitas perdangangan sangat ramai menuju Pelabuhan Belawan sehingga Sistem Informasi Georafis sangat diperlukan. Sistem Informasi Geografis ini dirancang berbasis web dengan layer peta yang direpresentasikan oleh MapguideOpen Source 2.2.0.5703. Digitasi peta menggunakan Quantun GIS 1.8.0-2. Untuk database peta menggunakan PostgreSQL 8.4.16-1 dan Postgis 1.5.5-1. Teknik pencarian rute terpendek menggunakan algoritma Dijkstra, serta diimplementasikan ke halaman web melalui PHP dan Java Script. Adapun penggunaan algoritma Dijkstra karena algoritma ini dipastikan memiliki solusi terbaik dalam menentukan rute terpendek karena algoritma Dijkstra akan membaca seluruh lintasan dan hanya memilih lintasan dengan bobot terkecil sebagai rute terpendeknya. Untuk pengujian dilakukan pencarian rute terpendek dengan melakukan input titik asal dan titik tujuan dimana untuk titik adalah adalah Stasiun Kereta Api Medan dan titik tujuan adalah Terminal Penumpang di Pelabuhan Belawan. Kemudian dari hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa sistem berhasil menampilkan rute terpendek, nama jalan dan jarak yang ditempuh untuk menuju Terminal Penumpang di Pelabuhan Belawan yang divisualisasikan dalam peta kota Medan. Dengan demikian implementasi algoritma Dijkstra pada sistem informasi geografis untuk menentukan rute terpendek menuju Pelabuhan Belawan ini layak digunakan karena berhasil menampilkan rute terpendek menggunakan algoritma Dijkstra.

(6)

IMPLEMENTATION OF DIJKSTRA ALGORITHM TO DETERMINE A SHORTEST PATH TO PORT OF BELAWAN BASED ON GEOGRAPHIC

INFORMATION SYSTEM

ABSTRACT

Belawan is a port in Medan, North of Sumatra, Indonesia. Belawan is Indonesia's busiest port of Sumatera Island. The traffic of logistics and trade activity in Belawan port is very crowded it means people need Geographic Information System. Geographic Information System created by web basis through map layers which is represented by Mapguide Open Source 2.2.0.5703. Map digitation by Quantun GIS 1.8.0-2. PostgreSQL 8.4.16-1 and Postgis 1.5.5-1 is used for database of map. Dijkstra method is used as the shortest route searching technique. It will be implemented to web page through PHP and Java Script. The author has chosen algorithm Dijkstra because this algorithm has a best solution to find a shortest path because it will find the path with lowest cost as the shortest path. For the testing to find a shortest path add start point and end point which is start point is Stasiun Kereta Api Medan and the end point is Port of Belawan. The result is the shortest path found and represented with routing of shorthest path, name of road and the distance to go to Port of Belawan that visualization in Map of Medan City. Then this System Information Geographic is useful because it can representation the shortest path by using Dijkstra Algorithm.

(7)

DAFTAR ISI

Bab III Analisis dan Perancangan Sistem 20

3.1 Analisis Sistem 20

3.1.1 Analisis Masalah 20

3.1.2 Analisis dan Perancangan SIG 21

(8)
(9)
(10)

DAFTAR TABEL

Halaman

2.3.1 Perhitungan Dijkstra pada gambar 2.3.1 15

3.5a Bangunan 28

3.5b Rincian Tabel Bangunan 28

3.5c Jalan 29

3.5d Rincian Tabel Jalan 30

3.5e Network 32

3.5f Database Tabel Bangunan 34

3.5g Node 35

4.2a Hasil Iterasi Ke-1 39

4.2b Hasil Iterasi Ke-2 40

4.2c Hasil Iterasi Ke-3 40

4.2d Hasil Iterasi Ke-4 41

4.2e Hasil Iterasi Ke-5 42

4.2f Hasil Iterasi Ke-6 43

4.2g Hasil Iterasi Ke-7 44

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...