BAB I PENDAHULUAN. Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting karena hal

Teks penuh

(1)

1

1.1. Latar Belakang

Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting karena hal ini tidak dapat dihilangkan dan akan terus dilakukan oleh setiap manusia.

Pada dasarnya komunikasi merupakan proses penyampaian suatu informasi dalam bentuk lisan atau tulisan yang memiliki maksud atau tujuan tertentu. Kegiatan berkomunikasi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan jaman, namun itu tergantung pada kemampuan manusia dalam memahami suatu informasi yang ada di dalamnya.

Semakin berkembang keahlian berkomunikasi seseorang tentu akan membuat manusia bisa melakukan beberapa bentuk variasi komunikasi, contohnya adalah melakukan proses komunikasi massa.

Komunikasi massa secara sederhana yaitu salah satu bentuk komunikasi yang proses penyampaian pesannya kepada banyak individu secara tersebar dan meluas, sehingga pesan yang sama bisa diterima serentak dalam waktu singkat. Komunikasi massa memang sangat berpengaruh besar pada kehidupan manusia untuk zaman modern seperti sekarang. Perkembangan teknologi yang sangat cepat adalah salah satu faktor yang berperan besar dalam melahirkan beberapa sumber media sebagai sarana dalam penyampaian pesan kepada masyarakat luas

(2)

Media massa sangat berpengaruh dalam proses komunikasi massa, karena media massa memiliki keuntungan untuk melipat gandakan pesan dan bisa menyampaikannya pada masyarakat luas dalam waktu yang sangat singkat. Selain lebih mudah dan efektif, media massa juga semakin bervariasi dalam bentuk dan wujud penyampaiannya.

Berbagai media massa telah lahir di masyarakat, yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu media cetak, media display dan media audio visual.

Media cetak antara lain seperti poster, koran, majalah, flayer, brosur, dan kemasan; pada media display yaitu rak pameran, stand pameran, meja promosi; sedangkan pada media audio visual seperti film, video, internet, dan televisi.

Dewasa ini media massa yang menggunakan media cetak masih diminati oleh beberapa individu dan badan perusahaan untuk menyampaikan informasi mengenai suatu produk baru atau produk yang mereka hasilkan. Dikarenakan media cetak lebih mudah dipahami dan tidak terbatas pada durasi serta penyebarannya lebih luas dan menyeluruh. Dalam hal ini media-media cetak yang banyak digunakan perusahaan sebagai penyampaian informasi adalah poster, flyer, dan dalam bentuk kemasan yang menarik serta mempunyai keunikan sehingga masyarakat dapat langsung membedakan dari jenis kemasan dari produk lain yang ada.

PT. Kreasi lima perdana (Centric communication) adalah perusahaan berdiri pada tahun 2003. Saat ini sudah bertumbuh menjadi

(3)

perusahaan yang lebih besar yang menyediakan solusi-solusi inovatif dengan pelayanan di bidang periklanan yang sangat luas. Menjamin pengerjaan yang cepat dan kreatif yang bagi klien, dengan lebih dari 10 tahun pengalaman.

PT. Kreasi lima perdana (Centric communication) melayani jasa Above the line dan Below the line. PT. Kreasi lima perdana (Centric communication) tetap hadir dan memposisikan diri sebagai salah satu advertising Agency dijakarta yang akan terus berkembang dengan memastikan desain desain yang kreatif.

Dengan permasalahan yang telah dijelaskan oleh penulis secara umum dan menyeluruh, maka penulis saat ini ingin membuat sebuah laporan kerja praktek yang menjelaskan tentang kegiatan kerja praktek penulis di advertising CENTRIC COMMUNICATION. Dengan menjelaskan secara terperinci mengenai perusahaan dan proses penciptaan suatu karya yang dilakukan penulis di perusahaan tersebut. Mulai dari proses pra produksi, hingga proses pasca produksi.

1.2. Penegasan Makna Judul

Guna memperjelas pengertian dari judul laporan kerja praktek ini, maka diperlukan penegasan makna judul yang diambil oleh penulis yaitu sebagai berikut :

(4)

“Perancangan Media Promosi Produk johnsons blossoms pada produk johnsons baby Oleh Advertising Centric Communication”

(1) Perancangan : rancangan sesuatu yg sudah dirancang; hasil merancang rencana program desain grafis rancangan yg mencakupi dua dimensi, misalnya ilustrasi, tipografi, fotografi, dan metode melukis; penulisan rencana yg disusun menurut tahapan tertentu untuk mencapai tujuan yg ditetapkan dl pelaksanaan penulisan; tipografi rancangan untuk memilih, menyusun, dan mengatur tata letak huruf dan jenis huruf untuk keperluan pencetakan ataupun reproduksi;

pe·ran·cang n orang yg merancang(kan);

grafis orang yg pekerjaannya merancang ilustrasi, tipo-grafi, fotografi, dan metode melukis.

(2) Material :Bahan yg akan dipakai untuk membuat barang

bahan mentah untuk bangunan seperti pasir, kayu,paku.

(5)

(3) Promosi : Reklame: pariwisata hendaknya dilakukan secara intensif dan terus-menerus; dagang kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yg bersifat persuasif; domestik promosi untuk meningkatkan arus wisatawan dalam negeri.

(4) Produk : Barang atau jasa yg dibuat dan ditambah gunanya atau nilainya dl proses produksi dan menjadi hasil akhir dr proses produksi itu; benda atau yg bersifat kebendaan seperti barang, bahan, atau bangunan yg merupakan hasil konstruksi hasilhasil kerja; instalasi gas Pet cairan gas bumi yg dihasilkan oleh instalasi pemroses gas, atau oleh fasilitas

lapangan sampingan produk sertaan; sertaan 1 barang yg dibuat dl jumlah kecil di

samping produk utama; produk sampingan; hasil tambahan yg diperoleh dr olahan bahan produk utama dan merupakan produk tersendiri.

(6)

(5) baby blossoms: Merupakan sebuah produk dari perusahaan Johnsons and johnsons dalam kategori perlengkapan bayi berupa bedak bayi sebagai pilihan wangi yang berbeda.

(6) Advertising Centirc Communication: Perusahaan advertising tempat penulis melakukan perancangan desain kemasan tersebut.

1.3 Batasan Masalah

Dengan adanya penegasan makna judul, tentu harus ada batasan masalah agar penulis tidak keluar jauh dari permasalahan utama. Oleh karena itu, penulis membuat batasan masalah bahwa penulis hanya akan fokus pada kategori media cetak berupa perancangan material promosi dari produk johnsons baby blossoms yang dirancang di perusahaan advertising CENTRIC COMMUNICATION.

1.4 Rumusan Masalah

Berdasarkan batasan masalah yang telah dijelaskan diatas, maka rumusan masalah yang didapat adalah bagaimana caranya mendesain material promosi dari produk johnsons baby blossoms oleh advertising Centric Communication agar terlihat menarik.

(7)

1.5 Tujuan

Tujuan penulis membuat laporan kerja praktek dengan judul Perancangan material promosi produk johnsons baby blossoms oleh advertising Centric Communication adalah sebagai berikut:

(1) Sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah kerja praktek dan juga sebagai syarat pengambilan tugas akhir jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain Industri Kreatif, Universitas Esa Unggul.

(2) Untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus baik itu teori maupun praktek untuk diperaktekan di perusahaan

(3) Memahami seluk beluk secara menyeluruh mengenai dunia kerja sebagai wawasan bagi penulis dan masyarakat luas.

(4) Berguna bagi penulis dengan bertambahnya ilmu untuk digunakan sebagai profesi kerja di kemudian hari.

1.6 Manfaat

Penulis juga menyertakan beberapa manfaat dari penyusunan laporan kerja praktek ini. Yaitu, sebagai berikut:

1.6.1 Manfaat Bagi Institusi

Manfaat laporan kerja praktek ini bagi institusi (Universitas Esa Unggul) yaitu, sebagai tolak ukur perkembangan kemampuan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual dengan mempraktikean semua ilmu desain yang di dapat dari semasa perkuliahan ke dalam dunia kerja yang

(8)

sebenarnya. Dan juga sebagai bahan perbandingan mahasiswa dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan agar mahasiwa dapat mengenal dunia kerja yang menyangkut dengan jurusan desai komunikasi visual.

1.6.2 Manfaat Bagi Perusahaan

Manfaat bagi perusahaan adalah sebagai bahan pertimbangan untuk mencari tenaga kerja baru yang masih segar dan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan perusahaan. Selain itu juga dapat digunakan sebagai tolak ukur perkembangan dunia desain yang diterima oleh mahasiswa dalam perkuliahannya sehingga dapat memberi masukan ide-ide baru yang lebih inovatif dalam penerapannya terhadap pekerjaan yang diterima oleh perusahaan tersebut.

1.6.3 Manfaat Bagi Masyarakat

Manfaat bagi masyarakat terbagi menjadi 2 yaitu masyarakat profesi dan masyarakat luas.

(1) Masyarakat profesi

Bagi masyarakat profesi bermanfaat untuk mahasiswa yang menempuh tugas akhir dengan memilih topik sejenis.

(9)

(2) Masyarakat luas

Sedangkan untuk masyarakat luas berguna sebagai bahan pengetahuan berupa bacaan.

1.7 Waktu dan Tempat

Kerja praktek di perusahaan untuk mendukung kegiatan studi tambahan dengan terjun langsung kelapangan merupakan salah satu program yang di tentukan oleh Dikti kepada setiap perguruan tinggi agar setiap mahasiswanya melaksanakan kerja praktek di perusahaan perusahaan dengan ketentuan lamanya kerja praktek yaitu selama 3 bulan.

1.7.1. Waktu

Penulis melakukan waktu pelaksanaan dalam kerja praktek adalah sebagai berikut

Lama KerjaPraktek : 3 bulan

Tanggal : 3 desember 2012 – 3 maret 2013

HariKerja : Senin – jumat

Jam Kerja : 09.00 WIB – 17.00 WIB

(10)

1.7.2 Tempat

Penulis menempati posisi sebagai Grapich Design di dalam sebuah tim kreatif

Perusahaan : PT. Kreasi lima perdana (Centric communication)

Alamat : Jl. Palmerah utara II no. 212a Jakarta 1148 Indonesia

Telepone : +62-21-535-7080

Fax : +62-21-536-73676

Email : centric@five.com

Website : www.centricfive.com

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :