Pemanfaatan Sekam Padi Dan Limbah Teh Sebagai Bahan Briket Arang Dengan Perekat Tetes Tebu

13 

Teks penuh

(1)

PEMANFAATAN SEKAM PADI DAN LIMBAH TEH

SEBAGAI BAHAN BRIKET ARANG DENGAN PEREKAT

TETES TEBU

SKRIPSI

AHMAD RIFAI SIREGAR 100308046

PROGRAM STUDI KETEKNIKAN PERTANIAN

FAKULTAS PERTANIAN

(2)

PEMANFAATAN SEKAM PADI DAN LIMBAH TEH

SEBAGAI BAHAN BRIKET ARANG DENGAN PEREKAT

TETES TEBU

SKRIPSI

AHMAD RIFAI SIREGAR 100308046

KETEKNIKAN PERTANIAN

Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mendapatkan Gelar Sarjana di Program Studi Keteknikan Pertanian Fakultas Pertanian

Universitas Sumatera Utara

Disetujui Oleh : Komisi Pembimbing

PROGRAM STUDI KETEKNIKAN PERTANIAN

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(Lukman Adlin Harahap, STP, M.Si)

Ketua

(3)

ABSTRAK

AHMAD RIFAI SIREGAR: Pemanfaatan Sekam Padi dan Limbah Teh Sebagai Bahan Briket Arang Dengan Perekat Tetes Tebu, dibimbing oleh LUKMAN ADLIN HARAHAP dan SULASTRI PANGGABEAN.

Briket merupakan salah satu bahan bakar yang berasal dari biomassa digunakan sebagai sumber energi alternatif yang sangat sederhana dan murah. Biomassa yang digunakan dalam peneliitian ini adalah sekam padi dan limbah teh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengolahan briket bioarang dari sekam padi dan limbah teh dengan variasis komposisi dan juga untuk mengetahui komposisi briket arang yang terbaik antara sekam padi dengan pemcampuran limpah teh terhadap mutu briket yang dihasilkan. Pengujian yang dilakukan adalah dengan rancangan acak lengkap non faktorial dengan parameter kadar air, kerapatan, keteguhan tekan, nilai kalor dan kadar abu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan pembuat briket memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap kadar air, dan memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap kerapatan, keteguhan tekan, nilai kalor dan kadar abu.

Rata-rata kadar air pada penelitian ini yaitu 6.72% yang memenuhi standar briket buat Jepang, Amerika dan Indonesia dan tidak memenuhi standar briket buatan Inggris. Nilai Kerapatan sebesar 0.68 gr/cm3 yang memenuhi standar briket buatan Jepang dan Amerika dan tidak memenuhi standar briket buatan Inggris dan Indonesia, sedangkan untuk keteguhan tekan, nilai kalor dan kadar abu tidak ada yang memenuhi standar mutu briket arang buatan Jepang, Amerika, Inggris dan Indonesia dengan nilai rata-rata secara berurutan yaitu sebesar 1.71 kg/cm2, 4400.97 kal/gr dan 15.00%.

Kata kunci : Briket, Biomassa, Sekam padi dan Limbah Teh.

ABSTRACT

AHMAD RIFAI “Utilization of rice husk and tea wast as charcoal briquettes with adhesive cane”. Supervised by LUKMAN ADLIN HARAHAP dan SULASTRI PANGGABEAN.

(4)

waste tea against of the quality briquette produced. Testing was conducted using a non-factorial completely randomized disign with water content, density, firmness press, calorific value, and ash content. The result of this research showed that composition of the briquette materials highly significantly unaffected the water content and highly significantly effected against density, firmness press, calorific value, and ash content.

The average of water content in this research is 6,72% that meet Japane standard. Amerika and Indonesia do not meet standard. of briquette made in England. Density value is 0,68 gr/cm3 which meet standard of briquette made in Japan and Amerika, but did not meet standard of briquette made in England and Indonesia. Firmness press, calorific value, and ash content did not meet standard of briquette made in Japan, Amerika, and Indonesia with an average value in sequence are 1.71 kg/cm2, 4400.97 kal/gr and 15.00%.

(5)

RIWAYAT HIDUP

Ahmad Rifai Siregar, dilahirkan di Aek Korsik, Desa Parimburan, Kecamatan Sungai Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara pada

tanggal 04 September 1992 dari ayahanda Bardat Siregar dan ibunda Siti Masnilom Harahap. Penulis merupakan anak ke tiga dari empat bersaudara.

Penulis menyelesaikan Sekolah Dasar di Sekolah Dasar Negeri 112254 Aek Korsik, pada tahun 2004, tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di MTs Swasta Ittihadiyah Aek Korsik pada tahun 2007 dan tamat Sekolah Menengah Atas (SMA) dari SMA Negeri 1 Rantau Utara, Rantauprapat

pada tahun 2010. Pada tahun 2010 penulis lulus seleksi masuk Universitas Sumatera Utara melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan

Tinggi Negeri (SNMPTN), Program Studi Keteknikan Pertanian, Fakultas Pertanian.

(6)

RABBANI Fakultas Pertanian USU tahun2012/2013. Menjabat sebagai Anggota Majelis Pertimbangan Mahasiswa Fakultas (MPMF) PEMA Fakultas Pertanian, sekretaris jendral Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Pertanian tahun 2012/2013. Menjabat sebagai Ketua Divisi Eksternal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) RABBANI USU tahun 2013/2014. Menjabat Sebagai Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Komisariat Nusantara USU pada tahun 2013/2014, menjabat sebagai Anggota Majelis Pertimbangan Mahasiswa Universitas (MPMU) Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara tahun 2014/2015.

(7)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Pemanfaatan Sekam Padi dan Limbah Teh Sebagai Bahan Briket Arang dengan Perekat Tetes Tebu”yang merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan Gelar Sarjana di Program Studi Keteknikan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Lukman Adlin Harahap, STP, M.Si selaku ketua komisi pembimbing dan Ibu Sulastri Panggabean, STP, M.Si selaku anggota komisi pembimbing yang

(8)

Ucapan terima kasih juga penulis ucapkan kepada teman-teman mahasiswa keteknikan pertanian stambuk 2010: M. Fajar, M. Ginta dan teman-teman lainnya, serta terima kasih kepada adik-adik stambuk 2011: Ardelima S, Khairul Azmi, Ade Rasmi, Nisa Damanik dan teman-teman lainnya, terima kasih juga kepada adik stambuk 2012, 2013 dan 2014 yang tidak bisa penulis sebutkan namanya satu persatu kalian semua adalah inspirasi penulis. Terima kasih kepada semua keluarga besar BKM AL-Mukhlisin Fakultastas Pertanian USU Stambuk 2010: Mas Burhan (Ceo Molen Arab), Mas Bray, Si Irul, Rudi, Yudi, Septyan, Kak Riza, Desy Lavria, Nisa, Tara, Tya, dan Liza dan terkhusus kepada Lia Anggreini Nst, SP, Serta terima kasih kepada adik-adik pengurus di BKM AL-Mukhlisin FP USU kalianlah generasi inspirasi berikutnya. Terima kasih kepadakeluarga besar di perantauan PK KAMMI Nusantara USU Periode 2013-2014, periode penulis sebagai ketua umum mungkin belum ada perestasi yang ditorehkan, tapi yakinlah kedepan perestasi itu akan ada di genggaman tangan para generasi inspirasi yang kuat dan kokoh, tetaplah berkarya dan terus menciptakan proyek-proyek kebaikan di masyarakat.

Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Medan, Januari 2015

(9)

DAFTAR ISI

Tujuan Penelitian ... 3

Batasan Penelitian... 3

Kegunaan Penelitian ... 4

TINJAUAN PUSTAKA

Proses Pengarangan ... 15

Perekat ... 16

Perekat Tetes Tebu ... 18

Pengayakan ... 19

Kegunaan Briket Biorang... 20

Keunggulan Briket Biorang ... 21

BAHAN DAN METODE Tempat dan Waktu Penelitian ... 22

Bahan dan Alat ... 22

Metode Penelitian ... 23

Model Rancangan Penelitian ... 23

Prosedur Penelitian ... 24

Parameter Penelitian ... 25

(10)

Nilai Kalor ... 35 Kadar Abu ... 37

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan ... 40 Saran ... 41

DAFTAR PUSTAKA ... 42

(11)

DAFTAR TABEL

Hal

Tabel 1.Potensi Biomassa Indonesia ... 7

Tabel 2. Komposisi Kimia Sekam Padi ... 9

Tabel 3. Komposisi Kimia Limbah Ampas Teh... 10

Tabel 4. Hasil Pengujian Proximate Dan Nilai Kalor ... 11

Tabel 5. Kualitas Mutu Briket Arang ... 14

Tabel 6. Kayu Bakar Dan Bahan Bakar Minyak ... 15

Tabel 7. Perlakauan Komposisi Antara Sekam Padi Dan Limbah Ampas Teh ... 24

Tabel 8. Hasil Penelitian Uji Komposisi Bahan Pembuat Briket Arang Sekam Padi Dan Ampas Teh ... 30

Tabel 9. Pengaruh Komposisi Terhadap Kerapatan ... 32

Tabel 10. Pengaruh Komposisi Terhadap Keteguhan Tekan ... 34

Tabel 11. Pengaruh Komposisi Terhadap Nilai Kalor ... 36

(12)

DAFTAR GAMBAR

Hal Gambar 1. Sekam Padi ... 8 Gambar 2. Limbah Ampas Teh ... 10 Gambar 3. Tetes Tebu ... .20 Gambar 4. Hubungan Antara Komposisi Bahan Pembuat Briket

Arang Terhadap Kadar Air ... 30 Gambar 5. Hubungan Antara Komposisi Bahan Pembuat Briket

Arang Terhadap Kerapatan ... 32 Gambar 6. Hubungan Antara Komposisi Bahan Pembuat Briket

Arang Terhadap Keteguhan Tekan ... 34

Gambar 7. Hubungan Antara Komposisi Bahan Pembuat Briket

Arang Terhadap Nilai Kalor ... 36

Gambar 8. Hubungan Antara Komposisi Bahan Pembuat Briket

(13)

LAMPIRAN

Hal

Lampiran 1. Flowchart ... 44

Lampiran 2. Data Pengamatan Kadar Air ... 45

Lampiran 3. Data Pengamatan Kerapatan ... 46

Lampiran 4. Data Pengamatan Keteguhan Tekan ... 47

Lampiran 5. Data Pengamatan Nilai Kalor ... 48

Lampiran 6. Data Pengamatan Kadar Abu ... 49

Lampiran 7. Gambar Bahan ... 50

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...