Asuhan Keperawatan pada Tn. T dengan Prioritas Masalah Kebutuhan Dasar Oksigenasi di Lingkungan V Kelurahan Harjosari II Kecamatan Medan Amplas

Teks penuh

(1)

1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang digunakan untuk kelangsungan metabolisme di dalam sel tubuh, agar dapat mempertahankan hidup dan aktivitas berbagai organ dan kehidupan sel (Tarwoto & Wartonah, 2010). Oksigen (O2) merupakan gas tidak berwarna dan tidak berbau yang sangat di butuhkan dalam proses metabolisme sel. Hasilnya terbentuklah karbon dioksida, energi dan air akan tetapi penambahan yang melebihi batas normal pada tubuh akan memberikan dampak yang cukup bermakna terhadap aktivitas sel (Hidayat, 2006).

Kebutuhan fisiologis oksigenasi merupakan kebutuhan dasar manusia yang digunakan untuk kelangsungan metabolisme sel tubuh, untuk mempertahankan hidupnya dan untuk aktivitas berbagai organ dan sel. Apabila dari 4 menit orang tidak mendapatkan oksigen maka akan berakibat pada kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki dan biasanya pasien akan meninggal (Hidayat, 2006).

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Hidayat (2005) yaitu Pernafasan atau respirasi adalah proses pertukaran gas antara individu dan lingkungan. Fungsi utama pernafasan adalah untuk memperoleh agar dapat digunakan oleh sel-sel tubuh dan mengeluarkan yang dihasilkan oleh sel. Saat bernapas, tubuh mengambil dari lingkungan untuk kemudian diangkut keseluruh tubuh (sel-selnya) melalui darah guna dilakukan pembakaran. Selanjutnya sisa pembakaran berupa akan kembali diangkut oleh darah ke paru-paru untuk dibuang ke lingkungan karena tidak berguna lagi oleh tubuh.

Pemenuhan kebutuhan oksigenasi tidak terlepas dari peranan fungsi sistem pernafasan dan kardiovaskuler yang menyuplai kebutuhan oksigen tubuh. Dalam implementasinya mahasiswa keperawatan diharapkan lebih memahami tentang apa oksigenasi, bagaimana proses keperawatan pada klien dengan gangguan oksigenasi dan bagaimana praktik keperawatan yang mengalami masalah oksigenasi (Hidayat, 2006).

(2)

2

A. Tujuan

Tujuan Umum

Mengetahui, memahami dan mampu memberikan asuhan keperawatan klien dengan prioritas masalah ketidakefektifan pola nafas.

B. Manfaat Penulisan

1. Bagi Mahasiswa

Agar mampu memahami dan melakukan tentang bagaimana asuhan keperawatan pada klien gangguan oksigenasi.

2. Bagi Institusi Pendidikan

Agar dapat memberikan penjelasan dan melakukan yang lebih luas tentang asuhan keperawatan pada klien dan dosen.

3. Bagi Masyarakat

Agar lebih mengerti dan memahami tentang asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan oksigenasi untuk meningkatkan mutu kesehatan yang ada di masyarakat.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...