KATA PENGANTAR. Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa yang

Teks penuh

(1)

(2) KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa yang telah. memberikan. diselesaikannya. rahmat. laporan. dan. hidayahNya. pelaksanaan. kegiatan. sehingga Survei. dapat. Kepuasan. Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan Triwulan II Tahun 2021. Pedoman pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat telah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Tujuan dari Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik, serta untuk mendapatkan umpan balik (feedback) secara berkala atas pencapaian kinerja/kualitas pelayanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha bidang perikanan sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang selajutnya secara berkesinambungan. Kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna sehingga kritik, saran,. dan. masukan. yang. konstruktif. sangat. diharapkan. demi. kesempurnaannya. Kami berharap semoga laporan ini bermanfaat dan sebagai. bahan. masukan. dalam. pengambilan. kebijakan. terhadap. penyelenggaraan kegiatan sekaligus sebagai bahan evaluasi bagi peningkatan kegiatan Pusat Data, Statistik, dan Informasi mendatang. Jakarta, 15 Juli 2021 Plt. Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi. Yudi Priatno. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. i.

(3) DAFTAR ISI KATA PENGANTAR............................................................ DAFTAR ISI........................................................................... I PENDAHULUAN. 1.1 Latar Belakang....................................................................... 1.2 Dasar Hukum.......................................................................... 1.3 Maksud dan Tujuan............................................................... 1.4 Sasaran................................................................................... 1.5 Prinsip...................................................................................... 1.6 Ruang Lingkup....................................................................... 1.7 Manfaat..................................................................................... II METODOLOGI PENELITIAN SURVEI. 2.1 Definisi Survei....................................................................... 2.2 Metode dan Unsur Survei .................................................. 2.3 Langkah-langkah Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat............................................................................ 2.4 Langkah-langkah Pengolahan Data.................................. 2.5 Perangkat Pengolahan Data............................................... 2.6 Laporan Hasil Penyusunan Survei.................................... 2.7 Penyusunan Jadwal.............................................................. i ii 1 2 3 3 4 5 5. 6 6 9 13 14 15 17. III PEMBAHASAN HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT. 3.1 Penetapan Waktu Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat............................................................................ 3.2 Jumlah Responden.............................................................. 3.3 Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data.............................. 3.4 Indeks Setiap Unsur Pelayanan......................................... 3.5 Karakteristik Responden..................................................... 3.6 Kuesioner Tentang Pelayanan........................................... 3.7 Kuesioner Tentang Anti Korupsi Petugas......................... 3.8 IKM Perizinan Masing-masing Direktorat......................... 3.9 Saran Responden.................................................................. IV PENUTUP. 4.1 Kesimpulan............................................................................ 4.2 Saran....................................................................................... LAMPIRAN. Lampiran I SK Survei Kepuasan Masyarakat .......................... Lampiran II IKM Triwulan II Tahun 2021.................................... Lampiran III Hasil Responden Aspek Pelayanan..................... Lampiran IV Rekapitulasi Aspek Pelayanan Bebas Korupsi... Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 18 19 20 20 22 27 40 41 45. 47 48 49 53 54 58. ii.

(4) BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pemerintah memiliki fungsi dan tujuan memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan menjalankan peran sebagai organisasi publik non profit yang memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan publik yang diberikan didasarkan atas fungsi, peran, kewajiban dan tujuan didirikannya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat baik jasa maupun layanan. Fungsi utama pemerintah adalah melayani masyarakat maka pemerintah perlu terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, seperti yang tercantum pada UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana mekanisme survei berpedoman pada. Pelayanan publik khususnya di lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan telah diamanatkan dalam peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 33/PERMEN-KP/2017 yang menyatakan bahwa sebagian perizinan yang ada pada peraturan tersebut dilakukan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan (PTSP KKP).. Aparatur pemerintah. dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan masyarakat. Hal ini ditandai dengan masih adanya keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa, sehingga dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap aparatur pemerintah. PTSP. KKP. merupakan. tempat. penyelenggara. pelayanan. perizinan. Kementerian Kelautan dan Perikanan, hal ini menjadikan layanan yang dilakukan oleh PTSP KKP memiliki peran besar dalam penilaian kerja Kementerian. PTSP KKP menyelenggarakan banyak perizinan dari berbagai Unit Eselon I KKP. Beberapa Unit Eselon I telah melakukan survei tersendiri terkait perizinan yang dilakukannya, namun penilaian tersebut tidak menggambarkan pelayanan secara keseluruhan sehingga dilakukan kembali survei menyeluruh dari berbagai jenis layanan yang diselenggarakan PTSP KKP. Penilaian ini diperlukan untuk mengetahui seberapa baik penyelenggaraan layanan yang diselenggarakan PTSP baik dari proses perizinannya maupun dari segi fasilitas yang telah diberikan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 3.

(5) Hasil penilaian ini dapat menjadi salah satu bahan evaluasi dalam rangka usaha meningkatkan mutu pelayanan, diperlukan adanya perubahan-perubahan, terutama restrukturisasi tim strategi pelayanan. Strategi ini diharapkan dapat mendongkrak. peningkatan. kinerja. pegawai. dan. akan. menghasilkan outcome memuaskan yang dapat dilihat dari hasil survei, untuk itu perlu dilaksanakan survei kepuasan masyarakat. 1.2. Dasar Hukum Dasar hukum penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah: 1). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;. 2). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;. 3). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan. Masyarakat. terhadap. Penyelenggaraan. Pelayanan. Publik,. sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik; 4). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik;. 5). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 15/2021 tentang Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan; dan. 6). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 7/PERMEN-KP/2018 tentang perubahan atas Permen KP Nomor 6/PERMEN-KP/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4.

(6) 1.3. Maksud dan Tujuan Maksud. Penyusunan. Laporan. Survei. Kepuasan. Masyarakat. (SKM). dimaksudkan sebagai acuan bagi unit pelayanan instansi pemerintah untuk menyusun dan menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya. Bagi masyarakat, Survei Kepuasan Masyarakat dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang melaksanakan survei. Tujuan dari pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat ini adalah untuk mengukur. tingkat. kepuasan. masyarakat. sebagai. pengguna. layanan. dan. meningkatkan penyelenggaraan pelayanan publik, serta untuk mendapatkan umpan balik (feedback) secara berkala atas pencapaian kinerja/kualitas pelayanan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada masyarakat khususnya para pelaku usaha bidang perikanan sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang selanjutnya secara berkesinambungan. 1.4. Sasaran Sasaran penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut: 1). Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan;. 2). Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik;. 3). Mendorong. penyelenggara. layanan. menjadi. lebih. inovatif. dalam. menyelenggarakan pelayanan publik; dan 4). Mengukur kecenderungan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.. 1.5. Prinsip Dalam melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat, dilakukan dengan memperhatikan prinsip, sebagai berikut: 1). Transparan Hasil Survei Kepuasan Masyarakat harus dipublikasikan dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 5.

(7) 2). Partisipatif Dalam melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat harus melibatkan peran serta masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mendapatkan hasil survei yang sebenarnya.. 3). Akuntabel Hal-hal yang diatur dalam Survei Kepuasan Masyarakat harus dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan secara benar dan konsisten kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan kaidah umum yang berlaku.. 4). Berkesinambungan Survei. Kepuasan. berkelanjutan. Masyarakat. untuk. megetahui. harus. dilakukan. perkembangan. secara. berkala. peningkatan. dan. kualitas. pelayanan. 5). Keadilan Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat harus menjangkau semua pengguna layanan tanpa membedakan status ekonomi, budaya, agama, golongan dan lokasi geografis serta perbedaan kapabilitas dan mental.. 6). Netralitas Dalam melakukan survei kepuasan masyarakat, survei tidak boleh mempunyai kepentingan pribadi, golongan dan tidak berpihak.. 1.6. Ruang Lingkup Ruang lingkup penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat penyelenggara pelayanan publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu, meliputi metode survei dan unsur survei, langkah-langkah penyusunan survei kepuasan masyarakat, langkahlangkah pengolahan data, perangkat pengolah data, laporan hasil penyusunan survei, penyusunan jadwal, pembahasan hasil Survei Kepuasan Masyarakat dan rencana tindak lanjut, kesimpulan dan saran masukan dari survei. 1.7. Manfaat Manfaat yang diharapkan dari penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat ini adalah sebagai berikut: 1). Diketahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik;. 2). Diketahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik; Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 6.

(8) 3). Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan atas hasil suvei kepuasan masyarakat;. 4). Diketahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah;. 5). Memacu persaingan positif, antar unit penyelenggara pelayanan pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan; dan. 6). Bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 7.

(9) BAB II METODOLOGI SURVEI 2.1. Definisi Survei Survei merupakan teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data; penyelidikan; peninjauan dapat juga dikatakan sebagai suatu pencarian data untuk menemukan suatu nilai dengan batasan-batasan tertentu terkait sehingga dapat dikatakan Survei Kepuasaan Masyarakat adalah pengukuran secara komprehensif tentang kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik. Pada dasarnya pedoman pelaksaan survei kepuasaan masyarakat sudah ditetapkan di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik. Survei Periodik adalah survei yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik terhadap layanan publik yang diberikan kepada masyarakat. Survei dapat dilakukan setiap 3 bulanan (triwulan), 6 bulanan (semester) atau 1 (satu) tahun sekali. 2.2. Metode dan Unsur Survei Pengambilan kuesioner pada Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 menggunakan link ini diberikan kepada seluruh pengguna jasa yang telah melakukan konsultasi/ permohonan/ pengambilan izin di Pelayanan Terpadu Satu Pintu melalui pendaftaran aplikasi Antrian Online. Pengambilan survei ini terus menerus dilakukan setiap harinya untuk setiap pengguna jasa yang melakukan layanan dengan syarat: a. Pengambilan SKM dilakukan secara online pada aplikasi antrian online PTSP KKP sehingga hanya pengguna jasa yang hadir ke PTSP yang menjadi responden; b. Responden wajib mengisi SKM setelah melakukan layanan (dalam 1 hari layanan);. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 8.

(10) Tampilan bagi tiap pengguna jasa yang telah melakukan pelayanan adalah sebagai berikut:. Unsur Survei Kepuasan Masyarakat adalah faktor dan aspek yang dijadikan pengukuran kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik, mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017, terdapat 9 unsur yaitu: 1) Persyaratan Pelayanan Syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif. 2) Sistem, Mekanisme dan Prosedur Tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan. 3) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan Hasil pelayanan yang telah diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk layanan ini adalah hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 9.

(11) 4) Kompetensi Pelaksana**) Kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan dan pengalaman. 5) Sarana dan Prasarana Sarana adalah sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek) dan prasarana benda yang tidak bergerak (gedung). 6) Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan Tata cara pelaksanaan pelayanan penanganan pengaduan, saran dan masukan sesuai dengan standar yang berlaku. 7) Waktu Pelayanan Jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan. 8) Biaya/Tarif*) Ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh. pelayanan. dari. penyelenggara. yang. besarnya. ditetapkan. berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat. 9) Perilaku Pelaksana**) Sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Catatan : *). Unsur 8 dapat diganti dengan bentuk pertanyaan lain, jika dalam suatu peraturan perundangan biaya tidak dibebankan kepada penerima layanan (konsumen), contoh: pembuatan KTP, biaya pembuatan UU dinyatakan gratis.. **) unsur 4 dan 9 dapat diganti dengan bentuk pertanyaan lain, jika jenis layanan yang disurvei berbasis website. Pertanyaan tambahan masih di berikan sebagai salah satu penilaian petugas atas sikap anti korupsi. Pertanyaan ini diberikan guna mengetahui penilaian pengguna jasa terhadap sikap anti korupsi yang dimiliki petugas. Selama ini PTSP KKP telah berkomitmen menolak segala bentuk pemberian sebagai bukti bahwa kami bekerja secara professional tanpa berharap ada pemberian dari pengguna jasa. Pertanyaan ini tidak ada dalam persyaratan penilaian Survei Kepuasan Masyarakat yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 10.

(12) Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, namun pertanyaan ini digunakan sebagai bahan mentoring terhadap petugas PTSP yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme seperti pada visi PTSP untuk mewujudkan pelyanan secara cepat, efektif, efisien, tansparan dan pasti. Pertanyaan tambahan tersebut meliputi: 1). Prosedur pelayanan yang ditetapkan sudah memadai dan tidak berpotensi menimbulkan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).. 2). Petugas pelayanan tidak memberikan pelayanan diluar prosedur yang telah ditetapkan dengan imbalan uang/barang.. 3). Tidak terdapat praktek percaloan/perantara yang tidak resmi.. 4). Petugas pelayanan tidak diskriminatif .. 5). Tidak terdapat pungutan liar.. 6). Petugas pelayanan tidak meminta/menuntut imbalan uang/barang terkait pelayanan yang diberikan.. 7). Petugas pelayanan menolak pemberian uang/barang terkait pelayanan yang diberikan.. 8). Tidak ada diskriminasi dalam penanganan pengaduan.. 9). Produk/jasa layanan yang diterima sesuai dengan daftar produk/layanan yang tersedia. Dalam kuesioner ini juga disertakan kolom saran yang dapat digunakan oleh. pengguna jasa untuk memberikan masukan saran terhadap pelayanan yang diselenggarakan oleh PTSP KKP. Saran ini digunakan untuk evaluasi hal lain yang tidak terpenuhi dalam pertanyaan yang diberikan. 2.3. Langkah-langkah Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Angka indeks yang didapatkan merupakan angka persepsi masyarakat terhadap layanan dari pemerintah yang mengukur tingkat kualitas pelayanan: 2.3.1. Penetapan Pelaksana Pembentukan Tim Penyusunan Survei Kepuasan Masyakat, yang terdiri dari Pengarah, Pelaksana (ketua dan anggota sebagai surveyor sebanyak 7 orang).. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 11.

(13) 2.3.2. Penyiapan Bahan Survei 1. Kuesioner Dalam penyusunan SKM digunakan kuesioner sebagai alat bantu pengumpulan data kepuasan masyarakat penerima pelayanan. Kuesioner disusun berdasarkan tujuan survei terhadap tingkat kepuasan masyarakat. Bentuk kuesioner pada survei ini berupa link google docs yang dapat diakses melalui internet. 2. Bagian dari Kuesioner Kuesioner yang diisi oleh responden meliputi: jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, asal responden yang berguna untuk menganalisis profil responden kaitan dengan persepsi responden terhadap layanan yang diperoleh. Pertanyaan yang terstruktur berisikan jawaban dengan pilihan berganda (pertanyaan tertutup), sedangkan jawaban tidak terstruktur (pertanyaan terbuka) berupa pertanyaan dengan jawaban bebas, dimana responden dapat menyampaikan pendapat, saran, kritik dan apresiasi. Desain bentuk jawaban pernyataan dari setiap pertanyaan unsur pelayanan dalam kuesioner, berupa jawaban pertanyaan pilihan berganda. Bentuk pilihan. jawaban. pertanyaan. kuesioner. bersifat. kualitatif. untuk. mencerminkan tingkat kualitas pelayanan. Tingkat kualitas pelayanan dimulai dari yang sangat baik/puas sampai dengan tidak baik/tidak puas. Pembagian jawaban dibagi dalam 4 (empat) kategori, yaitu: a. tidak baik diberi nilai persepsi 1; b. kurang baik diberi nilai persepsi 2; c. baik diberi nilai persepsi 3; dan d. sangat baik diberi nilai persepsi 4. Terhadap Pertanyaan tambahan ini memiliki skala penilaian 1 sampai dengan 6 dengan kategori, yaitu: a. Sangat tidak setuju diberi nilai persepsi 1 b. Tidak setuju diberi nilai persepsi 2 c. Kurang setuju diberi nilai persepsi 3 d. Cukup diberi nilai persepsi 4 e. Setuju diberi nilai persepsi 5 f. Sangat setuju diberi nilai persepsi 6 Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 12.

(14) 2.4. Langkah-Langkah Pengolahan Data 1). Metode Pengolahan Data Nilai SKM dihitung dengan menggunakan ”nilai rata-rata tertimbang” masingmasing unsur pelayanan. Dalam penghitungan Survei Kepuasan Masyarakat terhadap 9 unsur pelayanan yang dikaji. Setiap unsur pelayanan memiliki penimbangan yang sama dengan rumus sebagai berikut: �����ℎ �����. 1. Bobot nilai rata-rata tertimbang= �����ℎ �����= � = � N: bobot nilai per unsur. Contoh: Jika unsur yang dikaji sebanyak 9 (Sembilan) unsur, maka bobot nilai rata-rata tertimbang adalah 0,11 �����ℎ �����. Bobot nilai rata-rata tertimbang= �����ℎ �����=. 1 9. = 0,11. Untuk memudahkan interpretasi terhadap penilaian SKM yaitu antara 25 s.d 100 maka hasil penilaian tersebut di atas dikonservasikan dengan nilai dasar 25, dengan rumus sebagai berikut: SKM Unit Pelayanan X 25 Mengingat unit pelayanan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, maka setiap unit pelayanan dimungkinkan untuk: a.. Menambah unsur yang dianggap relevan; dan. b.. Memberikan dalam unit pelayanan, dengan catatan jumlah bobot seluruh unsur tetap 1. Tabel 1. Nilai Persepsi, Interval Konversi SKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan. Nilai Persepsi. Nilai Interval (NI). Nilai Interval Konversi (NIK). Mutu Pelayanan (x). Kinerja Unit Pelayanan (y). 1. 1,00–2,5996. 25,00–64,99. D. Tidak Baik. 2. 2,60-3,064 3,06443,532. 65,00-76,60. C. Kurang Baik. 76,61-88,30. B. Baik. 3,5324-4,00. 88,31-100,00. A. Sangat Baik. 3 4. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 13.

(15) 2.5. Perangkat Pengolahan Data 1). Pengolahan dengan komputer Data entry dan penghitungan survei dapat dilakukan dengan program komputer/sistem data base (Microsoft Excel 2010).. 2). Pengolahan Secara Manual 1. Data isian kuesioner dari setiap responden dimasukan ke dalam formulir mulai dari pertanyaan 1 sampai dengan pertanyaan 9, dimana dari 9 pertanyaan tersebut, mengandung 9 unsur pelayanan yang harus dilakukan survei. 2.. Langkah selanjutnya, untuk mendapatkan nilai rata-rata perunsur pelayanan dan nilai survei per unsur pelayanan, sebagai berikut: a. Nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Nilai masing-masing pertanyaan terkait pelayanan dijumlahkan (kebawah) sesuai dengan jumlah kuesioner yang diisi oleh responden. Untuk mendapatkan nilai rata-rata pertanyaan, masing-masing pertanyaan unsur pelayanan dibagi dengan jumlah responden yang mengisi. Setelah mendapat nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Hal ini dilakukan karena ada tiga unsur yang harus dinilai menggunakan dua hingga tiga pertanyaan. Tujuan penggunaan dua hingga empat pertanyaan pada beberapa unsur, agar nilai survei pada beberapa unsur sesuai dengan kondisi di lapangan (pelayanan yang diberikan di lapangan). Untuk mendapatkan nilai rata-rata setiap unsur pelayanan, jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan tersebut dikaitkan dengan 0,11 sebagai nilai bobot rata-rata tertimbang. b. Nilai Survei Pelayanan Untuk mendapatkan nilai survei unit pelayanan, ke 9 unsur dari rata-rata tertimbang tersebut pertanyaan tersebut dijumlahkan. c. Nilai Indeks Pelayanan Untuk. mendapatkan. nilai. survei. unit. pelayanan,. dengan. cara. menjumlahkan jumlah X.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 14.

(16) d. Pengujian Kualitas Data Data pendapat masyarakat yang telah dimasukkan dalam masingmasing kuesioner, disusun dengan mengkompilasi data responden yang dihimpun berdasarkan kelompok umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir dan pekerjaan utama. Informasi ini dapat digunakan untuk mengetahui profil responden dan kecenderungan penerima layanan. 2.6.. Laporan Hasil Penyusunan Survei Hasil akhir kegiatan penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat dari setiap unit pelayanan instansi pemerintah, disusun dengan materi utama sebagai berikut: 1). Survei setiap unsur pelayanan Berdasarkan hasil penghitungan survei kepuasan masyarakat, jumlah nilai dari setiap unit pelayanan diperoleh dari jumlah nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Adapun nilai komposit (gabungan) untuk setiap unit pelayanan, merupakan jumlah nilai rata-rata dari setiap unsur pelayanan dikalikan dengan penimbangan yang sama, yaitu 0,11. Hasil nilai rata-rata unsur dan masingmasing unit pelayanan adalah sebagaimana tabel berikut: Tabel 2. Unsur Survei Kepuasan Masyarakat No. Unsur SKM. Nilai Unsur SKM. 1.. Persyaratan Pelayanan. a. 2.. Sistem, Mekanisme dan Prosedur. b. 3.. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan. c. 4.. Kompetensi Pelaksana. d. 5.. Sarana dan Prasarana. e. 6.. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. f. 7.. Waktu Pelayanan. g. 8.. Biaya/Tarif. h. 9.. Perilaku Pelaksana. i. Maka untuk mengetahui nilai survei unit pelayanan dihitung dengan cara sebagai berikut: (a x 0,11) + (b x 0,11) + (c x 0,11) + (d x 0,11) + (e x 0,11) + (f x 0,11) + (g x 0,11) + (h x 0,11) + (I x 0,11) = X Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 15.

(17) Nilai survei adalah Nilai Indeks (X) Dengan demikian, nilai survei unit pelayanan hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut: a.. Nilai SKM setelah dikonversi = Nilai Indeks x Nilai Dasar = …….. x 25 = ……… (lihat Tabel 1, Nilai Interval Konversi). b.. Mutu pelayanan (lihat Tabel 1, Mutu Layanan). 2). Kinerja unit pelayanan (lihat Tabel 1). 3). Prioritas peningkatan kualitas pelayanan Dalam peningkatan kualitas pelayanan, diprioritaskan pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah, sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan.. 2.7.. Penyusunan Jadwal Penyusunan indeks kepuasan masyarakat diperkirakan memerlukan waktu selama 1 (satu) bulan dengan rincian sebagai berikut: No. Tabel 3. Jadwal Penyusunan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Kegiatan Tanggal Pelaksanaan. 1. Persiapan. 5 (lima) hari kerja. 2. Pengumpulan Data/Survei IKM. Januari s.d Maret. 3. Pengolahan Data Indeks. 5 (lima) hari kerja. 4. Penyusunan dan Pelaporan. 5 (lima) hari kerja. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 16.

(18) BAB III PEMBAHASAN Metode yang digunakan untuk melakukan Survei Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan pengukuran skala likert. Pada skala likert responden diminta untuk menentukan tingkat persetujuan mereka terhadap sesuatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia. Adapun unsur Survei Kepuasan Masyarakat mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017, terdapat 9 unsur yaitu: 1) Persyaratan Pelayanan 2) Sistem, Mekanisme dan Prosedur 3) Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 4) Kompetensi Pelaksana 5) Sarana dan Prasarana 6) Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan 7) Waktu Pelayanan 8) Biaya/Tarif 9) Perilaku Pelaksana Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan, diperoleh hasil sebagai berikut: 3.1. Penetapan Waktu Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Pelaksanaan persiapan penyusunan laporan Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan dimulai dari tanggal 1 April sampai dengan 30 Juni 2021, dilaksanakan pada jam kerja di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan. Adapun waktu pelaksanaan dari tiap tahapan dapat dilihat pada jadwal berikut ini:. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 17.

(19) Tabel 4. Jadwal Pelaksanaan SKM PTSP KKP No 1 2 3. Kegiatan Pengumpulan Data/Survei IKM - Pengambilan di Ruang Layanan - Pengambilan Secara Online Pengolahan Data Indeks Penyusunan dan Pelaporan. Tanggal Pelaksanaan April s.d Juni 2021 1 s.d 7 Juli 2021 8 s.d 15 Juli 2021. 3.2. Jumlah Responden Responden merupakan seluruh pengguna jasa datang ke PTSP mengisi kuesioner survei dengan ketentuan responden telah melakukan: a.. Pengambilan SKM dilakukan secara online pada aplikasi antrian online PTSP KKP sehingga hanya pengguna jasa yang hadir ke PTSP yang menjadi responden; dan. b.. Responden wajib mengisi SKM setelah melakukan layanan (dalam 1 hari layanan).. 3.3. Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data Responden Lokasi dan pengumpulan data diambil dari responden/sampel/pemohon perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia lantai 1 Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tanggal 1 April s.d 30 Juni 2021 yang mengisi kuesioner melalui tautan email yang secara otomatis diterima setelah pengguna jasa selesai melakukan konsultasi/permohonan/pengambilan perizinan. 3.4. Indeks Setiap Unsur Pelayanan 1). Nilai rata-rata setiap unsur pelayanan. Nilai masing-masing pertanyaan terkait pelayanan dijumlahkan (ke bawah) sesuai dengan jumlah kuesioner yang diisi oleh responden (Lampiran I). Untuk mendapatkan nilai rata-rata pertanyaan, masing-masing pertanyaan unsur pelayanan dibagi dengan jumlah responden sebanyak responden. Hasil survei diperoleh data sebagai berikut:. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 18.

(20) Tabel 5. Hasil Rata-rata Setiap Unsur Pelayanan No 1 2 3 4 5 6 7 8 9. Unsur Pelayanan Persyaratan Pelayanan Sistem, Mekanisme dan Prosedur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan Kompetensi Pelaksana Sarana dan Prasarana Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan Waktu Pelayanan Biaya/Tarif Perilaku Pelaksana. Nilai Unsur Pelayanan 3,40 3,36 3,37 3,39 3,39 3,70 3,29 3,87 3,54. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Dari tabel hasil rata-rata setiap unsur pelayanan diatas, maka dapat disimpulkan pendapat responden yang menyatakan bahwa:  Waktu dalam memberikan pelayanan dengan nilai rata-rata 3,29 (cepat);  Biaya/Tarif (menyatakan Gratis); Seluruh unsur pelayanan telah mendapatkan nilai diatas 3 sehingga dapat dianggap bahwa layanan sudah terselenggara dengan baik pada seluruh unsur pelayanan. Untuk mendapatkan nilai rata-rata per unsur pelayanan, jumlah nilai rata-rata per unsur pelayanan tersebut dikaitkan dengan 0,11 sebagai nilai bobot ratarata tertimbang. Maka untuk mengetahui nilai indeks unit pelayanan dihitung dengan cara sebagai berikut: (3,40x 0,11) + (3,36x 0,11) + (3,37x 0,11) + (3,39x 0,11) + (3,39 x 0,11) +(3,70 x 011) + (3,29x 0,11) + (3,87x 0,11) + (3,54x 0,11) = 3,442 Dengan demikian nilai indeks pelayanan diperoleh 3,442. 2). Nilai Survei Pelayanan Untuk mendapatkan nilai survei unit pelayanan, ke 9 unsur dari rata-rata tertimbang tersebut dijumlahkan, sebagai berikut: 1.. Nilai SKM setelah dikonversi = Nilai Indeks x Nilai Dasar = 3,442x 25 = 86,04 Mutu Pelayanan termasuk kategori B.. 2.. Kinerja unit pelayanan adalah Baik.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 19.

(21) Lebih jelasnya dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut: Tabel 6. Nilai Persepsi, Interval Konversi SKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan Nilai Persepsi. Nilai Interval (NI). Nilai Interval Konversi (NIK). Mutu Pelayanan (x). Kinerja Unit Pelayanan (y). 1. 1,00–2,5996. 25,00–64,99. D. Tidak Baik. 2. 2,60-3,064 3,06443,532 3,5324-4,00. 65,00-76,60. C. Kurang Baik. 76,61-88,30. B. Baik. 88,31-100,00. A. Sangat Baik. 3 4 3.5.. Karakteristik Responden Karakteristik reponden hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dibedakan menjadi 5 (lima), yaitu karakteristik berdasarkan jenis layanan yang diterima, jenis kelamin, karakteristik berdasarkan Umur, karakteristik berdasarkan Pendidikan dan karakteristik berdasarkan Pekerjaan, serta berdasarkan asal pelanggan (perorangan/perusahaan/pengurus). 3.5.1. Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Responden berdasarkan jenis kelamin dibagi kedalam dua kelompok, yaitu laki-laki dan perempuan, dimana bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak. responden. yang. melakukan. pengajuan perizinan. dilihat dari. gendernya, yaitu laki-laki dan perempuan. Jumlah responden berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 7 berikut ini. No 1 2. Tabel 7. Responden Berdasarkan Jenis Kelamin Jumlah Jenis Kelamin Presentase (%) Responden Laki-Laki 255 61,89 Perempuan 157 38,11 Jumlah 412 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel diatas menyatakan bahwa responden yang melakukan pengajuan perizinan mayoritas dilakukan oleh laki-laki, yaitu jumlah responden laki-laki sebanyak 255 orang sedangkan perempuan sebanyak 157 orang. Hasil responden tersebut dapat dilihat pada gambar 1.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 20.

(22) Gambar 1. Responden berdasarkan Jenis Kelamin. 3.5.2. Responden Berdasarkan Umur Responden berdasarkan umur dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, yaitu kelompok umur dibawah 25 Tahun, 25 s.d 45 Tahun dan lebih dari 45 Tahun. Jumlah responden berdasarkan umur dapat dilihat pada tabel 8 dibawah ini: Tabel 8. Responden Berdasarkan Umur Jumlah No Umur Presentase (%) Responden 1 Kurang Dari 25 73 17,72 2 25 s.d 45 273 66,26 3 Lebih Dari 45 66 16,02 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel diatas menyatakan bahwa responden yang melakukan pengajuan perizinan mayoritas dilakukan oleh kelompok umur 25 s.d 45 tahun sebanyak 273 orang, hasil responden tersebut dapat dilihat pada gambar 2.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 21.

(23) Gambar 2. Responden berdasarkan Umur. 3.5.3. Berdasarkan Jenis Pendidikan Responden berdasarkan jenis pendidikan dibagi menjadi 6 (enam) kelompok, yaitu kelompok SD, SMP, SMU dan Perguruan tinggi Jumlah responden berdasarkan jenis kelamin dapat dilihat pada tabel 9 dibawah ini:. No 1 2 3 4 5 6. Tabel 9. Responden Berdasarkan Jenis Pendidikan Jumlah Pendidikan Presentase (%) Responden. SD SMP SMA/SMK S1 S2 S3 Jumlah. 1 16 124 232 33 6 412. 0,24 3,88 30,10 56,31 8,01 1,46 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel diatas menyatakan bahwa responden yang melakukan pengajuan perizinan mayoritas dilakukan oleh kelompok yang berpendidikan perguruan tinggi (S1) dengan 232 orang. Hasil responden tersebut dapat dilihat pada gambar 3.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 22.

(24) Gambar 3. Responden berdasarkan Jenis Pendidikan 3.5.4. Berdasarkan Asal Pelanggan Perorangan/Perusahaan/Pengurus) Responden berdasarkan asal pelanggan dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok, yaitu kelompok Pegwai Swasta, PNS/TNI/POLRI, dan Wiraswasta. Jumlah responden berdasarkan jenis pekerjaan dapat dilihat pada tabel 11 dibawah ini: No 1 2 3. Tabel 10. Responden Berdasarkan Asal Pelanggan Asal Pelanggan Jumlah Presentase (%) Responden Pegawai Swasta PNS/TNI/POLRI Wiraswasta Jumlah. 289 3 120 412. 70,15 0,73 29,13 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel diatas menyatakan bahwa responden yang melakukan pengajuan perizinan mayoritas dari pegawai swasta yaitu sebanyak 289. Hasil responden tersebut dapat dilihat pada gambar 4.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 23.

(25) Gambar 4. Responden Berdasarkan Asal Pelanggan 3.6. Kuesioner Tentang Pelayanan Pemohon perizinan yang diminta untuk mengisi kuisioner Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan Triwulan II Tahun 2021 sebanyak 412orang. Adapun pendapat dari respondenresponden telah dirangkum dapat dilihat pada tabel 12.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 24.

(26) Tabel 11. Jawaban Kuesioner Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelautan dan Perikanan Tahun 2021 Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 25.

(27) Adapun tabel diatas dapat dijabarkan dalam bentuk grafik seperti pada gambar 5 berikut ini:. Gambar 5. Jawaban Kuesioner Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kelautan dan Perikanan Triwulan II Tahun 2021 Berdasarkan gambar diatas dapat dirangkum sebagai berikut: 1) Persyaratan pelayanan dipahami; 2) Kemudahan prosedur pelayanan di PTSP; 3) Produk hasil perizinan yang diterbitkan memenuhi ketepatan mutu pelayanan yang dijanjikan; 4) Kemampuan petugas kompeten dalam melayani perizinan; 5) Kualitas sarana dan prasarana sudah baik; 6) Fasilitas penanganan pengaduan pengguna layanan sudah dikelola dengan sangat baik. 7) Kecepatan waktu penyelesaian dalam memberikan pelayanan; 8) Kewajaran biaya/tarif dalam pelayanan gratis; dan 9) Petugas dalam pelayanan bersikapsangat sopan dan ramah. Hasil IKM. di atas, terdiri dari 9 (Sembilan) indikator pengukuran, analisis. selanjutnya adalah mendeskripsikan hasil analisis terhadap kesembilan ruang lingkup tersebut. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 26.

(28) Tabel 12. Rata-rata Skor Peringkat pada Setiap Ruang Lingkup Pengukuran Indeks Kepuasan Pengguna Layanan PTSP KKP No 1 2 3. Ruang Lingkup Persyaratan Pelayanan Sistem, Mekanisme dan Prosedur Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan. Nilai RataRata. Kategori. Peringkat. 3,40. Baik. 4. 3,36. Baik. 7. 3,37. Baik. 6. 4. Kompetensi Pelaksana. 3,39. Baik. 5. 5. Sarana dan Prasarana. 3,39. Baik. 5. 6. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. 3,70. Sangat Baik. 2. 7. Waktu Pelayanan. 3,29. Baik. 8. 8. Biaya/Tarif. 3,87. Sangat Baik. 1. 9. Perilaku Pelaksana. 3,54. Sangat Baik. 3. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. 2.6.1 Persyaratan Pelayanan Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan baik persyaratan teknis maupun administratif. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor 3,40 berada pada intrerval 3,0644-3,532 kategori “baik”. Dengan demikian kepuasan masyarakat pengguna Jasa PTSP KKP ruang lingkup persyaratan berada pada kategori baik. Adapun hasil jawaban kuesioner persyaratan disajikan pada tabel berikut ini. Tabel 13. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Persyaratan Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 Tidak Dipahami 1 2 0,49 2 Kurang Dipahami 2 9 2,18 3 Dipahami 3 223 54,13 4 Sangat Dipahami 4 178 43,20 Jumlah 412 100 Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 27.

(29) Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Gambar 6. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Persyaratan Pelayanan 2.6.2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan termasuk pengaduan. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,36 berada pada interval 3,0644-3,532 kategori “baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Sistem, Mekanisme dan Prosedur disajikan pada tabel berikut. Tabel 15. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Sistem, Mekanisme dan Prosedur Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 Tidak Mudah 1 3 0,73 2 Kurang Mudah 2 13 3,16 Mudah 3 3 229 55,58 Sangat Mudah 4 4 167 40,53 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 28.

(30) Gambar 7. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Sistem, Mekanisme dan Prosedur 2.6.3 Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan Produk merupakan hasil akhir dari layanan yang diberikan, dapat berupa jasa maupun dokumen. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,49 berada pada interval 3,0644-3,532 kategori “Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan disajikan pada tabel berikut. Tabel 15. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 Tidak Memenuhi 1 3 0,00 Kurang Memenuhi 2 2 10 0,00 Memenuhi 3 3 232 51,06 Sangat Memahami 4 4 167 48,94 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 29.

(31) Gambar 8. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 2.6.4 Kompetensi Pelaksana Kompetensi pelaksana merupakan standar kemampuan yang dimiliki oleh para petugas yang memberikan layanan baik secara langsung maupun tidak. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,39 berada pada interval 3,5324-4,00 kategori “Sangat Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Kompetisi Pelaksana disajikan pada tabel berikut. Tabel 16. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Kompetisi Pelaksana Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 Tidak Kompeten 1 1 0,24 2 Kurang Dkompeten 2 7 1,70 3 Kompeten 3 235 57,04 4 Sangat Kompeten 4 169 41,02 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 30.

(32) Gambar 9. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Kompetensi Pelaksana 2.6.5 Sarana dan Prasarana Sarana pelayanan adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapaai maksud dan tujuan. Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,39 berada pada interval 3,0644-3,532 kategori “Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Sarana dan Prasarana disajikan pada tabel berikut. Tabel 17. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Sarana dan Prasarana Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 Tidak Memadai 1 1 0,24 2 Kurang Memadai 2 9 2,18 3 Memadai 3 232 56,31 4 Sangat Memadai 4 170 41,26 Jumlah. 47. 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 31.

(33) Gambar 10. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Sarana dan Prasarana 2.6.6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan Pengaduan, saran dan masukan adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindaklanjut. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,70 berada pada interval 3,5324-4,00 kategori “Sangat Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan disajikan pada tabel berikut. Tabel 18. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan Frekuensi No Jawaban Skor f % 1 2 3 4. Tidak Tersedia Ada tapi tidak berfungsi Berfungsi kurang maksimal Dikelola dengan baik Jumlah. 1 2 3 4. 1. 0,24. 4. 0,97. 113. 27,43. 294. 71,36. 412. 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam grafik berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 32.

(34) Ga mbar 11. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan 2.6.7 Waktu Pelayanan Waktu pelayanan dihitung sejak peryaratan masuk sampai menjadi dokumen/surat izin yang diminta. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,29 berada pada interval 3,0644-3,532 kategori “Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Waktu Pelayanan disajikan pada tabel berikut.. No 1 2 3 4. Tabel 19. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Waktu Pelayanan Frekuensi Jawaban Skor f % Tidak Tersedia 1 4 0,97 Ada tapi tidak berfungsi 2 21 5,10 Berfungsi kurang maksimal 3 241 58,50 Dikelola dengan baik 4 146 35,44 Jumlah 412 100. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021 Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 33.

(35) Gambar 12. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Waktu Pelayanan 2.6.8 Biaya/Tarif Tarif layanan merupakan biaya yang dikeluarkan oleh pengguna jasa untuk Pendapatan Negara bukan Pajak (PNBP) yang telah ditetapkan secara resmi dalam peraturan. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,87 berada pada interval 3,5324-4,00. kategori “Sangat Baik”. Adapun hasil. jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Biaya/Tarif disajikan pada tabel berikut. Tabel 20. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Biaya/Tarif Frekuensi No Jawaban Skor f % Sangat Mahal 1 1 0 0,00 Cukup Mahal 2 2 6 1,46 Murah 3 3 43 10,44 Gratis 4 4 363 88,11 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 34.

(36) Gambar 13. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Biaya/Tarif 2.6.9 Perilaku Pelaksana Kesopanan dan keramahan petugas yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan menghormati. Dari hasil analisis diperoleh rerata skor sebesar 3,54 berada pada interval 3,5324-4,00 kategori “Sangat Baik”. Adapun hasil jawaban kuesioner kepuasan masyarakat pengguna jasa PTSP KKP, ruang lingkup Perilaku Pelaksana disajikan pada tabel berikut. Tabel 21. Kepuasan Masyarakat pengguna Layanan PTSP KKP Ruang Lingkup Perilaku Pelaksana Frekuensi No Jawaban Skor f % Tidak Sopan dan Ramah 1 1 0 0,00 2 Kurang Sopan dan Ramah 2 1 0,24 3 Sopan dan Ramah 3 188 45,63 4 Sangat Sopan dan Ramah 4 223 54,13 Jumlah 412 100 Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Berdasarkan tabel tersebut diatas, secara visual dapat disajikan dalam gratis berikut ini.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 35.

(37) Gambar 14. Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa PTSP KKP Ruang Lingkup Perilaku Pelaksana 3.7 Kuesioner Tentang Anti Korupsi Petugas Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat PTSP KKP Triwulan II tahun 2021 diberikan pertanyaan tambahan pada tahap perizinan mulai dari prosedur dan sikap petugas terhadap para pengguna jasa yang mengajukan perizinan serta terdapat pertanyaan mengenai tindak lanjut pengaduan yang pernah dilakukan oleh pengguna jasa. Tabel 22. Rata-rata Skor Peringkat pada Setiap Ruang Lingkup Pengukuran Indeks Kepuasan Pengguna Layanan PTSP KKP (Pelayanan yang Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) No 1 2 3 4 5 6 7 8. Ruang Lingkup Prosedur yang tidak menimbulkan KKN Tidak terdapat pelayanna diluar prosedur dengan imbalan Tidak ada pencaloan Petugas tidak diskriminatif Tidak ada pungutan liar Petugas tidak meminta imbalan atas layanan yang diberikan Petugas menolak pemberian uang/barang Penanganan terhadap pengaduan. Nilai RataRata. 5,59 5,67 5,68 5,64 5,71 5,71 5,64 5,65. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 36.

(38) Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan maka diperoleh nilai sebagai berikut: 1) Prosedur pelayanan yang ditetapkan sudah memadai dan tidak berpotensi menimbulkan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,59 artinya pengguna jasa setuju bahwa prosedur telah memadai dan tidak berpotensi untuk KKN. 2) Petugas pelayanan tidak memberikan pelayanan diluar prosedur yang telah ditetapkan dengan imbalan uang/barang. Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,67 artinya pengguna jasa setuju bahwa tidak ada layanan diluar prosedur yang mengharuskan pemberian uang imbalan. 3) Tidak terdapat praktek percaloan/perantara yang tidak resmi. Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,68 artinya pengguna jasa setuju bahwa tidak ada praktek percaloan yang dilakukan. 4) Petugas pelayanan tidak diskriminatif . Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,64 artinya pengguna jasa setuju bahwa tidak ada pelayanan yang diskriminatif. 5) Tidak terdapat pungutan liar. Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,71 artinya pengguna jasa setuju bahwa PTSP tidak terdapat pungutan liar. 6) Petugas pelayanan tidak meminta/menuntut imbalan uang/barang terkait pelayanan yang diberikan. Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,71 artinya pengguna jasa setuju bahwa tidak ada petugas yag meminta imbalan terkait pelayanan yang diberikan. 7) Petugas pelayanan menolak pemberian uang/barang terkait pelayanan yang diberikan. Pertanyaan ini memperoleh nilai 5,64 artinya pengguna jasa setuju bahwa petugas menolak pemberian uang/barang yang diberikan terkait dengan layanan yang diterimanya. Terkait pertanyaan mengenai pengaduan, dikarenakan tidak semua pengguna jasa pernah menyampaikan pengaduan maka pemberian nilai hanya dilakukan oleh pengguna jasa yang pernah menyampaikan pengaduan dengan nilai 5,65. 3.8 IKM Perizinan Masing-masing Direktorat PTSP KKP yang menjadi pusat layanan perizinan di KKP menyelenggarakan perizinan yang berasal dari berbagai direktorat sehingga perlu dilakukan penilaian Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 37.

(39) ini untuk melihat direktorat mana yang memiliki nilai yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan beberapa perizinan seringkali melakukan perubahan peraturan yang berakibat pada perubahan tata laksana dan prosedur yang berlaku sehingga membuat pengguna jasa kurang nyaman. Berikut ini pembahasan IKM dari tiap Eselon I yang menyelenggarakan perizinannnya di PTSP. Tabel 23. IKM Direktorat Teknis No. Direktorat. Nilai IKM. 1. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (DJPRL). 82,11. 2. 3. 4. 5. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT). Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB). Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (DJPDSPKP). Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DJPSDKP). 87,77. 84,11. 81,13. 99,0. 9 Unsur Penilaian U1 3,00 U2 3,14 U3 3,29 U4 3,29 U5 3,00 U6 3,71 U7 3,14 U8 4,00 U9 3,29 U1 3,48 U2 3,47 U3 3,46 U4 3,48 U5 3,46 U6 3,69 U7 3,38 U8 3,90 U9 3,60 U1 3,32 U2 3,23 U3 3,27 U4 3,27 U5 3,32 U6 3,71 U7 3,17 U8 3,83 U9 3,46 U1 3,00 U2 2,75 U3 3,00 U4 3,00 U5 3,00 U6 4,00 U7 3,00 U8 4,00 U9 3,75 U1 4,00 U2 4,00 U3 4,00 U4 4,00 U5 4,00 U6 4,00 U7 4,00 U8 4,00 U9 4,00. Jenis Layanan. Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut. Jumlah Responden. 7. Buku Kapal Perikanan Pelayanan SIPI & SIKPI. 202 4. Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP). 16. Regional Fisheries Management Organization (RFMOs). 2. Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan. 31. Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan. 123. Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan. 14. Surat Keterangan Teknis (SKT) Impor Pakan dan/Bahan Baku Pakan Ikan. 3. Pelayanan Rekomendasi Pemasukan Hasil Perikanan (RPHP). 1. Pelayanan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP). 2. Pelayanan SIUP Bidang Pengolahan. 1. Pelayanan Sistem Pemantauan Kapal Perikanan (SPKP). 2. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 38.

(40) 6. Badan Karantina Ikan, Pengawasan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). 77,0. U1 U2 U3 U4 U5 U6 U7 U8 U9. 3,00 3,00 2,75 3,25 3,00 3,50 3,25 3,00 3,25. Pelayanan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM). 4. Sumber Data: Data Primer diolah, 2021 Keterangan: U1 Persyaratan Pelayanan U2 Sistem, Mekanisme dan Prosedur U3 Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan U4 Kompetensi Pelaksana U5 Sarana dan Prasarana. U6 Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan U7 Waktu Pelayanan U8 Biaya/Tarif U9 Perilaku Pelaksana. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai hasil yang diperoleh masingmasing direktorat. 1.. Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (DJPRL) IKM dari DJPRL adalah 82,11 dengan 7 (tujuh) orang responden. DJPRL memiliki 1 (satu) loket pelayanan yang melayani berbagai jenis perizinan yang dikeluarkan oleh DJPRL. Loket ini menyediakan layanan konsultasi dan pengajuan dokumen perizinan, responden untuk layanan yang diberikan oleh DJPRL. Pada penilaian Triwulan I tahun 2021 nilai layanan ini mengalami kenaikan dibanding periode sebelumnya, pada periode penilaian kali ini tidak ada nilai unsur dibawah 3... 2.. Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap IKM dari DJPT adalah 87,77 dengan 224 orang responden. DJPT memiliki 3 (lima) loket yang terdiri dari loket pengajuan dokumen (BKP), konsultasi (SIUP,SIPI/SIKPI), Konsultasi dan pengajuan RFMO’s dan pengambilan dokumen (dikelola bersama oleh petugas BKP dan Pengelola). Berdasarkan penilaian responden tidak ada nilai yang dibawah 3 sehingga dapat dikatakan pelayanan dari DJPT baik.. 3.. Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya IKM dari DJPB adalah 84,11 dengan 171 responden. DJPB memiliki 4 (empat) loket yang terdiri dari loket pengajuan dokumen (Pakan ikan, obat ikan dan pelayanan usaha budidaya), konsultasi dan. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 39.

(41) pengambilan dokumen. Layanan dari DJPB ini termasuk yang memiliki intensitas tinggi karena banyak dokumen yang dikeluarkan. Dan selama pandemi layanan ini masih berjalan seperti biasa karena beberapa layanan masih membutuhkan dokumen fisik seperti layanan obat ikan. Berdasarkan penilaian responden, semua layanan mendapat penilaian diatas 3. 4.. Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing IKM dari DJPDSPKP adalah 81,13 dengan 4 responden. DJPDSPKP memiliki 3 (tiga) loket yang terdiri dari konsultasi dan pengambilan dokumen. Pengguna jasa yang mengajukan perizinan di DJPDSPKP merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pengolahan ikan baik ekspor maupun impor. Selama pandemi, layanan ini digabung menjadi satu loket sehingga petugas yang berjaga diharuskan dapat menguasai layanan dari tiga layanan. Berdasarkan penilaian responden terdapat nilai unsur dibawah 3 untuk Sistem Mekanisme dan prosedur.. 5.. Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan IKM dari DJPSDKP adalah 99,0 yang menyatakan sangat baik, layanan ini terdiri dari 1 loket permohonan dan pengambilan yang saat ini lebih banyak dilakukan secara online.. 6.. Badan Karantina Ikan, Pengawasan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan IKM dari BKIPM adalah 77,0 dengan 4 responden. BKIPMKHP memiliki 1 (satu) loket yang terdiri dari loket konsultasi. Berdasarkan penilaian responden, nilai yang diperoleh oleh BKIPM sudah baik, namun terdapat unsur yang mendapat nilai dibawah 3 yaitu produk spesifikasi layanan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 40.

(42) BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Dari hasil Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan Triwulan II Tahun 2021 dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Jumlah responden dalam Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 412 orang karakteristik responden yang mengajukan perizinan mayoritas laki-laki dengan latar belakang pendidikan perguruan tinggi dan asal pelanggan mayoritas dari pegawai swasta;. 2). Hampir seluruh unsur pelayanan telah mencapai nilai diatas 3, namun terdapat nilai dari layanan DJPDSPKP dan BKIPM yang harus diperbaiki karena mendapatkan nilai dibawah 3.;. 3). Nilai Indeks Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah 3,442 dengan Nilai Survei Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi mendapatkan nilai 86,04 dan Mutu Pelayanan termasuk kategori B dengan hasil Kinerja unit pelayanan adalah Baik; dan. 4). Survei Kepuasan Masyarakat tahun ini diberikan pertanyaan tambahan mengenai sikap anti korupsi yang dimiliki oleh para pegawai PTSP, dari hasil survei diperoleh nilai rata-rata 5,69 yang menyatakan bahwa pengguna jasa setuju atas sikap anti korupsi yang dimiliki petugas PTSP (sikap tidak meminta/menuntut imbalan uang/barang terkait pelayanan dan pelayanan yang tidak berpotensi menimbulkan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 41.

(43) 4.2 Saran Menyesuaikan perizinan dengan Pelayanan Berbasis Resiko sesuai dengan. Peraturan. Pemerintah. Nomor. 5. tahun. 2021. Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan. tentang Peraturan. Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 10 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Kelautan dan Perikanan.. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 42.

(44) Lampiran I INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT. Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 43.

(45) No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26. Rekapitulasi Responden Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Unsur Pelayanan Jenis Layanan Yang diterima 1 2 3 4 5 6 Pendaftaran Kapal Perikanan 3 3 3 3 3 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Buku Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Buku Kapal Perikanan 3 3 3 3 3 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Surat Pengantar Uji Mutu 3 3 3 3 3 3 Pelayanan Buku Kapal Perikanan dan Cek Fisik Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Pelayanan SIPI & SIKPI 3 3 2 3 3 4 Buku Kapal Perikanan 3 3 3 4 3 3 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 3 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 3 3 4 3 3 4 Buku Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan 3 3 3 3 3 3 Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan 3 3 3 3 3 3 Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan 3 3 3 3 3 4 Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan 3 3 3 3 3 4 Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) 2 2 3 3 3 4 Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan 4 4 4 4 3 4 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Buku Kapal Perikanan 3 3 3 3 3 3 Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang 3 3 3 3 2 3 Pendaftaran Kapal Perikanan 4 4 3 4 4 4 Buku Kapal Perikanan 4 4 4 4 4 4 Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Lampiran III 7 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 4 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 4 4. 8 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 44. 9 3 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 3 4 3 3 3 3 3 4 4 3 3 4 4.

(46) 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57. Pendaftaran Kapal Perikanan Regional Fisheries Management Organization (RFMOs) Buku Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Pendaftaran Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Surat Obat Ikan Lainnya Surat Obat Ikan Lainnya Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pelayanan SIPI & SIKPI Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Permohonan Hasil Cek Fisik Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Surat Obat Ikan Lainnya Pendaftaran Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4 3 3 3 4 3 3 4 4 4 4 3 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3. 4 3 4 2 4 2 4 4 4 3 3 2 3 4 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3. 4 3 3 3 3 3 4 4 4 3 3 2 3 4 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3. 4 3 3 3 3 3 4 4 4 3 4 3 3 4 3 3 3 4 4 3 2 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3. 4 3 3 3 3 2 4 3 4 3 4 2 3 4 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3. 4 3 4 3 4 3 3 4 4 4 3 3 3 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3. 4 3 2 2 3 3 3 3 4 3 3 1 3 4 3 3 3 4 4 3 2 3 4 4 2 3 3 3 3 3 3. 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 2 4 4 4 2 4 4 4 4 4 4 45. 4 3 4 3 3 3 4 3 4 4 4 3 3 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 3 3 3.

(47) 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88. Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan SIUP Bidang Pengolahan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Buku Kapal Perikanan Surat obat ikan Lain Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Surat Pengantar Uji Mutu Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Surat Pengantar Uji Mutu Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 4 4 4 3 3 4 3 4 3 3 3 3. 3 3 3 4 3 3 3 4 3 3 3 4 3 3 3 2 4 3 4 4 4 4 2 3 4 3 4 3 3 3 3. 3 3 4 4 3 4 3 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 4 4 4 1 3 4 3 3 3 4 3 3. 3 3 3 3 3 4 3 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 4 4 4 2 4 4 3 4 3 3 4 3. 4 3 4 3 3 3 4 3 3 4 4 4 3 3 3 3 4 3 4 4 4 4 3 2 4 3 3 3 3 4 3. 3 4 4 3 3 4 3 4 4 3 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 4 2 4 4 3. 2 3 4 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 3 3 2 4 3 4 4 4 4 2 3 4 2 3 3 3 3 3. 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 3 4 4 3 46. 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 4 4 4 3 3 4 3 4 3 4 4 3.

(48) 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119. Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Surat Pengantar Uji Mutu Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Surat obat ikan Lain Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4 4 4 2 4 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 4 4 3 4 4 3. 4 4 4 2 4 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 2 4 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 3 4 3 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 2 4 3 3 4 3 3 4 4 3 4 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 3 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 3 3 3 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 4 3 4 4 3 4 3 4 3 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 2 4 3 3 4 3 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 3 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 1 3 3 3 4 3 3 4 4 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 3 2 4 3 3 4 4 3. 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 3 4 3 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 47. 4 4 4 3 4 4 4 4 3 3 4 4 3 3 3 4 4 4 4 4 3 4 3 3 3 4 3 3 4 4 3.

(49) 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150. Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Surat Pengantar Uji Mutu Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Surat Pengantar Uji Mutu Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Surat Pengantar Uji Mutu Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Buku Kapal Perikanan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pendaftaran Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3 4 2 3 4 4 3 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3. 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 4 4 4 3 4 4 3 4 3 4 3 3 3 3 3. 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 4 3 4 4 3 4 4 4 3 4 4 3 4 3 4 3 3 3 3 3. 4 4 4 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 4 4 3 4 4 4 3 4 3 3 4 4 4 3 3 3 3 3. 4 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 4 4 4 3 3 3 3 4 3 4 3 3 3 3 3. 4 4 4 3 4 4 4 3 3 4 4 3 3 4 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4 3 4 4 4 4 3 4. 3 4 4 3 3 3 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 4 4 4 3 3 3 3 4 4 4 3 3 3 3 3. 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 4 48. 3 4 4 3 3 4 3 3 4 3 3 3 3 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 3 3.

(50) 151 152 153 154 155 156 157 158 159 160 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 171 172 173 174 175 176 177 178 179 180 181. Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Buku Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Buku Kapal Perikanan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Buku Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 1 3 4 3 3 3 4 3 4 4 4 2 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3. 1 3 4 3 3 3 4 3 3 4 4 3 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3. 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3 3 3 4 4 3 4 3 4 3 4 3 4 2 4 3 4 3 4 3 4 3. 3 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3. 2 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 2 4 3 4 3. 3 4 4 3 4 4 4 3 3 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 4 3 4 3. 3 4 4 3 3 3 4 3 3 3 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 1 4 3 4 3 4 3 4 3. 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 49. 4 4 4 3 3 3 4 3 4 3 3 4 3 4 3 4 4 4 4 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3 4 3.

(51) 182 183 184 185 186 187 188 189 190 191 192 193 194 195 196 197 198 199 200 201 202 203 204 205 206 207 208 209 210 211. Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Surat Keterangan Teknis (SKT) Impor Pakan dan/Bahan Baku Pakan Ikan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Surat Pengantar Uji Mutu Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4 3 3 3 4 4 4 3 3. 4 3 3 3 4 4 4 3 4. 4 3 3 3 4 4 4 3 2. 4 3 3 3 3 4 3 3 3. 4 3 3 3 3 4 4 3 3. 4 4 4 4 4 4 4 3 4. 4 3 3 3 4 4 3 3 3. 4 4 4 4 4 4 4 3 4. 4 3 3 3 4 3 3 3 3. 3. 3. 3. 3. 3. 4. 3. 4. 3. 3 4 2 3 3 4 4 3 3 4 3 3 3 4 3 3 4 3 3 4. 3 4 3 3 3 4 4 3 3 4 3 3 3 4 2 3 4 3 3 4. 3 4 2 2 3 3 4 3 4 4 3 3 3 4 3 3 4 3 3 4. 3 4 2 2 3 4 4 3 3 4 3 3 3 4 3 4 4 3 3 4. 3 3 3 3 3 3 4 3 3 4 3 3 3 4 2 4 4 3 3 4. 4 4 3 2 4 4 4 1 4 4 3 4 4 4 3 4 4 3 3 4. 3 3 2 2 3 3 4 3 3 3 3 3 3 4 2 3 4 3 3 4. 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 2 4 4 4 4 4. 3 4 3 3 3 4 4 3 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 3 4. 50.

(52) 212 213 214 215 216 217 218 219 220 221 222 223 224 225 226 227 228 229 230 231 232 233 234 235 236 237 238 239 240 241 242. Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Pelayanan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) Pelayanan Buku Kapal Perikanan dan Cek Fisik Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 3 3 3 4 3 4 3 4 4 3 3 4 4 4 4 4. 3 3 4 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 3 3 3 4 2 4 3 4 4 3 3 4 4 4 4 4. 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 3 3 3 4 3 4 3 4 4 3 3 4 4 4 4 3. 3 3 4 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 4 3 3 4 3 4 3 3 4 3 3 4 4 4 4 3. 3 3 4 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 4 3 4 3 3 4 3 3 4 4 4 4 3. 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 3 3 4 4 3 4 4 4 4 3. 3 3 4 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 4 3 2 4 3 4 3 3 4 3 3 4 4 3 4 4. 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 4 51. 4 4 4 3 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 4 3 4 3 4 4 3 3 4 4 4 4 4.

(53) 243 244 245 246 247 248 249 250 251 252 253 254 255 256 257 258 259 260 261 262 263 264 265 266 267 268 269 270 271 272 273. Pendaftaran Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Pelayanan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Surat Pengantar Uji Mutu Pelayanan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Surat obat ikan Lain Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Surat Pengantar Uji Mutu Buku Kapal Perikanan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) Pendaftaran Kapal Perikanan Surat obat ikan Lain Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Buku Kapal Perikanan Surat Pengantar Uji Mutu Surat Pengantar Uji Mutu Buku Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4 3 4 3 4 4 4 2 4 3 4 3 4 4 3 3 3 4 4 4 4 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 2 4 2 3 4 3 3 3 3 4 4 4 3 4 4 3 3 4 4 3 3 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 2 4 3 3 4 3 3 3 3 4 4 4 3 4 3 3 3 3 4 3 3 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 3 4 3 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 4 3 3 3 4 4 3 3 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 3 4 3 3 4 3 3 4 3 4 4 3 3 4 3 3 3 4 4 3 4 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 3 4 4 3 3 3 4 4 4 3 3. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 3 4 2 3 3 3 3 3 3 4 4 3 3 4 4 3 3 4 4 3 3 3. 3 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 4 4 3 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 2 4 4 4 3 4 52. 4 3 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4 3 3 4 3 3 4 4 4 3 3 4 4 3 3 4 4 3 3 3.

(54) 274 275 276 277 278 279 280 281 282 283 284 285 286 287 288 289 290 291 292 293 294 295 296 297 298 299 300 301 302 303 304. Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pelayanan Pengelolaan Ruang Laut Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Sertifikat Pendaftaran/Surat Penolakan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Buku Kapal Perikanan Pelayanan Usaha Perikanan Budidaya, Pakan Ikan dan Obat Ikan Pendaftaran Kapal Perikanan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Pelayanan SIPI & SIKPI Sertfikat Pendaftaran Obat Ikan Permohonan Pengantar Uji Mutu/Lapang Surat Obat Ikan Lainnya Buku Kapal Perikanan Laporan Survei Kepuasan Masyarakat Triwulan II Tahun 2021 Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 4 3 4 4 3 4 3 4 4 3 3 3 4 3 4 4 4 4 4 3 3 3 3 3 3 4 3 3 3 4 4. 4 3 4 4 3 4 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4. 4 3 4 4 3 4 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 4 3 4 4 3 4 3 4 4. 4 3 4 4 3 4 3 4 4 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4. 4 4 4 4 3 4 4 3 4 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4. 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 3 4 4 4 4. 4 3 4 4 3 4 3 3 3 3 3 3 4 3 4 3 4 4 4 3 3 3 3 3 4 4 3 3 3 4 4. 4 4 4 4 4 4 4 3 4 3 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 4 4 4 4 3 4 4 3 4 4 4 53. 4 4 4 4 4 4 4 4 4 3 3 3 4 4 4 3 4 4 4 3 3 3 4 3 4 4 3 3 3 4 4.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...