ELEKTRONIK MAIL E MAIL MAKALAH Diajukan

Teks penuh

(1)

ELEKTRONIK MAIL (E-MAIL)

MAKALAH

Diajukan untuk memenuhi syarat dalam mengikuti Ujian Sekolah Praktik pada matapelajaran Teknonolgi Informasi dan Komunikasi (TIK)

di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Cibeber

NAMA LENGKAP

:

Hilman Farizqi

NIS/NISN

:131407345/0016499062

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN CIANJUR

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 CIBEBER

(2)
(3)

LEMBAR PENGESAHAN

Disetujui untuk diajukan pada Ujian Sekolah Praktik pada Matapelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP N 1 Cibeber

Pada Hari Kamis Tanggal 31 Maret

Cianjur, April 2016

Guru Matapelajaran

Teknologi Informasi dan Komunikasi

(4)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah TIK tentang Email

Makalah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

(5)

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN

KATA PENGANTAR ... i

DAFTAR ISI ... ii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Sejarah Email... 1 B. Pengertian Email... ..

BAB II ELEKTRONIK MAIL (EMAIL) ... .. A. Cara membuat email... .. B. Cara mengelola email... .. C. Fungsi email... ..

BAB III PENUTUP ... .. A. Simpulan ... .. B. Saran ... ..

(6)

BAB I PENDAHULUAN

A. Sejarah Email

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan.

Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYYUIOP”

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.

Contoh alamat e-mail :

Sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial.

(7)

Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.

Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).

Bentuk umum sebuah alamat email adalah sebagai berikut:

Nama@Situs.Com

1. Nama : identitas alamat pemilik email (login nama atau user id). 2. @ : dibaca at (artinya di).

3. Situs.com : alamat situs penyedia fasilitas email.

Kode akhiran situs (seperti .com atau .net) menyesuaikan kategori yang dimiliki situs penyedia fasilitas email tersebut. Sebagai contoh :

(8)
(9)

BAB II

ELEKTRONIK MAIL (E-MAIL)

A. Cara membuat

Masukan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan mozilla akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :

Lengkapi biodata pribadi anda pada kotak isian yang telah disediakan, seperti uraian berikut :

1. Tentukan kata sandi(kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID email(nama email anda,misal nama email yang anda pilih adalah Raihan, maka alamat emailnya menjadi

Raihan17@yahoo.co.id dibaca : Raihan17[et]yahoo[dot]co[dot]id),

dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email nantinya!!!

2. Membuat kata pertanyaan serta jawaban pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika sesuati saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat. Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat!!

3. Langkah membuat email selanjutnya adalah tulis ulang kode validasi pada kotak isian yang telah disediakan, lalu klik Buat Account saya. Jika proses pendaftaran sukses, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :

Selamat... Anda sudah memiliki alamat email...

(10)

1. Jangan mencampurkan email bisnis dengan email pribadi. Bagi anda sebagai pimpinan perusahaan sebaiknya anda membuat email lebih dari satu dan membuat email khusus untuk bisnis jangan sampai email untuk masalah pribadi dan bisnis dicampuradukan. Karena dalam email bisnis karyawan anda yang akan membuka dan kemudian melaporkan isi email dari pihak lain kepada anda.

2. Member waktu membaca dan membalas email. Dalam hal ini sebaiknya anda memerlukan waktu yang khusus untuk membaca dan membalas pesan email, sebaiknya anda melakukan hal ini pada saat pagi hari atau pada waktu sore hari menjelang anda pulang kantor. Jangan biasakan membaca dan membalas email pada jam- jam kantor yang padat hal ini akan mengganggu target anda kecuali email

tersebut penting.

3. Selalu cek pesan inbox email. Bagi anda yang setiap harinya sibuk dengan email sebaiknya anda harus mengelola email dengan baik, anda harus bisa mengolah email jika email tersebut tidak penting atau spam anda bisa hapus dan jika file- file tersebut penting anda bisa unduh dan merubah format ke dalam word atau pdf dan menyimpannya dalam computer anda.

4. Menggunakan software Microsoft Outlook, dengan software ini anda bisa mereviews isi pesan dalam email tersebut dengan baik misal subjek dan juga isi pesan tersebut.

C. Fungsi email

Fungsi email yaitu sebaga sarana untuk mengirim/menerima suran, dan data yang bisa dilampirkan dara surat tersebut. Datanya pun berupa data digital bukan berkas nyata. Data yang bisa dikirim lewat email diantaranya, data ketikan, musik, video, gambar, program/software/virus, dan data data digital lainnya. Menggunakan sosmed, kita juga membutuhkan email. Nah kalo dalam dunia nyata email mungkin seperti kotak surat berarti dikirimnya langsung ke rumah/pemilik/penghuni rumah. Mengirim surat lewat email sangat cepat sama dengan mengirim SMS, dalam hitungan detik surat yang baru kita kiri bisa langsung ke tempat tujuan.

(11)

PENUTUP

A. Simpulan

Secara keseluruhan email adalah metode yang bagus untuk segera menghubungi file orang di seluruh dunia dan berbagi dengan mudah. Email sangat baik bagi orang-orang yang anggota keluarga teman yang sangat jauh dan bahkan ketika Anda merasa kesepian.Saran

B. Saran

(12)

DAFTAR PUSTAKA

Lutvi Amalia (2013), Sejarah,pengertian,kelebihan,dan kelemahan email, [Online],

(

https://lutviamaliaman2kudus.wordpress.com/2013/11/13/sejarah-pengertian-kelebihan-dan-kelemahan-email), diakses tanggal 18

Maret 2016

Didi Chandra (2014), Tugas makalah pengantar komputer, [Online],

(

http://didichandra44.blogspot.co.id/2014/01/tugas-makalah-pengantar-komputer.html) , diakses tanggal 18 Maret 2016

Oke Kesehatan kesehatan (2015), Tips mengelola email secara baik, [Online], (

http://okekesehatan.blogspot.co.id/2015/06/4-tips-mengelola-email-secara-baik.html), diakses tanggal 18 Maret 2016

Oke Hip yourvide.blogspot.co.id (2014), Tips pengertian email fungsi email

dan tata [Online],

(

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...