Pisau dan Dunia Dunia Lain

Teks penuh

(1)

Pisau dan Dunia-Dunia Lain

Judul : The Subtle Knife

Penulis : Phillip Pullman

Penerbit : Scholastic Children’s Book

Tahun terbit : 1998

Tebal : 341 Halaman

Buku ini merupakan buku kedua dari His Dark Material Trilogy yang ditulis oleh Pullman. Ceritanya berpusat pada Lyra, seorang anak perempuan yang berpetualang menjelajahi banyak dunia. Pada buku pertama Northern Lights (atau lebih dikenal dengan judul The Golden Compass), Lyra pergi ke utara untuk mencari seorang temannya yang diculik.

Pada buku ini, Ia bertemu Will, seorang anak laki-laki biasa yang berpetualang mencari ayahnya. Will hidup sendiri dengan ibunya, ayahnya hilang dalam perjalanan menuju utara dan dinyatakan telah meninggal. Ibunya mulai menampakkan tindakan-tindakan aneh, seperti cemas terhadap sesuatu yang tidak ada, berbicara mengenai hal-hal aneh. Rumahnya juga sering dimasuki oleh orang tidak dikenal yang berniat mencuri sesuatu milik ayah Will. Will, yang masih belum percaya bahwa ayahnya telah meninggal, akhirnya memutuskan untuk mencari ayahnya seorang diri. Di tengah perjalanannya, Ia menemukan portal menuju dunia lain yang dikenal dengan nama Cittàgazze. Di dunia ini, Ia bertemu dengan Lyra yang membawa alethiometer, alat penunjuk kebenaran. Alethiometer kemudian mengatakan pada Lyra untuk membantu Will. Bersama mereka mencuri pisau yang mampu membuka gerbang menuju dunia lain. Perjalanan mereka yang penuh dengan rintangan pun dimulai.

Dari ketiga buku trilogi His Dark Material, buku ini mempunyai peran yang sangat penting karena di dalamnya terdapat jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam buku pertama, mengenai apa sebenarnya debu, apa yang dilakukan Lord Asriel dan kenapa gereja menentang apa yang Ia lakukan.

Walaupun cerita dipaparkan dengan sedikit lambat pada bagian awal buku, Pullman tetap mengemas buku ini dengan imajinasi yang luar biasa memikat. Ia menyajikan mitos adam dan hawa serta perlawanan terhadap institusi keagamaan dengan sangat menawan dalam novel ini.

Resensi ini diikutsertakan dalam Indiva Readers Challenge 2014 yang diadakan oleh Penerbit Indiva. Informasi lebih lanjut www.indivamediakreasi.com

Resensi ini juga dapat dibaca di

(2)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...