SKRIPSI. Diajukan oleh : DIAN AFRIANITA

10 

Teks penuh

(1)

PENGELOLAAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN

KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI BIDANG SOSIAL EKONOMI (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai

Hulu Kabupaten Labuhanbatu)

SKRIPSI

Diajukan oleh :

DIAN AFRIANITA

130901010

GUNA MEMENUHI SALAH SATU SYARAT

UNTUK MEMPEROLEH GELAR SARJANA

DEPARTEMEN SOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas Berkat rahmat dan Kasih-Nya penulis dapat meyelesaikan skripsi ini dengan baik. Adapun judul skripsi ini adalah “Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Bidang Sosial Ekonomi”. Skripsi ini di susun sebagai salah satu syarat mencapai gelar Sarjana Sosial pada Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sumatera Utara.

Selama penyususunan skripsi ini, penulis menyadari akan sejumlah kekurangan dan kelemahan, untuk itu penulis membuka diri untuk menerima saran dan kritik yang dapat membangun guna perbaikan di masa yang akan datang. Pada kesempatan ini penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu penulis dalam penyelesaian skripsi ini, dan secara khusus penulis berterima kasih

banyak kepada:

1. Bapak Prof.Dr.Runtung Sitepu, SH. Mhum selaku Rektor Universitas Sumatera Utara yang telah memberi kesempatan kepada penulis untuk mengikuti Pendidikan Sarjana Sosiologi.

2. Bapak Dr.Muryanto Amin, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosia dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

3. Ibu Dr. Harmona Daulay, M.Si selaku Ketua Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

4. Bapak Prof. Dr.M. Arif Nasution, MA, selaku Dosen Pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktu untuk membimbing dan memberikan

(3)

dukungan dalam penyelesaian skripsi ini, serta telah bersedia mendidik dan membagi ilmu kepada Penulis.

5. Seluruh Bapak dan Ibu Dosen yang telah mendidik penulis dalam proses pendidikan di Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sehingga penulis bisa menyelesaikan pendidikan dengan baik.

6. Seluruh staf karyawan dan staf perpustakaan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang telah banyak memberikan bantuan kepada penulis selama menjadi mahasiswa. 7. Teristimewa untuk orang tua saya bapak Nizar dan ibu Suhariyati

terimakasih atas segala kasih sayang dan dukungan yang tiada henti baik berupa moral ataupun materi serta doa yang selalu ditujukan untuk penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi dan mampu menyelesaikan pendidikan ini dengan baik.

8. Kepada bapak kepala desa dan para staf pegawai kantor kepala Desa Sei Sentosa yang telah mempermudahkan dan membantu penulis untuk mengumpulkan data di lapangan sehingga penulis mampu menyelesaikan skripsi ini.

9. Kepada sahabat-sahabat seperjuangan Yuni Anggraini, Yolanda Dwi Damayanti, Dini Aldina Suhartiningsih, Annisa Tri Rahma, Khairana, Nanda Nuraljannah, Hildayani, Nike Ritonga, Ayu Lestari, Ester O Harefa serta Mutiara Arisya yang selalu memberikan dukungan, motivasi dan inspirasi kepada penulis, tempat berbagi dalam senang ataupun sedih. Terimakasih telah bersedia bersama selama ini dan terimakasih juga telah mengukir kenangan-kenangan yang tak terlupakan.

(4)

10. Buat yang tersayang sahabat-sahabat di kos Newton, Ida, Desi, Fitri, Indah, Desi, Mila, Nova, Yuni, Suci yang selalu memberikan semangat kepada penulis, mengerti keadaan penulis, bersedia mendengarkan keluh kesah penulis, terimakasih kalian telah bersedia menjadi sahabat sekaligus keluarga untuk penulis.

11. Buat Sahabat tersayang Fitri Yulia dan Winni yang selalu bisa membangkitkan semangat penulis, yang selalu mampu membuat penulis tersenyum dikala sedang dilanda kesusahan, terimakasih telah bersedia berbagi.

Akhirnya penulis mempersembahkan skripsi ini sebagai suatu karya ilmiah yang masih sederhana, namun kiranya dapat memberikan manfaat dan penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan baik dalam penulisannya, penyajian data, bahasa maupun sistematikan pembahasannya, oleh karena itu kritik dan saran sangat diperlukan demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan dapat menjadi refrensi bagi penelitiannya selanjutnya.

Medan, April 2017

(5)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk melihat dan menggambarkan pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial ekonomi dan melihat kontribusi yang diberikan masyarakat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Teknik yang digunakan menentukan subjek adalah Purposive Sampling. Informan secara spesifik terdiri dari 10 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Dana Desa (DD) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang sosial ekonomi meliputi prioritas penggunaan Dana Desa, Prinsip dan tahap yang diterapkan dalam pengelolaan Dana Desa. Prioritas penggunaan Dana Desa, untuk pembangunan infrastruktur jalan dan parit. Prinsip yang diterapkan yakni Transparan, Swakelola dan keadilan. Beberapa tahap yang di lalui diantaranya adalah tahap perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Bentuk kontribusi masyarakat dalam pengelolaan Dana Desa yakni memberikan ide, tenaga dan harta benda.

Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Partisipasi Masyarakat

ABSTRACT

The objective of the research was to find out and to describe the management of Village Funds in improving people’s welfare in socio-economic field and to find out people’s contribution.The research used qualitative method with descriptive study design. It was conducted at Sei Sentosa Village, Panai Hulu Subdistrict, Labuhanbatu Regency.The samples were 10 respondents, taken by using purposive sampling technique. The data were gathered by conducting observation, in-depth interviews, and documentary study.

The result of the research showed that the management of DD (village funds) was aimed to improve the villagers’ welfare in the socio-economic field which included the priority to use DD for constructing road and ditch infrastructure and the stages applied in the management of DD. The implementation principle was transparent, self-management, and fairness. The stages which had to be done were planning, budgeting, implementing, and supervising. People’s contribution to managing DD was by providing ideas, manpower, and property.

(6)

DAFTAR TABEL

Tabel 01 : Rincian Dana Desa Menurut Kabupaten/Kota TA 2015………..24

Tabel 02 : Rincian Dana Desa Menurut Kabupaten/Kota TA 2016………..24

Tabel 03 : Rincian Dana Desa Menurut Kabupaten/Kota TA 2017………..26

Tabel 04 : Nama Kecamatan dan Luas Kecamatan………...46

Tabel 05 : Nama-nama Pangulu dan Kepala Desa Sei Sentosa……….…49

Tabel 06 : Komposisi Jenis Pekerjaan Masyarakat Desa Sei Sentosa………...51

Tabel 07 : Komposisi Agama Masyarakat Desa Sei Sentosa………...……52

Tabel 08 : Komposisi Pendidikan Masyarakat Desa Sei Sentosa………...52

Tabel 09 : Komposisi Suku Masyarakat Desa Sei Sentosa………...53

Tabel 10 : Sarana dan Prasarana Desa………...………...…54

(7)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 01 : Papan plang proyek Dana Desa di Desa Sei Sentosa ... 99 Gambar 02 : Jalan yang telah mendapatkan pengaspalan dengan menggunakan

Dana Desa ... 99 Gambar 03 : Jalan yang telah mendapatkan pengerasan dengan menggunakan

Dana Desa ... 100 Gambar 04 : Parit yang telah mendapatkan perbaikan dengan menggunakan Dana

Desa ... 100 Gambar 05 : Wawancara dengan bapak kepala Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu ... 101 Gambar 06 : Wawancara dengan bapak kepala Dusun Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu ... 101 Gambar 07 : Wawancara dengan ibu bendahara Desa Sei Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu ... 102 Gambar 08 : Wawancara dengan Informan yang aktif mengikuti kegiatan musdus,

(8)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 : Pedoman Wawancara………...96 Lampiran 2 : Dokumentasi Kegiatan……….99

(9)

DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ... i ABSTRAK ... iv ABSTRACT ... iv DAFTAR TABEL ... v DAFTAR GAMBAR ... vi

DAFTAR LAMPIRAN ... vii

DAFTAR ISI ... viii

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang ... 1 1.2 Rumusan Masalah ... 11 1.3 Tujuan Penelitian ... 12 1.4 Manfaat Penelitian ... 12 1.4.1 Manfaat Teoritis ... 12 1.4.2 Manfaat Praktis ... 13 1.5 Defenisi Konsep ... 13

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Terdahulu………...….17

2.2 Pengelolaan Dana Desa………...….…19

2.3 Dana Desa………...…21

2.4 Otonomi Desa………...…...27

2.5 Kesejahteraan Masyarakat Di Bidang Sosial Ekonomi………...28

2.5.1 Pengertian Kesejahteraan………...….28

2.5.2 Sosial Ekonomi………...29

2.5.3 Kesejahteraan Sosial Ekonomi………...…30

2.6 Teori Struktural Fungsional Robert K Merton………...….31

2.7 Konsep Bottom Up Planning……….…...33

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis Penelitian………...…..38

3.2 Lokasi Penelitian………...38

3.3 Unit Analisis dan Informan………...…39

3.3.1 Unit Analisis………..………...39

3.3.2 Informan………..……...…39

(10)

3.4.1 Teknik Pengumpulan Data Primer………...…..40

3.4.2 Teknik Pengumpulan Data Skunder………...…....41

3.5 Interpretasi Data………...…...41

3.6 Jadwal Kegiatan……….………...42

3.7 Keterbatasan Penelitian………...……42

BAB IV DESKRIPSI DAN INTERPRETASI DATA 4.1 Gambaran Umum Wilayah Penelitian ... 44

4.1.1 Keadaan Geografis Labuhanbatu... 44

4.1.3 Gambaran Umum Kecamatan Panai Hulu ... 47

4.1.3 Sejarah Desa Sei Sentosa ... 48

4.2 Deskripsi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Sei Sentosa ... 51

4.2.1 Komposisi Jenis Pekerjaan Masyarakat Desa Sei Sentosa ... 51

4.2.2 Komposisi Agama Masyarakat Desa Sei Sentosa ... 52

4.2.3 Komposisi Pendidikan Masyarakat Desa Sei Sentosa ... 52

4.2.4 Komposisi Suku Masyarakat Desa Sei Sentosa ... 53

4.2.5 Sarana dan Prasarana Desa ... 54

4.2.6 Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin... 55

4.3 Profil Informan... 55

4.4 Pengelolaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Bidang Sosial Ekonomi ... 61

4.4.1 Prioritas Penggunaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Bidang Sosial Ekonomi... 61

4.4.2 Prinsip Penggunaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Bidang Sosial Ekonomi... 71

4.4.3 Tahap Penggunaan Dana Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Bidang Sosial Ekonomi ... 75

4.5 Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa ... 78

4.5.1 Partisipasi Ide ... 80

4.5.2 Partisipasi Tenaga ... 82

4.5.3 Partisipasi Harta Benda ... 84

BAB V PENUTUP 5.1 Kesimpulan ...89

5.2 Saran ...91

DAFTAR PUSTAKA ...92

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :