• Tidak ada hasil yang ditemukan

RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR"

Copied!
13
0
0

Teks penuh

(1)

commit to user

RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR

(Studi Perbandingan Analisis Isi Rubrik Anak pada Surat kabar Solopos dan

Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012)

Diajukan untuk Melengkapi Tugas dan Memenuhi Syarat-syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi

Disusun Oleh :

NUR AINI CAHYANINGSIH NIM : D 1209103

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA 2013

(2)
(3)
(4)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi saya yang berjudul:

RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR

(Studi Perbandingan Analisis Isi Rubrik Anak pada Surat kabar Solopos dan

Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012)

Adalah karya asli saya dan bukan plagiat baik secara utuh atau sebagian serta belum pernah diajukan untuk memperoleh gelar akademik di institusi lain. Saya bersedia menerima akibat dari dicabutnya gelar sarjana apabila ternyata di kemudian hari terdapat bukti-bukti yang kuat, bahwa karya saya tersebut ternyata bukan karya saya yang asli atau sebenarnya.

Surakarta, Mei 2013

Nur Aini Cahyaningsih D 1209103

(5)

commit to user MOTTO

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka ALLAH akan memudahkan baginya jalan ke surga.

(HR. Muslim)

Tuhan memberikan kekuatan untuk menerima yang tidak bisa kita ubah, keberanian untuk mengubah apa yang

mungkin kita ubah. Dan kebijaksanaan untuk memahami keduanya.

(Fr. Oetinger)

Fight Till The And (Mahafisippa)

(6)

PERSEMBAHAN

Karya ini penulis persembahkan untuk:

Mamah ; atas cinta doa, kepercayaan dan dukungan yang tiada henti-hentinya Papah ; atas banting tulangnya untuk keluarga, cinta dan pelajaran hidup Adek-adek ku yang dengan ikhlas mensupport aku Sahabat terbaikku Almamater tercinta Dan juga semuanya.

(7)

commit to user KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan, yang telah melimpahkan nikmat, rahmat dan hidayah-Nya, sehingga atas kehendak-Nya, skripsi dengan judul RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR (Studi Perbandingan Analisis Isi Rubrik Anak pada Surat kabar Solopos dan Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012) dapat diselesaikan dengan baik dan lancar.

Penyelesaian skripsi ini tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini penulis hendak menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Prof.Drs. Pawito, Ph.D, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) Surakarta.

2. Drs. Surisno Satrijo Utomo, M.Si, selaku pembimbing I yang telah memberikan bimbingan dan melakukan pembetulan dengan cermat dan teliti sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.

3. Sri Hastjarjo, S.sos. Ph.D, selaku pembimbing II yang telah merelakan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis dengan sabar sehingga penyusunan skripsi ini dapat diselesaikan.

4. Drs Subagyo, SU., selaku Pembimbing Akademis yang tidak henti-hentinya memberikan semangat pada penulis.

5. Semua staf pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNS, atas ilmu yang telah diberikan selama perkuliahan. Semoga semua ilmu yang telah bapak/ibu berikan bermanfaat dunia akhirat dan menjadi amal jariyah.

(8)

6. Papa dan Mama, yang telah memberikan kasih sayang, motivasi serta pengorbanan yang tiada akhir.

7. MAHAFISIPPAku yang telah memberi arti kehidupan, hidup bukan sekedar

hidup ’Fight Till The And’

8. Serta semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Terimakasih atas semua bantuannya.

Penulis menyadari akan kurang sempurnanya skripsi ini, namun penulis berharap bahwa skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi berbagai pihak.

Surakarta, 2013

(9)

commit to user ABSTRAK

Nur Aini Cahyaningsih, D 1209103, RUBRIK ANAK DALAM SURAT KABAR (Studi Perbandingan Analisis Isi Rubrik Anak pada Surat kabar

Solopos dan Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012), 76 halaman.

Surat kabar sebagai salah satu media berupaya memberikan informasi yang diperlukan oleh masyarakat, termasuk anak-anak. Oleh sebab itu, hampir semua surat kabar yang beredar menyediakan rubrik khusus untuk anak. Rubrik Anak merupakan salah satu rubrik yang mengisi dalam penerbitan surat kabar Solopos dan surat kabar Suara Merdeka. Isi pada rubrik anak dibedakan atas bentuk tulisannya, dapat dibedakan antara feature dan non feature. Jenis feature terdiri dari human interest, sejarah, profile, perjalanan, keahlian dan ilmiah. Sedangkan feature profile sendiri dibedakan atas profile anak dan dewasa. Untuk jenis profile anak terdiri dari olahraga, seni budaya, pelajaran dan agama. Jenis dewasa terdiri dari penemu, dan tokoh. Isi non feature terdiri cerpen, puisi, dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan isi dalam penyajian rubrik anak pada surat kabar Solopos dan surat kabar Suara Merdeka selama bulan Januari-Juni 2012.

Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisa kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berita-berita yang dimuat di rubrik anak pada surat kabar Solopos dan surat kabar Suara Merdeka yang terbit bulan Januari sampai Juni 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Kategori jenis-jenis feature dinyatakan tidak ada perbedaan. Hasil Chi Square diketahui df 5 dengan level signifikansi 0,05 diperoleh X2=8,22 < X2tabel = 11,070. (2) Kategori feature profile sesuai usia dinyatakan ada perbedaan antara harian umum Solopos dan harian umum Suara Merdeka. Hasil Chi Square diketahui df 1 dengan level signifikansi 0,05 diperoleh X2= 19,28 > X2 tabel = 3,841.(3) Kategori feature profile anak dinyatakan ada perbedaan antara harian umum Solopos dan harian umum Suara Merdeka. Hasil Chi Square diketahui df 3 dengan level signifikansi 0,05 diperoleh X2= 19,28 > X2tabel = 11,070. (4) Kategori feature profile dewasa dinyatakan ada perbedaan antara harian umum Solopos dan harian umum Suara Merdeka. Hasil Chi Square diketahui df 1 dengan level signifikansi 0,05 diperoleh X2= 13,75 > X2tabel = 3,841. (5) Kategori non feature dinyatakan ada perbedaan antara harian umum Solopos dan harian umum Suara Merdeka. Hasil Chi Square diketahui df 2 dengan level signifikansi 0,05 diperoleh X2=32,46 > X2tabel = 5,991.

(10)

ABSTRACT

Nur Aini Cahyaningsih, D 1209103, RUBRICS CHILDREN IN NEWSPAPER (Comparative Study of Children's Content Analysis sections in newspapers Solopos and Suara Merdeka period January-June 2012), 76 page.

Newspaper as one of the media trying to provide the information needed by the public, including children. Therefore, almost all newspapers in circulation provide a special section for children. Kids Rubric is one section that fills in the publication of newspapers and newspaper Solopos Suara Merdeka. Fill the rubric children divided into written form, to distinguish between feature and non-feature. Feature type consists of human interest, history, profile, travel, and scientific expertise. While the feature profile itself distinguished profile of children and adults. For this type of child profile consists of sports, arts and cultural, and religious subjects. Adult type consists of inventors, and leaders. Fill non-feature consists of short stories, poems, and pictures. This study aimed to determine whether there is a difference in the presentation of the content of child column in the newspaper Solopos and newspaper Suara Merdeka during the month of January to June 2012.

Type a descriptive study using quantitative analysis. The population in this study is the news published in the newspaper the child section Solopos and Suara Merdeka newspaper published from January to June 2012. Data collection was performed by the method of documentation. The method of analysis used the method of content analysis (content analysis).

The results of this study, namely: (1) the types of feature categories revealed no difference. The results of Chi Square is known df 5 with a 0.05 significance level obtained X2 = 8.22 <X2tabel = 11.070. (2) categories according to the age profile feature revealed no differences between general daily Solopos and general daily Suara Merdeka. The results of Chi Square is known df 1 with a 0.05 significance level obtained X2 = 19.28> X2 table = 3.841. (3) Category feature profile child stated there is a difference between general daily Solopos and general daily Suara Merdeka. The results of Chi Square is known df 3 with a 0.05 significance level obtained X2 = 19.28> X2tabel = 11.070. (4) Category feature adult profile revealed no differences between general daily Solopos and general daily Suara Merdeka. The results of Chi Square is known df 1 with a 0.05

(11)

commit to user DAFTAR ISI

HALAMAN

JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

HALAMAN PERNYATAAN ... iv

HALAMAN MOTTO ... v

HALAMAN PERSEMBAHAN ... vi

KATA PENGANTAR ... vii

ABSTRAK ... ix

ABSTRACT ... x

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xiii

BAB I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 5

C. Tujuan ... 6

D. Manfaat Penelitian ... 6

E. Kajian Teori... 7

1. Komunikasi massa... 7

2. Media Surat kabar ... 9

3. Feature ... 14

(12)

5. Analisis Isi... 20

F. Definisi Konsepsional dan Definisi Operasional... 23

1. Definisi Konsepsional ... 23

2. Definisi Operasional... 26

G. Metode Penelitian ... 28

1. Jenis Penelitian... 28

2. Populasi dan Sampel ... 28

3. Teknik Pengumpulan Data ... 29

4. Reliabilitas... 29

5. Analisisis data ... 30

BAB II. DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN A. Profil Surat kabar Solopos ... 33

B. Profile Surat kabar Merdeka ... 40

BAB III. SAJIAN DATA A. Perolehan Data Isi Rubrik Anak Berdasar Tulisan Di Surat Kabar Solopos... 50

B. Perolehan Data Isi Rubrik Anak Berdasar Tulisan Di Surat Kabar Suara Merdeka ... 54

(13)

commit to user DAFTAR TABEL

TABEL HALAMAN

Tabel 3.1 Perolehan data Isi Rubrik Anak Berdasarkan Bentuk Tulisan

dari Surat kabar Solopos Periode Januari-Juni 2012... 50 Tabel 3.2 Perolehan Data Berdasarkan Jenis Feature di Surat kabar

Solopos Periode Januari-Juni 2012 ... 51 Tabel 3.3 Perolehan Data Jenis Profile Berdasarkan Usia di Surat kabar

Solopos Periode Januari-Juni 2012 ... 52 Tabel 3.4 Perolehan Data Jenis Feature Profile Anak Berdasarkan Bidangnya

di Surat kabar Solopos Periode Januari-Juni 2012... 53 Tabel 3.5 Perolehan Data Jenis Feature Profile Dewasa Berdasarkan Bidangnya

di Surat kabar Solopos Periode Januari-Juni 2012... 53 Tabel 3.6 Isi Rubrik Non Feature di Surat kabar Solopos Periode

Januari-Juni 2012 ... 54 Tabel 3.7 Perolehan data Isi Rubrik Anak Berdasarkan Bentuk Tulisan dari

Surat kabar Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012 ... 55 Tabel 3.8 Perolehan Data Berdasarkan Jenis Feature di Surat kabar Suara

Merdeka Periode Januari-Juni 2012... 55 Tabel 3.9 Perolehan Data Jenis Profile Berdasarkan Usia di Surat kabar

Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012... 56 Tabel 3.10 Perolehan Data Jenis Feature Profile Anak Berdasarkan Bidangnya

di Surat kabar Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012 ... 57 Tabel 3.11 Perolehan Data Jenis Feature Profile Dewasa Berdasarkan Bidangnya

di Surat kabar Suara Merdeka Periode Januari-Juni 2012 ... 58 Tabel 3.12 Isi Rubrik Non Feature di Surat kabar Suara Merdeka Periode

Referensi

Dokumen terkait

dalam keadaan fati dan baqi'-nya itu menunjukkan keadaan bersatu dengan A1lah.23 Dari sini kemudian Abfi Yazid menganslap dirinva relah bersatu dengan Tuhan,

In this study, performance of Building T of Petra Christian University, Surabaya, Indonesia, which was designed with older Indonesian Seismic Code ( PPTGIUG 1983 ) is

Alhamdulillah, segala puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala nikmat, rahmat dan hidayah-Nya sehingga skripsi dengan judul “Penerapan

Pada prinsipnya, tindakan untuk pengelolaan dan perlindungan pantai dari abrasi/erosi adalah dengan (a) pencegahan, dengan melakukan pengaturan penggunaan lahan

Pengujian impak berlangsung lebih cepat karena benda uji tidak perlu dijepit, sehingga metode Charpy pada satu material umumnya dilakukan pada berbagai

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan data Google Trends dapat menghasilkan prediksi yang lebih baik dibandingkan model lain yang tidak

Suatu fungsi logika atau operasi logika yang dimaksud dalam aljabar Boolean adalah suatu kombinasi variable biner seperti misalnya pada masukan dan keluaran dari suatu

Hasil dari penelitian ini, bahwa peran guru untuk melaksanakan tercapainya pembelajaran materi pendidikan kesehatan dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani,