SKRIPSI. Judul Skripsi. : Rerna Unisa : C : Budidaya perairan. Narna Mahasiswa Nornor Pokok Program Studi. Disetujui :

10 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

SKRIPSI

Judul Skripsi : Pengaruh Padat Penebaran ternadap Perturnbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Lele Durnbo (Clanas sp.) dalarn Sistern Resirkulasi dengan Debit Air 33 lprn/rn3

Narna Mahasiswa : Rerna Unisa Nornor Pokok : C01495044 Program Studi : Budidaya perairan

Disetujui :

Ir. Dadanq Shafrudin, M.Si Ketua

Ir. Widanarni, M.Si Anggota

11. Fakultas Perik

(4)

-Rema Unisa. C01495044. Pengaruh Padat Penebaran Ikan terhadap

Pertumbuhan dan Kelangsungn Hidup Ikan Lele Dumbo

(Clarias

sp.)

dalam Sistern Resirkulasi dengan Debit Air 33 lprn/m3. Dibawah

bimbingan Ir. Dadang Shafrudin, M.Si dan Ir. Widanarni, M.Si.

RING KASAN

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan lele dumbo yang dipelihara dalam sistem resirkulasi dengan berbagai tingkat kepadatan (5,10,15 dan 2Q ekorlliter) pada debit air 33 lpm/m3 dan kinerja resirkulasi tertentu. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai November 1999 bettempat di Laboratorium Sistem dan Teknologi Jurusan Sudidaya Perairan, IPS.

Penelitian ini menggunakan budidaya sistem resirkulasi yang terdiri dari wadah pemeliharaan ikan berupa 12 buah akuarium berukuran 60x30~35 cm3 (volume air 45 liter), 4 buah tangki plastik berkapasitas 100 liter sebagai unit psngolahan air (1 buah untuk tandon, 2 buah untuk filter biologis dan 1 buah untuk bak pengendapan). Filter biologis yang digunakan terdiri dari potongan batu kerikil berdiameter rata-rata 4 mm dengan kedalaman filter 9 cm dan luas permukaan 0,5 m2. Ikan yang dijadikan bahan penelitian adalah benih ikan lele berumur dua minggu dan dipelihara dengan empat tingkat kepadatan (5,10,15 dan 20 ekortliter) masing-masing perlakuan terdiri dari 3 kali ulangan. Selama penelitian berlangsung, ikan uji diberi pakan cacing sutera sekenyangnya dengan frekwensi pemberian sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Pengambilan contoh dilakukan setiap satu minggu sekali dengan menghitung bobot dan panjang ikan sebanyak 50 ekor, sedangkan penghitungan jumlah ikan yang mati dilakukan setiap hari. Selain

(5)

alkalinitas dan kesadahan. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan rnenggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dan dilanjutkan dengan uji polinornial orthogonal.

Pada percohaan ini didapatkan .bahwa berdasarkan hasil analisa sidik ragarn, perbedaan tingkat kepadatan tidak mernberikan pengaruh yang nyata terhadap perturnbuhan dan kelangsungan hidup ikan, namun berpengaruh nyata terhadap hasil {yield)dan efisiensi pakan.

Pada kepadatan 5, 10, 15 dan 20 ekorlliter diperoleh data rnengenai perturnbuhan individu masing-masing sebesar 0.0047, 0.0053, 0.0051 dan 0.0046 grlhari, laju perturnbuhan harian sebesar 13.12%, 12.90°/o, 13.99% dan 12.37% sedangkan perturnbuhan panjang rnutlak masing-masing sebesar 3.7, 3.8, 3.9 dan 3.8 crn. Hingga pada rninggu terakhir percobaan, kelangsungan hidup benih ikan lele pada masing-masing kepadatan sebesar 99.75%, 99.71°h, 99.78% dan 99.70%. Hasil yang diperoleh terlihat sernakin rneningkat dengan meningkatnya kepadatan ikan sedangkan efisiensi pakan terlihat sernakin menurun sejalan dengan rneningkatnya kepadatan. Pada kepadatan 5,10,15 dan 20 ekorlliter hasil yang diperoleh masing-masing sebesar 10.53, 23.45, 33.62 dan 41.08 gr/hari sedangkan efisiensi pakan rnasing-rnasing sebesar 57.67%, 41.53%, 40.25% dan 39.54 %.

Data parameter kualitas air seperti DO, NH,, pH, alkalinitas dan kesadahan rnasih berada dalarn kisaran yang layak untuk perturnbuhan dan kelanbsungan hidup ikan. Filter biologis dengan luasan filter 0.5 rn2, volume total air 0.86 rn3 dan beban ikan (loading rate) beejurnlah 6750 ekor dalarn sistern resirkulasi ini rnarnpu rnenjaga kondisi kualitas air pada wadah budidaya terutarna NH3 dengan efisiens~ pengubahan NH3 dari rninggu ke-0 sarnpai rninggu ke-4 masing-masing sebesar 53.33

%,

35.14%, 27.30%, 27.94% dan 9.66%.

(6)

Penulis dilahirkan di Bogor pada tanggal 22 Maret 1978 yang rnerupakan anak keenarn dari enam bersaudara dari pasangan Bapak Serna'un Bachrie dan lbu Rosrniati.

Pendidikan formal penulis dimulai dari pendidikan dasar di SDN Hegar Sari II Bogor pada tahun 1983-1989, SMPN Leuwiliang-Bogor pada tahun 1989-1992, dan SMAN Leuwiliang-Bogor pada tahun 1992-1995. Pada tahun 1995, penulis diterima di lnstitut Pertanian Bogor (IPB) rnelalui jalur USMl (Undangan Seleksi Masuk IPB) dengan rnemilih jurusan Budidaya Perairan (BDP) Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan.

Selarna di IPB penulis pernah rnelaksanakan Praktek Lapangan (PL) rnengenai ikan hias air tawar yang berlokasi di Balai Budidaya Air Tawar (BEAT).

. .

Sukabumi-Jawa Barat. Beberapa kegiatan yang pernah diikuti oleh penulis selarna di IPB diantaranya yaitu Pelatihan Manajemen Tambak Udang dan Hatcheq (PMTUH) pada tahun 1997, asisten m.a dasar-dasar mikrobioogi akuatik (1999) dan avertebrata air(1999). Untuk menyelesaikan tugas akhirnya. penulis me!akukan penelitian berjudul "Pengaruh Padat Penebaran terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih lkan Lele Dumbo (Clarias sp.) dalam Sistem Resirkulasi dengan Debit Air 33 Iprnlm3 dibawah birnbingan Bapak Ir. Dadang Shafrudin, M.Si dan lbu lr. Widanarni, M.Si dan penulis dinyatakan lulus pada tanggal 22 Februari 2000.

(7)

KATA PENGANTAR

Alharndulillaahirobbil'alamin, puji dan syukur kupanjatkan kepada Allah SWT

yang telah rnelirnpahkan rahrnat serta karunia-Nya yang tak terkira kepada kita serntia. Dan hanya atas izin-Nya pula akhirnya penulis dapat rnenyelesaikan tugas akhir ini dengan baik yang rnerupakan salah satu syarat untuk rnernperoleh ge!ar ,sajana pada Faku!tas Perikanan dan Ilrnu Kelautan, IPB.

Dengan segala kerendahan hati, sepenuhnya penulis rnenyadari bahwa laporan skripsi ini tidak rnungkin tersusun seperti ini tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesernpatan ini dengan tulus penulis rnenghaturkan rasa terirnakasih yang sebesar-besarnya kepada

# Appa dan Urnrni tercinta atas lirnpahan kasih sayang, dukungan dan do'a yang

tidak pernah surut serta atas segala pengorbanan dan kebahagiaan yang telah diberikan.

# Bapak 1r.Dadang Shafrudin, M.Si dan ibu Ir.Widanarni, M.Si sebagal dosen pernbirnbing yang dengan penuh kesabaran telah rnernberikan birnbingan, arahan, dukungan dan bantuan yang tidak terkira kepada penulis.

# Bapak Ir.Nur Barnbang Prio Utorno, M.Si selaku dosen penguji tamu atas saran dan rnasukannya yang berharga.

# Guru-guruku terclnta atas semua llrnu dan pengalaman yang berharga terutama Bapak Dr.Ir. D. Djokosetyanto, Dr. Chairul Muluk, I r . Irzal Effendie, M.Si serta I b u Sri Nuryati, S.Pi.

# Kakak-kakak ku tercinta (A' Iwan, Teh Yeti, A' Fazar, Teh Easy dan Teh

Ratna) atas do'a dan bantuannya serta A' Alwie, Teh Tuti, A' Hasan, A' Panji

dan Teh Uus juga my cute nephews and nieces (you always makes me smile).

(8)

It

Rekan satu penelitian "Bowo" yang telah banyalc rnernbantu serta para

Sisteker's (Abhot, Sapril, M'Lili, Wiwit & Fade) serta Hakim atas dukungan dan kebersarnaannya.

# Sahabat dan saudaraku di BDP-32, terutarna Yorni atas waktu dan senyurn-nya,

Dewi, Metta, Restu dan Dian atas curhat dan keceriaannya, Catur atas cerite- nya serta Ayu, Ema, Leli, Sari, AA, Ferdi, Ame', Tarsini, Ocim, Adi, Panca dan Budi atas persahabatannya yang rnaniez yang telah rnernbuat hidup ini lebih

bewarna dan berrnakna (rnakasih ya ...)

# Serta untuk

'8cw1@

C&myang telah banyak rnernberikan pelajaran hidup

yang berharga dan rnernbuat sernuanya rnenjadi lebih rnudah untuk dihadapi dan dijalani.

Dernikianlah, walaupun penulis rnenyadari bahwa tulisan ini rnasih belurn sernpurna narnun besar harapan penulis mudah-mudahan tulisan ini dapat berrnanfaat bagi yang mernbutuhkannya, terirnakasih.

Darrnaga, Februari 2000

(9)

DAFTAR

IS1

KATA PENGANTAR

. . .. . .. .

..

. . .. . .. . .. .

..

.

..

.

..

. ..

.

..

...

. .. . ...

..

.

...

...

. .

.

.. . .. . .. . .. . .. . .

DAFFAR I S 1

...

... ... ...

..

DAFTAR TABEL

...

...

:

... ... ... ...

... ...

..

DAFTAR GAMBAR

...

...

... DAFTAR LAMPIRAN

...

.

.

.

I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ...

.

.

...

...

1.2 Tujuan

.

11. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Biologi Ikan Lele 2.2 Padat Penebaran

2.3 Perturnbuhan dan Kelangsungan Hidup ... 2.4 Kecepatan Aliran Air

2.5 Kualitas Air

2.6 Sistern Resirkulasi ...

.

.

...

111. METODOLOGI

3.1 Waktu dan Ternpat 3.2 Bahan dan Alat

3.2.1 Kornponen Sistern Resirkulasi ....

.

.. ... . ..

.

..

...

..

3.2.2 Ikan Uji

...

3.2.3 Pakan 3.3 Metode Pelaksanaan .3.3.1 Tahap Persiapan ...

.

.

... 3.3.2 Penebaran Ikan 3.3.3 Pengarnatan 3.4 Analisa Data i iii v vi vii

(10)

3.4..1 Pertumbuhan dan Hasil

...

r

...

3.4.2 Kelangsungan Hidup

3.4.3 Efisiensi Pakan 3.4.4 Kualitas Air

3.5 Rancangan Percobaan

...

.

.

...

.... ...,...,,,....

I V . HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 Hasil

4.1.1 Pertumbuhan dan Hasil

...

4.1.2 Kelangsungan Hidup

4.1.3 Efisiensi Pakan

4.1.4 Kualitas Air ...

.

.

.

... 4.2 Pernbahasan

...

I V . KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan ...

.

.

... 4.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA ...

.

.

...

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :