AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA TUGAS AKHIR

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN

NUSANTARA II (PERSERO)

TANJUNG MORAWA

TUGAS AKHIR

Ditulis untuk Memenuhi Syarat Menyelesaikan Pendidikan Program Diploma 3

Diajukan Oleh:

SABRINA AMRIL NIM 1105082197

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

JURUSAN AKUNTANSI

POLITEKNIK NEGERI MEDAN

MEDAN

2014

(2)

ABSTRAK

Tugas akhir berjudul “AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA” ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi aset tetap pada PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa dengan standar akuntansi keuangan (PSAK No.16). Data yang diperlukan yaitu informasi dan dokumen-dokumen terkait aset tetap perusahaan diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi dan tanya jawab langsung dan kemudian diolah menggunakan metode deskriptif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa perlakuan akuntansi terhadap aset tetap yang ada pada PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan. Penulis menyarankan perusahaan tetap konsisten menerapkan perlakuan akuntansi tersebut.

(3)

ABSTRACT

Final project titled "ACCOUNTING FOR FIXED ASSETS AT PT PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA" aims to determine the suitability of the application of fixed asset accounting PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa with financial accounting standards (SFAS 16). Data required is the information and documents related to fixed assets acquired by using the techniques of documentation and frequently asked questions directly and then processed using descriptive methods. The result of this discussion that the implementation of accounting of fixed assets at PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa in accordance with Financial Accounting Standards. The author suggests the company remained consistently apply the accounting implementation.

(4)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penulis masih diberikan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Tugas Akhir ini dengan baik. Adapun tujuan dari pembuatan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan Pendidikan Diploma 3 Program Studi Akuntansi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan. Laporan berjudul “Akuntansi Aset Tetap Pada PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa” disusun berdasarkan informasi yang diperoleh dari karyawan perusahaan.

Selama penulisan Laporan Tugas Akhir ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak baik langsung maupun tidak langsung. Pada kesempatan ini dengan rasa hormat dan hati yang tulus, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak M. Syahruddin, ST., M.T., Direktur Politeknik Negeri Medan. 2. Bapak Darwin Sahat Hamonangan Damanik, S.E., M.Si., Ketua Jurusan

Akuntansi Politeknik Negeri Medan.

3. Bapak Parjuangan Pardosi, S.E., M.Si., Sekretaris Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan.

4. Bapak Sastra Karo-Karo, S.E., Ak., M.Si., Kepala Program Studi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Medan sekaligus Dosen pembimbing utama Tugas Akhir.

5. Ibu Dra. Heddy, Dipl. TESOL., M.Hum, Dosen pembimbing pendamping Tugas Akhir.

6. Orang Tua Tercinta H. Amril dan Hj. Rusda serta abang, kakak, dan adik yang telah memberikan dukungan baik secara moril maupun materil kepada penulis.

(5)

7. Bapak H. Suhendri S.E., M.M, Kepala Bagian Akuntansi PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa.

8. Seluruh Karyawan Pimpinan/Pelaksana PT Perkebunan Nusantara II (Persero) khususnya Bagian Akuntansi Pak Sitorus, Pak Imam, Pak Panjaitan, Pak Bincar, Pak Ihsan, Pak Hudri, Pak Alam, Pak Miando, Pak Munir, Buk Gustin, dan Buk Hortensi.

9. Seluruh sahabat di AK-6E yang penulis sayangi, khususnya Ira, Nurhayati dan Eny.

10.Sahabat terdekat penulis yang telah banyak memberikan dukungan dan semangat, Akbar, Rika, Rani, dan Ayu.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan Tugas Akhir ini masih belum sempurna disebabkan keterbatasan kemampuan penulis. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pihak yang bertujuan memperbaiki dan melengkapi Laporan Tugas Akhir ini. Semoga tugas akhir ini bermanfaat bagi kita semua.

Medan, Agustus 2014

Penulis,

Sabrina Amril NIM 1105082197

(6)

DAFTAR ISI Halaman LEMBAR PERSETUJUAN LEMBAR PENGESAHAN PERNYATAAN KEASLIAN ABSTRAK ABSTRACT KATA PENGANTAR ... i

DAFTAR ISI ... iii

DAFTAR TABEL ... v

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul ... 1

1.2 Perumusan Masalah.. ... 2

1.3 Tujuan Pembahasan ... 2

1.4 Manfaat Penelitian ... 2

1.5 Teknik Pemgumpulan dan Pengolahan Data ... 3

1.6 Jadwal Kegiatan dan Penulisan Laporan... 4

BAB 2 TINJAUAN UMUM MENGENAI PERUSAHAAN 2.1 Sejarah Singkat Perusahaan ... 5

2.2 Ruang Lingkup Kegiatan Perusahaan ... 6

2.3 Keunggulan Perusahaan ... 9

2.4 Struktur Organisasi Perusahaan ... 10

2.5 Logo Perusahaan ... 15

BAB 3 TINJAUAN PUSTAKA 3.1 Pengertian Akuntansi ... 16

3.2 Pengertian Aset Tetap ... 16

3.3 Penggolongan Aset Tetap ... 18

(7)

3.5 Penyusutan Aset Tetap ... 30

3.6 Pengeluaran Selama Penggunaan Aset Tetap ... 38

3.7 Penghentian Aset Tetap ... 40

3.8 Penyajian dan Pengungkapan Aset Tetap Dalam Neraca ... 41

BAB 4 HASIL PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA 4.1 Pengertian Aset Tetap ... 44

4.2 Penggolongan Aset Tetap ... 44

4.3 Perolehan Aset Tetap ... 46

4.4 Penyusutan Aset Tetap ... 47

4.5 Pengeluaran Selama Penggunaan Aset Tetap ... 49

4.6 Penghentian Aset Tetap... 50

4.7 Penyajian dan Pengungkapan Aset Tetap Dalam Neraca ... 52

BAB 5 PEMBAHASAN 5.1 Pengertian Aset Tetap ... 53

5.2 Penggolongan Aset Tetap ... 54

5.3 Perolehan Aset Tetap ... 55

5.4 Penyusutan Aset a Tetap ... 55

5.5 Pengeluaran Selama Penggunaan Aset Tetap ... 57

5.6 Penghentian Aset Tetap... 57

5.7 Penyajian dan Pengungkapan Aset Tetap Dalam Neraca ... 58

BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN 6.1 Simpulan ... 60

6.2 Saran ... 61

DAFTAR PUSTAKA ... 62

(8)

DAFTAR TABEL

No Tabel Judul Hal

1.1 Jadwal Kegiatan dan Penulisan Laporan 4

3.1 Masa Manfaat dan Tarif Penyusutan Harta Berwujud 32 3.2 Masa Manfaat dan Tarif Penyusutan Harta Tak Berwujud 32

3.3 Penyusutan Metode Garis Lurus 33

3.4 Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun 34

3.5 Penyusutan Metode Saldo Menurun 36

3.6 Penyusutan Metode Saldo Menurun Berganda 37

3.7 Penyajian Aktiva Tetap Dalam Neraca 43

(9)

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul

Perusahaan merupakan suatu organisasi dimana sumber daya (input) dasar seperti bahan dan tenaga kerja dikelola serta diproses untuk menghasilkan barang atau jasa (output) kepada pelanggan. Berdasarkan bidang bisnis, perusahaan dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa. Setiap perusahaan baik perusahaan manufaktur, perusahaan dagang, maupun perusahaan jasa memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan dari kegiatan operasinya, selain itu juga untuk pertumbuhan yang terus menerus, kelangsungan hidup, dan kesan positif di mata publik.

Dalam mencapai tujuan tersebut diperlukan sejumlah modal untuk melakukan kegiatan usaha, sehingga dari modal yang ditanamkan ini akan diperoleh hasil-hasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan perusahaan. Salah satu modal tersebut adalah aset tetap. Peranan aset tetap sangat besar bagi perusahaan baik dari segi fungsi, dari segi jumlah yang diinvestasikan, dari segi pengolahannya yang melibatkan banyak orang, dari segi masa pemakaian jangka panjang, maupun dari segi pengawasan yang agak rumit. Oleh karena itu, aset tetap merupakan harta yang sangat vital yang dapat bermanfaat untuk merealisasikan rencana-rencana yang telah dirancang oleh manajemen.

PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perkebunan yang dalam kegiatan sehari-hari membutuhkan aset tetap untuk mendukung jalannya operasional perusahaan. Semua aktiva yang berada pada perusahaan ini harus dilakukan pencatatan dengan tepat dan baik. Baik dalam pencatatan perolehan maupun pengeluaran yang terjadi selama masa pemakaian serta pemilihan metode penyusutan akan menimbulkan

(10)

suatu gambaran serta penilaian yang wajar terhadap aset tetap tersebut di dalam laporan keuangan, dimana informasi laporan keuangan sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen dalam melindungi investasi yang besar dari aset tetap tersebut yang bertujuan untuk memperoleh manfaat yang maksimal bagi kelancaran kegiatan operasi perusahaan.

Dari uraian di atas, maka penulis tertarik untuk membahas secara lebih mendalam mengenai aset tetap. Hal ini mendorong penulis untuk menyusun tugas akhir dengan judul “AKUNTANSI ASET TETAP PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA II (PERSERO) TANJUNG MORAWA”.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah “Apakah penerapan akuntansi aset tetap pada PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa telah sesuai dengan standar akuntansi keuangan (PSAK No.16)?”

1.3 Tujuan Pembahasan

Tujuan Pembahasan ini adalah untuk mengetahui kesesuaian penerapan akuntansi aset tetap pada PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa dengan standar akuntansi keuangan (PSAK No.16).

1.4 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah: 1. Bagi Penulis

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai akuntansi aset tetap serta untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah penulis terima selama di bangku perkuliahan.

(11)

2. Bagi Perusahaan

Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi perusahaan dalam pencatatan dan penilaian aset tetap yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.

3. Bagi Politeknik

Sebagai bahan masukan untuk perbaikan dan pengembangan bahan ajar maupun kurikulum dari mata kuliah akuntansi dimasa yang akan datang.

1.5 Teknik Pengumpulan dan Pengolahan Data

1.5.1 Teknik pengumpulan data

Penulisan Tugas Akhir ini dilengkapi dengan data yang sesuai dan berkaitan dengan pembahasan yaitu informasi dan dokumen-dokumen terkait aset tetap PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik dokumentasi dan tanya jawab langsung karyawan yang berkompeten. Teknik tersebut:

1. Dokumentasi

“Teknik dokumenter merupakan cara mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip-arsip dan termasuk juga buku-buku tentang pendapat, teori, dalil atau hukum-hukum, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah penelitian.” (Margono, 2010:181). Dalam hal ini penulis mengumpulkan dokumen-dokumen yang telah disusun oleh PT Perkebunan Nusantara II (Persero) Tanjung Morawa berupa struktur organisasi, laporan posisi keuangan, dan laporan penyusutan aset tetap.

2. Tanya Jawab

“Tanya jawab adalah proses keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab, sambil bertatap muka antara si penanya atau pewawancara dengan si penjawab atau responden.” (Moh Nazir, 2003:193).

(12)

Dalam hal ini penulis menggunakan sistem tanya jawab langsung kepada staf PT Perkebunan Nusantara II (Persero) yang berkaitan dan memiliki wewenang atas aset tetap.

1.5.2 Teknik pengolahan data

Data yang diperoleh dari perusahaan, kemudian dianalisis menggunakan metode Deskriptif. “Metode deskriptif yaitu teknik yang menggambarkan semua peristiwa dan pembuatan dari objek yang diteliti, kemudian dioalah serta ditafsirkan sehingga dapat memberikan keterangan atas masalah yang dihadapi. Data yang diperoleh akan dijabarkan dan dideskripsikan dengan cara membandingkan dengan teori.” (Arikunto, 2006:293).

1.6 Jadwal Kegiatan dan Penulisan Laporan

Kegiatan dan penulisan tugas akhir ini dimulai dari persiapan, pengumpulan data, analisa data, menyusun konsep laporan, konsultasi pada pembimbing, sidang tugas akhir, perbaikan laporan tugas akhir, dan penggandaan laporan bulan April 2014 sampai Agustus 2014 seperti yang terlihat pada tabel berikut:

April Mei Juni Juli Agustus

1 Persiapan

2 Pengumpulan Data 3 Analisa Data

4 Menyusun Konsep Laporan 5 Konsultasi pada Pembimbing 6 Sidang Tugas Akhir

7 Perbaikan Laporan Tugas Akhir 8 Penggandaan Laporan

Tabel 1.1

Jadwal Kegiatan Penulisan Tugas Akhir

Bulan / Minggu Kegiatan

No.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :