PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS MUTU DI SDN JATIGUNUNG II KECAMATAN TULAKAN Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berbasis Mutu Di SDN Jatigunung II Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan.

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS M UTU

DI SDN JATIGUNUNG II KECAM ATAN TULAKAN

KABUPATEN PACITAN

ARTIKEL PUBLIKASI ILM IAH

Diajukan Kepada

Program Studi M agister M anajemen Pendidikan Universitas M uhammadiyah Surakarta Untuk M emenuhi Salah Satu Syarat Guna M emperoleh Gelar

M agister Pendidikan

NURHAYATI

Q.100.110.208

PROGRAM STUDI M AGISTER M ANAJEM EN PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA

(2)

LEM BAR PENGESAHAN

PUBLIKASI ILM IAH

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS M UTU

DI SDN JATIGUNUNG II KECAM ATAN TULAKAN

KABUPATEN PACITAN

Disusun Oleh :

NAM A : NURHAYATI

NIM : Q 100 110 208

Telah diset ujui oleh pembim bing t anggal 5 Okt ober 2013

Surakarta, 5 Oktober 2013

(3)

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS M UTU

DI SDN JATIGUNUNG II KECAM ATAN TULAKAN KABUPATEN PACITAN

OLEH : support ing t he achi evement of t he vision and mission of an inst it ut ion of school. Has t he t ask t o provide informat ion services t o all cit izens of t he school t hat st udent s, t eachers and employees. Goal of t his research is t o describe and analyze t he charact erist ics of librarians, circulat ion service charact erist ics and condit ions of t he school library reading room based on t he qualit y of SD Jat igunung II Dist rict Tulakan Pacit an. According t o it s kind, t his st udy is a qualit at ive st udy using et hnographic Condit ions ow ned by t he library reading room is adequat e f or an elem ent ary school library in t he count ry.

Keyw ords : circulat ion; librarians; reading room

PENDAHULUAN

Keberadaan perpust akaan sekolah di suatu sekolah adalah sangat pent ing. Ibarat t ubuh manusia, perpust akaan adalah organ jantung yang bert ugas m em om pa darah ke seluruh tubuh. Bahkan karena sangat pentingnya keberadaan perpust akaan sekolah ini, pem erint ah mencanangkan bulan Sept em ber sebagai bulan gem ar m em baca dan hari kunjung perpust akaan.

(4)

menggunakan perpust akaan, m ereka harus bisa m embaca dan mempunyai minat

baca.

Sekolah Dasar Jat igunung II yang berada di kecam at an Tulakan Pacit an t elah

mem fasilit asi pesert a didik dengan adanya perpust akaan sekolah. Pelayanan dan fasilit as sudah t erlihat cukup mendukung, sehingga sangat mem bant u sisw a dalam meningkat kan kualit as pendidikan. Kepala sekolah selalu m endukung sisw a agar m au dan m ampu m em anfaat kan fasilit as yang ada, demikian pula keberadaan pust akaw an yang ada juga selalu dipriorit askan unt uk selalu memberikan pelayanan yang mem uaskan.

Selain layanan, sarana prasarana juga mendukung dan m emberikan kont ribusi nilai jual perpust akaan yang cukup besar dalam memberi kan kepuasan kepada sisw a. Oleh karenanya, m utu perpust akaan sekolah di SD Jat igunung II ini m enjadi cukup menarik dan bermutu karena pust akawan, layanan sirkulasi sert a sarana prasarana

yang benar-benar diperhitungkan keberadaannya.

Penelit ian ini bert ujuan untuk m endeskripsikan dan m enganalisis t ent ang: (1)

karakt erist ik pustakaw an, (2) karakt erist ik layanan sirkulasi dan (3) kondisi ruang baca perpust akaan sekolah berbasis mut u di SD Jatigunung II Kecamat an Tulakan Kabupat en

Pacit an.

M ETODE PENELITIAN

M enurut jenisnya, penelit ian ini adalah penelitian kualitat if. Penelitian kualit at if lebih m emberikan t ekanan kepada pem aham an dan m akna, berkait an erat dengan nilai-nilai tert ent u, lebih m enekankan pada proses daripada pengukuran, mendeskripsikan, menafsirkan dan m em berikan m akna dan tidak cukup dengan penjelasan belaka dan m em anfaat kan m ultimet ode dalam penelitian. (Sut ama, 2012 : 61).

(5)

merupakan akar dari lahirnya ilmu ant ropologi yang kent al dengan kajian

masyarakat nya itu.

HASIL PENELITIAN DAN PEM BAHASAN

Perpust akaan Sekolah SDN Jat igunung II adalah salah sat u unit organisasi yang ada di SDN Jat igunung II yang mem iliki fungsi sebagi unsur penunjang bagi t ercapainya visi dan m isi SDN Jatigunung II. M em punyai tugas mem beri pelayanan inform asi kepada semua w arga sekolah yait u siswa, guru dan karyaw an SDN Jat igunung II.

Sejalan dengan kegiat an pembelajaran di kelas yang dikembangkan oleh guru kelas t erut am a kelas t inggi berupa kegiat an mandiri dan t erst rukt ur yang lebih mengarah pada pem anfat an sarana perpust akaan. Di sisi lain untuk mengem bangkan mat eri pelajaran dan menambah w awasan, para guru juga harus membaca dan menulis. Sebagaim ana kit a ket ahui bahw a bahan-bahan pem belajaran banyak t erdapat di perpust akaan yang m erupakan pusat sum ber informasi. Dengan demikian apabila perpust akaan sekolah dapat berfungsi dengan baik m aka akan benar-benar berperan sebagai sarana penunjang dalam m em bantu proses pem belajaran.

Dalam rangka m enunjang kegiat an pembelajaran bagi sisw a dan guru, perpust akaan mutlak diperlukan. M aka mulai berdirinya SDN Jatigunung II yakni pada t ahun 1963 perpust akaan sudah ada m eskipun m asih sangat sederhana dan jumlah koleksi yang t erbat as. Pengadaan buku t ergantung pada bantuan buku dari pemerint ah.

Adapun visi perpust akaan SDN Jatigunung II adalah menjadi unit yang mampu menyediakan kebutuhan inform asi unt uk kegiat an belajar dan pengem bangan diri

sem ua w arga sekolah.

Koleksi yang dimiliki perpust akaan SDN Jatigunung II t erdiri dari koleksi m onograf

(6)

Karakteristik Pustakaw an

Puskaw anan perpust akaan SDN Jat igunung II merupakan t enaga honorer sekolah dengan lat ar belakang pendidikan D2 Perpust akaan yang diangkat oleh Kepala Sekolah.

Dan keberadaannya diakui sesuai dengan Perm endiknas Nomor 24 Tahun 2008 t ent ang St andar Tenaga Administ rasi Sekolah/ M adrasah. Hal ini sesuai dengan penelitian Berger dan Smith (2008) yang menyat akan bahw a peran pust akaw an sebagai salah sat u profesi yang diakui keberadaannya.

Ada kesam aan dengan hasil penelitian Arian (2012) di SDN M angkusum an I Kot a Tegal yang m erupakan sat u-satunya SD di kota Tegal yang m em iliki pust akaw an dengan lat ar belakang perpust akaan resm i (D2 Perpust akaan).

Untuk m embant u ket erbat asan sumber daya m anusia di perpust akaan m aka ditunjuk juga dua orang guru honorer untuk mem bant u kegiat an sirkulasi di perpust akaan. Ada kesamaan dengan hasil penelit ian M endinhos (2009), perpust akaan

sebagai pusat pembelajaran maka guru kelas harus dilibat kan untuk mem enuhi m isi ini.

Rahardja (2008) juga m engadakan penelit ian t ent ang cara meningkat kan pemahaman guru t ent ang pengelolaan perpust akaan dengan cara melaksanakan

kegiat an t eknis pengelolaan perpust akaan untuk m enumbuhkan minat baca sisw a. Untuk meningkat kan kualitas sumber daya manusianya, sekolah memberi kesem pat an seluas-seluasnya kepada t enaga perpust akaan untuk mengikut i pelat ihan, sem inar, dan sarasehan yang sering diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupat en Pacit an. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian Widiasa (2007) bahw a m anajem en perpust akaan sekolah pada dasarnya adalah proses m engoptim alkan sumber daya manusia untuk m encapai t ujuan perpust akaan.

(7)

Selain itu juga sejalan dengan penelitian Surialaga (2008) yang m enyat akan bahw a

peningkat an kemam puan m erupakan salah sat u upaya dalam m engimbangi pesat nya perkembangan t eknologi informasi dan komunikasi dalam bidang perpust akaan.

Karakteristik Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi di perpust akan SDN Jat igunung II menggunakan syst em t erbuka (open access syst em ) yait u syst em pem injam an buku yang m em berikan kebebasan bagi para pem akai perpust akaan untuk m encari sendiri koleksi buku yang dibutuhkan di rak. Jika t elah m endapat kannya m aka m ereka bisa m em baw a koleksi t ersebut kepada petugas bagian sirkulasi untuk dicat at dan bisa dipinjam untuk dibaw a pulang.

Layanan sirkulasi dengan syst em t erbuka memberi kenyam anan kepada pengguna unt uk m em ilih sendiri koleksi yang diinginkan, sehingga pengguna m erasa nyam an dan

t idak t ert ekan sert a m erasa puas berkunjung ke perpust akaan. M ehrjerdi, Dkk (2009) juga m eneliti t ent ang pent ingnya kualit as pelayanan unt uk mengident ifikasi

kesenjangan ant ara harapan pelanggan dan persepsi layanan yang dit erima.

Sejalan dengan hal t ersebut Nadiri dan M ayboudi (2010) m enyat akan bahw a

kualit as layanan dan fasilit as perpust akaan merupakan salah satu fact or penting yang mem iliki pengaruh signifikan t erhadap kepuasan pengguna.

Dalam pelayanannya perpust akaan SDN Jatigunung II m asih m enggunakan syst em manual dan belum memanfaat kan syst em kom put erisasi. Set iap sisw a yang hendak mem injam buku koleksi perpust akan w ajib menunjukkan kart u anggot a perpust akaan yang dimilikinya. Kegunaan kart u ini adalah sebagai t anda pengenal pada w akt u akan masuk perpust akaan sekolah dan dapat dit unjukkan sew akt u -w akt u apabila akan mem injam .

(8)

mem asukkannya kem bali ke dalam kantong buku yang t ersedia. Pet ugas akan

mencat at t anggal pengembalian yang t erdapat dalam kart u peminjaman. Selanjutnya pet ugas m enyimpan kart u pem injam an kembali ke laci dan buku disim pan di raknya

sem ula.

Penggunaan Teknologi Informasi di perpust akaan ke depan m em ang harus dipikirkan, sesuai dengan penelitian oleh Ishak (2008) yang menemukan bahw a penggunaan t eknologi informasi bert ujuan untuk meningkat kan efisiensi kerja dan kualit as layanan kepada pengguna.

Dengan m em anfaat kan Teknologi Informasi, pengelola perpust akaan dapat secara opt imal memberikan layanan dalam rangka m em enuhi kebut uhan informasi pengguna, sesuai dengan pendapat Santoso (2007) Pustakaw an Universit as M alang dalam jurnalnya.

Sejalan dengan hasil penelit ian Subrat a (2009) yang menyat akan bahw a syst em

Automasi Perpust akaan dengan m enerapkan teknologi informasi pada pekerjaan administ rat ive di perpust akaan sehingga layanan menjadi lebih efekt if dan efisien.

Dari dat a hasil penelitian kesadaran siswa dalam m enggunakan jasa layanan perpust akaan di SDN Jat igunung II m asih t ergolong rendah. Hal ini bisa dibuktikan dari

t ingkat kunjungan sisw a yang rat a-rat a hanya sekit ar 15-20 persen dari tot al sisw a ket idakdisiplinan siswa dalam m em anfaat kan fasilit as perpust akaan. Sehingga mengadakan penelit ian untuk m enget ahui dan menganalisis pengaruh disiplin sisw a dan m engkaji lebih lanjut upaya-upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkat kan disiplin sisw a dalam pemanfaat an fasilit as perpust akaan sekolah.

(9)

Begit u juga Rahardja (2008) juga menemukan ket idak disiplinan sisw a sehinga

dalam penelitiannya selain m eneliti pem aham an guru dalam pem ahaman pengelolaan perpust akaan m elalui kegiat an t eknis pengelolaan perpust akaan juga menelit i t ent ang

upaya yang dapat dilakukan untuk m enert ibkan sisw a dan menumbuhkan m inat baca sisw a.

Kondisi Ruang Baca Perpustakaan

Dari hasil penelitian gedung perpust akaan SDN Jat igunung II m erupakan gedung t unggal dengan sat u ruangan t unggal t empat kegiat an kepust akaan di laksanakan. Nam un dem ikian dengan penat aan yang disesuaikan dengan fungsinya m asing-m asing, kegiat an kepust akaan di SDN Jat igunung II dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sesuai yang disam paikan Darm ono (2007) bahw a keberadaan perpust akaan menjadi sangat penting dalam m enunjang proses pem belajaran, untuk it u perlu dikembangkan sehingga bisa berfungsi sebagai sum ber belajar bagi w arga sekolah. Dan

idealnya perpust akaan sekolah agar optimal harus m em iliki gedung t ersendiri.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian Yudi (2008) yang menyat akan bahw a sekolah

yang m emiliki fasilitas perpust akaan yang baik membuat sisw a bisa dan t erbiasa belajar dengan dengan baik pula.

M eja baca yang dipakai berupa meja persegi besar yang pas unt uk kegiat an mem baca dengan lesehan. Ada 3 (t iga) buah m eja persegi besar di sediakan di ruang perpust akaan. Terbuat dari bahan kayu yang kuat . Sehingga sisw a-sisw i dapat mem baca dengan sant ai at au mengerjakan t ugas di perpust akaan. Hal ini sesuai dengan fungsi keempat ruangan perpust akaan, yakni sebagai t empat belajar secara bersam a para sisw a pada saat -saat t ert ent u. Selain itu pada saat -saat t ert ent u di ruangan baca digunakan sebagai t em pat pemut aran film-film pendidikan at au pembelajaran yang memerlukan proyekt or.

(10)

Hasil penelit ian Anugrah (2013) juga m enunjukkan pentingnya t at a ruang

perpust akaan unt uk mencipt akan suasana yang nyaman dan t enang sehingga memberi kenyamanan bagi pem ust aka dan pengunjung perpust akaan untuk berlama-lama di

perpust akaan.

Begit u juga Rahardja (2008) m engungkapkan bahw a salah satu upaya untuk menumbuhkan m inat baca sisw a dan senang berkunjung berkunjung ke p erpust akaan adalah dengan m encipt akan suasana yang nyam an di ruang baca perpust akaan.

SIM PULAN

Berdasarkan hasil pem bahasan t ent ang perpust akaan berbasis m utu di SDN Jat igunung II disimpulkan sebagai bahwa pust akaw an SDN Jat igunung II m erupakan t enaga honorer sekolah yang diangkat oleh Kepala Sekolah dan mem iliki lat ar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya yaitu D2 Perpust akaan.

Layanan sirkulasi yang digunakan di perpust akaan SDN Jat igunung II adalah

menggunakan sist em layanan t erbuka (open access syst em ) yait u syst em peminjaman buku yang m emberikan kebebasan bagi para pem akai perpust akaan untuk m encari

sendiri koleksi buku yang dibutuhkan di rak. Dalam pelayanannya m asih secara manual belum m enggunakan t eknologi informasi komputer.

Kondisi ruang baca yang dim iliki perpust akaan SDN Jat igunung II sudah m em adai unt uk sebuah perpust akaan tingkat Sekolah Dasar di pedesaan. Fasilit as ruang baca yang m eliputi karpet , m eja lesehan, meja baca dan kursi sudah dapat menampung pengunjung yang dat ang.

DAFTAR PUSTAKA

Anugrah, Dexa, 2013. Penataan Ruangan di Perpust akaan Umum Kot a Solok, Journal

Ilmu Informasi Perpust akaan dan Kearsipan Vol. 1 No. 2 M aret 2013, Seri A.

Arian, Ayu Septi, 2012. Pengelolaan Perpust akaan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri

M angkukusuman I Kota Tegal, Indonesian Journal of Curriculum and

(11)

Berger dan Sm it h, 2008. “ The Role of Hist orically Black Colleges and Universit ies in

Facult y Diversit y” African Journal of M arket ing M anagement Vol. 1(1) pp.

001-009 April, 2008. Available online ht tp:/ / w w w.academ icjournals.org/ ajm m

© 2008 Academ ic Journals

Darm ono, 2007. Pengembangan Perpust akaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar, Jurnal Perpustakaan Universit as Negeri M alang, Tahun 1 Nom or 1, April 2007

Ishak, 2008. Pengelolaan Perpust akaan Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Study Perpustakaan dan Inform asi, Vol. 4 No. 2, Desember 2008

M ehrjerdi, Yahia Zare, Hossein Sayyadi Toranlo, Reza Jam ali, 2009. “ M easuring

academic libraries service qualit y in fuzzy environment ” Journal: Performance

M easurem ent and M et rics , vol. 10, no. 2, pp. 94-115, 2009

Nadiri, Halil, Seyed M uham mad Ali M ayboudi, 2010. “ Diagnosing universit y st udent s'

zone of t olerance from universit y library services” M alaysian Journal of Library

& Inform ation Science, Vol.15, no.1, April 2010: 1-21

Praset yo, P. Eko, Hari M uliadi, 2008. Pengaruh Disiplin Sisw a dan Fasilitas

Perpust akaan Sekolah Terhadap Prest asi Belajar M at a Pelajaran Ekonomi,

Jurnal Pendidikan Ekonom i Vol. 3 No. 2 Juli, Tahun 2008.

Rahardja, Set ya, 2008. Peningkat an Kemampuan Guru dalam Pengelolaan

Perpust akaan dan Pembinaan M inat Baca Sisw a di Sekolah Dasar, M ahasisw a

Program St udi M anajemen Pendidikan FIP UNY, 2008.

Rano, Kelaus, 2012. Pemanfaat an Perpust akaan Sekolah oleh Siswa pada M at a

Pelajaran Sosiologi di SM A Negeri 1 Bont i, M ahasisw a Pendidikan Sosiologi,

FKIP Universit as Tanjungpura, Pont ianak, 2012.

Santoso, Hari, 2009. Promosi Sebagai M edia Pemberdayaan Perpust akaan Sekolah, Perpustakaan Universit as Negeri M alang, Jurnal Perpust akaan Sekolah Tahun 1, Nom or 1 – April 2007

(12)

Surialaga, Tjet jep S, 2008. Kompet ensi Sumber Daya Perpust akaan Pert anian, Jurnal

Perpustakaan Pert anian Vol. 17 Nomor 1 2008

Suryant ini, Heryant i, 2007. Efekt ivit as Pola Pembinaan Sumberdaya Perpust akaan, Jurnal Perpust akaan Pertanian Vol. 16 Nom or 1, 2007.

Sut am a, M .Pd., Prof. Dr., 2012. M etode Penelit ian Pendidikan, Kart asura : Penerbit Fairuz M edia

Widiasa, I Ket ut, 2007. M anajemen Perpust akaan Sekolah, Journal Perpust akaan Sekolah Tahun I Nomor 1 – April 2007, Perpust akaan Universit as Negeri M alang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...