• Tidak ada hasil yang ditemukan

Implementasi Prinsip Dan Etika Bisnis Syariah Dikalangan Pedagang Muslim Wilayah Pasar Gagan Boyolali

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "Implementasi Prinsip Dan Etika Bisnis Syariah Dikalangan Pedagang Muslim Wilayah Pasar Gagan Boyolali"

Copied!
10
0
0

Teks penuh

(1)

IMPLEMENTASI PRINSIP DAN ETIKA BISNIS SYARIAH DI KALANGAN PEDAGANG MUSLIM WILAYAH PASAR GAGAN

BOYOLALI

Disusun sebagai salah satu syarat guna menyelesaikan Program Studi Strata I pada Jurusan Hukum Ekonomi Syariah

Oleh:

Firdaus Agung Wicaksono NIM: I000150098

PROGRAM STUDI S-1 HUKUM EKONOMI SYARIAH FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2019

(2)

i

HALAMAN PERSETUJUAN

IMPLEMENTASI PRINSIP DAN ETIKA BISNIS SYARIAH DI KALANGAN PEDAGANG MUSLIM WILAYAH PASAR GAGAN

BOYOLALI

PUBLIKASI ILMIAH

Oleh:

FIRDAUS AGUNG WICAKSONO I000150098

Telah diperiksa dan disetujui untuk diuji oleh:

Dosen Pembimbing

(Harun AR., Drs., M.H.) NIDN.

0605085701

(3)

ii

HALAMAN PENGESAHAN

IMPLEMENTASI PRINSIP DAN ETIKA BISNIS SYARIAH DI KALANGAN PEDAGANG MUSLIM WILAYAH PASAR GAGAN

BOYOLALI

OLEH

FIRDAUS AGUNG WICAKSONO I000150098

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 dan dinyatakan telah memenuhi syarat

Dewan Penguji:

1. Dr. Imron Rosyadi, M.Ag (………..) (Ketua Dewan Penguji)

2. Drs.Harun.M.H . (…….…) (Anggota II Dewan Penguji)

3. Dr.Mu’inudinillah Basri,MA) (…….…) (Anggota III Dewan Penguji)

Dekan,

(Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag) NIDN. 0605096402

(4)

iii

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam naskah publikasi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Apabila kelak terbukti ada ketidakbenaran dalam pernyataan saya di atas, maka akan saya pertanggungjawabkan sepenuhnya.

Surakarta, 11 Juni 2019

Penulis

FIRDAUS AGUNG W I000150098

(5)

1

IMPLEMENTASI PRINSIP DAN ETIKA BISNIS SYARIAH DI KALANGAN PEDAGANG MUSLIM WILAYAH PASAR GAGAN

BOYOLALI

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan tentang Implementasi Prinsip dan Etika Bisnis Syariah di Kalangan Pedagang Muslim, Menjelaskan bagaimana mekanisme kinerja pedagang muslim dalam menjalankan praktik bisnisnya di lingkungan pasar Gagan, Boyolali. Tujuan dari penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana mekanisme kinerja pedagang serta penerapan prinsip dan etika bisnis syariah dikalangan pedagang muslim dipasar Gagan, Boyolali. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Mulai dari segi cara pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap Implementasi Prinsip dan Etika Bisnis Syariah di Kalangan Pedagang Muslim di Pasar Gagan tersebut ialah penulis berkesimpulan bahwasanya tidak menemukan sedikitpun adanya praktik yang mengandung unsur gharar, riba, dan segala jenis mal praktiknya khususnya yang bersifat merugikan pihak konsumen. Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan, pedagang muslim dari pasar Gagan Boyolali tersebut memanglah sudah cukup menjalankan praktik secara tidak langsung yang berhubungan dengan prinsip yaitu prinsip kesatuan (Tauhid), prinsip Keseimbangan (equilibrium), Kehendak bebas (free will), (Bekerja, Tanggung jawab, Jujur, dan Tidak melakukan mal praktik bisnis serta produk yang diperjualkan merupakan barang yang halal). Implementasi prinsip dan etika bisnis syariah dikalangan pedagang muslim dipasar Gagan tersebut, jika diamati dan dianalisis penulis tidak menemukan sedikitpun adanya unsur yang menyimpang dari ajaran Islam.

Kata Kunci: Prinsip, etika, bisnis, syariah. Abstract

This study describes the Implementation of Sharia Business Principles and Ethics among Muslim Traders, explains how to improve the performance of Muslim traders in carrying out their business practices in the Gagan market environment, Boyolali. The purpose of this study is to study how to implement merchant policies and the application of Islamic business ethics among Muslim traders in the Gagan market, Boyolali. This research is qualitative by using the inductive method. Starting in terms of how to collect data using the method of observation, interviews and documentation. The results of the study of the Implementation of Sharia Business Principles and Ethics among Muslim Traders in the Gagan Market are writers who really question that they do not find the slightest if there are practices that contain elements of gharar, usury, and other types of practices that are beneficial to consumers. Based on observations made, Muslim traders from the Gagan Boyolali market are indeed enough to carry out

(6)

2

agreements related to these principles (Tawhid), the principle of Balance (balance), Free will (free will), (Work, Responsibility, Honesty, and Not doing business practices and products being traded are halal goods). The implementation of sharia principles and business ethics among Muslim traders in the Gagan market, if it is approved and analyzed seriously, there is not the slightest finding that deviates from Islamic teachings.

Keywords: Principles, ethics, business, sharia. Keywords: Principles, ethics, business, sharia.

1. PENDAHULUAN

Ketidakmampuan manusia dalam menjalankan kehidupan sehari- hari akan mendorong manusia untuk selalu mengadakan hubungan timbal balik dengan sesamanya serta bertujuan ingin memenuhi kebutuhanya sehari- hari. Salah satu lembaga yang penting didalam sebuah perekonomian adalah pasar seperti halnya pasar tradisional. Pasar tradisional merupakan motor penggerak utama dinamika kehidupan ekonomi, karena dari pasar tersebutlah diharapankan nantinya akan menjadi sebuah solusi demi berjalanya seuatu perekonomian di masyarakat. Faktanya pasar tradisional masih tetap eksis berjalan hingga sekarang ini dan masih begitu banyak pula dari masyarakat sebagian yang menggantungkan hidupnya dengan kehidupan pasar, baik dari pihak produsen maupun konsumenya. melihat fenomena pasar tradisional yang begitu ramai dan cukup banyak digemari oleh sebagian dari masyarakat, yang akhirnya menyebabkan berbagai macam bentuk praktik timbul ditengah- tengah aktivitas masyarakat pasar, oleh sebab itu penulis disini sedikit menyinggung dan memfokuskan pokok permasalahan yang berlokasi di Pasar Gagan, Kecamatan Donohudan, Kabupaten Boyolali yang tentunya masih berkaitan dengan Pedagang Muslim itu sendiri dalam melakukan suatu implementasi prinsip dan etika bisnis syariah di kalangan pedagang muslim tersebut. Dari sedikitnya uraian latar belakang masalah diatas dapat diambil sebuah rumusan masalah sebagaimana berikut:

a) Bagaimana mekanisme kinerja pedagang muslim dalam menjalankan bisnisnya di lingkungan pasar Gagan, Boyolali ?

(7)

3

b) Bagaimana implementasi prinsip dan etika bisnis syariah dikalangan pedagang muslim dipasar Gagan, Boyolali ?

Dengan tujuan penelitian untuk memperoleh informasi atau pegetahuan seputar pedagang muslim di pasar Gagan dalam menjalankan sebuah praktik dan mekanisme kinerja pada aktifitas keseharianya.

2. METODE

Dalam hal ini yang menjadi objek adalah pedagang muslim di Pasar Gagan Boyolali. Pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam peneitian ini merupakan pendekatan kualitatif yang bersifat evaluatif. Oleh karenanya, penelitian ini mencoba untuk menggunakan metode kualitatif dengan cara melakukan wawancara dan dokumentasi kepada yang bersangkutan dengan pihak pasar untuk mendapatkan informasi tentang Implementasi Prinsip Dan Etika Bisnis Syariah di Kalangan Pedagang Muslim Pasar Gagan, Boyolali.

Setelah data terkumpul dan telah diolah, dibahas dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara berfikir induktif setelah data terkumpul dan dinilai dari data yang diperoleh dari hasil wawancara lalu diambil sebuah kesimpulan.

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian ini dari uji diatas dapat di ambil sebuah kesimpulan adalah sebagai berikut :

Mereka yang menjadi pelaku pasar dalam melakukan sebuah praktik Implemenasi prinsip dan etika bisnis syariah di kalangan pedagang muslim wilayah pasar Gagan, Boyolali dengan beberapa jumlah sampel diantaranya terdiri dari penjual makanan ringan (snack), penjual daging ayam potong, pedagang sayuran dan pedagang sembako serta buah-buahan. Bagi penjual atau pedagang ini tentu ada suatu persyaratan khusus atau kriteria yang harus dipenuhi diantaranya adalah seorang muslim (agama Islam dan pedagang asli pasar Gagan, Boyolali).

(8)

4

Dalam praktiknya Imlementasi prinsip dan etika bisnis syariah dikalangan pedagang muslim wilayah pasar gagan, boyoali adalah penjual dan pembeli sebagai pelaku pasar melakukan sebuah transaksi dengan cara bernegosiasi demi mendapatkan suatu barang yang diinginkan atau yang sesuai dengan kebutuhan masing- masing tiap individu. bertransaksi secara langsung penjual menyerahkan barang dagangannya dan pembeli menunaikan kewajibannya dengan membayar uang sesuai dengan kesepakatan.

Secara asas atau prinsip dalam menjalankan sebuah praktik bisnis syariah sesuai dengan hukum Islam adalah dengan saling mejaga hubungan baik antara penjual dan pembeli serta tidak adanya pihak yang saling mendzolimi satu sama lain akan tetapi didalam sebuah praktik bisnis syariah khususnya dalam berdagang didalam pasar sangatlah penting sekali untuk benar- benar diperhatikan dan diimplementasikan karena melihat akibat atau dampak yang ditimbulkan memanglah sangat efektif dan adil. Karena didalam sebuah aktivitas dagang khususnya dalam hal transaksi barang yang ada dipasar dari pihak pembeli memanglah benar- benar menginginkan adanya sebuah kejujuran, transparan serta menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, tidak adanya tipu muslihat antar satu sama lain yang muncul ditengah proses transaksinya dan seperti aspek- aspek inilah yang telah diatur didalam Islam secara menyeluruh.

Implementasi prinsip dan etika bisnis syariah yang telah diatur didalam Al-Qur’an dan Hadits, lebih banyak memberikan dampak positif daripada dampak negatifnya serta menjunjung tinggi nilai manfaat antara pihak tentunya. Seperti halnya pedagang pasar yang ada dipasar Gagan, Boyolali tersebut yang sekian tahun telah berdagang dengan kerendahan hati sipenjual dan masih banyak faktor yang melatarbelakanginya, yang akhirnya berdampak pada aktivitas bisnis sampai sekarang ini dirasa lancar terlihat ramai dengan dikunjunginya dari berbagai kalangan pembeli hingga saling berantrian, ini merupakan salah satu indikator bahwa bisnis yang dijalankan membawai suatu keberkahan yang telah penjual lakukan khususnya dalam hal ketaatan pedagang muslim terhadap segala perintah ataupun larangan yang telah diatur didalam syariat-Nya

(9)

5 4. PENUTUP

Praktik implementasi prinsip dan etika bisnis syariah yang dilakukan oleh pedagang Muslim dipasar Gagan bahwasannya telah cukup bisa dikatakan sesuai dengan prinsip- prinsip yang secara umum ada didalam sebuah etika bisnis syariah diantaranya adalah : 1. Kesatuan (tauhid) 2. Keseimbangan (keadilan) 3. Amanah 4. Tidak monopoli 5. Jujur 6. Halal

Bentuk praktik semacam inilah yang selama ini diharapkan dapat dilakukan oleh banyak penjual khususnya bagi pedagang muslim sendiri karena fakta yang terjadi masih banyak kecurangan serta bentuk kedzaliman yang marak terjadi di pasar lainnya. Memang sangatlah penting bagi kita sebagai sesama umat muslim senantiasa saling menasihati atau mengingatkan satu sama lain demi terhindarnya dampak buruk yang terjadi khususnya didalam sebuah Pasar.

Untuk pedagang muslim hendaknyalah selalu memperhatikan dan mengutamakan prinsip- prinsip dari etika bisnis syariah agar tetap senantiasa terjaganya norma- norma agama tersebut dan tetap hidup dalam lingkungan pasar dan demi terciptanya keharmonisan suasana pasar. Begitu sebaliknya dengan pembeli, sebaiknya jika melakukan sebuah transaksi juga harus saling menghargai satu sama lain serta tidak melakukan upaya menyiasati atau memperdaya si penjual dengan maksut buruk agar semata- mata dapat menguntungkan diri sendiri dengan segala tipu dayanya. Pembeli juga harus jujur serta apa adanya melakukan tawar- menawar sewajarnya dan saling menghormati demi tercapainya kesepakatan bersama (keadilan) .

(10)

6 PERSANTUNAN

Terimakasih kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya dan tak lupa Saya ingin mengucapkan terimakasih sebelumnya kepada Bapak Drs. Harun, M.H dan bapak Dr. Imron Rosyadi, M.Ag. yang telah membimbing dan memberikan masukan maupun arahan untuk terus memperbaiki segala kekurangan yang telah penulis alami ingga sejauh ini. Dan tak lupa kepada pihak, keluarga, Ayah dan Ibu, serta teman-teman yang senantiasa terus memberikan semangat dan dukungan penuh tak henti- hentinya. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih, saya berharap semoga Allah SWT-lah yang akan membalas atas kebaikan bapak-ibu sekalian. Amiin.

DAFTAR PUSTAKA

Riduan, 2010. Belajar mudah penelitian untuk guru- karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Nanda Herdiansyah, 2017. Implementasi Prinsip Dan Etika Bisnis Syariah

Dikalangan Pedagang Muslim Di Kelurahan Tuban, Bali”. Skripsi. Malang :

UIN Maulana Malik Ibrahim.

Umi Mursidah 2017. Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Di Pasar Tradisional. Skripsi. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung,

Lampung: Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Dhita Juliena. 2015. Etos Kerja Dalam Prespektif Al-Quran. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negri Walisongo.

Referensi

Dokumen terkait

A diffúziós tenzor képalkotás (DTI) képes ábrázolni a fehérállományi struktúrákat. Bár szigorú értelembe véve nem funkcionális eljárás – mivel nem egy

latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan penelitian Untuk mengetahui gambaran sikap dan perilaku merokok siswa SMA/SMK terhadap bahaya rokok pasca

Fasilitator meminta setiap peserta menemukan kata-kata atau ekspr esi yang akan mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan baik.. Tuliskan atau gambarkan pada kartu-kartu dan mulaila

Sunu et.al., (2016) Penelitian pada internal flow dengan menggunakan aliran satu fase fluida air yang dilakukan pada pipa beralur dengan diameter 2,6 cm dan

disebut DNA. Sintesis adalah proses pembuatan bahan-bahan yang diperlukan oleh tubuh organisme untuk semua aktivitas sel-selnya, sedangkan respirasi seluler adalah

Berbagai jenis senyawa, kandungan dan aktivitas antioksidatif flavonoid sebagai salah satu kelompok antioksidan alami yang terdapat pada sereal, sayur- sayuran dan

Saya yang bertanda tangan dibawah ini menyatakan bersedia untuk menjadi responden penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Program Magister

Materi yang akan disampaikan pada siswa harus sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Mahasiswa harus menguasai materi dan menggunakan berbagai macam bahan ajar, selain