Anda bisa kunjungi blog saya yang sederhana di

Teks penuh

(1)

Seluruh artikel ini ditulis oleh Gm.Susanto, seorang praktisi Internet Marketing yang lebih suka bekerja dari rumah dengan dibantu belasan karyawan yang bisa dipercaya.

Anda bisa membagikan ebook ini secara gratis kepada teman (kantor) Anda, sahabat Anda bahkan keluarga Anda, khususnya kepada mereka yang sedang tertarik menjalankan bisnis secara online.

Bahkan Anda boleh mengubah isi artikel ini secara bebas, menambah, mengoreksi kesalahan saya dan membuatnya menjadi lebih baik lagi sehingga isinya akan jauh lebih bermanfaat untuk orang lain!

Anda bisa kunjungi blog saya yang sederhana di www.kayadaribisnisinternet.com

Blog tersebut adalah media untuk menampung sebagian tulisan saya tentang Internet marketing yang telah sedikit membantu ribuan pelaku bisnis online pemula

Untuk kemajuan internet marketing di indonesia Salam hangat,

Temanmu, Gm.Susanto

(2)

Disclaimer

Perkembangan internet marketing sangat cepat, karena itu dalam serial tulisan yang saya bagikan secara gratis tentang tentang Internet marketing ini, bisa jadi ISI PESAN yang sudah dibagikan akan terus mengalami update dan perkembangan.

Tips-tips yang proven untuk saya bisa jadi telah mengalami perubahan dengan cepat, karena itu bagi pembaca yang ingin mempraktekkan isi dari tulisan saya, disarankan untuk mau terus membuka pikiran dan mau terus belajar dari sumber lain, baik itu dari pengalaman teman-teman IM lain ataupun dari materi IM berbayar yang Anda ikuti.

Saya bukanlah seorang expert di bidang IM karena itu saya akan lebih spesifik berbagi melalui tulisan dari apa yang sudah saya lakukan selama ini yaitu:

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjual keahlian dan pengalaman saya yang saya kemas melalui situs membership (keanggotaan)

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjadi affiliate marketer

- Saya memperoleh penghasilan dari internet dengan menjual produk fisik melalui toko online

Kemudian untuk strategi promosi, saya juga akan lebih spesifik berbicara tentang 3 media promosi melalui PPC Ads, Artikel Marketing, dan Email Marketing.

Karena sampai hari ini 3 metode itu-lah yang terus saya lakukan dan saya akan berbagi dari apa yang saya tahu dari proses pengalaman saya, anda boleh tidak setuju dan bahkan memberikan masukan untuk menyempurnakan isi pesan tulisan saya ini sehingga pada akhirnya orang lain bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar

Seluruh isi tema, strategi, tips dan panduan yang saya tulis tidak serta merta menjamin keberhasilan anda, untuk memperoleh hasil yang sama dalam waktu cepat. Karena ini tergantung pada

kemampuan setiap orang dalam menerapkan pesan-pesan dari tulisan saya, kreativitas dan usaha yang dilakukan secara konsisten, hari demi hari.

Saya tahu faktor pengetahuan dan keterampilan orang berbeda satu dengan yang lainnya. Anda bisa berhasil mendapatkan penghasilan yang cukup dari internet dengan menguasai ilmu-ilmu yang diperlukan dan menerapkannya dengan benar dan memiliki teman/mentor yang bisa berbagi dengan Anda.

(3)

3

SERIAL AFFILIATE MARKETING

“Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dengan

Mempromosikan Produk Milik Orang Lain Sebagai Seorang

Affiliate Marketer Untuk Para Pemula”

by. Gm.Susanto

(4)

4

DAFTAR ISI

1. Mengapa Anda Harus Mencoba Affiliate Marketer?

2. Bagaimana Sukses Menjalankan Affiliate Marketing Di Internet? 3. Bagaimana Cara Sederhana Bekerja Sebagai Affiliate Marketer

4. Bagaimana Cara Affiliate Marketer Dalam Memasarkan Produk Affiliasi? 5. Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Affiliate Marketing

6. Bagaimana Cara Cepat Mempromosikan Produk Affiliasi

7. Bagaimana Seorang Affiliate Marketer Berpenghasilan Ribuan Dollar per Bulan

(5)

5

Mengapa Anda Harus Mencoba Affiliate Marketer?

Banyak orang yang sukses menghasilkan uang secara online sebagai seorang affiliate marketer.

Alasan-alasan di bawah ini bisa jadi membuat Anda pun tergugah dan ingin mengikuti jejak mereka yang sukses sebagai affiliate marketer.

1. Modal awal yang rendah – coba anda bandingkan dengan membuat sebuah toko atau anda harus menyewa tempat agar anda dapat memulai bisnis anda, menjadi affiliate marketing anda hanya membutuhkan sebuah meja, komputer dan tentu saja koneksi internet dan beberapa software sebagai alat bantu.

2. Tidak memerlukan biaya produksi – biaya produksi akan sangat tinggi kalau kita harus membuat produksi sendiri, tetapi dengan menjadi seorang affiliate marketing, kita tidak perlu mengeluarkan biaya produksi karena produk sudah ada

3. Dapat menjual apa saja – terdapat ratusan produk affiliate yang anda bisa pilih dan promosikan. Di negara yang sudah maju, hampir semua barang dapat dibeli secara online dan anda bisa menjual produk tersebut selama produk tersebut membuka program affiliate marketing. Di Indonesia banyak barang mulai dibeli secara onlie seperti software, buku, elektronik, CD dan lain-lain.

4. Potensi penghasilan yang besar – berapa penghasilan anda sebulan akan ditentukan oleh anda sendiri, hasilnya akan tergantung oleh kerja keras anda dalam program affiliate marketing. Banyak affiliate marketer yang dapat menghasilkan ratusan dollar hingga puluhan ribu dollar dalam sebulan.

(6)

6 5. Tidak (harus) memerlukan karyawan – hidup akan terasa lebih menyenangkan dan

tenang jika Anda tidak dipusingkan dengan aktivitas dan masalah dari karyawan. Hal itu bisa anda dapatkan dengan bisnis affiliate marketing. Anda bisa bekerja sendiri dan Anda bisa meng-hire karyawan-karyawan dari dunia maya

6. Tidak memerlukan pengalaman sales/menjual – umumnya merchant menyediakan materi marketing (affiliate tools) yang bagus untuk program affiliate marketing yang dapat digunakan di website affiliate yang kita buat.

7. Tidak ada biaya pemrosesan order – biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang merchant sangat besar, seperti biaya merchant account, fee pemrosesan kartu kredit, fee refund/pembatalan order, atau fee bila terjadi kartu kredit fraud/curian. Dan bergabung dalam program affiliate marketing anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut diatas.

8. Tidak perlu ada stok barang – anda bisa saja menjual item dalam bentuk yang sangat besar seperti furniture, barang elektronik tanpa perlu pusing dengan stok barang.

9. Pasar yang sangat luas – bahkan seluruh dunia. Internet adalah pasar terluas didunia. Anda bisa mendatangkan pengunjung/visitor ke situs anda yang berisi produk-produk dari program affiliate marketing yang anda ikuti, dan itu bisa berasal dari seluruh dunia.

10. Tidak perlu ada customer service – anda tidak perlu menghadapi complain

pelanggan dan menghadapi pelanggan yang cerewet dan bawel. Bergabung dengan program affiliate marketing anda tidak pelu menghadapi hal tersebut.

11. Tidak perlu repot melakukan pengiriman – tidak akan ada biaya dan keruwetan untuk menyiapkan dan mengirim produk ke seluruh pelanggan di seluruh dunia.

12. Menghasilkan uang ketika anda tidur – bahkan ketika anda liburan, anda dapat kesempatan menghasilkan selama 24 jam.

13. Tidak ada biaya atau lisensi – program affiliate marketing tidak membutuhkan biaya sama sekali, alias gratis untuk ikut memasarkan suatu produk. Anda hanya perlu bergabung dan membuat strategi promosi yang benar untuk mempromosikan produk affiliasi tersebut.

14. Bekerja dari rumah – anda jadi punya banyak waktu untuk keluarga. Bekerja dari rumah adalah impian setiap orang yang banyak menghabiskan waktunya di kantor dan di jalan untuk menuju tempat kerja.

15. Resiko kecil – tidak ada kontrak/komitmen dengan program affiliate marketing yang anda ikuti yang mengharuskan anda menjual produk tersebut. Kalau anda merasa produk tersebut tidak menguntungkan anda bisa berhenti menjual produk tersebut kapan saja :)

(7)

7

Bagaimana Sukses Menjalankan Affiliate Marketing Di

Internet?

Berbagai macam produk/jasa bisnis ditawarkan di internet. Salah satunya adalah affiliate marketing.

Banyak orang yang belum sukses menjalankan program ini dan menganggap bahwa affiliate marketing hanya buang-buang waktu dan tenaga karena tidak bisa diperoleh dengan cepat. Tentu saja anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena bagaimanapun juga banyak juga orang yang berhasil dengan sukses menjalankan affiliate marketing

(http://kayadaribisnisinternet.com/tips-affiliate-marketing) .

Affiliate marketing bisa menjadi sumber penghasilan asal tahu caranya. Perhatikan beberapa tips untuk menjalankan affiliate marketing di bawah ini: 1. Ketahui pengunjung/pelanggan/target market dari produk affiliasi yang kita promosikan.

Dengan mengetahui siapa pelanggan kita maka kita bisa menyediakan apa yang mereka cari dan apa yang mereka butuhkan. Yakinkan pelanggan bahwa produk yang kita tawarkan memberikan solusi atau jawaban atas masalah mereka.

(8)

8 2. Jujurlah dalam membuat review atau berbagi pengalaman tentang produk affiliasi tersebut

Jadilah penjual yang bisa dipercaya. Jika pelanggan tidak percaya dengan apa yang kita tawarkan, mereka akan meninggalkan situs kita dengan cepat dan tidak akan kembali lagi untuk kunjungan berikutnya. Jadi jangan pernah membohongi pelanggan.

3. Berikan informasi yang berguna dan dibutuhkan pelanggan.

Jangan memberikan informasi yang tidak berhubungan dengan produk yang kita tawarkan. Anda bisa tuliskan detil manfaat, kelebihan dan kekurangan, testimoni, bagaimana cara menggunakan produk tersebut, perbandingan dengan produk sejenis dan tulis juga opini anda tentang produk tersebut

4. Katakan apa adanya.Jangan menyembunyikan sesuatu mengenai produk yang dijual atau mengenai penjual produk tersebut. Untuk itu carilah penjual produk yang benar-benar bisa dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik sehingga kita tidak perlu membohongi pelanggan.

5. Pilih produk dengan jeli (http://kayadaribisnisinternet.com/produk-affiliate) Salah memilih produk tidak akan menguntungkan kita.

6. Pilih iklan yang sesuai. Coba berbagai macam bentuk iklan yang disediakan. Misalnya banner, text atau link text. Lakukan eksperimen untuk mengetahui bentuk iklan mana yang lebih efektif dan cepat menghasilkan.

Coba juga dengan menempatkan di posisi yang berbeda-beda karena kadang posisi juga menentukan keberhasilan suatu iklan.

Jika kita kreatif kita bisa mendisain sendiri bentuk banner, image atau tulisannya asal tidak melanggar ketentuan atau aturan yang diberikan.

Anda bisa gunakan Fb ads, ppc atau banner advertising di situs-situs dengan tema yang relevan untuk mempromosikan situs yang berisi promosi produk affiliate anda

(9)

9 7. Jika program yang kita pilih ternyata tidak cocok atau tidak menghasilkan, cobalah memilih program atau produk yang lain.

Program affiliate ( http://kayadaribisnisinternet.com/langkah-awal-menjalankan-bisnis-affilliasi-marketing) sangat beragam.

Mereka menawarkan produk, jasa dan metode pembayaran yang beragam pula. Lakukan riset atau survei untuk membandingkan program yang satu dengan yang lain. Yang harus diperhatikan adalah metode pembayaran. Carilah yang paling cepat dan paling lama masa berlakunya.

8. Sediakan konten blog/situs yang memprioritaskan kualitas konten yang terus menerus diperharui di situs (blog) Anda

Tentu saja ada kendala di sini karena informasi itu berkembang dan berubah seiring perubahan waktu. Kadang yang kita tulis sudah tidak berlaku lagi untuk beberapa waktu mendatang.

Untuk menyiasati hal ini kita bisa terus menulis tentang artikel marketing

(http://kayadaribisnisinternet.com/artikel-marketing) terbaru di situs kita yang terkait dengan produk-produk yang kita promosikan

Konten merupakan pondasi situs. Tanpa konten yang informatif dan berguna tak akan pernah ada pengunjung tertarget yang membaca apa yang Anda tawarkan.

Anda harus fokus menyediakan konten yang bagus dan berkualitas sehingga penjualan produk-produk affiliasi bisa dengan mudah Anda dapatkan

(10)

10

Bagaimana Cara Sederhana Bekerja Sebagai Affiliate

Marketer

Tahukah Anda seorang affiliate marketer bisa bekerja dimana saja asalkan ada koneksi internet?

Tahukah Anda bahwa profesi affiliate marketer ini bisa memberikan penghasilan sampai ribuan us dollar bagi yang tekun mempelajari caranya?

Seorang temen nanya sama saya, "Seorang affiliate marketer itu sehari-hari kerjanya ngapain aja sih...?

Saya sendiri nggak tahu persis gimana pola kerjanya tapi yang pasti seorang internet marketer itu sangat enjoy dan menyukai apa yang dikerjakannya setiap hari.

Saya pribadi selalu membuat gol sebagai seorang affiliate marketer untuk bisa make money setiap hari. Dalam 24 jam, harus bisa proven!

Dan cara-cara cepat itulah yang selalu saya bagikan kepada temen-temen semua. Mengapa?

(11)

11 Karena saya mendapatkan uang/komisi dengan mempromosikan produk orang lain atau istilahnya sebagai seorang affiliate marketer.

"Kok bisa seorang affiliate marketer dalam 24 jam langsung dapet duit?"

Bisa saja, karena salah satu media promosi yang saya pakai dalam mempromosikan produk affiliate marketing adalah menggunakan PPC Ads termasuk FB Ads

Hanya butuh waktu kurang dari 24 jam saja untuk melihat apakah produk yang saya promosikan itu mendapatkan respon dari market yang saya bidik atau tidak. Dan yang sudah-sudah selalu saja ada hasil yang saya dapat 24 jam kemudian.

Entah itu puluhan atau ratusan dollar :)

Jadi ketika saya sedang menulis, bahwa seorang Internet Marketer bisa menghasilkan uang dalam 24 Jam tanpa harus membuat produk, itu sedang berbicara tentang affiliate marketer. Saya biasanya kalo lagi mood, sehari bisa mempromosikan 5-10 produk/jasa yang berbeda dari beberapa merchan maupun situs-situs yang membuka program affiliasi.

Kalo lagi nggak mood karena banyaknya kerjaan ya minimal 5 produk dalam 1 minggu :) Yang membuat saya enjoy adalah dimanapun saya ada, saya bisa cari duit sebagai seorang affiliate marketer.

Asal ada laptop, koneksi internet, terus browsing sebentar, riset-riset kecil, pilih produk, promosikan pake adwords. Terus nunggu sambil monitoring itu iklan adwords, ditemani kopi kental, wuih cozy banget ya..

Iklan yang nggak mendatangkan profit/kunjungan tertarget, delet aja langsung. Terus cari produk lain lagi.

Ingat, di internet itu pasarnya luaaaassssss banget. Kita nggak boleh membatasi diri harus mempromosikan produk tertentu seperti misalnya tentang weight loss, acne, golf aja, tapi semua produk/jasa yang pernah Anda tahu, itu selalu ada pasarnya.

Coba sekarang temen-temen, lihat apa yang ada ditangan Anda sekarang?

Coba lihat sekeliling Anda, lihat apa pekerjaan Anda, apa hobi temen sebelah Anda, lalu catat semua yang sudah anda lihat itu.

(12)

12 Sekarang silahkan Anda translate ke bahasa inggris. Dan browsing ke internet (google.com dan google keyword tools) lalu ketikkan apa yang Anda tulis itu, Anda akan kaget karena Anda akan menemukan market yang mencarinya!

Itulah cara kerja saya, dan polanya ya gitu-gitu aja (sudah dibagikan di member area rscb). Lakuin riset, cari market, lalu cari produk yang dicari/dibutuhkan sama market

tersebut, entah itu di clickbank, paydotcom, atau situs-situs (perusahaan besar) yang membuka program affilliasi, terus setelah itu iklanin pake ppc ads

Sebagai affiliate marketer kita harus tahu bahwa ketika semua iklan sudah berjalan dan mendapatkan kunjungan yang tertarget dalam beberapa jam kemudian, pastinya ada kampanye iklan yang menghasilkan penjualan (dapat komisi) dari produk yang saya promosikan.

Feel good banget rasanya ketika kita mendapati dalam 2-3 jam produk yang kita promosikan sudah mendapatkan kunjungan tertarget, lalu kita biasanya setelah itu, kita akan sering-sering ngecek account affiliate kita.

"Dapat komisi apa nggak ya?"

Begitu kita buka dan ternyata ada transaksi, wuihh seneng banget rasanya :)

Yang enaknya lagi adalah kita nggak perlu pusing-pusing harus membalas email, saya pun kalo lagi gak mood, cuma copy paste sales letter di situs yang saya promosikan waktu membuat iklan di google adwords.

Keberanian untuk mencoba dan bisa mengukur resiko - mungkin 2 hal ini yang sudah saya lakukan dari dulu.

Ibaratnya, saya sudah sering mengayunkan kapak untuk merobohkan pohon, jadi pas ketemu pohon besar lagi, saya sudah tahu cara yang cepat itu bagaimana supaya itu pohon tumbang J

So, jangan pernah berhenti untuk mencoba ya :)

Walaupun mungkin salah satu jurus internet marketing yang Anda pakai sangat sederhana, tapi kalau jurus-jurus itu sering Anda latih dan ulangi terus, maka Anda pun akan merasakan manfaatnya (baca=proven)

(13)

13 Anda bisa melakukan pekerjaan apa saja sekarang, tapi saat Anda santai, jam istirahat, di cafe, Anda bisa cari tambahan penghasilan dengan cara cepat sebagai seorang affiliate marketer dengan menggunakan ppc ads dan fb ads

Bayangkan sebentar, ketika Anda menekuni profesi affiliate marketer ini, Anda lagi minum kopi di cafe, terus mempromosikan produk tertentu dari negara Amerika, lalu kemudian Anda pasarkan ke market UK. Dalam 24 jam kemudian ada respon, bahkan mendapatkan hasil, apakah itu bukan sesuatu yang menarik untuk dicoba?

(14)

14 Saya sudah bagikan tips sederhana yaitu tentang bagaimana menggunakan google

adwords (http://kayadaribisnisinternet.com/tips-menggunakan-google-adwords)

Itu adalah salah satu jurus sederhana yang jika Anda sering praktekkan akan mendapatkan pengembangan jurus-jurus baru yang sangat proven :)

Informasi yang sudah Anda dapatkan sampai hari ini, itu sudah cukup, sekarang tinggal Anda berani mempraktekkan tips dan trik affiliate marketer yang sudah Anda pelajari. Ingin sukses sebagai affiliate marketer?

(15)

15

Bagaimana Cara Affiliate Marketer Dalam Memasarkan

Produk Affiliasi?

Banyak orang yang terus mencari-cari cara terbaru untuk bisa mendapatkan penghasilan dari affiliate marketing, bukannya mendapatkan hasil yang maksimal namun sebagian besar orang malah menjadi bingung karena terlalu banyak strategi, jurus atau metode yang dipelajari dan didapatkan dari para marketer lain.

Jika Anda masih terus mencari metode mana yang paling berhasil, mengapa Anda tidak mencoba dulu hal-hal yang mendasar yang masih terus terbukti keampuhannya dan teknik ini masih dilakukan oleh para maestro marketer di dunia dari tahun ke tahun.

Ikuti langkah-langkah dasar di bawah ini dan Anda akan mendapatkan keuntungan yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya :

1. Sebagian besar affiliate marketer selalu menutupi link situs affiliasi web mereka. Istilah dalam affiliasi ini adalah teknik cloaking. Anda perlu tahu, biasanya pengunjung tidak akan cenderung mengklik link yang ada di website Anda ketika mereka melihat bahwa itu mengarah ke program afiliasi di situs Anda

Kecenderungan yang umum adalah bagi mereka untuk pergi langsung ke situs yang Anda promosikan tanpa meng-klik link affiliasi atas nama Anda.

(16)

16 Ada teknik sederhana untuk menyamarkan kode affiliasi di situs Anda dengan menggunakan teknik cloaking.

2. Affiliate marketer yang sukses selalu menciptakan dan mendistribusikan artikel tulisan mereka sendiri baik itu di website maupun forum/direktori artikel seperti ezinearticles.com, goarticles.com, dll

Menulis artikel tentang sebuah tema spesifik akan memperluas reputasi Anda sebagai seorang spesialis di bidang Anda.

Artikel marketing yang Anda tulis akan mendapatkan link balik dari situs web lainnya sehingga tentu saja visitor baru akan banyak mengenal situs Anda.

3. Affiliate marketer yang sukses selalu fokus pada sebuah niche market tertentu dan konsisten untuk menggarap pasar tersebut dengan tema-tema aktual dan uptodate. Fokus pada salah satu niche market adalah salah satu cara untuk mendapatkan lalu lintas web visitor/pengunjung yang lebih tertarget untuk sebuah produk affiliasi yang Anda garap untuk pasar tertentu.

Contohnya jika Anda serius menggarap pasar "Dog Training", tentu saja para pengunjung yang datang adalah mereka yang sebenarnya memiliki minat terhadap tema tersebut. Sehingga ketika Anda merekomendasikan produk affiliasi tertentu yang erat kaitannya dengan niche market tersebut, penjualan akan terjadi dengan mudah

4. Affiliate marketer selalu memiliki autoresponder sebagai salah satu alat untuk memfollow up prospek/pengunjung yang datang ke situs Anda.

Autoresponders adalah alat penting yang membuat Anda mampu mengirimkan serangkaian pesan email kepada orang-orang yang mau mendaftarkan alamat email mereka.

Affiliate marketer mengumpulkan alamat email di situs web mereka dengan memberikan free report melalui opt-in newsletter yang mereka tempatkan di situs mereka dengan misalnya memberikan gratis ebooks, video, dll.

Metode ini paling baik digunakan dalam membangun daftar list email Anda sendiri. Hal ini juga memungkinkan Anda menghubungi pelanggan potensial di lain waktu untuk

(17)

17 Yang terbaik dari affiliate marketer adalah mereka memiliki newsletter sendiri atau ezine dan terus membangun daftar pembaca newsletter dari hari ke hari

Memiliki daftar pembaca sendiri memungkinkan Anda bisa mengontak mereka kapan saja untuk memberitahukan sebuah produk baru atau mungkin menawarkan produk/jasa Anda sendiri.

5. Affiliate marketer yang cerdas membangun halaman website untuk pra-penjualan produk affiliasi.

Anda bisa membuat halaman testimonial baik atau halaman review yang berbicara tentang produk atau jasa yang sedang Anda promosikan.

Ini adalah salah satu metode terbaik untuk mendapatkan komisi penjualan dari program affiliasi yang Anda ikuti

Jika Anda memahami dan menggunakan teknik yang disebutkan di atas, Anda bisa menjadi salah satu orang atas yang membuat perbedaan besar ketika mempromosikan sebuah produk affiliasi

Jadi tunggu apa lagi ?

Yuk, kembali hal-hal dasar dan perhatikan penjualan demi penjualan dari produk affiliasi yang Anda promosikan akan lebih mudah Anda dapatkan :)

(18)

18

Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Affiliate Marketing

Banyak dari Anda mungkin pernah mendengar hal-hal yang sepertinya indah tentang program afiliate marketing.

Anda mungkin juga mendengar testimonial sukses dari orang-orang yang menghasilkan lebih banyak uang yang mampu menjual produk atau jasa milik orang lain.

Sebenarnya Anda-pun bisa mendapatkan komisi yang besar, yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan target market yang tepat dan menunjukkan kepadanya sebuah produk yang bisa membantu mengatasi permasalahannya.

Sepertinya terlihat mudah ya? Tetapi tidak juga, apalagi bagi Anda yang masih pemula :) Banyak orang yang masih pemula berpikir bahwa berbicara tentang affiliate marketing adalah berbicara tentang permainan angka, sehingga mereka pikir mereka harus bergabung dengan banyak program affiliasi dengan harapan semakin banyak program affiliasi yang diikuti maka semakin besar profit yang dia dapat.

Atau bisa juga semakin banyak jenis produk yang dipromosikan akan semakin berhasil. Hanya mendaftar ke banyak program affiliasi atau mempromosikan banyak produk affiliasi tidak menjamin keberhasilan Anda.

(19)

19 Alih-alih berkonsentrasi pada satu program dan memberikan yang terbaik dari Anda, fokus Anda akan terpecah. Pada akhirnya, Anda tidak akan bekerja dengan maksimal seperti yang Anda harapkan.

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah adalah fokus dulu kepada satu program affiliasi sebelum Anda memutuskan untuk mempromosikan beberapa produk/program affiliasi lainnya yang ditawarkan di internet

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah tentang produk affiliasi yang akan Anda promosikan. Akan lebih baik jika Anda dapat membeli atau menggunakan produk yang sama sehingga Anda benar-benar bisa mengatakan sesuatu opini tentang hal itu kepada market Anda.

Salah satu saran dari saya adalah jika Anda baru saja mengenal apa itu affiliate marketing maka saran terbaik adalah untuk mencoba dan fokus pada sebuah program pada satu waktu tertentu.

Dengan melakukan ini, Anda akan bisa belajar banyak tentang bisnis affiliate marketing dan bagaimana menjalankannya dengan lancar.

Anda juga akan memiliki kesempatan untuk belajar tentang teknik bagaimana menulis kalimat pra penjualan produk sehingga akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari pengunjung situs Anda (market Anda).

Kemampuan menulis kalimat pra penjualan adalah salah satu hal yang paling penting yang akan memudahkan Anda untuk menjual produk affiliasi. Tanpa hal ini, pemasaran produk affiliasi yang Anda lakukan tidak akan efektif.

Dalam menjelaskan sebuah produk affiliasi, cobalah untuk memasukkan antusiasme Anda melalui tulisan yang Anda buat.

Sebagai contoh, ketika Anda membaca sebuah buku serial detektif, emosi yang disampaikan dari penulisnya akan bisa Anda rasakan.

Ini adalah cara yang sama ketika kita berbicara tentang affiliate marketing.

Jika Anda cukup percaya diri tentang apa yang Anda tawarkan, Anda akan merasa begitu yakin dan dapat mendorong orang lain untuk merasakan hal yang sama. Cobalah untuk menemukan program afiliasi pemasaran yang Anda percaya, dan cobalah mempromosikannya. Anda bisa belajar cara menulis kalimat pra penjualan dengan meng-copy para affiliate marketer dunia lalu kita modifikasi.

(20)

20 Dengan belajar seperti itu kemampuan kita akan lebih cepat berkembang

Sebagai pemula, janganlah langsung ingin hasil yang cepat, tetapi mulailah dari satu program dulu, alih-alih mengikuti seluruh program affiliasi yang ada di internet, adalah hal yang mungkin bisa Anda lakukan dengan memilih satu program affiliasi dulu, misalnya mengikuti program affiliasi di clickbank.com.

(21)

21

Bagaimana Cara Cepat Mempromosikan Produk Affiliasi

Untuk sukses di affiliate marketing, sebenarnya cukup gunakan cara-cara sederhana untuk kita bisa sukses menjual atau mempromosikan produk atau jasa milik orang lain secara online, apa itu?

1. Mampu mengidentifikasi sebuah niche market yang spesifik (bukan gado-gado). Cobalah untuk mengidentifikasi niche market yang tertarget. Meskipun ada banyak topik yang dicari orang di internet, tidak semua harus Anda pilih.Dengan Anda fokus kepada niche market tertentu, Anda akan bisa lebih mudah mendapatkan hasil (komisi) daripada Anda fokus menggarap pasar yang terlalu luas.

Misalnya : dog training, learn guitar classic, learn french, learn spanish, dll

2. Cari program afiliasi yang menjual produk yang sesuai dengan niche market Anda diatas.

Pastikan bahwa Anda menemukan perusahaan yang memiliki kredibilitas bagus sebagai partner usaha Anda. Contoh perusahaan affiliasi yang bisa Anda ikuti adalah diantaranya clickbank.com, neverblue.com, amazon.com, ewa network, dll

3. Memiliki situs sendiri dan membuat newsletter dengan konten yang kaya informasi yang berfokus pada niche market Anda.

(22)

22 Sebuah website sangat diperlukan dalam pemasaran sebuah produk afiliasi. Target market anda akan lebih mudah menemukan penawaran yang Anda tulis di website Anda sendiri. Jika situs Anda tentang "dog training" maka alangkah lebih efektif untuk Anda

mempromosikan produk-produk yang berkaitan dengan dog training baik itu produk-produk audio/video, ebook, dll yang ada di perusahaan affiliate yang Anda ikuti seperti misalnya produk-produk affiliasi di clickbank.com, neverblue.com dll

4. Pastikan pengunjung situs Anda audiens mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan mendaftar di newsletter di situs Anda.

Anda harus memiliki autoresponder dan mencoba untuk berbeda dari cara orang lain mengiklankan produk afiliasi mereka. Jadilah unik. Pikirkan cara-cara kreatif untuk membuat orang pergi mau terus datang ke situs Anda dan melihat apa yang Anda tawarkan.

5. Pastikan pembaca newsletter di situs Anda bisa untuk membeli produk yang Anda rekomendasikan dari Anda.

Buat sebuah penawaran pra penjualan yang tidak bisa mereka tolak sehingga akan menggoda mereka untuk membeli produk tersebut dari Anda

Anda perlu tahu, bahwa ada begitu banyak situs yang menawarkan program afiliasi. Perhatikan bahwa beberapa dari mereka yang baik dan ada juga yang tidak.

Mencari informasi sehingga Anda dapat membedakan mana yang akan terbaik untuk Anda dan mana yang tidak. Jika tidak, Anda hanya membuang-buang waktu Anda.

Berikut adalah beberapa tips dalam mencari sebuah program affiliasi yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

1. Carilah program affiliasi yang menargetkan niche market yang dipilih oleh Anda. Misalnya saja : Jika niche market Anda tentang produk kecantikan, Anda mungkin ingin memberikan tutorial tentang cara merawat kulit atau tubuh. Produk atau jasa harus berhubungan dengan menjaga keindahan kulit atau tubuh.

Hal ini juga baik jika Anda bisa menyajikan testimonial dari orang yang telah menggunakan produk Anda. Hal ini akan memberikan kredibilitas dari apa yang disajikan.

(23)

23 2. Pertimbangkan besarnya komisi yang akan Anda dapatkan.

Berpikirlah seperti ini. Ketika Anda membuat sebuah kampanye iklan produk affiliasi. Anda harus bisa menghitung biayanya.

Sehingga besarnya komisi yang diterima harus lebih besar dari biaya iklan yang Anda buat. Anda tentunya tidak mau menghabiskan uang terlalu banyak sedangkan komisi yang Anda dapatkan sedikit.

3. Periksa dulu produk afiliasi yang akan Anda promosikan.

Jangan mulai merekomendasikan sesuatu produk affiliasi yang Anda sendiri tidak yakin akan produk tersebut

Cobalah untuk memeriksa apakah produk ini memiliki manfaat dan layak direkomendasikan kepada orang lain.

Pikirkan ini : “Bagaimana Anda akan membuat pengunjung situs Anda percaya pada produk yang Anda promosikan sedangkan Anda sendiri tidak?”

Tempatkan diri Anda di posisi mereka dan anda akan mulai menghargai setiap uang yang akan mereka keluarkan untuk membeli produk affiliasi yang Anda rekomendasikan Jika ini terjadi, maka penjualan demi penjualan akan terjadi lebih mudah dan cepat :)

(24)

24

Bagaimana Seorang Affiliate Marketer Berpenghasilan

Ribuan Dollar per Bulan

Tiger woods adalah salah satu atlet golf terkaya di dunia. Menurut kabar yang pernah saya dengar dari seorang Tiger Woods adalah ternyata dia diperkenalkan atau memegang stick golf pertama kalinya pada umur 5 tahunan.

Dan sejak kecil dia sudah berlatih golf setiap hari. Menurut ceritanya, dia harus (disuruh ayahnya) memukul golf sebanyak 1000 kali dalam sehari.

Woow!

Jadi tidak heran, ketika dia mulai masuk ke dunia profesional di tahun 1996, dia telah memenangkan 95 turnamen golf, 71 PGA tour, termasuk memenangkan beberapa kali masters tournaments, dsb.

Tiger woods bisa memperkirakan arah pukulan ketika akan memukul golf, bisa mengatur kapan dia memukul jarak sekian meter atau bahkan pukulan jarak jauh dengan tepat. Ketika mungkin dia tahu tinggi rumput sekitar 5 cm, maka dia bisa memutuskan untuk mengganti stick golf-nya untuk menghasilkan pukulan yang akurat. Termasuk bisa memperkirakan arah angin, dsb

Kesuksesan yang dia raih, saya yakin salah satunya adalah karena dia tekun berlatih memukul golf sebanyak 1000 kali setiap hari sejak dia kecil.

(25)

25 Hal yang sama seharusnya juga kita lakukan ketika ingin sukses sebagai affiliate marketer. Sebagai seorang affiliate marketer, saya pribadi terus mendisiplinkan diri untuk bisa berlatih "memukul golf" setiap hari dengan cara membuat gol untuk terus mempromosikan produk-produk affiliate setiap harinya.

Saya buat gol, pokoknya dalam seminggu harus bisa mempromosikan produk affiliate sekian.

Saya memberikan istilah untuk setiap produk affiliate yang saya promosikan dengan istilah "proyek"

Jadi kalau dalam seminggu saya mempromosikan 10 produk affiliate maka di agenda kerja, saya menulis telah menyelesaikan 10 proyek :)

Dan tentunya tidak seluruh proyek affiliate yang saya kerjakan itu profit semua, terkadang dari 10 proyek, hanya ada 7 proyek yang profit sementara sisanya kurang menguntungkan. Terkadang juga hasil yang didapat impas, bahkan kadan rugi ratusan dollar dalam

seminggu.

Begitu seterusnya, sampai hari ini saya terus-menerus mengerjakan proyek-proyek affiliate. Saya pikir untung dan rugi dalam bisnis itu wajar, termasuk ketika kita ingin fokus sebagai affiliate marketer ini.

Sebagai seorang penjual informasi di internet, saya juga harus tetap berlatih "memukul golf setiap hari" dengan terus mencari niche market dan membuat produk ebook yang profitable untuk saya jual.

Saya harus tetap melakukan kegiatan riset pasar yang "gitu-gitu" aja, hanya untuk mencari sebuah niche market yang profitable untuk menghasilkan dollar.

Silahkan lihat cara sederhana saya dalam mencari market di menu video tutorialyaitu di http://kayadaribisnisinternet.com/35-video-bisnis-internet

Saya pernah bosen, nggak sabar menunggu hasil tapi karena saya tahu prinsipnya yaitu jika saya tetap terus berlatih "memukul golf" setiap hari maka saya sudah berada di jalur yang benar untuk sukses.

(26)

26 Terkadang saya suka "gemes" kalau ada beberapa rekan yang kirim sms atau email yang memberitahu bahwa sudah setahun dia mempromosikan produk affiliate tapi belum ada hasil.

Ketika saya tanya lebih jauh sudah berapa produk yang di promosikan, dia jawab baru 1 produk itupun berhenti di tengah jalan :)

Saya bukan seorang internet marketer dunia, tapi saya tahu para marketer dunia itu pun sampai saat ini terus berlatih "memukul golf"-nya setiap hari dengan terus menerus praktek dan praktek.

Entah itu mempromosikan produk-produk affiliate, membuat produk, belajar ilmu marketing baru, dll.

Berita baiknya adalah ketika kita semakin sering berlatih "memukul golf" teknik kita semakin tinggi dan tentunya hasil yang akan kita dapat akan semakin baik.

Seperti cerita diatas, ketika seorang Tiger Woods tahu bahwa arah angin sepertinya tidak memihak ke dia, maka dia akan rubah strategi dalam melakukan pukulan-pukulan

akuratnya.

Ketika Anda terus menerus praktek mempromosikan produk affiliate, atau terus belajar membuat produk untuk dijual, walaupun mungkin biaya, waktu, pikiran sudah banyak tercurah namun yang tidak Anda sadari adalah Anda akan semakin terbiasa, yang dulunya sulit sekarang menjadi mudah, kemampuan anda semakin terasah!

Anda akan semakin fleksibel dalam melakukan teknik promosi baik menggunakan ppc berbayar, banner advertising, SEO, artikel marketing, JV, dll

Pertama kali dapat $10 mungkin membutuhkan 7 hari, namun karena seringnya anda berlatih, sekarang dalam 1 hari anda bisa mendapatkan $100.

Itulah salah satu hukum sukses di dunia internet marketing ini.

Saya punya 1 situs di market luar yang sampai hari ini sudah tidak saya promosikan lagi karena sudah mendapatkan trafik gratis dari search engine. Dari satu situs tersebut saya mendapatkan penghasilan rata-rata $500-$600 dari banner produk affiliate yang saya pasang di situs tersebut.

Pernah juga cuman dapet $200/month, tapi 6 bulan terakhir ini rata-rata ya sekitar $500-$600/month dari 1 situs sederhana yang bermain di pasar ceruk (niche market) yang sepi pesaing.

(27)

27 Semua itu dimulai dari hal sederhana dimana setahun sebelumnya saya mulai aktif mencari niche market (www.kayadaribisnisinternet.com/niche-market ) hari, lalu menemukan satu niche market spesifik, lalu membeli domain dan mengisinya dengan artikel-artikel yang terkait. Entah itu copas dari ezine article atau artikel original (saya bayar orang untuk membuatnya).

Dan tentu saja saya menaruh banner produk affiliasi yang ada kaitannya dengan tema yang saya tulis. Dan juga opt-in newsletter.

Itu saja dan aset tersebut sampai hari ini mulai menghasilkan dollar yang sangat lumayan J Tidak ada tombol ajaib atau sesuatu yang spektakuler untuk bisa berpenghasilan dollar dari internet sebagai seorang affiliate.

Semua yang saya tulis dan bagikan adalah sesuatu yang sederhana, nggak njlimet dan masuk akal!

Pertanyaan sederhana yang bisa kita renungkan adalah, "Untuk bisa berpenghasilan dari internet terus menerus, sudah berapa banyak "golf" yang kita pukul setiap harinya?" Anda bisa belajar lebih banyak lagi tentang affiliate marketing di blog saya yaitu

Figur

Memperbarui...

Related subjects :