AKREDITASI PROGRAM STUDI SARJANA BUKU IIIA BORANG AKREDITASI YANG DIISI OLEH PROGRAM STUDI

140  Download (0)

Teks penuh

(1)

AKREDITASI PROGRAM STUDI

SARJANA

BUKU IIIA

BORANG AKREDITASI

YANG DIISI OLEH PROGRAM STUDI

BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI

2013

(2)

Halaman STANDAR 1 VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI

PENCAPAIAN 4

STANDAR 2 TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN,

DAN PENJAMINAN MUTU 5

STANDAR 3 MAHASISWA DAN LULUSAN 7

STANDAR 4 SUMBER DAYA MANUSIA 11

STANDAR 5 KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK 15

STANDAR 6 PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA SISTEM

INFORMASI 21

STANDAR 7 PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA

(3)

IDENTITAS PROGRAM STUDI

Program Studi (PS) : Peternakan

Jurusan/Departemen : Peternakan

Fakultas : Peternakan

Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya

Nomor SK pendirian PS (*) : SK DIRJEN DIKTI No. 0034/D2.2/2008 Tanggal SK pendirian PS : 9 Januari 2008

Pejabat Penandatangan

SK Pendirian PS : Tresna Dermawan Kunaefi Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS : Agustus 2007

Nomor SK Izin Operasional (*)

: SK DIRJEN DIKTI No. 0034/D2.2/2008

Tanggal SK Izin Operasional : . 9 Januari 2008 Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir : .A

Nomor SK BAN-PT : 025/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011

Alamat PS : Jl. Veteran Malang

No. Telepon PS : 0341-553513

No. Faksimili PS : 0341-584727

Homepage dan E-mail PS : www.fapet.ub.ac.id dan fapetub@ub.ac.id

(*) : Lampirkan fotokopi SK terakhir

Bagi PS yang dibina oleh Departemen Pendidikan Nasional, sebutkan nama dosen tetap institusi yang terdaftar sebagai dosen tetap PS berdasarkan SK 034/DIKTI/Kep/2002, dalam tabel di bawah ini.

No. Nama Dosen

Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademik Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang

Pendidikan

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

(4)

Nama : Dr.Ir. Liliek Eka Radiati, MS

NIDN : 23085911

Jabatan : Pembantu Dekan I

Tanggal Pengisian : 25

-

05

-

2013

Tanda Tangan :

Nama : Dr.Ir. Sucik Maylinda, MS

NIDN : 28095604

Jabatan : Ketua Program Studi

Tanggal Pengisian : 25

-

05

-

2013

Tanda Tangan :

Nama : Dr.Ir. Herni Sudarwati, MS

NIDN : 27025404

Jabatan : Sekretaris Program Studi Peternakan Tanggal Pengisian : 25

-

05

-

2013

Tanda Tangan :

Nama : Dr.Ir. M. Nasih, MS

NIDN : 6115505

Jabatan : Ketua Bagian Produksi Ternak Tanggal Pengisian : 25

-

05

-

2013

(5)

PENCAPAIAN

1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.1 Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan UB mengacu pada Visi, Misi dan Tujuan UB dan diawali dengan melakukan evaluasi diri dengan analisis internal untuk melihat kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) institusi yang dimiliki pada saat penyusunan dilakukan. Selanjutnya dilakukan analisis eksternal situasi diluar institusi yaitu apa yang menjadi peluang (opportunity) dan ancaman (threath) institusi yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam menetapkan isu strategis utama. Berdasarkan hasil evaluasi diri, maka ditetapkan empat isu strategis utama: (1) kompetensi lulusan, (2) relevansi penelitian, (3) kualitas pengabdian kepada masyarakat, (4) kerjasama institusional. Dalam penyusunannya melibatkan mahasiswa, dosen, karyawan,pimpinan, alumni dan stakeholder. Kemudian disosialisasikan kepada semua pihak dan setelah itu penentuan Visi dan Misi dilakukan dan disahkan dalam rapat senat fakultas, sehingga pencapaian visi, misi, tujuan, sasaran dan strategis merupakan tanggung jawab bersama.

1.1.2 Visi

Menjadi institusi terkemuka di bidang peternakan berbasis sumberdaya lokal di tingkat nasional maupun internasional.

1.1.3 Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu dan teknologi industri peternakan yang efektif dan efisien pada berbagai strata pendidikan melalui penyajian kurikulum berbasis kompetensi.

2. Menyelenggarakan pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu dan teknologi industri peternakan yang adaptif, relevan dan kompetitif.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara proaktif melalui penyebaran dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan sesuai dan kebutuhan masyarakat peternakan secara berkelanjutan.

1.1.4 Tujuan

Tujuan merupakan bentuk artikulasi dari misi institusi yang di dalamnya terkandung unsur arah pengembangan institusi dengan segala tantangan yang akan dihadapi, tetapi ada tindakan realistis untuk mencapai misi tersebut. Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan visi yang telah disusun dan mencapai misi Fapet-UB, penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) perlu dilaksanakan secara sinergis sehingga penjabaran misi dirumuskan dalam tujuan sebagai berikut:

1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan dalam pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan yang berjiwa entrepreneur.

(6)

3. Menjalin kerjasama dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan

1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Berdasarkan hasil evaluasi diri, maka Fapet-UB menetapkan empat isu strategis sebagai sasaran utama yaitu (1) kompetensi lulusan, (2) relevansi penelitian, (3) kualitas pengabdian kepada masyarakat dan (4) kerjasama institusional.

Strategi pencapaian dan pengembangan ke empat isu strategis tersebut dijabarkan ke dalam empat bidang yang meliputi: (A) Bidang Pengembangan Pendidikan dan Kemahasiswaan, (B) Bidang Pengembangan Penelitian, (C) Bidang Pengembangan Pengabdian kepada Masyarakat, (D) Bidang Pengembangan Kerjasama Institusional.

Sasaran adalah target yang ingin diwujudkan melalui tindakan-tindakan yang diambil untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sasaran juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses perencanaan strategi yang difokuskan pada kegiatan yang bersifat lebih spesifik, terukur dan dapat diwujudkan dalam kurun waktu tertentu.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka disusunlah sasaran dan strategi pencapaiannya sebagaimana tertua dalam Renstra Fakultas Peternakan UB tahun 2007-2012.

1.2 Sosialisasi

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Visi, Misi dan Tujuan Fapet-UB dirumuskan bersama dan telah disetujui oleh Senat Fakultas serta kemudian disebar luaskan / disosialisasikan ke seluruh dosen, mahasiswa, dan karyawan melalui penyebaran Buku Pedoman Pendidikan Fakultas, Brosur yang memuat Profil Fakultas, dan dicetak dalam bentuk poster yang terpampang di setiap gedung, sedangkan untuk mahasiswa baru dilakukan saat ordik dan ormawa. sehingga Visi, Misi, dan Tujuan dipahami oleh seluruh dosen dan mahasiswa. Dokumen Visi, Misi, dan Tujuan juga sudah di upload lewat web fakultas

(https://www.fapet.ub.ac.id) sehingga dipahami juga oleh seluruh stakeholder. Selain

itu, sosialisasi juga dilaksanakan saat temu alumni, pertemuan dengan organisasi profesi (ISPI/ Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia), serta pertemuan dengan pengguna lulusan.

(7)

STANDAR 2. TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN

PENJAMINAN MUTU

2.1 Sistem Tata Pamong

Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama, serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur, fungsi, dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan, tatacara pemilihan pimpinan, etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi, perpustakaan, laboratorium, dan studio). Sistem tata pamong (input, proses, output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan, disosialisasikan, dilaksanakan, dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.

Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di Program Studi untuk membangun sistem tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil.

Pimpinan Fakultas (Dekan) dipilih melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah penjaringan terhadap calon Dekan oleh seluruh dosen dan perwakilan karyawan dan mahasiswa. Calon terpilih (minimal 3 orang) kemudian diajukan ke rapat Senat Fakultas untuk mendapatkan pertimbangan sebelum dikirim untuk ditetapkan oleh Rektor. Pembantu Dekan diajukan oleh Dekan ke senat fakultas melalui pemilihan di rapat senat fakultas kemudian ditetapkan oleh Rektor. Hal ini merupakan bentuk kredibilitas ketatapamongan. Transparansi dapat dilihat dari keterbukaan informasi baik yang menyangkut aspek akademik maupun non akademik.

Diinformasikannya peluang-peluang untuk memperoleh dana beasiswa bagi mahasiswa, dosen, maupun dana hibah penelitian bagi dosen atau kegiatan PKM mahasiswa dan lain-lain. Juga dilakukan kuesioner tentang kualitas dosen pada mahasiswa. Saat ini seluruh dokumen penjaminan mutu sudah dapat dibaca lewat website fakultas, hal ini merupakan bentuk transparasi terhadap publik.Kesiapan untuk diaudit baik internal yang dilakukan oleh PJM maupun BAN-PT, Penyusunan Laporan Evaluasi Diri adalah wujud akuntabilitas tatapamong. Fakultas bertanggung jawab terhadap proses akademik. Hal ini diwujudkan dalam bentuk antara lain laporan monevin dari kinerja yang diprogramkan. Pengiriman Kartu KHS kepada orangtua juga merupakan wujud pertanggungjawaban terhadap stakeholder. Sesuai dengan peraturan tentang kepegawaian, sistem merit bagi dosen dan karyawan juga diimplementasikan dalam mewujudkan tatapamong yang adil. Dengan demikian pelaksanaan tatapamong merupakan suatu sistem yang menjamin seluruh manajemen berjalan efisien dan efektif. 2.2 Kepemimpinan

Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.

Jelaskan pola kepemimpinan dalam Program Studi.

Pola kepemimpinan operasional diwujudkan dalam kemampuan menjabarkan visi, misi, dan tujuan menjadi suatu program kerja yang terukur yang dituangkan dalam RENSTRA lima tahunan dan RENOP tahunan. Terlaksananya beban tugas program studi/bagian merupakan bentuk pola kepemimpinan operasional yang baik. Struktur

(8)

dejalsakan dalam Manual prosedur untuk setiap jenis layanan. Pola kepemimpinan organisasi terlihat dari adanya dokumen OTK yang dipahami oleh sivitas akademika sehingga hubungan kerja antar unit kerja berjalan baik. Pola kepemimpinan publik diwujudkan dalam kompetensi pimpinan dalam menjalin kerja sama baik dengan orangtua mahasiswa dalam bentuk Ikatan Orangtua Mahasiswa ataupun dalam bentuk kerjasama untuk berlangsungnya proses belajar mengajar seperti terjalinnya kerjasama dengan pihak swasta untuk tempat praktek kerja lapang dan penelitian akhir mahasiswa

2.3 Sistem Pengelolaan

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal. Jelaskan sistem pengelolaan Program Studi serta dokumen pendukungnya.

Sistem pengelolaan diwujudkan dengan terbentuknya sistem administrasi yang berfungsi untuk memelihara efektifitas, efisiensi dan produktivitas dalam upaya pewujudan visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan serta memelihara integritas program studi. Implementasi tata pamong dilaksanakan dengan memperhatikan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengembangan staf, pengarahan, pengawasan, monitoring dan evaluasi, terutama dalam penggunaan sumber daya pendidikan, agar tercapai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi. Kegiatan di jurusan/bagian dimulai dengan penyusunan rencana kerja berdasarkan rencana strategis. Setiap kegiatan dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan baik lisan maupun tertulis kepada pemberi tugas. Untuk seluruh kegiatan didukung dengan dokumen pendukung seperti Renstra, Program Kerja Dekan, Pedoman Pendidikan, Manual Mutu, Standar Mutu, Manual Prosedur, Instruksi Kerja dan Dokumen pendukung lainnya, serta borang kinerja.

Program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi yang dalam tugas pelaksanaan akademik dilaksanakan oleh Pembantu Dekan I. Ketua Program Studi bertanggungjawab kepada dekan. Program Studi mengemban tugas akademik, profesi dan profesional, laboratorium, dan unsur pelaksana akademik untuk menjamin bakumutu pendidikan. Pengembangan kompetensi sumberdaya manusia juga menjadi tanggung jawab Program Studi. Ketua Program Studi bekerja diatur oleh Tupoksi yang berlaku.

2.4 Penjaminan Mutu

Bagaimanakah pelaksanaan penjaminan mutu pada Program Studi? Jelaskan.

Pelaksanaannya penjaminan mutu dimulai ditingkat kelompok dosen bidang ilmu yang ada dimasing-masing Laboratorium Pengembang Ilmu dalam bentuk brainstrorming dan diskusi dalam penyusunan substansi/materi matakuliah yang disusun dalam bentuk RPKPS, pembuatan soal ujian dan evaluasinya, rasio bobot penilaian, penyusunan silabus.

Penggunaan penguji dari luar PS juga dimungkinkan sejauh substansinya sejenis. Disamping itu di tingkat fakultas dibentuk Gugus Jaminan Mutu sebagai lembaga yang menjamin mutu akademik yang sudah berjalan baik (dokumen lengkap) namun tetap berupaya untuk melakukan peningkatan (pelaksanaan diunit-unit kerja). Kegiatan akademik dijalankan berdasarkan Manual Prosedur maupun Instruksi Kerja yang ada serta berdasarkan pada Renstra, Program Kerja Dekan, dan dokumen lain yang terkait. Di tingkat program studi, sesuai dengan yang dikehendaki dalam Pelayanan Prima, maka ditetapkan motto program studi sebagai salah satu bentuk kepedulian program studi terhadap kualitas dan kecepatan pelayanan program studi.

Diharapkan kegiatan ini akan melahirkan sikap budaya mutu di semua unit kerja. Sistem penjaminan mutu masih terbatas dalam bidang akademik. Secara internal pengawasan mutu dilaksanakan oleh pimpinan masing-masing unit kerja. Sedangkan pengawas eksternal untuk bidang keuangan dan kepegawaian dilakukan oleh BPK, BPKP dan Irjen Depdiknas.

(9)

2.5 Umpan Balik

Apakah program studi telah melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni, dan pengguna lulusan mengenai harapan dan persepsi mereka? Jika Ya, jelaskan isi umpan balik dan tindak lanjutnya.

Umpan Balik dari Isi Umpan Balik Tindak Lanjut

(1) (2) (3)

Dosen 1. Dana praktikum direalisasi

pada awal semester

2. Peningkatan dana praktikum 3. Jumlah kehadiran dosen , Isi

materi

1. Dana praktikum diberikan pada awal semester

2. Dana praktikum ditingkatkan dari Rp 10.000,- menjadi Rp 13.000,- per mahasiswa 3. Yang belum sesuai dengan

RPKPS maka diperbaiki dan dosen pengampu diingatkan Mahasiswa 1. Peningkatan kualitas dan

kuantitas peralatan lab 2. Peningkatan kualitas

kenyamanan kelas

3. Kesesuaian substansi kuliah dg RPKPS

1. Penambahan alat utk semua lab telah dilakukan melalui dana APBN tahun anggaran 2011

2. Peningkatan kenyamanan kelas telah direalisasi dengan pemasangan AC di setiap ruang kelas dan pembangunan gazebo

3. Didiskusikan dalam rapat dosen demi perbaikan

Alumni 1. Apakah kurikulum sdh sesuai

dengan perkembangan dunia peternakan dan kebutuhan stake holder

1. Rekonstruks di kurikulum setiap 4 tahun

Pengguna lulusan 1. Peningkatan kesesuaian kurikulum dengan aplikasi di lapang

2. Bagaimana kualitas lulusan

1. Rekontruksi kurikulum menjadi kurikulum berbasis kompetensi telah dilakukan dan diterapkan sejak angkatan 2007

2.6 Keberlanjutan

Jelaskan upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi ini, khususnya dalam hal:

a. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa:

Dengan telah diterapkannya kurikulum berbasis kompetensi (S1) yang sesuai kebutuhan stakeholder dan peningkatan kualitas PBM maka dilakukan beberapa mekanisme kegiatan untuk meningkatkan animo calom mahasiswa sbb:

1) Meningkatkan kualitas promosi ke SMA, lembaga bimbingan belajar dan institusi peternakan

2) Meningkatkan peluang bagi calon mahasiswa kurang mampu untuk luliah di di Fapet UB melalui penerapan SPP proporsional

3) Meningkatkan sumber beasiswa melalui program bidik misi, kerjasama dengan institusi lain

(10)

Peningkatan mutu manajemen dilakukan melalui peningkatan pemberdayaan Gugus Jaminan Mutu di Fakultas yang melakukan fungsinya untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan PBM. Peningkatan kualitas implementasi Standar Akademik (SA-GJM-FPt-UB.01) yang telah disusun berdasarkan pada hasil evaluasi diri, peraturan, maupun harapan stakeholders. Mutu harus menjadi komitmen semua orang di dalam organisasi dan harus dikembangkan menjadi budaya organisasi, budaya mutu. Sistem Penjaminan Mutu Akademik dalam bidang pendidikan kiranya dapat diimplementasikan sebagai pendekatan manajemen PT. c. Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

Peningkatan kualitas lulusan menuntut terciptanya atmosfir akademik yang kondusif. Suasana ini akan dapat dicapai dengan adanya budaya ilmiah dan lingkungan kegiatan belajar dan kerja yang nyaman. Kegiatan seminar, kuliah umum (tamu) dan ketersediaan sarana dan sarana PBM diantaranya adanya gazebo untuk tempat belajar mahasiswa, kemudahan mahasiswa dan dosen dalam akses internet dengan memasang sejumlah hot spot di lingkungan Fapet dan digunakannya media belajar berbasis multimedia dalam PBM.

Tuntutan stakeholder akan lulusan Fapet yang memiliki kompetensi di bidang peternakan secara menyeluruh dan profesional, mengharuskan Fapet untuk melakukan upaya peningkatan kualitas PBM. Kurikulum berbasis kompetensi yang sudah terbentuk harus segera diterapkan, ditunjang dengan sarana dan prasarana PBM yang baik serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi di bidang peternakan. Untuk menjamin konsistensi kualitas PBM maka perlu diterapkannya SPMA secara berkesinambungan. Beberapa mekanisme yang dilakukan adalah sbb: 1) Seminar rutin dengan menghadirkan pembicara yang telah berpengalaman. 2) Seminar dosen Fapet UB yang dapat dihadiri oleh mahasiswa S1, S2, S3. 3) Mengundang alumni dan praktisi yang berhubungan dengan bidang peternakan 4) Menyiapkan anggaran dan menggali dana dalam bentuk kerjasama dengan pihak

swasta dan instansi pemerintah, IOM, dan alumni untuk membangun gazebo, memasang hot spot dan peralatan multimedia

5) Menyusun buku ajar S1

6) Menambah jenis buku dan jurnal sebagai referensi 7) Mengaktifkan tim GJM

d. Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan:

Kerjasama institusional dengan lembaga baik di dalam maupun di luar Universitas Brawijaya sangat diperlukan, karena dengan demikian bisa terjadi proses transfer knowledge diantara sesama peneliti. Disamping itu, untuk kepentingan pengembangan kurikulum transfer informasi yang berasal dari temuan hasil penelitian memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dibidang peternakan.

Adanya kerjasama dengan institusi lain juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang dimiliki peneliti partner/sumber dana untuk kepentingan penelitian tugas akhir. Dalam hal terjalinnya kerjasama dengan pihak luar negeri, hal ini akan sangat menguntungkan bagi Fakultas, terutama untuk kegiatan pertukaran tenaga ahli untuk bidang pengajaran maupun penelitian. Kegiatan yang dilakukan untuk mendukung upaya ini adalah: 1) Melakukan diskusi ilmiah dengan stakeholder

2) Menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen yang telah dipublikasi e. Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif:

Dalam upaya meningkatkan perolehan dana hibah kompetitif baik dari Dikti, Ristek maupun dari universitas dalam bentuk Hibah Institusi, Program Studi Peternakan telah berupaya meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta. Bentuk kerjasama dengan instansi pemerintah diwujudkan dalam kegiatan penelitian kerjasama,

(11)
(12)

3.1 Profil Mahasiswa dan Lulusan

3.1.1 Tuliskan data seluruh mahasiswa reguler(1) dan lulusannya dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:

Tahun Akade-mik Daya Tampung Jumlah Calon Mahasiswa Reguler Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa

Jumlah Lulusan IPK

Lulusan Reguler

Persentase Lulusan Reguler dengan IPK : Ikut Seleksi Lulus Seleksi Regular bukan Transfer Transfer(3) Reguler bukan Transfer Transfer(3) Reguler bukan Transfer

Transfer(3) Min Rat Mak < 2,75 2,75-3,50 > 3,50

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13) (14) (15) (16) TS-4 280 417 280 201 6 829 17 208 3 2,43 3.09 3,82 10,10 82,21 7,69 TS-3 350 360 225 192 1 832 9 166 3 2,51 3.07 3,81 11,45 83,73 4,82 TS-2 380 481 342 252 1 409 1 118 2.47 3.11 3.76 15 72.5 12.5 TS-1 390 720 437 431 4 527 4 147 2.46 3.14 3.79 8.6 66.3 25.1 TS 400 600 450 400 156 2.76 3.2 3.82 0 91.4 8.6 Jumlah Catatan:

TS:Tahun akademik penuh terakhir saat pengisian borang Min: IPK Minimum; Rat:IPK Rata-rata; Mak:IPK Maksimum Catatan:

(1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).

(2) Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.

(3) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.

3.1.2 Tuliskan data mahasiswa non-reguler(2) dalam lima tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:

Tahun Akade -mik

Daya Tampung

Jumlah Calon Mahasiswa Jumlah Mahasiswa Baru Jumlah Total Mahasiswa Ikut

Seleksi Lulus Seleksi

Non-Reguler Transfer (3) Non-Reguler Transfer (3) (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) TS-4 TS-3 TS-2 TS-1

(13)

3.1.3 Sebutkan pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga, dan seni).

No. Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan Nasional, atau Internasional) Tingkat (Lokal, Regional, Prestasi yang Dicapai

(1) (2) (3) (4)

1 Pencak Silat-C.Putra POMDA Jatim (Agustus 2010) Regional Juara III

2 Tenis-Tunggal Putri POMDA Jatim (Agustus 2010) Regional Juara III

3 Tenis-Ganda Putri POMDA Jatim (Agustus 2010) Regional Juara III

4 Napak Tilas Bumi Proklamator (Agustus 2010) Regional Juara I

5 Indoffod Riset Nugraha 2010 (Juli 2010) Nasional

6 Pimnas Tahun 2010 (Juni 2010) Nasional

7 Pemuda Pelopor Kota Malang (Juni 2010) Lokal Juara I

8 Pemuda Pelopor Tk. Propinsi Tahun 2010 (Agustus 2010) Regional Juara III

9 Youth In Action Community (Agustus 2010)

10

10 Besar Inovasi Teknologi lingkungan Tahun 2010 (April

2010) Nasional

11

Lomba LKTI Nasional Teknologi dan Inovasi Peternakan

Ramah lingkungan di IPB Bogor (September 2011) Nasional Juara I

12

Lomba LKTI Nasional Pekan Pendidikan Ilmiah Nasional di

UNESA Surabaya (November 2011) Nasional Juara I

13 Cabor Catur POMDA JATIM di Unej Jember (Mei 2011) Regional Juara I

14

Pencak Silat Putra Antar PTN/PTS se JATIM di Unej

Jember (Mei 2011) Regional Juara I

15

LKTI :Revitalisasi Sistem Peternakan Berkelanjutan

Berbasis Integrasi dengan Pertaniandi UnSOED (Mei 2011) Nasional Juara III

16

Debat Politik Fapet Golden Week 2012 di IPB (September

2012) Nasional Juara I

17

Tangkai lomba Baca Puisi Putra Peksiminal XI Tahun 2012

di UNEJ Regional Juara I

18 Tangkai Lomba Tari Peksiminal XI Thn 2012 di UNESA Regional Juara II

19 Kejurnas Airlangga Cup 2012 Cab.Tapak Suci Regional Juara III

20 Kejurnas Tapak Suci UB se Malang Raya Lokal juaraI

(14)

23 Kejurnas Malang Open IV 2012 Cab.Karate Nasional Juara II

24 Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup Regional Malang Regional Juara III

25 Kejurnas Catur Mahasiswa ke V Cab. Catur Nasional Juara IV

26 Kejurnas Bridge antar mahasiswa Cab.Bridge Nasional Juara II

27 Kejurnas Bridge antar mahasiswa Cab.Bridge Nasional Juara II

28 Kejurda Airlangga Cup II Regional Juara II

29 Brawijya Shooting Tournament 2012 Cabang Menembak Regional Juara III

3.1.4 Tuliskan data jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut:

Tahun Masuk Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun* Jumlah Lulusan s.d. TS

(dari Mahasiswa Reguler)

TS-6 TS-5 TS-4 TS-3 TS-2 TS-1 TS (1) (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) TS-6 (a)=205 196 189 183 110 58 (b)= 33 (c)= 150 TS-5 203 182 175 172 141 65 138 TS-4 193 183 172 163 94 69 TS-3 (d) =253 235 229 (e) =218 (f) = 1 TS-2 393 380 376 TS-1 409 391 TS 410

* Tidak memasukkan mahasiswa transfer.

(15)

Lengkapilah tabel berikut untuk setiap jenis pelayanan kepada mahasiswa PS.

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1) (2) (3)

1 Bimbingan dan konseling Konsultasi skripsi dan PKL, KRS

Bentuk kegiatan: konsultasi problem PBM dan biaya kuliah.

Pelaksanaan dan hasil: konsekuensi penerapan kurikulum baru mulai tahun 2007, mahasiswa belum memahami mekanisme pelaksanaan PKL, terutama mahasiswa angkatan 2007. Sehubungan dengan problem tersebut PD I memberikan pengarahan sehingga mahasiswa memahami mekanisme pelaksanaan PKL. Terkait dengan biaya kuliah solusi yang diberikan adalah mengupayakan agar mahasiswa memperoleh beasiswa guna meringankan beban biaya kuliah

2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Bentuk kegiatan: pembinaan bidang minat dan bakat

Pelaksanaan dan hasil: pembinaan dan menyediakan fasilitas untuk kegiatan minat dan bakat: seperti kegiatan olah raga (Tenis meja, badminton, bola volly, bela diri) dan seni (teater cowboy). Mahasiswa Fapet menjadi anggota Tim UB. Setiap tahun ada

mahasiswa Fapet-UB yang diminta mewakili Pemda setempat dalam ajang KEJURDA yang diselenggarakan oleh KONI

3 Pembinaan soft skills PKM

Bentuk kegiatan: pelatihan dan pembinaan.

Pelaksanaan dan hasil: menyelenggarakan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), kewirausahaan dan kepemimpinan. Hasil pada tahun 2009, 12 proposal PKM dan tahun 2010, 6 proposal dapat dana DIKTI. Demikian pula dengan kewirausahaan, tahun 2009 ada 7 proposal dapat dana dari DIKTI. Mahasiswa Fapet menjadi anggota Tim PIMNAS UB

4 Beasiswa Bentuk kegiatan: informasi, seleksi dan pengajuan beasiswa.

Pelaksanaan dan hasil: setiap tahun mahsiswa Fapet memperoleh beasiswa dari beberapa sumber, seperti: DIKTI (PPA dan BBM), Supersemar, BI, BRI, BTN, Pertamina. Mahasiswa dapat beasiswa 213 orang (sekitar 20% total mahasiswa)

5 Kesehatan Bentuk kegiatan: pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan dan hasil: UB memiliki poliklinik yang memberikan pelayanan kesehatan bagi mahasiwa UB. Pelayanan kesehatan ini diberikan setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu

(16)

Bentuk kegiatan: partisipasi mahasiswa pada Asosiasi Mahasiswa Tingkat Internasional (IAAS).

Pelaksanaan dan hasil: menjadi anggota IAAS dan selama dua tahun terakhir mahasiswa Fapet-UB dapat kesempatan homestay di German dan Swedia.

Himpunan Jurusan 3.3 Evaluasi Lulusan

3.3.1 Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan

Adakah studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna? tidak ada

√ ada

Jika ada, uraikan metode, proses dan mekanisme kegiatan studi pelacakan tersebut. Jelaskan pula bentuk tindak lanjut dari hasil kegiatan ini.

Penelusuran lulusan Fapet UB dilaksanakan setiap tahun baik secara terpusat di Universitas Brawijaya, maupun oleh Fakultas Peternakan dengan cara mengambil sampel sebanyak 30% dari total lulusan. Pada Tahun 2010 telah dikirim sebanyak 300 kuisioner kepada lulusan tahun 2007-2010 dan ternyata yang mengembalikan hanya 67 orang. Atas dasar ini, maka dilanjutkan dengan melakukan komunikasi melalui telepon dan email.

Data yang diperoleh, kemudian ditabulasi berdasarkan program studi asal alumni dan dianalisis secara deskriptif. Data ini kemudian digunakan untuk membantu dalam evaluasi kurikulum dalam upaya memperbaiki kinerja alumni.

Hasil studi pelacakan dirangkum dalam tabel berikut:

(17)

No. Jenis Kemampuan Rencana Tindak Lanjut oleh Program Studi

Sangat

Baik Baik Cukup Kurang

(%) (%) (%) (%)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7)

1 Integritas (etika dan moral) 25 60 10 5 Pelatihan kepemimpinan

2 Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme) 20 62 11 7 Pelatihan profesionalisme (IB, Magang Budidaya Unggas)

3 Bahasa Inggris 18 46 23 13 Kursus Bahasa Inggris

4 Penggunaan Teknologi Informasi 28 71 1 0 -

5 Komunikasi 32 58 5 5 Pelatihan Seminar dan presentasi kelompok Teknis Komunikasi,

6 Kerjasama tim 25 64 3 8 Peningkatan Pembuatan Proposal PKM, Tugas kelompok

7 Pengembangan diri 11 59 26 4 Magang di Perusahaan

Total 159 (a) 420 (b) 79 (c) 42 (d)

Catatan : Sediakan dokumen pendukung pada saat visitasi

(*) persentase tanggapan pihak pengguna = [(jumlah tanggapan pada peringkat) : (jumlah tanggapan yang ada)] x 100

3.3.2 Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama = 6 bulan (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh) 3.3.3 Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya = 78 % (Jelaskan bagaimana data ini diperoleh)

(18)

3.4 Himpunan Alumni

Jelaskan apakah lulusan program studi memiliki himpunan alumni. Jika memiliki, jelaskan aktivitas dan hasil kegiatan dari himpunan alumni untuk kemajuan program studi.

3.4.1. Himpunan Alumni terbentuk dalam wadah Alumni Fapet-UB, belum mengarah pada wadah Alumni Program Studi. Fungsi Himpunan Alumni adalah memberikan informasi tentang lowongan pekerjaan serta memberikan masukan untuk perbaikan PBM. Salah satu bentuk hasil kongkrit masukan dari Alumni adalah perubahan kurikulum, yakni dari spesialisasi (Produksi, Nutrisi, Sosek dan THT) menjadi kurikulum generalis (peternakan) yang mulai diterapkan pada tahun 2007.

1. Sumbangan dana. Dana alumni diperoleh dari setiap lulusan Fakultas Peternakan UB dengan memberikan kontribusi Rp.10.000 per orang, dan dana insendentil dari alumni setiap ada kegiatan akademik yang diadakan Fakultas

2. Sumbangan fasilitas. Salah satu fasilitas yang diberikan alumni untuk menunjang proses belajar mengajar yaitu Teaching Farm (Close House dan Open House) dengan kapasitas 7.000 ekor

3. Keterlibatan dalam akademik. Alumni secara rutin bekerjasama dengan Fapet UB menyelenggarakan kuliah tamu, dan pelatihan

4. Pengembangan jejaring. Pembentukan komisariat ikatan alumni dan pusat informasi tenaga kerja

5. Penyediaan fasilitas untuk akademik. Beberapa alumni menyediakan fasilitas untuk magang kerja dan tempat PKL.

Ikatan alumni juga berperanan dalam pengembangan non akademik sebagai contoh memberikan pelatihan komputer, bahasa Inggris, kepemimpinan dan kewirausahaan

STANDAR 4. SUMBER DAYA MANUSIA

4.1 Sistem Seleksi dan Pengembangan

Jelaskan sistem seleksi/perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi, dan

pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik.

Sistem dan strategi dalam rekruitmen dan pembinaan profesi dosen mempunyai strategi khusus yang didasarkan pada data base ketenagaan yang diperbaharui setiap tahun. Data base ketenagaan berisi data pegawai, rencana kebutuhan, rencana pengembangan dosen dan penempatan/promosi pegawai administrasi. Sistem rekruitmen yang dianut adalah

Buttom Up, dimana PS mengajukan kebutuhan tenaga dosen dan karyawan ke fakultas yang

selanjutnya akan diteruskan ke tingkat universitas. Oleh Universitas, rekapitulasi kebutuhan tenaga dosen dan karyawan dari seluruh Fakultas akan diajukan ke DIKTI. Selanjutnya Dikti menetapkan formasi untuk UB berdasarkan kebutuhan dan rasio dosen mahasiswa. Kemudian Rektor menginformasikan melalui rapat pimpinan. Universitas melaksanakan pendaftaran dan tes umum, substansi sesuai bidang ilmu fakultas masing-masing, psikotes dan interview oleh pimpinan dan ketua PS masing-masing fakultas. Kemudian hasil dikirim ke Rektor dan diteruskan ke Dikti kemudian diumumkan.

Sistem pembinaan karir sudah dilakukan melalui beberapa mekanisne yaitu :

a. Menetapkan pemberlakuan sistem kepangkatan dan jabatan fungsional untuk dosen b. Memberikan kesempatan untuk mengembangkan kualitas diri, melalui pendidikan

formal dan non formal. Sistem dan strategi pengembangan akademik dosen dilakukan dalam bentuk studi lanjut, pelatihan, dan bentuk-bentuk kegiatan ilmiah lain (seminar,

(19)

workshop, homestay) sedangkan untuk tenaga penunjang dilakukan dalam bentuk Diklat pimpinan, pelatihan, kursus dan lain-lain.

Menerapkan system reward dan punishment dengan memberikan insentif tatap muka kuliah bagi dosen daninsentif berdasarkan jumlah kehadiran bagi karyawan

4.2 Monitoring dan Evaluasi

Jelaskan sistem monitoring dan evaluasi, serta rekam jejak kinerja akademik dosen dan kinerja tenaga kependidikan.

Untuk menjamin mutu, efektifitas dan relevansi keseluruhan program dalam rangka pelaksanaan misi secara professional dan pencapaian tujuan, dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi yang terstruktur antara lain melalui:

1. Evaluasi kurikulum

Rekonstruksi kurikulum dimulai pada tahun 2003 sejalan dengan tuntutan kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan SK Mendiknas 232/U/2000. Kegiatan ini telah menghasilkan kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis kompetensi (KBK) yang telah diberlakukan pada mahasiswa mulai angkatan 2007/2008.

2. Umpan balik PBM dari mahasiswa

Kuesioner tentang pelaksanaan PBM diberikan kepada mahasiswa pada setiap akhir kuliah untuk menilai kesesuain materi kuliah dengan GBPP dan SAP serta menilai metode penyampaian mata kuliah di kelas oleh dosen.

3. Monitoring aktivitas mengajar dosen

Monitoring ini berupa jumlah tatap muka dosen di kelas yang digunakan untuk mengontrol aktivitas mengajar dosen dalam kegiatan PBM, pembimbingan dan PA. 4. Monitoring dan evaluasi aktivitas mahasiswa

Isi laporan aktivitas mahasiswa adalah data perkembangan pendidikan mahasiswa yang meliputi IP, jumlah mata kuliah dan SKS yang diambil, dan aktivitas pendidikan lain yaitu pelaksanaan tugas akhir PKL dan Skripsi serta KKN.

Evaluasi dalam upaya meningkatkan mutu PBM dilakukan pada setiap akhir semester. Upaya evaluasi ini dilakukan oleh para dosen disetiap awal semester/ sebelum kuliah semester dimulai dengan melakukan pembenahan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan hal-hal lain yang menunjang PBM.

4.3 Dosen Tetap

Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan; termasuk dosen penugasan Kopertis, dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang relevan dengan keahlian bidang studinya. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi, dan mempunyai penugasan kerja minimum 20 jam/minggu.

Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok, yaitu:

1. dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS 2. dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS

4.3.1 Data dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan bidang PS

No. Nama Dosen

Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademi k*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang

(20)

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) 1 Prof.DR.Ir.Hari Purnomo,M.App. Sc 002011 4306 20- 11-1943 Guru

Besar*** Prof.Dr.Ir.M.App.Sc S1: Universitas Brawijaya S2: University of New South Wales-Australia S3: University of New South Wales-Australia S1Peternakan S2,: Food Technology S3,; Food Technology 2 Prof.DR.Ir.Luq man Hakim,MS 0013125003 13- 12-1950 Guru

Besar*** Prof.Dr.Ir.MS S1: Institut Pertanian Bogor S2: Institut Pertanian Bogor S3: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Pemuliaan Ternak S3:, Pemuliaan Ternak Unggas 3 Prof.DR.Ir.Hendra

wan S.,M.Rur,Sc 0002065303 06/01/1953 Guru Besar *** Prof.Dr.Ir.Mrur.Sc S1: Universitas Brawijaya S2: University of New England-Australia S3: University of Queensland-Australia S1: Peternakan S2: Microbiology and Nutrition S3: Farm Animal Medicine and Production 4 Prof.DR.Drh.Prati wi Trisunuwati,MS 001506 4806 15- 06-1948 Guru

Besar*** Prof.Dr.Drh.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Airlangga S1: Parasitologi S2: Bioreproduksi S3: Epidemiologi Veteriner 5 Prof.DR.,Ir. Achmanu 0028054003 28- 05-1940 Guru

Besar*** Prof.Dr.Ir S1: Universitas Brawijaya S3: Universitas Padjadjaran S1: Peternakan S3: Produksi Ternak Unggas 6 Prof.DR.Ir. Siti Chuzaemi, MS 0014055303 14- 05-1955 Guru

Besar *** Prof.Dr.Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: S1: Peternakan S2: Nutrisi Ruminansia S3: Nutrisi

(21)

Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Gadjah Mada Ruminansia 7 Prof.DR.Ir. Zaenal Fanani, MS 001506

4806 12/12/1958 Guru Besar*** Prof.Dr.Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Padjadjaran S1: Ilmu Peternakan S2: Ekonomi Pertanian S3: Ekonomi Pertanian

8 Ir. Irdaf, M.Si. 000804

6109 04/08/1961 Lektor Kepala** * Ir.Msi S1: Universitas Andalas S2: Universitas Gadjah Mada S1: Ilmu Peternakan S2: Studi Kependudukan 9 Ir. Sarwiyono,M.Agr. St 001010 4911 04/05/1944 Lektor Kepala** * Ir.M.Agr.St S1: Universitas Brawijaya S2: Melbourne University-Australia S1: Peternakan S2: Animal Production 10 Prof.Dr.Ir..M.Nur

Ihsan, MS 0012065308 06/12/1953 Guru Besar*** Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2:Reproduksi Ternak S3: Reproduksi Ternak 11 Prof.DR.Ir. Woro

Busono, MS 0003045610 04/03/1956 Guru Besar*** Prof.Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: Institut Pertanian Bogor S1: Produksi ternak S2: Biologi Reproduksi S3: Fisiologi Reproduksi Ternak

12 Prof. Dr.Ir. Budi

Hartono, MS 0028016008 28- 01-1960

Guru

Besar*** Prof.Dr.Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas S1: Produksi Ternak S2:Ekonomi Tani Ternak S3: Ekonomi Tani Ternak

(22)

13 Prof.DR.Ir. Trinil

Susilawati., MS 0012116210 11/12/1962 Guru Besar*** Prof.Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Airlangga S3: Universitas Airlangga S1: Produksi Ternak S2: Ilmu Kesehatan Ternak S3: Manajemen Reproduksi Ternak 14 Prof.Dr.Ir.Hartutik

,MP 0003065604 06/03/1956 Guru Besar*** Prof.Dr.Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2,: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Nutrisi Ruminansia S3, Gizi Ruminansia 15 Prof.Ir. Ifar Subagiyo, M.Agr.St.PhD 001504 5604 15- 04-1956 Guru

Besar*** Prof.Ir.M.Agr.St.PhD S1: Universitas Brawijaya S2: Melbourne University-Australia S3: Wageningan Agricultural University-Netherland S1:Peternakan S2: Forage Livestock System S3:Animal Production System 16 Prof.Dr.Ir.

Kusmartono 0006045908 04/06/1959 Guru Besar*** Prof.Dr.Ir S1: Universitas Brawijaya S3: Massey University-Australia S1Peternakan S3: Nutrisi Ruminansia 17 Prof. DR.Ir.

Suyadi, MS 0003046208 04/03/1962 Guru Besar*** Prof.Dr.Sc.Agr.Ir.MS c. S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Airlangga S3: University of Goettingen-German S1:Peternakan S2: Imunologi S3: Bioteknologi Reproduksi 18 Dr.Ir. Moch.

Junus, MS 0002035505 05/02/1955 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: S1: Ilmu Ternak S2: Produksi Aneka Ternak S3: Produksi Aneka Ternak

(23)

Universitas Brawijaya 19 Ir.Hary Nugroho, MS 0007115203 11/07/1952 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2,: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Potong 20 Prof.Dr.Ir. Djalal Rosyidi, MS 0027095910 27- 09-1959 Lektor Kepala *** Dr.Ir.MS S1, Universitas Brawijaya S2, Universitas Padjadjaran S3, Institut Pertanian Bogor S1: Produksi Ternak S2: Teknologi Hasil Ternak S3Teknologi Hasil Ternak 21 Dr.Ir. Purwadi, MS 0016066007 16- 06-1960 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Airlangga S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Ilmu Kesehatan Masyarakat S3: Teknologi Hasil Ternak 22 Dr.Ir. Edhy Sudjarwo, MS 0029065704 29- 06-1957 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Unggas S3: Ilmu Ternak 23 Dr.Ir. Puguh Surjowardojo,MP 0016125706 16- 12-1957 Lektor

Kepala Dr.Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Perah S3: Produksi Ternak Perah

24 Ir. Agus Budiarto,

MS 0025085711 25-8-1957 Lektor Kepala** * Ir,MS S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Ilmu Ternak 25 Dr. Ir. Moch.

Nasich, MS 0006115505 11/06/1955 Lektor Kepala** * Ir,MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Potong S3: Produksi Ternak Potong

(24)

Universitas Brawijaya 26 Dr.Ir. Sucik Maylinda,MS 0028095604 28- 09-1956 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Produksi Ternak S3: Pemuliaan Ternak Ruminansia 27 Ir. Bambang SP., MS 0022104806 22- 10-1948 Lektor Kepala** * Ir.MS S1, Universitas Brawijaya S2, Institut Pertanian Bogor S1Ilmu Peternakan S2,: Produksi Ternak Potong 28 Ir. Umi Wisaptiningsih, MS 001510 5606 15- 10-1958 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Sosial Ekonomi Pertanian 29 DR.Ir.Sri Wahyuningsih, M.Si 001001 6408 01/10/1964 Lektor Kepala** * Dr.Ir.Msi S1: Institut Pertanian Bogor S2: Universitas Airlangga S3: Universitas Airlangga S1: Produksi Ternak S2: Biologi Reproduksi S3: Reproduksi Ternak 30 Ir. Endang

Setyowati, MS 0006115205 11/06/1952 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Perah 31 Ir.MB. Haryono, MS 0007045805 04/07/1958 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Ekonomi Peternakan 32 DR.Ir. Gatot.

Ciptadi, DESS 0012056010 05/12/1960 Lektor Kepala** * Dr.Ir.DES S S1: Universitas Gadjah Mada S2: IEMVT-Maison Alfort-Perancis S3: Universitas Brawijaya S1: Produksi Ternak S2:,Animal Production-Biotechnology S3: Pemuliaan Ternak

(25)

Thohari, MP 5907 1959 Kepala** * Universitas Brawijaya S2: Universitas Padjadjaran S2: Teknologi Hasil Ternak S3: Teknologi Hasil Ternak 34 Ir. Hermanto, MP 001105 6106 05/11/1961 Lektor Kepala** * Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Pakan Ternak

35 Ir. Manik Eirry

Sawitri, MS 0007095906 09/07/1959 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Udayana S2: Universitas Airlangga S1: Teknologi Hasil Ternak S2: Kesehatan Masyarakat 36 Ir. Muharlien, MP 000512 5704 12/05/1957 Lektor Kepala** * Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Unggas 37 DR.Ir. Nurul

Isnaini, MP 0006036607 03/06/1966 Lektor Kepala** * DR.Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Reproduksi Ternak S3: Manajemen Reproduksi 38 Dr. Ir. Herni Sudarwati, MS 0027025404 27- 02-1954 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Statistika S3: Ilmu Ternak 39 DR.Ir.Lilik Eka

Radiati,MS 0023085911 08/03/1959 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian Bogor S3: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Ilmu Pangan S3: Ilmu Pangan 40 Ir. Suprih

Bambang S., MS 0010065808 06/10/1958 Lektor Kepala** * Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S1: Sosial Ekonomi Peternakan

(26)

Pertanian Bogor Pedesaan 41 Ir. Mashudi, M.Agr.Sc 0019056108 19- 05-1961 Lektor Kepala** * Ir.M.Agr.S c S1, Institut Pertanian Bogor S2, Massey University-New Zealand S1: Produksi ternak S2: Animal Nutrition 42 M. Halim Natsir, S.Pt. MP 0024127105 24- 12-1971 Lektor Kepala** * S.Pt.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Nutrisi dan makanan ternak S2: Nutrisi dan makanan ternak 43 DR.Ir. Nuryadi, MS 0023055004 23- 05-1950 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Institut Pertanian BogorS3: Institut Pertanian Bogor S1: Peternakan S2: Reproduksi Ternak S3: Reproduksi Ternak

44 Ir. Tri Eko

Susilorini., MP 0011075810 07/11/1958 Lektor Kepala** * Ir.MP S1: Institut Pertanian Bogor S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Perah 45 DR.Ir. Osfar Sjofjan,M.Sc 0022046008 22- 04-1960 Lektor*** Dr.Ir.MSc S1: Universitas Padjadjaran S2: Wageningen Agricultural University- Netherland S3: Universitas Padjadjaran S1: Nutrisi dan Makanan Ternak S2: Poultry Nutrition S3: Bioteknologi Pakan Ternak 46 DR.Ir.Bambang Ali,MS.DAA. 0014046111 14- 04-1961 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MS.D AA S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada, S2: ENSA- Rennes-Perancis S3, UNSA- Nice-Perancis S1: Peternakan S2: Ekonomi Pertanian S2: Kebijakan Pertanian dan Kawasan S3: Kebijakan Pertanian

47 Ir. Siti Fatimah,

(27)

1949 Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada Ekonomi Peternakan 48 DR.Ir.V.M. Ani Nugihartiningsih, M.Sc 002306 6406 23- 06-1964 Lektor Kepala** * Dr.Ir.MSc S1: Universitas Gadjah Mada S2: Wageningen Agricultural University-Netherland S3: Martin Luther University-Jerman S1: Produksi Ternak S2: Pemuliaan Ternak S3: Pemuliaan Ternak 49 Ir. Trianti DJ., M.Agr.St 0003075502 03- 07-1955 Lektor Ir.M.Agr.St S1: Universitas Brawijaya S2: School of Agriculture and Forestry-Australia S1: Peternakan S2: Animal Production for Developing Countries

50 Ir. Siti Rochani A 000206

4905 06/02/1949 Lektor Ir. S1: Universitas Brawijaya

S1: Peternakan

51 Ir. Aris Sri Widati,

MS 0012096008 21- 09-1960 Lektor Ir.MS S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Ilmu dan Teknologi Pangan

52 Ir. Priyo Sugeng

Winarto, MA 0028076107 28- 07-1961 Lektor Ir.MA S1: Universitas Brawijaya S2: Institute of Social Studies-Netherland S1: Peternakan S2: Agricultural and Rural Development

53 Ir. Nur Cholis,

MSi 0026065908 26- 06-1959

Lektor Ir,Msi S1: Institut Pertanian Bogor S2: MIPA Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2 : Biologi Reproduksi 54 Dr.Ir. Mardjuki,

M.Sc 0004066311 06/04/1963 Lektor*** Dr.Ir.MSc S1: Universitas Brawijaya, S2: Wageningen Agricultural University-Netherland S1: Nutrisi Ternak S2: Animal Nutrition S3: Nutrisi Ternak

(28)

Universitas Brawijaya 55 Drh. Rositawati Indrati,MP 0029055913 29- 05-1959 Lektor Drh.MP S1: Universitas Airlangga S2: Universitas Padjadjaran S1: Parasitologi S2: Kesehatan Ternak 56 Dr. Ir. Irfan H. Djunaidi, M.Sc 0027066506 27- 06-1965

Lektor*** Ir.MSc S1: Institut Pertanian Bogor S2: Lanbouw Wageningen Universiteit Nedherlands S1: Peternakan S2: Animal nutrition S3: Nutrisi Unggas

57 Dr.Ir. Sri Minarti,

MP 0022016107 22- 01-1961

Lektor*** Dr.Ir.MP S1: Institut Pertanian Bogor S2: Universitas Gadjah Mada S3: Universitas Brawijaya S1: Peternakan S2: Ilmu Ternak S3: Produksi Aneka Ternak 58 Ir. Kuswati,MS 001107

5809 07/11/1958 Lektor Ir.MS S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Produksi Ternak Potong 59 Ir. Mustakim, MP 000406

5812 06/04/1958 Lektor Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Peternakan S2: Ilmu Peternakan 60 Abdul Manab, SPt.MP 0028087005 28- 08-1970 Lektor SPt.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Tehnologi Hasil Ternak S2: Ilmu dan Teknologi Pangan 61 Ir. Eko Widodo,

M.Agr.Sc.,M.Sc., PhD 000210 6307 10/02/1963 Lektor Kepala** * Ir, M.Agr.Sc. M.Sc. PhD S1: Universitas Brawijaya S2: Massey University-New Zealand S2: Shinshu University-Jepang S3: Gifu University-S1: Peternakan S2: Nutrisi Unggas S2: Nutrisi Unggas S3: Fisiologi Nutrisi Unggas

(29)

Jepang 62 Khotibul Umam Al. A. S.Pt. MP 0014037402 14- 03-1974 Lektor SPt.MSi S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Teknologi Hasil ternak S2: Bioteknologi

63 Ir. Hari Dwi

Utami, MS,PhD 0011036117 03/11/1961 Lektor*** Ir.MS.M.App.Sc.PhD S1: Universitas Gadjah Mada S2: Universitas Gadjah Mada S2: Massey University-Australia S3: Massey University-Australia S1: Ilmu Peternakan S2: Ekonomi Pertanian S2: Applied Science S3: Agriculture-Horticulture Manajemen 64 Drh.Masdiana

CH.P. M.App.Sc 0010025608 02/10/1956 Lektor Drh.M.App.Sc S1: Institut Pertanian Bogor S2: University of New South Wales-Australia S1: Kedokteran Hewan S2: Food Technology

65 Ir. Eny Sri

Widiastuti, MP 0002046007 04/02/1960 Lektor Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Produksi Ternak S2: Ilmu dan Teknologi Pangan 66 Siti Azizah, S.Pt.M.Sos.M.Co mmun 001206

7508 06/12/1975 Lektor SPt.M.Sos.M.Comm un S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawiajaya S2: University of Queensland-Australia S1: Produksi Ternak S2: Sosiologi Pembangunan S2: Communication for Rural and Regional Development 67 Agus Susilo,S.Pt,MP 0020087304 20- 08-1973 Lektor*** SPt.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjah Mada S1: Teknologi Hasil Ternak S2: Ilmu dan Teknologi Pangan 68 Ir. Siti Nurul

Kamaliyah., MP 0004046314 04/04/1963 Lektor Ir.MP S1: Institut Pertanian Bogor S2: Universitas S1: Agronomi S2: Nutrisi dan Makanan Ternak

(30)

69 Ir. Hanif Eko

Sulistyo,MP 0006016207 01/06/1962 Lektor*** Ir.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Agronomi S2: Pemuliaan Tanaman

70 Ir. Ita Wahyu

Nursita., M.Sc 0008056308 05/08/1963 Asisten Ahli Ir.MSc S1: Institut Pertanian Bogor S2: Wageningen University- Netherland S1: Peternakan S2: Animal Science 71 Achadiah Rachmawati, S.Pt.M.Si 001104

7602 04/11/1976 Asisten Ahli SPt.MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Produksi Ternak S2: Biologi Reproduksi Ternak 72 Herly Evanuarini,

SPt.,MP 0010017506 10/01/1975 Asisten Ahli SPt.,MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Teknologi Hasil ternak S2: Teknologi Hasil Ternak 73 Dedes Amertaningtyas, SPt.,MP 003004

7407 30/04/1974 Asisten Ahli SPt.,MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Teknologi Hasil ternak S2: Teknologi Hasil Ternak 74 Heli Tistiana,

SPt.MP 0026087406 26/08/1974 Asisten Ahli SPt.,MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Nutrisi dan makanan ternak S2: Nutrisi dan makanan ternak 75 Adelina Ari

Hamiyanti 0021027502 21/02/1976 Asisten Ahli SPt.,MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Gadjahmada S1: Sosial Ekonomi Peternakan S2: Produksi Ternak 76 Rini Dwi wahyuni,

S. Pt 0006048001 06/04/1980 Asisten Ahli SPt., M.Sc S1: Universitas Brawijaya S2:UB-PSU S1: Nutrisi dan Makanan Ternak S2:Animal Science 77 Artharini Irsyammawati, S. Pt 001610

7702 16/10/1977 Asisten Ahli S.Pt.,MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1: Nutrisi dan makanan ternak S2: Nutrisi dan makanan ternak

(31)

Pt,MSc 8002 1980 Ahli Universitas

Brawijaya Ekonomi Peternakan S2: Rural

Development Economic 79 Rizki Prafitri, S.

Pt 0015078201 15/07/1982 Asisten Ahli SPt S1: Universitas Brawijaya

S1: Sosial Ekonomi

Peternakan 80 Irida Novianti, S.

Pt. M.Agr.Sc 0024118102 24/11/1981 Asisten Ahli SPt., M.Agr.Sc S1: Universitas Brawijaya S2: Australia S1: Produksi Ternak S2: Agriculture 81 Heni Setyo Prayogi, S.Pt.M.ASc 002602

7802 26/02/1978 Asisten Ahli SPt.,M.ASc S1: Universitas Brawijaya S2:Haan University Jerman S1: Produksi Ternak S2: Biomolecular 82 Anie Eka Kusumastutie, S. Pt.M.Sc 002905

8003 29/05/1980 Asisten Ahli SPt, M.Sc S1: Universitas Brawijaya S2: UB-PSU S1: Sosial Ekonomi Peternakan S2: Agricultural Development 83 Firman Jaya, S.Pt. MP S.Pt., MP S1: Universitas Brawijaya S2: Universitas Brawijaya S1:Teknologi Hasil Ternak S2:Teknologi Pertanian

* Lampirkan fotokopi ijazah

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***) dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

4.3.2 Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PS:

No. Nama Dosen Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademik*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3 dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang

Pendidikan

(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)

* Lampirkan fotokopi ijazah.

** NIDN : Nomor Induk Dosen Nasional

*** Dosen yang telah memperoleh sertifikat dosen agar diberi tanda (***)dan fotokopi sertifikatnya agar dilampirkan.

(32)

perhitungan sesuai SK Dirjen DIKTI no. 48 tahun 1983 (12 sks setara dengan 36 jam kerja per minggu)

No . Nama DosenTetap sks Pengajaranpada Sks Pene-litian sks Pengab diankep adaMas ya-rakat sks Manajemen** Jumlah sks PS Sendiri PS lain PT sen-diri PT lain PT sen-diri PT lain (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 1. Prof.Dr.Ir.HariPurnomo ,M.App.Sc 7,50 5,0 0,50 2,75 15,75 2. Prof.Dr.Ir.LuqmanHakim,MS 9,00 1,00 1,00 2,00 13,00 3. Prof.Dr.Ir.Hendrawan S.,M.Rur,Sc 11,33 1,50 1,00 2,00 15,83 M 4. Prof.Dr.Drh.PratiwiTris unuwati,MS 7,20 2,00 1,50 4,00 14,70 5. Prof.Dr.,Ir. Achmanu 8,31 2,25 0,50 4,00 15,06

6. Prof.Dr.Ir. Siti Chuzaemi, MS 6,48 1,00 0,50 8,00 15,98 7. Prof.Dr.Ir. ZaenalFanani, MS 7,28 3,00 2,50 1,00 13,78

8. Ir. Irdaf, M.Si. 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

9. Ir. Sarwiyono,M.Agr.St 8,85 1,65 0,50 5,00 16,00 10. Prof.Dr.Ir..M.NurIhsan, MS 8,63 2,50 2,00 1,00 14,13 11. Prof.Dr.Ir.Woro Busono, MS 7,38 2,00 1,50 2,00 12,88 12. Prof.Dr.Ir.Budi Hartono, MS 7,13 2,00 0,50 3,00 12,63 13. Prof.Dr.Ir.TrinilSusilawati., MS 8,00 2,50 1,50 3,00 15,00 14. Prof.Dr.Ir.Hartutik,MP 8,50 2,50 0,50 2,79 14,29 15. Prof.Ir. IfarSubagiyo, M.Agr.St.PhD 7,25 2,80 0,50 3,50 14,05 16. Prof.Dr.Ir. Kusmartono 4,31 1,50 0,50 8,50 14,81

17. Prof. Dr.Ir. Suyadi, MS 8,50 1,50 1,00 3,00 14,00

18. Dr.Ir. Moch. Junus, MS 9,70 2,50 0,50 2,50 15,20

19. Dr.Ir.HaryNugroho, MS 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

20. Prof.Dr.Ir.DjalalRosyidi, MS 8,38 1,50 1,00 2,50 13,38

21. Dr.Ir. Purwadi, MS 9,00 2,00 1,00 3,00 15,00

(33)

23. Dr.Ir. PuguhSurjowardojo,M P 6,42 4,60 0,50 3,00 14,52 24. Ir. AgusBudiarto, MS 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

25. Dr.Ir. Moch. Nasich, MS 9,72 2,00 1,50 2,00 15,22

26. Dr.Ir. SucikMaylinda,MS 8,25 2,50 0,60 4,00 15,35 27. Ir. Bambang SP., MS 7,98 2,00 0,50 3,80 14,28 28. Ir. UmiWisaptiningsih, MS 8,08 2,00 1,50 1,50 13,08 29. Dr.Ir.SriWahyuningsih, M.Si 6,25 4,80 1,50 1,50 14,05 30. Ir. EndangSetyowati, MS 9,64 0,50 1,00 3,29 14,43 31. Ir.MB. Haryono, MS 9,19 2,00 0,50 3,00 14,69

32. Dr.Ir. Gatot. Ciptadi, DESS 9,25 2,70 0,50 3,00 15,45

33. Dr.Ir. Imam Thohari, MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

34. Ir. Hermanto, MP 7,25 3,00 0,50 2,50 13,25

35. Ir. ManikEirrySawitri, MS 8,43 3,00 1,00 2,00 14,43

36. Ir. Muharlien, MP 8,50 3,00 2,00 1,50 15,00

37. DR.Ir. NurulIsnaini, MP 8,92 1,40 0,50 3,00 13,82

38. Dr.Ir. HerniSudarwati, MS 7,50 2,50 1,40 4,00 15,40 39. Dr.Ir.Lilik Eka Radiati,MS 10,99 1,10 0,50 1,75 14,34 40. Ir. SuprihBambang S., MS 10,50 1,50 0,50 2,71 15,21

41. Ir. Mashudi, M.Agr.Sc 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

42. M. HalimNatsir, S.Pt. MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

43. Dr.Ir. Nuryadi, MS 7,75 3,50 1,50 3,00 15,75

44. Ir. Tri EkoSusilorini., MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

45. Dr.Ir. OsfarSjofjan,M.Sc 6,75 1,00 1,00 4,00 12,75

46. Dr.Ir.BambangAli,MS.DAA. 7,30 3,13 2,00 1,50 13,93

47. Ir. Siti Fatimah, MS 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00

48.

Dr.Ir.V.M.

AniNugihartiningsih,M. Sc

5,88 3,00 0,50 6,00 15,38

(34)

50. Ir. SitiRochani A, MS 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00

51. Ir. Aris Sri Widati, MS 10,42 1,00 1,00 2,79 15,21

52. Ir.

PriyoSugengWinarto, MA

12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

53. Ir. NurCholis, Msi 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

54. Dr.Ir. Mardjuki, M.Sc 8,38 2,50 1,00 4,00 15,88

55. Drh. RositawatiIndrati,MP 11,16 1,00 0,50 3,00 15,66 56. Dr.Ir. Irfan H. Djunaidi, M.Sc 8,67 2,30 0,50 3,50 14,97

57. Dr.Ir. Sri Minarti, MP 7,43 2,50 3,00 3,00 15,93

58. Ir. Kuswati,MS 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00 59. Ir. Mustakim, MP 12.00 0,00 0,00 0,00 12,00 60. Abdul Manab, SPt.MP 12.00 0,00 0,00 0,00 12,00 61. Ir. EkoWidodo, M.Agr.Sc.,M.Sc.,PhD 9,56 1,40 0,50 4,00 15,46 62. KhothibulUmam Al. A. S.Pt. MP 12.00 0,00 0,00 0,00 12,00 63. Ir. HariDwiUtami, MS,PhD 9,13 1,10 2,00 2,84 15,06 64. Drh.Masdiana CH.P. M.App.Sc 7,25 0,5 0,5 6,0 14,25

65. Ir. Eny Sri Widiastuti,

MP 9,88 1,50 1,50 1,79 14,67

66. SitiAzizah, S.Pt.M.Sos.M.Commun 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

67. AgusSusilo,S.Pt,MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

68. Ir. SitiNurulKamaliyah., MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00 69. Ir. Hanif Eko Sulistyo,MP 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00 70. Ir. ItaWahyuNursita., M.Sc 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00 71. AchadiahRachmawati, S.Pt.M.Si 8,46 2,10 2,00 2,50 15,06

72. HerlyEvanuarini, SPt.,MP 8,69 3,50 1,00 2,58 15,77

73. DedesAmertaningtyas, SPt.,MP 10,15 2,30 1,50 1,50 15,45

74. HeliTistiana, SPt.MP 11,32 1,00 1,00 2,00 15,32

75. Adelina Ari Hamiyanti 5,22 3,90 1,00 2,79 12,91

76. Rini Dwi wahyuni, S. Pt 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

(35)

78. EkoNugroho, S. Pt,MSc 9,00 1,50 0,50 5,00 16,00

79. RizkiPrafitri, S. Pt 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

80. IridaNovianti, S. Pt. 9,42 1,70 0,50 2,50 14,12

81. Heni Setyo Prayogi, S. Pt 5,88 3,50 0,50 5,00 14,88 82. Anie Eka Kusumastutie, S. Pt 12,00 0,00 0,00 0,00 12,00

83. Firman Jaja, S.Pt, MP 0,00 0,00 0,00 0,00 0,00

Jumlah 656,59 150,70 76,60 232,37 1.115,7

6

Rata-rata 7,75 1,77 0,90 2,73 12,97

Catatan:

Sks pengajaran sama dengan sks mata kuliah yang diajarkan. Bila dosen mengajar kelas paralel, maka beban sks pengajaran untuk satu tambahan kelas paralel adalah 1/2 kali sks mata kuliah. * rata-rata adalah jumlah sks dibagi dengan jumlah dosen tetap.

** sks manajemen dihitung sbb :

Beban kerja manajemen untuk jabatan-jabatan ini adalah sbb. - rektor 12 sks

- pembantu rektor / dekan 10 sks

- ketua sekolah tinggi / pembantu dekan 8 sks - ketua jurusan / ketua PS 6 sks

- sekretaris jurusan/ sekretaris PS 6 sks

- ketua laboratorium universitas/institut/sekolah tinggi 6 sks - ketua laboratorium jurusan/PS 3 sks

Bagi PT yang memiliki struktur organisasi yang berbeda, beban kerja manajemen untuk jabatan baru disamakan dengan beban kerja jabatan yang setara.

4.3.4 Tuliskan data aktivitas mengajar dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS, dalam satu tahun akademik terakhir di PS ini dengan mengikuti format tabel berikut: Semester Ganjil No . Nama Dosen Tetap Bidang Keahlian Kode Mata Kulia h Nama Mata Kuliah Juml ah Kelas Jumlah Pertemuan yang direncanak an Jumlah Pertemuan yang dilaksanaka n (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) 1. Prof.DR.Ir.Hari Purnomo,M.Ap p.Sc Ilmu Teknologi Hasil Ternak PET4

004 Ilmu Peng. & Tek. Pengolahan Daging 2 7 7 2. Prof.DR.Ir.Luq man Hakim, MS Ilmu Pemuliaan Ternak (Unggas) PEF

4002 Statistika Terapan dan Rancangan Percobaan 1 14 14 3. Prof.DR.Ir.Hen drawan S.,M.Rur,Sc Ilmu Gizi

Ruminansia PEM4003 Ilmu Nutrisi Ternak Ruminansia

(36)

4. Prof.DR.Drh.Pr atiwi

Trisunuwati,M S

Epidemiolo

gi Veteriner PEF4006 Epidemiologi 1 4 4

MAB 111 Biologi 1 7 7 5. Prof.DR.,Ir. Achmanu Produksi Ternak Unggas PEF4 009 Agribisnis Ternak Unggas 4 3 3 6. Prof.DR.Ir. Siti

Chuzaemi, MS Nutrisi Ruminansia PEM 4003 Ilmu Nutrisi Ternak Ruminansia 3 7 7 7. Prof.DR.Ir. Zaenal Fanani, MS Sosial Ekonomi Peternakan PES4 008 Manajemen Agribisnis Peternakan (07) 1 7 7 PEF

4005 Metpen dan Penulisan Karil 1 7 7 8. Ir.H. Sarwiyono,M.A gr.St Produksi

Ternak PEF 4008 Agribisnis Ternak Perah 1 7 7

PEP

4003 Ilmu Produksi Ternak Perah 4 7 7 9. Dr.Ir..M.Nur

Ihsan, MS Ilmu dan Teknologi Reproduksi

MAM

133 Dasar Komputer 3 14 14

10. Dr.Ir. Herni

Sudarwati, MS Nutrisi dan Makanan Ternak

PEF

4003 Statistik Terapan dan Rancangan Percobaan 2 14 14 11. Prof.DR.Ir. Woro Busono, MS Fisiologi

Produksi MAB 111 Biologi 1 7 6

PEF 4005 Metpen dan Penulisan Karil 1 7 7 12. Prof. Dr.Ir. Budi Hartono, MS Sosial Ekonomi Peternakan PES 4004 Teori Pemasaran 1 12 12 PEF4

005 Metpen dan Penulisan Karya Ilmiah

1 7 6

PES

4006

Perencanaan & Ev. Usaha Peternakan 1 4 4 13. Prof.DR.Ir. Trinil Susilawati., MS Manajemen Reproduksi Ternak MAB 111 Biologi 1 7 7 PEF4

005 Metpen dan Penulisan Karya Ilmiah

Figur

Tabel 1. Rekapitulasi jumlah ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang PS

Tabel 1.

Rekapitulasi jumlah ketersediaan pustaka yang relevan dengan bidang PS p.99
Tabel 2.  Jurnal yang tersedia/yang diterima secara teratur (lengkap), terbitan 3 tahun  terakhir

Tabel 2.

Jurnal yang tersedia/yang diterima secara teratur (lengkap), terbitan 3 tahun terakhir p.100

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :