PENGARUH LATIHAN SENAM YOGA TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA LANJUT USIA (LANSIA) Pengaruh Latihan Senam Yoga Terhadap Kualitas Tidur Pada Lanjut Usia (Lansia).

Teks penuh

(1)

PENGARUH LATIHAN SENAM YOGA TERHADAP

KUALITAS TIDUR PADA LANJUT USIA (LANSIA)

SKRIPSI

Disusun untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan dalam Mendapatkan Gelar Sarjana Fisioterapi

Disusun oleh :

BAIQ DELIGA AMITAMARA J 120151034

PROGRAM STUDI SARJANA FISIOTERAPI

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

(2)

ii

HALAMAN PERSETUJUAN

Skripsi dengan judul “PENGARUH LATIHAN SENAM YOGA

TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA LANJUT USIA (LANSIA)” telah disetujui dan disahkan oleh pembimbing untuk dipertahankan di depan Tim Penguji Skripsi yang menjadi syarat memperoleh gelar sarjana (S.Fis) di Program Studi S-1.

Mahasiswa Jurusan Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diajukan Oleh: Baiq Deliga Amitamara

J120151034

Pembimbing I Pembimbing II

(3)

iii

PENGESAHAN SKRIPSI

PENGARUH LATIHAN SENAM YOGA TERHADAP KUALITAS TIDUR PADA LANJUT USIA (LANSIA)

Disusun oleh : Baiq Deliga Amitamara

J120151034

Telah dipertahankan di depan Dewan Penguji Pada tanggal : Oktober 2015

Dan dinyatakan telah memenuhi syarat

1. Umi Budi Rahayu S.Fis., S.Pd., M.Kes ( )

2. Isnaini Herawati S.Fis., M.Kes ( )

3. Totok Budi Santosa S.Fis., S.Pd., M.Ph ( )

Surakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Dekan

(4)

iv

PERNYATAAN KEASLIAN

Saya menyatakan bahwa skripsi ini dengan judul “Pengaruh Latihan Senam Yoga Terhadap Kualitas Tidur pada Lanjut Usia (Lansia)” adalah hasil dari pekerjaan saya sendiri dan sepanjang pengetahuan saya tidak berisi materi yang dipublikasikan orang lain atau telah dipergunakan dan diterima sebagai persyaratan penyelesaian studi pada Universitas lain, kecuali pada bagian tertentu yang telah dinyatakan dalam teks.

Apabila skripsi ini merupakan jiplakan dari orang lain maka saya siap menerima sanksi akademik maupun hukum.

Surakarta, 02 November 2015

(5)

v MOTTO

“Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya kepada kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di

dunia dan di akhirat.” (H.R Ar-Rabii’)

“Sesungguhnya bersama kesukaran itu ada keringanan. Karena itu bila kau sudah selesai (mengerjakan yang lain). Dan berharaplah kepada Tuhanmu.”

(QS. Al Insyirah: 6-8)

“Jadilah seperti karang di lautan yang selalu kuat meskipun terus dihantam ombak dan lakukanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain,

karena hidup tidak abadi.”

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalatmu sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

(Al Baqarah: 153)

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati, saya persembahkan Skripsi ini kepada:

1. Allah Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah Nya yang telah memberikan kesehatan, kekuatan, dan kesabaran dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini. Tiada yang maha pengasih lagi penyayang selain Engkau Ya Allah. Nabi Muhammad SAW atas ridha dan rahmat yang telah diberikan. 2. Kedua orang tuaku tercinta, Lalu Abd. Rahim Tanwir dan Baiq Rohayati, ini

anakmu mencoba memberikan yang terbaik untukmu, berusaha membuatmu bangga dengan diri ini. Terima kasih atas segala pengorbanan dan kasih sayang yang tak ternilai. Terima kasih untuk dukungan moril maupun materil. Terima kasih untuk setiap ucapan doa yang kalian panjatkan. Dan terima kasih atas semangat dan dukungan yang tak henti-hentinya kalian berikan.

3. Saudariku yang betingkah, Baiq Alivia Ariesta Sari terimakasih atas doa dan dukungan yang diberikan.

4. Sahabat-sahabatku Dewi Larasati Tristiana, Baiq Rizka Aisya Rahman, Yuniar Hairiyarsi, Dewi Septiarini, Ayunintya Kemalasari Putri, Rahmi Fitri Ramdhani, Madinatul Munawarah, Olin Cintyaningrum terima kasih untuk semangat dan nasihat yang telah kalian berikan. Terima kasih telah mengajarkan arti persahabatan yang sebenarnya.

(7)

vii

“PENGARUH LATIHAN SENAM YOGA TERHADAP KUALITAS TIDUR

PADA LANJUT USIA (LANSIA)”

V Bab, 47 Halaman, 8 Tabel, 2 Gambar, 7 Lampiran

(Dibimbing oleh : Umi Budi Rahayu S.Fis., S.Pd., M.Kes dan Yulisna Mutia Sari S.St.FT., M.Sc (GRS)

Latar Belakang: Setiap manusia dalam kehidupannya akan mengalami proses menjadi tua yang dikenal dengan lanjut usia (lansia). Periode lansia adalah periode penutup dalam rentang hidup seseorang yaitu suatu periode dimana seseorang telah beranjak jauh dari periode terdahulu yang lebih menyenangkan atau beranjak dari waktu yang penuh dengan manfaat. Lansia yang mengalami perubahan fisiologis pada sistem neurologis menyebabkan gangguan tidur. Untuk mengatasi masalah gangguan tidur pada lansia salah satunya adalah dengan melakukan latihan senam yoga untuk meningkatkan kualitas tidur pada lanjut usia (lansia).

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh latihan senam yoga terhadap kualitas tidur pada lanjut usia (lansia).

Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan design penelitian Pre and Post two group design dengan membandingkan antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol yang dilakukan selama 4 minggu dengan besar sampel 24 responden. Tehnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon untuk uji pengaruh dan Mann Whitney untuk uji beda pengaruh.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian kualitas tidur lansia pada kelompok kontrol didapat hasil yang tidak signifikan. Hasil uji pengaruh menggunakan wilcoxon didapat hasil p= 0,230 dengan p> 0,05, dapat disimpulkan tidak ada pengaruh yang signifikan latihan senam yoga terhadap kualitas tidur dan pengaruh latihan senam yoga terhadap kualitas tidur lansia pada kelompok perlakuan menggunakan uji wilcoxon didapat hasil p= 0,002 dengan p< 0,05, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan latihan senam yoga terhadap kualitas tidur lansia. Untuk uji beda pengaruh antara 2 perlakuan dilakukan menggunakan uji Mann Whitney dengan hasil p=0,000 dengan p< 0,05, didapat hasil ada perbedaan kualitas tidur yang signifikan antara kelompok kontrol yang tidak diberikan latihan senam yoga dengan kelompok perlakuan yang diberikan latihan senam yoga.

Kesimpulan: ada perbedaan yang signifikan terhadap kualitas tidur pada kelompok kontrol yang tidak diberikan latihan senam yoga dan kelompok perlakuan yang telah diberikan latihan senam yoga.

(8)

viii ABSTRACT

UNDERGRADUATE PHYSIOTHERAPY COURSES THE FACULTY OF HEALTH SCIENCES MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF SURAKARTA THESIS, October 2015 47 Pages BAIQ DELIGA AMITAMARA

"THE INFLUENCE OF GYMNASTICS EXERCISES OF YOGA ON QUALITY OF SLEEP IN THE ELDERLY (ELDERLY)"

Chapter V, 47 pages, 8 tables, 2 images, 7 attachments

(Guided by the: Umi Budi RahayuS.Fis., S.Pd.,M.Kes and YulisnaMutia Sari S.St.FT., M.Sc (GRS)

Background: Every man in her life is going through the process of becoming older physically and biologically, known as the elderly. Elderly period is a period where the life span of a person that is a period in which someone has been moving away from the earlier periods to be happier or moving on from full time with lot of benefits. Elderly who experience physiological changes on the neurological system causing sleep disturbances. To address the problem of sleep disorders in the elderly, one of which is to do a gymnastic practice yoga to improve sleep quality in elderly.

Objectives: To know the influence of calisthenics exercise of yoga on quality of sleep in the elderly.

Research methods:This type of research is quasi alphabets experiment with design Pre and Post two group designs by comparing between treatments with control group performed for 4 weeks with a large sample of 24 respondents. The data analysis techniques in this study using the Wilcoxon test for influence and Mann Whitney test to differentinfluences.

Research results: this research found that elderly sleep quality in the control group gained result is not significant. Using the Wilcoxon test result influence obtained the result p> 0,05 with p= 0,230, it can be concluded there is no significant influence on the gymnastics exercises of yoga on quality of sleep and the influence of gymnastics exercise of yoga on quality of sleep in the elderly group treatment using the Wilcoxon test p= 0,002 result obtained by p< 0,05, it can be concluded there is a significant influence of gymnastics exercises of yoga on quality of sleep the elderly. To test the influence of the difference between the 2 treatment performed using Mann Whitney test with the result p= 0,0001 with p< 0,05, the obtained result no difference significant sleep quality among a control group not given the gymnastics exercises with yoga group treatment gymnastics exercise given yoga.

Conclusion: There is a significant difference to the quality of sleep on a control group not given the yoga and gymnastics group exercise treatment has given gymnastics exercises of yoga.

(9)

ix

KATA PENGANTAR Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi yang berjudul “Pengaruh Latihan Senam Yoga Terhadap Kualitas Tidur pada Lanjut Usia (Lansia)”. Skripsi ini diajukan guna melengkapi

tugas dan memenuhi sebagaian persyaratan menyelesaikan Program Pendidikan Sarjana Fisioterapi.

Dalam penyusunan skripsi ini penulis banyak mendapatkan bimbingan, arahan, serta masukan dari berbagai pihak dalam menyelesaikannya. Untuk itu dengan segala kerendahan hati penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Bambang Setiadji, selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Dr Suwaji, M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

3. Ibu Isnaeni Herawati, S.Fis, S.Pd, M.Sc selaku Kepala Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 4. Ibu Umi Budi Rahayu S.Fis., S.Pd., M.Kes. selaku dosen pembimbing I dan

Ibu Yulisna Mutia Sari S.St.FT., M.Sc (GRS) yang telah sabar dan ikhlas membimbing penulis dalam penyusunan Skripsi ini.

(10)

x

6. Ibu-ibu responden yang dengan ikhlas membantu dalam proses pembuatan skripsi ini.

7. Papa dan Mama tercinta yang telah memberikan motivasi, semangat, dukungan, dan doa sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

8. Untuk teman hidup selama penulis menempuh perkuliahan Dewi Larasati Tristiana tetap bersama saat sakit, sehat, senang, dan duka.

9. Untuk sahabat-sahabat dan teman-teman fisioterapi semoga kalian semua sukses selalu.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan Skripsi ini. Oleh karena itu penulis mohon maaf dan berharap adanya kritik serta saran yang bersifat membangun agar Skripsi ini menjadi sempurna.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Surakarta, 02 November 2015

(11)
(12)

xii

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN... 27

A. Gambaran Umum Penelitian ... 27

B. Hasil Penelitian ... 27

1. Karakteristik Responden ... 27

2. Analisis Univariat ... 28

3. Analisis Bivariat ... 32

C. Pembahasan ... 36

1. Deskripsi Responden Berdasarkan Umur ... 36 2. Pengaruh Senam Yoga terhadap Kualitas Tidur Lansia

(13)

xiii

3. Perbedaan Nilai Kualitas Tidur Lansia yang Bertempat Tinggal di sekitar Sanggar Senam RM 7 Sebelum dan

Sesudah Senam Yoga ... 43

D. Keterbatasan Penelitian ... 45

BAB V PENUTUP ... 46

A. Simpulan... 46

B. Saran ... 46 DAFTAR PUSTAKA

(14)

xiv

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Rancangan Penelitian ... 22 Tabel 4.1 Distribusi Karakteristik Umur Responden ... 28 Tabel 4.2 Kualitas Tidur Lansia yang Bertempat Tinggal di sekitar

Sanggar Senam RM 7 pada Kelompok Kontrol ... 29 Tabel 4.3 Kualitas Tidur Lansia yang Bertempat Tinggal di sekitar

Sanggar Senam RM 7 pada Kelompok Perlakuan ... 30 Tabel 4.4 Distribusi Kualitas Tidur (PSQI) pada Kelompok Perlakuan dan

Kelompok Kontrol... 31 Tabel 4.5 Kualitas Tidur Lansia yang Bertempat Tinggal di sekitar

Sanggar Senam RM 7 pada Kelompok Kontrol ... 33 Tabel 4.6 Pengaruh Senam Yoga terhadap Kualitas Tidur Lansia yang

Bertempat Tinggal di sekitar Sanggar Senam RM 7 pada Kelompok Perlakuan ... 34 Tabel 4.7 Perbedaan Kualitas Tidur Lansia yang Bertempat Tinggal di

(15)

xv

DAFTAR GAMBAR

(16)

xvi DAFTAR GRAFIK

(17)

xvii

DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian

Lampiran 2 Surat Persetujuan

Lampiran 3 Surat Keterangan Instruktur Lampiran 4 Kuesioner

Lampiran 5 Hasil Analisa Statistik Lampiran 6 Dokumentasi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...