Disusun oleh: Agus Romadhon NIM :

27 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

“ANALISIS EKONOMI ISLAM TERHADAP EFEKTIVITAS PENGUMPULAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) DALAM PENDAPATAN PAJAK DI KANTOR PELAYANAN

PAJAK (KPP) PRATAMA SEMARANG BARAT” SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Melengkapi Syrarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Strata 1 dalam Ilmu Ekonomi Islam

Disusun oleh: Agus Romadhon NIM : 102411008

EKONOMI ISLAM

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG 2017

(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

MOTTO

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, danjangan

tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada allah,

sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (QS. al- Maidah: 2)

(8)
(9)

PERSEMBAHAN

Dengan segenap kerendahan hati kupersembahkan Skripsi ini kepada orang-orang yang telah memberikan warna dalam hidupku :

1. Orangtuaku tercinta Bapak Nasirudindan Ibu Siti Rokhaniyang senantiasa mendukung dalam setiap langkahku dan selalu memberikan kasih sayang, bantuan dan dorongan dengan tulus, ikhlas dan moril serta materil. Ini adalah sebagai perjuangan dan cita-citaku. Do’a dan dukungan darimu senantiasa terus kuharapkan agar langkahku esok terus maju.

2. Terimakasih untuk Kekasihku tercinta Fatlinatul Mina yang selalu mendukung dan membantu setiap aku butuhkan serta motivasi, dan semangatnya, yang selalu menemani langkah ini hingga terselesaikan-nya hasil karya terindah ini.

3. Kakak-kumas yudi dan istrinya, mba yu-ku Nur Faridha dan suaminya, adik-adikku Miftakhul Mizan dan DesiKurniawan serta keponakan-ku Isma, AFAL dan Dina yang lucu-lucu terimakasih kalian selalu memberi keceriaan dan penghapus lelah untuk Om.

4. Untuk saudara-saudaraku, trimakasih atas do’a dan dukungannya dalam penyelesaian skripsi ini.

5. Untuk sahabat-sahabatku Ahmad Faid nuryasin, Ahmad Budianto, Farida, Nur Laila, Siham, Jamal Latif, dll yang tidak saya sebutkan namanya, terima kasih atas nasihat, dukungan dan bantuanya selama ini.

(10)

6. Untuk teman-teman EI. Satu angkatan, HMJ Ekonomi Islam, PMII REMI, HubburRosul Semarang, IMPP dan Karangtaruna Desa Pakembaran Generasi Remaja Masjid I’thoillah Sejati (GRIMIS), kalian yang telah mengajarkanku arti dari persahabatan untuk menjadi sebuah persaudaraan dalam satu keluarga besar yang saling mendukung dan mendoakan disetiap langkah perjuangan hidup ini.

7. Untuk keluarga besar Jama’ah Musola An Nur Purwoyoso Ngaliyan, terima kasih atas Do’a dan dukungannya.

Akhirnya kupersembahkan karya sederhana ini untuk ketulusan kalian semua semoga apa yang saya impikan akan menjadi kenyataan. Amiiin,...

(11)

DEKLARASI

Dengan penuh kejujuran dan tanggungjawab, penulis menyatakan bahwa skripsi ini tidak berisi materi yang telah pernah ditulis oleh orang lain atau diterbitkan. Demikian juga skripsi ini tidak berisi satu pun pikiran-pikiran orang lain, kecuali informasi yang terdapat dalam referensi yang dijadikan bahan rujukan.

Semarang, 10 Januari 2017 Deklarator,

AGUS ROMADHON NIM: 1202411008

(12)
(13)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang efektivitas pengumpulan Pajak Pertambahan Nilai, seberapa besar jumlah yang terealisasi Pajak Pertambahan Nilai yang telah di anggarkan setiap tahunnya oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat. Pengusaha Kena Pajak dalam satuan mata uang rupiah dan hal-hal Bagaimana Efektivitas Pengumpulan PPN dalam pendapatan pajak,Faktor apa saja yang mempengaruhi Efektivitas Pengumpulan PPN dalam pendapatan pajak dan Bagaimana Analisis Ekonomi Islam terhadap Efektivitas Pengumpulan PPN dalam pendapatan pajak di KPP Pratama Semarang Barat.

analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Jenis datayang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder dan dengan menggunalan teknik dokumentasi dan wawancara.

(14)
(15)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, penguasa alam semesta karena segala rahmat, taufiq dan hidayah-Nya. Tak lupa kita panjatkan shalawat dan salam kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Skripsi yang berjudul “ANALISIS EKONOMI ISLAM TERHADAP EFEKTIVITAS PENGUMPULAN PAJAK PETAMBAHAN NILAI (PPN) DALAM PENDAPATAN PAJAK DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SEMARANG BARAT”. Skripsi ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu syarat guna menyelesaikan pendidikan S1 pada jurusan Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa proses penyusunan Skripsi ini dapat selesai berkat bantuan dari pihak, bimbingan dan dorongan serta perhatianya. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Prof. Dr.H. Muhibbin, M.Ag selaku Rektor Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

2. Bapak Dr. H. Imam Yahya, M.Ag selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. 3. Bapak H. Ahmad Furqon Lc.MA selaku Kepala Jurusan Ekonomi

Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

(16)

4. Bapak M. Nadhir M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

5. Bapak Drs. Saekhu, MH. (selaku pembimbing 1), dan Bapak Drs. Zaenuri, MH. (selaku pembimbing 2) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Yang telah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk memberikan pengarahan dan bimbingan dalam penyusunan Skripsi ini.

6. Seluruh dosen pengajar Program S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.

7. Orangtuaku Bapak Nasirudindan Ibu Siti Rokhaniyang senantiasa mendukung dalam setiap langkahku. Dan selalu memberikan kasih sayang, do’a, dorongan, dan bantuan dengan tulus, ikhlas dan moril serta materil.

8. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat dan Kanwil Jawatengah yang telah berkenan memberikan ijin untuk melakukan penelitian di tempat tersebut.

9. Staf Administrasi Perpajakan Kantor Pelayanan Pajak Semarang Barat Ibu Via Anggraini yang telah bersedia di wawancara terkait dalam penyelesaian penelitian ini.

(17)

Penulis percaya bahwa Skripsi ini masih jauh dari sempurna, sehingga penulis akan sangat berterimakasih atas kritik dan saran yang bersifat membangun guna penyempurna Skripsi ini.

Akhirnya penulis berharap semoga Skripsi ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Semarang, 10 Januari 2017 Penulis

AGUS ROMADHON NIM: 1202411008

(18)
(19)

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN

Penulisan transliterasi Arab-Latin dalam penelitian ini menggunakan pedoman transliterasi dari keputusan bersama Menteri Agama RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI no. 150 tahun 1987 dan no. 05436/U/1987. Secara garis besar uraiannya adalah sebagai berikut:

1. Konsonan Huruf

Arab Nama Huruf latin Nama

ا alif - - ب ba B Be ت ta T Te ث sa Ṡ es dengan titik diatas ج jim J Je

ح ha Ḥ ha dengan titik di bawah

خ kha Kh Ka-ha

د dal D De

ذ zal Ż ze dengan titik

diatas

ر ra’ R Er

ز zai Z Zet

س sin S Es

ش syin Sy es-ye

ص sad Ṣ es dengan titik di bawah

ض d{ad Ḍ de dengan titik

dibawah

ط ta Ṭ te dengan titik

(20)

ظ za Ẓ ze dengan titik dibawah

ع ‘ain ‘ koma terbalik

diatas غ ghain G Ge ف fa F Ef ق qaf Q Ki ك kaf K Ka ل lam L El م mim M Em ن nun N En و wau W We ه ha H Ha ء hamzah ' Apostrof ي ya’ Y Ya 2. Vokal a. Vokal Tunggal Tanda

Vokal Nama Huruf Latin Nama

َ fatḥah A A

َ Kasrah I I

َ ḍammah U U

b. Vokal Rangkap

Tanda Nama Huruf Latin Nama

ي fatḥah dan ya Ai a-i و fatḥah dan wau Au a-u Contoh: فيك kaifa لوح ḥaula xiii

(21)

c. Vokal Panjang (maddah):

Tanda Nama Huruf

Latin Nama

ا fatḥah dan alif Ā a dengan garis di atas ي fatḥah dan ya Ā a dengan garis di

atas ي

kasrah dan ya Ī i dengan garis di atas و ḍammah dan wau Ū u dengan garis diatas Contoh: لاق qāla ليق qīla ىمر ramā لوقي yaqūlu 3. Ta Marbūah

a. Transliterasi Ta’ Marbūṭah hidup adalah “t” b. Transliterasi Ta’ Marbūṭah mati adalah “h”

c. Jika Ta’ Marbūṭah diikuti kata yang menggunakan kata sandang “ل ا ” (“al-”) dan bacaannya terpisah, maka Ta’ Marbūṭah tersebut ditranslitersikan dengan “h”.

Contoh:

(22)

ةضور

لافطلأا rauḍatul afal atau rauah al-afal ةنيدملا

ةرونملا al-Madīnatul Munawwarah, atau al-madīnatul al-Munawwarah

ةحلط Ṭalatu atau alah

4. Huruf Ganda (Syaddah atau Tasydid)

Transliterasi syaddah atau tasydid dilambangkan dengan huruf yang sama, baik ketika berada di awal atau di akhir kata. Contoh:

ل ّزن nazzala

ّربلا al-birr

5. Kata Sandang “لا “

Kata Sandang “لا ” ditransliterasikan dengan “al” diikuti dengan tanda penghubung “_”, baik ketika bertemu dengan huruf qamariyah maupun huruf syamsiyyah.

Contoh:

ملقلا al-qalamu سمشلا al-syamsu 6. Huruf Kapital

Meskipun tulisan Arab tidak mengenal huruf kapital, tetapi dalam transliterasi huruf kapital digunakan untuk awal kalimat, nama diri, dan sebagainya seperti ketentuan dalam EYD. Awal kata sandang pada nama diri tidak ditulis dengan huruf kapital, kecuali jika terletak pada permulaan kalimat.

Contoh: امو دمحم لاا

لوسر Wa mā Muhammadun illā rasūl

(23)

DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ... i PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii PENGESAHAN ... iii MOTTO ... iv PERSEMBAHAN ... v DEKLARASI ... vi ABSTRAK ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

TRANSLITERASI ... x

DAFTAR ISI ... xiv

DAFTAR TABEL ... xv

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 7

C. Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian ... 8

D. Telaah Pustaka ... 9

E. Metode Penelitian ... 10

F. Sistematika Penulisan ... 12

BAB II EFEKTIVITAS PENGUMPULAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) A. Pemahaman Tentang Pajak ... 14

1. Pengertian Pajak dalam Islam dan Undang-undang ... 14

(24)

2. Fungsi Pajak ... 17

3. Syarat Pemungutan Pajak ... 18

4. Sistem Perpajakan ... 20

5. Azas Pemungutan Pajak ... 21

6. Dasar Hukum Ketentuan Pajak... 21

7. Karakteristik Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia... 25

8. Sistem Peradilan Pajak di Indonesia ... 27

9. Timbul dan Hapusnya Utang Pajak ... 28

10. Hambatan Pemungutan Pajak ... 29

B. Pemahaman Jenis-jenis Pajak Dalam Islam ... 29

C. Teori-teori yang Mendukung Pemungutan Pajak .. 33

D. Pajak Pertambahan Nilai ... 34

1. Barang Kena Pajak (BKP) ... 34

2. Jasa Kena Pajak (JKP) ... 36

3. Subjek dan Objek Pajak Pertambahan Nilai . 41 4. Cara Kerja Sistem dan Penghitungan PPN ... 42

5. Tarif Pajak Pertambahan Nilai ... 43

6. Pengukuhan Pajak Pertambahan Nilai ... 44

7. Surat Pemberitahuan (SPT) Masa ... 44

8. Dasar Pengenaan PPN ... 46

E. Teori Efektivitas dan Pendapatan ... 48

1. Pengertian Efektivitas ... 48

2. Pendapatan atau Realisasi Penerimaan ... 49

(25)

F. Refleksi Pemikiran Para Tokoh Terhadap

Ketentuan Pajak ... 51

BAB III GAMBARAN UMUM KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA SEMARANG BARAT A. Profil KPP Pratama Semarang Barat ... 55

B. Visi dan Misi KPP Pratama Semarang ... 57

C. Jam Kerja ... 57

D. Struktur Organisasi ... 58

E. Tugas dan Fungsi ... 58

F. Program Kerja KPP Pratama Kota Semarang Barat 62 G. Metode Pengumpulan PPN di KPP Pratama Kota Semarang Barat ... 66

H. Pendapatan PPN di KPP Pratama Kota Semarang Barat ... 66

BAB IV ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN A. Analisis Efektivitas Pengumpulan PPN dalam Pendapatan Pajak di KPP Pratama Semarang Barat ... 68

B. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Pengumpulan PPN dalam Pendapatan Pajak di KPP Pratama Semarang Barat ... 72

C. Analisis Perspektif Ekonomi Islam terhadap Efektivitas Pengumpulan PPN dalam Pendapatan Pajak di KPP Pratama Semarang Barat ... 74

(26)

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan ... 77 B. Saran ... 78 C. Penutup ... 78 DAFTAR PUSTAKA DAFTAR LAMPIRAN BIODATA PENELITI xix

(27)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1: Klasifikasi Pengukuran Efektivitas ... 29

Tabel 3.1: Jam Kerja Karyawan... 37

Tabel 3.2: Luas wilayah kerja KPP Pratama Semarang Barat ... 47

Tabel 3.3: Data realisasi penerimaan PPN KPP Pratama Semarang Barat... 48

Tabel 4.1: Data realisasi penerimaan PPN KPP Pratama Semarang Barat... 55

Tabel 4.2: Target PPN pertahun ... 56

Tabel 4.3: Target dan relisasi PPN ... 58

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :