Hari hari yang mengubah hidup saya

Teks penuh

(1)

Kisah nyata anak bebakat (gifted)

Brief autobiography Page 1

Hari-hari yang mengubah hidup saya.

Diperlukan sepuluh hari untuk belajar pengajaran tiga tahun.

Oleh Surachman Dimyati

Universitas Terbuka-Indonesia

sdimyati@ecampus.ut.ac.id

Saat itu sekitar akhir Oktober 1966, sudah lama sekali. Pada hari itu sekolah saya, SMP negeri membagikan buku Rapor untuk catur wulan satu. Saya adalah seorang siswa kelas Sembilan atau kelas 3 SMP saat itu. Sekolah itu adalah SMP Negeri Kertosono, sebagai satu-satunya SMP Negeri di kota Kertosono. Meskipun itu hanya sebuah kota kecil, namun, lokasi geografisnya sangat strategis secara ekonomi, karena jalur transportasi. Menuju arah barat kota terletak kota Nganjuk, dan Madiun di mana sangat terkenal dengan "Pecel Madiun", masakan rasa kacang yang lezat dari Jawa Timur. Mengarah ke Timur terletak Jombang di mana "Goes Dur lahir", Mojokerto, kota Azinomoto dan Surabaya, kota pahlawan serta kota terbesar kedua di Indonesia dan sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur. Mengarah ke Selatan terletak kota Pare, dan Kediri , kota yang terkenal dengan kota Tofu atau "Tahu". Nah kemudian menuju arah ke Utara terletak Patianrowo sebagai kota lebih kecil dari Kertosono dan kota ini memiliki pabrik gula yang sangat terkenal pada saat itu. Jadi orang-orang yang datang dari manapun saja sebagian besar melewati kota kecil saya yang bersejarah Kertosono, Jawa Timur, Indonesia di mana saya dilahirkan.

(2)

Kisah nyata anak bebakat (gifted)

Brief autobiography Page 2

Kembali ke surat pemecatan. Beruntung, saya punya solusinya! Solusi yang baik. Saya berharap ini akan jalan. Apa solusi yang mungkin mengubah hari-hari dalam hidup saya itu? Berikut adalah solusinya. Saya akan meminta jangka waktu pemulihan selama 2 bulan kepada kepala sekolah.

Di hari berikutnya, setelah menerima surat pemberhentian, saya seharusnya tidak diizinkan untuk datang ke sekolah lagi. Dengan jantung saya berdetak hebat, saya datang ke kantor kepala sekolah. Beliau memiliki disiplin yang sangat kuat untuk menjalankan sekolah. saya mengetuk pintupelan-pelan.saya ketakutan. Rasanya seperti kucing bertemu anjing galak. Tidak ada jawaban dari dalam. Lalu aku mengetuk pintu lebih keras lagi. Lagi-lagoi saya sangat ketakutan. Saya berharap bahwa hari itu merupakan hari keberuntunganku. Ada suara seseorang dari dalam mengatakan: "Ayo, silakan masuk". Saya datang ke ruangan dengan wajah menunduk ketakutan. Kemudian, suara berteriak terdengar. Kepala sekolah: "kamu Surachman! Kok berani-beraninya kamu datang ke sini. Kamu bukan siswa sekolah ini lagi. Surat pemecatan telah dikeluarkan sebagai hasil dari keputusan dewan guru. Kami semua sudah menyerah dan tidak dsanggup mendidik kamu. kamu hampir tidak pernah muncul di ruang kelas untuk jangka waktu yang lama. Ini adalah catatan terburuk yang pernah dimiliki sekolah tentang pribadi siswa. kamu tidak memiliki buku catatan di hampir semua mata pelajaran. Jadi, apa yang kamu inginkan selanjutnya? "

Ini membuat saya mempunyai semangat yuang lebih kuat untuk mengatakan sesuatu. Dengan suara gemetar namun perlahan dan meyakinkan aku berkata: "Pak Sonny, bapak adalah kepala sekolah di sini. bapak memiliki kekuasaan tertinggi. Saya adalah salah satu murid sekolah yang baik ini. Jadi saya anak Bapak. Bapak seperti bapakku sendiri. Ini tidak adil jika Bapak benar-benar bertindak sebagai bapak saya untuk menghentikan saya untuk menjadi anak Bapak. Hal ini seperti bapak mengeluarkan saya dari rumah. Saya tahu kebiasaan buruk saya, hal ini merusak reputasi sekolah. Karena itu itu membuatbapak dan semua guru malu tentang saya. Tapi saya pikir Bapak adalah masih bapakku di sekolah ini. Oleh karena itu saya mohon waktu pemulihan. Saya mohon, saya mohon, waktu dua bulan, dan hanya dua bulan saja". Beliau mengangguk. Beliau, Pak Sonny Kepala sekolah, menatap wajah saya. Pertama, wajahnya berubah dari marah menjadi lembut, memaafkan. Jadi saya menggunakan situasi yang baik ini untuk meyakinkan dia. Aku berkata: "Mr Sonny, sekali lagi, saya mohon waktu pemulihan hanya dua bulan. Jika dalam jangka waktu tersebut, saya tidak bisa mengubah kebiasaan buruk saya, bapak tidak perlu memecat saya, tapi saya akan pergi dari sekolah ini, karena saya akan merasa malu bahwa saya tidak bisa menepati janji ".

Dia berkata tegas: "baiklah nak, aku percaya padamu. Saya akan menjelaskan hal ini kepada semua guru di pertemuan berikutnya. Selamat Surachman ".

(3)

Kisah nyata anak bebakat (gifted)

Brief autobiography Page 3

adalah yang terjelek, yang paling malas. Untungnya ia mengizinkan saya untuk menggunakan buku-buku hanya dalam liburan itu. Buku-buku catatan dari semua mata pelajaran dari kelas 7 sampai kelas 9 ( Kelas 1 s/d 3 SMP) luar biasa lengkap. Semua buku catatan bersampul kertas berwarna kuning, hijau, merah, dan cokelat. buku-Buku-buku catatan itu sangat rapi. Aku menghabiskan sepuluh hari untuk membaca dan mempelajari catatan selama tiga tahunpengajaran di semua mata pelajaran di tingkat SMP dalam 10 hari!

Ketika catur wulan ke dua dimulai, waktu itu sekitar November 1966, sudah lama dan lama sekali . Saya menghadap dan bertanya kepada guru penasihat saya untuk mengizinkan saya dapat duduk di barisan paling depan di kelas. Kelas saya adalah kelas IIIB. Ada empat kelas kelas 3 SMP. Kelas-kelas itu adalah IIIA, IIIB, IIIC, dan IIID. Beliau setuju untuk membantu saya mendapatkan tempat duduk itu. Akhirnya, saya dapat duduk di barisan depan pertama di kelas.

Saya selalu datang ke sekolah lebih awal dari siswa lain. Saya sudah siap untuk belajar di semua mata pelajaran. Hari pertama, hampir semua guru dan siswa hanya mentertawakan saya. Mereka heran mengapa saya yang biasanya duduk di baris terakhir dari kelas dekat dengan pintu belakang, maka pada hari itu saya duduk di tempat yang berbeda dari yang di mana aku biasa duduk. Nah, pintu belakang ini telah membantu pengalaman jelek yang membuat saya mampu keluar dari ruang kelas. Saya tidak suka untuk hadir dalam hampir setiap mata pelajaran, kecuali olahraga dan musik.

(4)

Kisah nyata anak bebakat (gifted)

Brief autobiography Page 4

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :